Selamat Datang di web www.infoonline.web.id. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci di kolom search yang tersedia atau dapat mencarinya di sidebar bagian kanan. Kunjungi terus web infoonline.web.id untuk mendapatkan informasi-informasi yang anda butuhkan. Ayo turut berbagi informasi yang ada di web ini pada teman-teman lain yang membutuhkan. Sukai juga halaman web kami. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran Mahasiswa Baru UNHAS 2017/2018

www.unhas.ac.id 2017 -- PMB UNHAS, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNHAS, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNHAS, Registrasi Mahasiswa Baru UNHAS, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNHAS, Pendaftaran Online UNHAS, Penerimaan Online UNHAS, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Hasanuddin (UNHAS). 2019. 2020.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UNHAS 2017/2018. Informasi ini disampaikan dengan tujuan dapat memberikan panduan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, ayo simak pembahasannya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Hasanuddin atau yang disingkat dengan UNHAS adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. UNHAS merupakan Perguruan Tinggi Negeri tertua di Sulawesi.

Universitas tersebut didirikan pada 11 Juni 1956. Pada awalnya, kampus Universitas Hasanuddin (UNHAS) dibangun di Baraya, namun saat Rektor dijabat oleh Prof. Dr. Ahmad Amiruddin, Kampus UNHAS pindah ke Tamalanrea.

Beberapa Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Hasanuddin (UNHAS) untuk jenjang Sarjana, Magister, dan Doktor akan dijelaskan berikut ini.

Fakultas dan Program Studi UNHAS Jenjang Sarjana (S1)
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari Program Studi Akuntansi, Ilmu Ekonomi.
  • Fakultas Farmasi terdiri dari Program Studi Farmasi
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Fisioterapi, Ilmu Keperawatan, Kedokteran Hewan, Pendidikan Dokter, Psikologi.
  • Fakultas Ilmu Budaya terdiri dari Program Studi Arkeologi, Ilmu Sejarah, Sastra Arab, Sastra Daerah, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, dan Sastra Perancis.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Program Studi Antropologi, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik, dan Sosiologi.
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Agribisnis, Agroteknologi, Ilmu dan Teknologi Pangan
  • Fakultas MIPA terdiri dari Program Studi Biologi, Fisika, Kimia, Geofisika, Matematika, Statistika
  • Fakultas Peternakan terdiri dari Program Studi Nutrisi dan Makanan Ternak, Peternakan, Produksi Ternak, Sosial Ekonomi Peternakan, Teknologi Hasil Ternak
  • Fakultas Kedokteran Gigi  terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter Gigi.
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat terdiri dari Program Studi Ilmu Gizi, dan Kesehatan Masyarakat.
  • Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan terdiri dari Program Studi Ilmu Kelautan, Manajemen Sumber Daya Perikanan, Sosial Ekonomi Perikanan, Budidaya Perairan, Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan.
  • Fakultas Kehutanan terdiri dari Program Studi Kehutanan
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Geologi, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Kelautan, Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, Teknik Pertambangan, Teknik Sipil, Teknik Sistem Perkapalan, Pengembangan Wilayah dan Kota

Fakultas dan Program Studi UNHAS Jenjang Magister (S2)
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari Program Studi Akuntansi, Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan, Manajemen, Ekonomi Sumberdaya, Manajemen Keuangan, Manajemen Perkotaan, dan Keuangan Daerah, 
  • Fakultas Farmasi terdiri dari Program Studi Farmasi
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum, dan Kenotariatan.
  • Fakultas Ilmu Budaya terdiri dari Program Studi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Ilmu Linguistik.
  • Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan terdiri dari Program Studi Ilmu Perikanan.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Program Studi Administrasi Pembangunan, Ilmu Antropologi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, dan Sosiologi.
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Ilmu Biomedik, dan Ilmu Keperawatan.
  • Fakultas Kehutanan terdiri dari Program Studi Ilmu Kehutanan
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat terdiri dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat.
  • Fakultas MIPA terdiri dari Program Studi Kimia, dan Matematika
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Agribisnis, Ilmu dan Teknologi Pangan, Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan, Keteknisan Tumbuhan, Sistem-sistem Pertanian.
  • Fakultas Peternakan terdiri dari Program Studi Peternakan.
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Arsitektur, Teknik Elektro, Geologi, Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, Perencanaan Pengembangan Wilayah, Pengelolaan Lingkungan Hidup, Teknik Sipil, Transportasi, Kajian Jender dan Pembangunan.

Fakultas dan Program Studi UNHAS Jenjang Doktor (S3)
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari Program Studi Ilmu Ekonomi
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Ilmu Budaya terdiri dari Program Studi Linguistik, dan Ilmu Linguistik.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Program Studi Administrasi Publik
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Ilmu Kedokteran
  • Fakultas MIPA terdiri dari Program Studi Ilmu Kimia.
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Ilmu Pertanian
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Teknik Sipil.

Dari banyaknya Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNHAS.

Pada tahun ini, UNHAS membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru diantaranya adalah jalur SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri, dan Bidikmisi. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

A. Pendaftaran SNMPTN UNHAS

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional yang merupakan jalur undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi SNMPTN didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor siswa serta prestasi lain yang relevan.

Hanya siswa-siswi terbaik yang selalu konsisten menunjukkan prestasinya disetiap semester yang akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur SNMPTN ini. Untuk bisa mendaftar, setiap peserta harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah.

Kepala sekolah melakukan pengisian biodata sekolah dan biodata siswa peserta SNMPTN melalui alamat pdss.snmptn.ac.id. Kemudian siswa juga melakukan verifikasi data melalui alamat web tersebut. Setelah itu siswa melakukan pendaftaran ke web.snmptn.ac.id. Cara melakukan pengisian oleh kepala sekolah dan siswa bisa baca pada Cara Pendaftaran SNMPTN.

Informasi lainnya seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, serta informasi lainnya bisa anda baca pada artikel kami yang berjudul Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran Online SNMPTN

B. Pendaftaran SBMPTN UNHAS

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional yang seleksi dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta dan ada ujian tambahan berupa ujian keterampilan yang diperuntukan khusus bagi calon mahasiswa yang memilih program studi Seni atau Keolahragaan.

Calon peserta yang akan mengikuti seleksi SBMPTN bisa melakukan pendaftaran SBMPTN yang dilakukan secara online melalui alamat website www.sbmptn.ac.id. Lakukan pendaftaran dengan mengisi biodata diri anda secara lengkap dan benar. Ikuti petunjuk yang diberikan.

Informasi berupa panduan tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, serta keterangan lainnya yang berkaitan dengan SBMPTN dapat anda baca pada Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran Online SNMPTN

C. Pendaftaran Bidikmisi UNHAS

Bidikmisi adalah salah satu program beasiswa Dikti. Bidikmisi merupakan pemberian data bantuan pendidikan dan biaya hidup yang diberikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki kemampuan akademik yang baik serta memenuhi persyaratan lan yang ditentukan. Calon mahasiswa yang demikian mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi program Bidikmisi.

Bidikmisi bisa diperoleh melalui jalur seleksi SNMPTN, SBMPTN atau jalur mandiri. Jadi silahkan daftarkan diri anda mengikusi seleksi Bidikmisi SNMPTN dan Bidikmisi SBMPTN. Selain itu bisa pula mengikuti Bidikmisi jalur mandiri jika UNHAS membukanya.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Untuk bisa mendaftar Bidikmisi, maka setiap calon peserta diharuskan mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah.

Informasi tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta informasi lengkap lainnya bisa anda baca pada artikel Pendaftaran Online Bidikmisi atau Pendaftaran Bidikmisi

D. Pendaftaran Jalur Mandiri UNHAS

Jalur mandiri adalah jalur seleksi yang diadakan secara lokal oleh panitia penyelenggara dari Universitas Hasanuddin (UNHAS) untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di UNHAS. Dengan kata lain bahwa jalur mandiri ini merupakan jalur alternatif bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti seleksi SNMPTN atau SBMPTN tetapi tidak lulus, maka bisa mengikuti jalur mandiri UNHAS.

Pendaftaran jalur mandiri UNHAS dilakukan secara online melalui alamat website resmi UNHAS, yaitu www.unhas.ac.id. Peserta yang mendaftar jalur mandiri UNHAS tidak dikenakan biaya pendaftaran.

Jalur mandiri Universitas Hasanuddin (UNHAS) terbagi menjadi 2 jalur, yaitu jalur PM-JNS dan POSK. Berikut informasi selengkapnya.

1. Jalur PM-JNS UNHAS

PM-JNS atau yang memiliki kepanjangan Penerimaan Mahasiswa Jalur Non-Subsidi adalah jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin (UNHAS) untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik dan kemampuan finansial. 

Jalur PM-JNS ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang sebelumnya telah menguki seleksi SBMPTN tetapi dinyatakan tidak lulus, maka nilai SBMPTN yang dimiliki calon mahasiswa tersebut bisa digunakan untuk mengikuti seleksi jalur PM-JNS.

Jalur PM-JNS seleksinya dilakukan melalui hasil ujian SBMPTN. Skor hasil ujian diurutkan, kemudian dialokasikan pada program studi pilihan calon mahasiswa, dengan ketentuan bahwa peserta dengan nilai lebih tinggi diprioritaskan terlebih dahulu.

Persyaratan Pendaftaran
  • Mendaftar dan mengikuti ujian SBMPTN tahun ini
  • Bagi yang telah lulus SBMPTNtahun ini, tidak diperkenankan mendaftar jalur PM-JNS
  • Terdaftar sebagai peminat di salah satu program studi Univeristas Hasanuddin melalui jalur SBMPTN tahun ini (lihat kartu peserta SBMPTN anda)
  • Bagi pelamar jalur Penelusuran Prestasi Olah Raga, Seni, dan Keilmuan (POSK) tahun ini tidak diperkenankan mendaftar.
  • Mempunyai kesehatan fisik yang memadai.

Ketentuan Pilihan Program Studi
  • Peserta hanya dapat memilih 2 (dua) program studi yang sama atau berbeda dengan program studi yang dipilih pada saat SBMPTNtahun ini
  • Program studi pilihan harus berada di dalam kelompok ujian (Saintek, Soshum, atau Campuran) yang diikuti pada saat SBMPTN tahun ini
  • Program studi pilihan Kelompok Ujian Saintek :  Semua program studi dalam Kelompok Saintek
  • Program studi pilihan Kelompok Ujian Soshum: Semua program studi dalam Kelompok Soshum.

2. Jalur POSK UNHAS 

POSK atau Penelusuran Prestasi Olah Raga, Seni, dan Keilmuan adalah jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin (UNHAS) untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik / olahraga / seni / keilmuan. Penilaian jalur POSK dilakukan berdasarkan skor nilai SBMPTN tahun ini dan nilai ujian keterampilan/bukti prestasi yang yang dimiliki calon mahasiswa.

Persyaratan Pendaftaran
  • Mendaftar dan mengikuti ujian SBMPTN tahun ini
  • Lulusan SMA/SMK/MA.MAK dengan tahun kelulusan 1 tahun lalu dan tahun ini
  • Terdaftar sebagai peminat di salah satu program studi Univeristas Hasanuddin melalui jalur SBMPTN tahun ini (lihat kartu peserta SBMPTN anda)
  • Bagi yang telah lulus SBMPTN tahun ini tidak diperkenankan mendaftar
  • Bagi yang mendaftar jalur JNS (Jalur Non-Subsidi) tahun ini tidak diperkenankan mendaftar jalur POSK
  • Memiliki prestasi keterampilan olahraga / seni / keilmuan yang ditandai dengan sertifikat / piagam / medali / piala di tingkat nasional
  • Bersedia mengikuti proses verifikasi bukti prestasi
  • Mempunyai kesehatan fisik yang tidak mengganggu kelancaran belajar di prodi pilihannya.

Ketentuan Pilihan Program Studi
  • Pilihan program studi harus berada di dalam Kelompok Ujian (Saintek, Soshum, atau Campuran) pada saat peserta mengikuti SBMPTN tahun ini
  • Program studi pilihan Kelompok Ujian Saintek:  semua program studi kelompok Saintek, kecuali Pendidikan Dokter, Keperawatan, Kedokteran Hewan, Fisiotrapi, Pendidkan Dokter Gigi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Gizi, Teknik Pertambangan, dan Teknik Geologi
  • Program studi pilihan Kelompok Ujian Soshum: semua program studi kelompok Soshum, kecuali program studi Arkeologi dan Ilmu Sejarah

E. Pendaftaran Program Pascasarjana UNHAS

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana UNHAS, silahkan daftarkan diri anda mengikuti seleksi untuk Program Pascasarjana. Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat pasca.unhas.ac.id.

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNHAS. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNHAS.
Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UNHAS yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan dan bermanfaat bagi anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi bisa diterima menjadi mahasiswa baru UNHAS. Ayo turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat. Terima kasih.