Pendaftaran Mahasiswa Baru UNRAM 2019/2020

www.unram.ac.id 2019 -- PMB UNRAM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNRAM, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNRAM, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNRAM, Registrasi Mahasiswa Baru UNRAM, Pendaftaran Online UNRAM, Penerimaan Online UNRAM, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Mataram, 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi kepada anda mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UNRAM 2019/2020. Dengan adanya informasi ini semoga dapat menambah informasi atau melengkap informasi yang telah anda miliki. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Mataram atau disingkat UNRAM adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Universitas Mataram (UNRAM) didirikan pada tanggal 1 Oktober 1962.

Universitas Mataram (UNRAM) memiliki dua lokasi kampus yaitu kampus lama yang terletak di jalan pendidikan Mataram dan kampus baru terletak di jalan Majapahit.

Fakultas, Jurusan, dan Program Studi yang ada di Universitas Mataram (UNRAM), yaitu :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Ekonomi Manajemen, Kepariwisataan, Akuntansi, Perpajakan
  • Fakultas Hukum terdiri dari program studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Teknik terdiri dari jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Informatika
  • Fakultas Pertanian terdiri dari beberapa jurusan. Jurusan Teknologi Pertanian mempunyai 2 program studi PS Teknik Pertanian (Agricultural Engineering) dan Teknologi Hasil Pertanian (Food Technology), Jurusan Ilmu Tanah memiliki 1 Program Studi Ilmu Tanah (Soil Science), Jurusan Budidaya Pertanian memiliki 4 Program Studi : Hortikultura (Horticulture), Agronomi(Agronomy), Hama dan Penyakit Tanaman (Plant Protection), Pemuliaan Tanaman (Plant Breeding) serta Jurusan Sosial Ekonomi memiliki PS Agribisnis (Agribusiness) dan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (Agricultural Extension).
  • Fakultas Peternakan tediri dari jurusan Produksi Ternak, Nutrisi dan makanan ternak
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memiliki beberapa jurusan. Jurusan MIPA terdiri dari Program Studi Biologi, Fisika, Kimia, Matematika. Jurusan Bahasa dan Sastra terdiri dari Program Studi Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan IPS terdiri dari Program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Pendidikan Guru SD (PGSD), Pendidikan Guru AUD (PGAUD)
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari program studi Pendidikan Dokter
  • Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri terdiri dari Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan : Minat Studi Teknologi Pangan, Minat Studi Mikrobiologi Pangan, Minat Studi Nutrisi Pangan. Program Studi Teknik Pertanian : Minat Studi Daya dan Mesin Pertanian, Minat Studi Teknik Bioproses, Minat Studi Teknik dan Konservasi Lingkungan Pertanian
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Biologi, Jurusan Fisika, Jurusan Kimia, Jurusan Matematika.
  • Program Magister : Magister Manajemen, Magister Ilmu Hukum, Magister Pengelolaan Sumberdaya Lahan Kering, Magister Manajemen Sumberdaya Peternakan, Magister Pendidikan IPA, Magister Akuntansi, Magister Ilmu Ekonomi, Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Teknik Sipil, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Administrasi Pendidikan, Magister Kenotariatan
  • Program Doktor : Doktor Ilmu Hukum
  • Program Diploma dan Vokasi

Itulah beberapa Fakultas, Jurusan, dan Program Studi yang anda di UNRAM yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran sebagai mahasiswa baru UNRAM.

Baik, selanjutnya kita akan membahas mengenai jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru mahasiswa baru yang dibuka oleh Universitas Mataram (UNRAM). Jalur-jalur tersebut yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri, Bidikmisi, Jalur PPs UNRAM, Jalur Diploma dan Vokasi.

Langsung saja kita akan membahas keseluruhan jalur penerimaan mahasiswa baru UNRAM. Simak selengkapnya berikut ini.

A. Pendaftaran SNMPTN UNRAM

UNRAM adalah salah satu Universitas Negeri yang melaksanakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN. Jalur SNMPTN ini disebut juga sebagai jalur undangan dikarenakan hanya sekolah yang mendapatkan undangan yang dapat mendaftarkan siswa-siswi terbaiknya.

Pendaftaran SNMPTN diawali dengan pengisian data di PDSS oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa di alamat pdss.snmptn.ac.id. Selanjutnya pendaftaran SNMPTN secara online oleh siswa melalui alamat website web.snmptn.ac.id.

Informasi selengkapnya seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, biaya seleksi, daftar PTN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada Pendaftaran Online SNMPTN.

B. Pendaftaran SBMPTN UNRAM

Selain melaksanakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, UNRAM juga melaksanakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN. SBMPTN ini dikenal dengan jalur ujian tulis.

SBMPTN adalah jalur seleksi penerimaan yang seleksinya dilakukan melalui ujian tulis untuk semua peserta. Khusus untuk peserta yang memilih Program Studi Seni atau Keolahragaan, maka harus mengukuti ujian seleksi tambahan berupa ujian seleksi keterampilan.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id. Pembahasan selengkapnya seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, kelompok ujian, biaya seleksi, daftar PTN se-Indonesia, dan hal lainnya mengani SBMPTN dapat anda baca pada Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SNMPTN

C. Pendaftaran Bidikmisi UNRAM

Seperti kebanyakan pada Perguruan Tinggi lainnya, UNRAM juga merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang menyalurkan program Bantuan kepada calon mahasiswa yang disebut dengan program Bidikmisi.

Bidikmisi adalah sebuah program bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu serta memiliki prestasi akademik yang baik. Dengan bantuan Bidikmisi tersebut, maka beban biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa sudah tidak lagi menjadi penghalang untuk belajar di Perguruan Tinggi.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Keterangan lain seperti panduan pendaftaran untuk sekolah dan siswa, persyaratan pendaftaran, jadwal seleksi, jalur-jalur penyaluran Bidikmisi, dan lain sebagainya dapat anda baca pada Pendaftaran Bidikmisi atau Pendaftaran Online Bidikmisi

D. Pendaftaran Jalur Mandiri UNRAM

Selain melaksanakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Nasional seperti SNMPTN dan SBMPTN, UNRAM juga membuk penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Jalur mandiri ini diselenggarakan secara lokal oleh UNRAM untuk menjaring calon mahasiswa baru. Dengan adanya jalur mandiri ini, maka calon mahasiswa yang sebelumnya telah mengikuti selekis jalur SNMPTN atau SBMPTN tetapi dinyatakan tidak lulus, maka dapat kembali mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di UNRAM.

Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri ii diperuntukkan bagi yang ingin memilih jenjang pendidikan Sarjana dan Diploma.

Persyaratan Pendaftaran 
  1. Pendaftar program S1 Non Reguler tidak dibatasi tahun tamatan SLTA
  2. Pendaftar pada program Diploma III dan program vokasi Lombok Utara / Bima adalah tamatan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  3. Memenuhi kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses belajar di perguruan tinggi
  4. Memenuhi persyaratan jurusan di SLTA pada program studi tertentu

Tata Cara Pendaftaran
  1. Membayar biaya pendaftaran di Loket Bank yang telah disediakan di Auditorium Unram untuk mendapatkan User dan Password.
  2. Mendaftar secara online di laman http://pmb.unram.ac.id menggunakan User dan Password yang telah diperoleh
  3. Pendaftar melakukan verifikasi pengesahan kartu ujian (tidak boleh diwakilkan) di loket verifikasi tes mandiri bertempat di Auditorium Unram dengan membawa :
    • Kartu Bukti Pendaftaran Tes Mandiri UNRAM
    • Ijazah SLTA asli dan fotocopy yang sudah dilegalisir

Kelompok Ujian dan Pilihan Program Studi
  1. Kelompok Ujian SAINTEK dapat memilih maksimal 2 program studi kelompok SAINTEK
  2. Kelompok Ujian SOSHUM dapat memilih maksimal 2 program studi kelompok SOSHUM

Informasi lain yang belum dimuat disini dapat dilihat langsung di web PMB UNRAM, yaitu http://pmb.unram.ac.id/ 

E. Pendaftaran Pascasarjana UNRAM

UNRAM kembali membuka penerimaan mahasiswa baru untuk program Magister dan Doktor. Untuk anda yang ingin kuliah S2 atau S3 di UNRAM silahkan daftarkan diri anda selama masa pendaftaran dibuka.

Sebelum mendaftar, anda harus dapat memenuhi beberap persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan. Setelah itu barulah anda dapat melakukan pendaftaran, kemudian mengikuti ujian seleksi, dan menunggu keputusan lulus seleksi atau tidak. Informasi selengkapnya dapat anda baca pada website resmi PPs UNRAM, yaitu http://pasca.unram.ac.id/

Itulah jalur-jalur seleksi masuk UNRAM yang bisa anda pilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNRAM. Informasi jadwal pelaksanaan silahkan klik disini.


Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UNRAM yang dapat anda bagikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut dapat menambah atau melengkap informasi yang telah anda miliki.

Silahkan bagikan juga artikel ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan dengan cara klik tombol G+ yang tersedia.

Admin turut mendoakan semoga harapan anda untuk diterima menjadi mahasiswa UNRAM dapat terwujudkan, dan juga semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin