Pendaftaran Online SBMPTN 2019/2020

www.sbmptn.ac.id 2019 -- Cara Pendaftaran SBMPTN, Pendaftaran Online SBMPTN, Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN, Pendaftaran Online Jalur Ujian Tulis (SBMPTN),  Penerimaan Mahasiswa Baru jalur SBMPTN, Pendaftaran Online Mahasiswa Baru jalur SBMPTN, Seleksi Jalur Nasional (SBMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. 2021. 2022.

Pada kesempatan yang sangat baik ini, admin akan memberikan suatu informasi tentang Pendaftaran Online SBMPTN 2019/2020. Informasi ini berikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan serangkaian proses pendaftaran SBMPTN. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

SBMPTN merupakan salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Jalur lainnya seperi jalur SNMPTN, SPMB, jalur  kerjasama, jalur mandiri, dan lain sebagainya. Jalur-jalur tersebut dibuka dengan tujuan memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.

Mungkin ada yang belum tahu apa itu SBMPTN?. SBMPTN atau yang memiliki kepanjangan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur penerimaan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil ujian tertulis (untuk calon mahasiswa umum) atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan (khusus untuk calon mahasiswa yang mengambil program studi seni dan olahraga)

Jalur SBMPTN ini diselenggarakan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi SNMPTN. Selain itu juga bahwa calon mahasiswa yang sebelumnya telah mengikuti seleksi SNMPTN tetapi dinyatakan tidak lulus SNMPTN, maka bisa mengikuti seleksi SBMPTN.

Pada tahun sebelumnya diketahui bahwa pendaftar SBMPTN ini mencapai ratusan ribu orang. Sedangkan kuota penerimaan di masing-masing PTN hanya ribuan orang saja. Maka dari itu, anda harus melakukan persiapan semaksimal mungkin agar nantinya anda bisa lulus seleksi SBMPTN.

Persiapan menjelang SBMPTN yang bisa anda lakukan misalnya mengikuti les di Bimbel terkenal, mengerjakan soal-soal SBMPTN tahun sebelumnya, mencari informasi prediksi soal SBMPTN tahun ini, membaca materi-materi yang berkaitan dengan soal SBMPTN tersebut, dan kegiatan lain yang menunjang anda untuk lulus SBMPTN.

Bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan, tentunya anda memiliki koneksi jaringan internet yang lancar dan anda pasti sering melakukan online setiap hari. Ketika anda akan melakukan pendaftaran online SBMPTN, tentunya anda tidak akan banyak mengalami kesulitan, namun anda tetap harus membaca panduan berikut agar pendaftaran SBMPTN yang akan anda lakukan berjalan lancar.

Sedangkan bagi anda yang tinggal di daerah yang sulit mengakses jaringan internet dan anda juga jarang bahkan tidak pernah sebelumnya melakukan pendaftaran online, mungkin ketika anda akan mendaftar SBMPTN secara online, anda akan mengalami kesulitan. Untuk itu, kami hadir untuk memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran online SBMPTN.

Sebelum melakukan pendaftaran SBMPTN, anda harus mempersiapkan beberapa peralatan untuk melakukan pendaftaran SBMPTN, peralatan tersebut adalah sebagai berikut:
  • Komputer, Notebook, atau Laptop
  • Modem dan kuota internet atau wifi dengan kecepatan tinggi

Setelah mempersiapkan peralatan tersebut, selanjutnya anda bisa melakukan pendaftaran SBMPTN.

Ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi ketika akan melakukan pendaftaran SBMPTN. Berikut persyaratan selengkapnya.

A. Persyaratan Pendaftaran SBMPTN
  1. Siswa lulusan SMA / MA / SMK / MAK yang telah lulus tahun 2017, 2018, dan 2019
  2. Siswa lulusan tahun 2017 dan 2018 sudah harus memiliki ijazah
  3. Siswa lulusan tahun 2019 telah memiliki Surat Keterangan Tanda Lulus atau minimal memiliki informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah oleh Kepala Sekolah
  4. Memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang memadai

Itulah beberapa persyaratan pendaftaran yang harus anda penuhi sebagai calon peserta SBMPTN. Selanjutnay anda juga perlu memperhatikan beberapa ketentuan saat akan memilih PTN dan Program Studi yang anda minati. Berikut ketentuan selengkapnya.

B. Ketentuan Pilihan PTN dan Program Studi pada SBMPTN
  1. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan sebagai berikut :
    • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian saintek.
    • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian soshum.
    • Jika program studi yang dipilih terdiri dari kelompok saintek dan soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian campuran.
  2. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan. Misal, jika anda ingin kuliah di UNSRI, maka letakkanlah UNSRI pada pilihan utama anda karena itu akan menjadi prioritas.
  3. Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek  dan kelompok Soshum.
  4. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN manapun.
  5. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih (maksimal 3 program studi), salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi lainnya boleh di PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian seleksi.

C. Pendaftaran Bidikmisi SBMPTN

Untuk calon peserta SBMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu bisa mengajukan program Bidikmisi yang diselenggarakan oleh Dikti. Pengajuan Bidikmisi ini diawali oleh sekolah yang memberikan rekomendasi kepada siswa calon peserta Bidikmisi SBMPTN. Setelah mendapatkan rekomendasi, maka peserta bisa mendaftar Bidikmisi secara mandiri.

Informasi selengkapnya mengenai Pendaftaran Bidikmisi seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Setelah selesai mendaftar Bidikmsi, selanjutnya peserta melakukan pendaftaran SBMPTN. 

Baca Selengkapnya :

Bagi peserta Bidikmisi SBMPTN, silahkan langsung saja melakukan pendaftaran online SBMPTN, tidak perlu melakukan pendaftaran tahap awal SBMPTN. Pendaftaran tahap awal SBMPTN dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan KAP dan PIN.

Sedangkan peserta Bidikmisi SBMPTN yang telah mendapatkan KAP dan PIN setelah mendaftar Bidikmisi, maka peserta Bidikmisi SBMPTN tersebut tidak perlu melakukan pendaftaran tahap awal SBMPTN. Maka langsung saja login pendaftaran SBMPTN.

Bagi peserta SBMPTN yang bukan peserta Bidikmisi, maka perlu melakukan pendaftaran tahap awal SBMPTN hingga tahap penyelesaian akhir pendaftaran online SBMPTN. Berikut penjelasan selengkapnya untuk tahapan dan langkah-langkah pendaftaran SBMPTN.

D. Tata Cara Pendaftaran Awal SBMPTN
  1. Pendaftaran awal SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat : pendaftaran.sbmptn.ac.id , buka disini
  2. Kemudian, isilah nama dan tanggal lahir anda pada kolom yang tersedia.
  3. Selanjutnya cetak tanda bukti pendaftaran awal yang anda lakukan.
  4. Bawalah tanda bukti tersebut ke Bank saat anda melakukan pembayaran biaya pendaftaran.
  5. Biaya pendaftaran yang harus dibayar sebesar Rp. 200.000,- yang dibayar melalui Bank BNI atau Bank Mandiri
  6. Setelah membayar, anda akan mendapatkan KAP dan PIN yang nantinya bisa digunakan untuk login pendaftaran online SBMPTN.

E. Tata Cara Pendaftaran Online SBMPTN 
  1. Silahkan akses website resmi pendaftaran online SBMPTN, yaitu pendaftaran.sbmptn.ac.id buka disini 
  2. Login menggunakan KAP dan PIN yang telah anda dapatkan dari Bank (pendaftar non Bidikmisi).
  3. Login menggunakan KAP dan PIN yang telah anda setelah mendaftar Bidikmisi (pendaftar bidikmisi jalur SBMPTN).
  4. Selanjutnya isilah biodata diri anda berupa nama, program studi, pemilihan PTN, dan biodata lain yang diperlukan.
  5. Isi semuanya dengan lengkap dan benar.
  6. Jika telah selesai dan yakin benar, cetaklah kartu tanda peserta SBMPTN
  7. Bawalah kartu tanda peserta SBMPTN pada saat ujian berlangsung.

F. Biaya Pendaftaran SBMPTN
  • Biaya pendaftaran SBMPTN sebesar Rp. 200.000,-
  • Biaya dibayar melalui Bank Mandiri atau Bank BNI atau Bank BTN
  • Biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

G. Kelompok Ujian SBMPTN

Setiap peserta SBMPTN dapat mengikuti 3 kelompok ujian yaitu kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran. Kelompok ujian SBMPTN tersebut terbagi ke dalam materi sebagai berikut:
  • Kelompok Ujian Saintek dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek.
  • Kelompok Ujian Soshum dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum.
  • Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian  TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

H. Jenis Ujian pada SBMPTN

Bagi anda yang ingin lulus seleksi SBMPTN, maka terlebih dahulu harus mengikuti ujian seleksi masuk jalur SBMPTN.

Pada tahun ini, ujian SBMPTN memiliki opsi baru. Ada opsi lain selain ujian tertulis / Paper Based Testing (PBT), yaitu ujian menggunakan komputer / Computer Based Testing (CBT). Jika anda tes SBMPTN menggunakan komputer, maka anda tidak perlu mengikuti tes secara tertulis, dan sebaliknya jika anda tes secara tertulis, maka anda tidak perlu mengikuti tes menggunakan komputer. Untuk tes keterampilan dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Anda bisa memilih jenis tes menggunakan komputer atau tes secara tertulis pada saat melakukan pendaftaran. Pilih jenis tes yang anda inginkan.

Untuk pelaksanaan tes menggunakan komputer dilaksanakan terlebih dahulu dibanding dengan tes secara tertulis. Lebih lengkap dapat dilihat pada jadwal pelaksanaan.

Ujian Tertulis (PBT / CBT) 

Ujian ini diperuntukkan bagi seluruh peserta SBMPTN. Materi Ujian Tertulis terdiri dari:
  • Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA)
  • Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
Ujian Keterampilan

Setelah mengikuti ujian tertulis, untuk peserta SBMPTN yang memilih Program Studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan, selanjutnya harus mengikuti ujian keterampilan. Ketentuannya sebagai berikut.
  • Ujian Keterampilan bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni terkait.
  • Ujian Keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas pemeriksaan kesehatan, tes dan keterampilan motorik
  • Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang sesuai dengan pilihan peserta.

I. Kriteria Penerimaan SBMPTN
  1. Lulus pendidikan menengah
  2. Lulus SBMPTN 2019
  3. Sehat jasmani dan rohani
  4. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima

J. Daftar PTN pada SBMPTN

Agar anda mengetahui nama-nama PTN yang tergabung dalam SBMPTN, admin akan memberikan daftarnya untuk anda. Perguruan Tinggi Negeri yang telah tergabung tersebut merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang telah ditetapkan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Berikut daftar PTN selengkapnya.
  1. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Pertanian Bogor (IPB)
  2. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Teknologi Bandung (ITB)
  3. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
  4. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Airlangga (UNAIR)
  5. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Andalas (UNAND)
  6. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Bangka Belitung (UBB)
  7. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Bengkulu (UNIB)
  8. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Borneo Tarakan (UBT)
  9. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Brawijaya (UB)
  10. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Cenderawasih (UNICEN)
  11. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Diponegoro (UNDIP)
  12. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Gadjah Mada (UGM)
  13. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Haluoleo (UHO)
  14. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Hasanudin (UNHAS)
  15. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Indonesia (UI)
  16. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Islam Negeri Alauddin
  17. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Islam Negeri Malang
  18. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  19. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA)
  20. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA)
  21. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Islam Negeri Walisongo
  22. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Lampung (UNILA)
  23. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Mulawarman (UNMUL)
  24. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Malikussaleh (UNIMAL)
  25. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)
  26. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Mataram (UNRAM)
  27. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Musamus Merauke (UNMUS)
  28. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Negeri Gorontalo (UNG)
  29. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Negeri Makassar (UNM)
  30. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Negeri Manado (UNIMA)
  31. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Negeri Medan (UNIMED)
  32. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  33. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Negeri Malang (UM)
  34. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Negeri Padang (UNP)
  35. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Negeri Semarang (UNNES)
  36. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
  37. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  38. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Nusa Cendana (UNDANA)
  39. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Padjadjaran (UNPAD)
  40. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Palangka Raya (UPR)
  41. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Pattimura (UNPATTI)
  42. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Papua (UNIPA)
  43. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Pendidikan Ghanesa (UNDIKSHA)
  44. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  45. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Riau (UNRI)
  46. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT)
  47. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)
  48. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Sriwijaya (UNSRI)
  49. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Sultan Agung Tirtayasa (UNTIRTA)
  50. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Sumatera Utara (USU)
  51. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)
  52. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Tadulako (UNTAD)
  53. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Tanjungpura (UNTAN)
  54. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Trunojoyo (UTM)
  55. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Udayana (UNUD)
  56. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Jambi (UNJA)
  57. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)
  58. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Teuku Umar (UTU)
  59. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Samudra (UNSAM)
  60. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
  61. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  62. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Islam Negeri Jakarta (UINJKT)
  63. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Siliwangi (UNSIL)
  64. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Jember (UNEJ)
  65. Pendaftaran Online SBMPTN UPN "Veteran" Jakarta (UPNVJ)
  66. Pendaftaran Online SBMPTN UPN "Veteran" Yogyakarta (UPNYK)
  67. Pendaftaran Online SBMPTN UPN "Veteran" Jawa Timur (UPN JATIM)
  68. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Timor (UNIMOR)
  69. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM)
  70. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Teknologi Kalimantan (ITK)
  71. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Sulawesi Barat (UNSULBAR)
  72. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Sembilan Belas November (USN)
  73. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA)
  74. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Tidar (UNTIDAR)
  75. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Khairun (UNKHAIR)
  76. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas UIN Sumatera Utara
  77. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas UIN Ar-Raniry
  78. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas UIN Sunan Gunung Djati
  79. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Seni Indonesia Yogyakarta
  80. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Seni Indonesia Surakarta
  81. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Seni Indonesia Denpasar
  82. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Seni Indonesia Padangpanjang
  83. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  84. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Seni Budaya Indonesia Bandung
  85. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua

Itulah daftar PTN yang tergabung dalam SBMPTN. Selanjutnya anda juga perlu melengkapi informasi dengan mengetahui jadwal pelaksanaan SBMPTN. Berikut jadwal pelaksanaan SBMPTN selengkapnya.

K. Jadwal Resmi Pelaksanaan SBMPTN 2018
  1. Pendaftaran SBMPTN Online pada 5 April pukul 08.00 WIB dan berakhir tanggal 27 April pukul 22.00 WIB
  2. Pelaksanaan Ujian Tertulis (UTBC dan UTBK) pada tanggal  8 Mei
  3. Pelaksanaan Ujian Keterampilan pada 9 dan/atau 11 Mei
  4. Pengumuman SBMPTN pada hari Selasa, 3 Juli mulai pukul 17.00 WIB, lihat disini / disini  

Untuk jadwal SBMPTN 2019 belum tersedia. Ditunggu updatenya ya disini.

L. Informasi SBMPTN

Jika ada hal-hal yang kurang jelas mengenai proses pendaftaran online SBMPTN, maka anda bisa menghubungi langsung Call Center SBMPTN di nomor telepon 0804-1-456-456 atau di http://halo.sbmptn.ac.id

Penting!!!
Untuk informasi yang belum/tidak disampaikan disini maka dapat dilihat langsung di web resmi SBMPTN. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di web resmi SBMPTN.

Baca Jalur Lainnya : Pendaftaran Jalur SMMPTN Barat

Silahkan Baca Juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Online SBMPTN. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda yang akan mengikuti seleksi SBMPTN.

Silahkan bagikan informasi secara gratis ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan. Caranya silahkan tekan tombol G+1 yang tersedia.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian tertulis maupun ujian keterampilan dan akhirnya bisa diterima di PTN impian anda. Terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca artikel ini. Sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua.