Pendaftaran Mahasiswa Baru UNNES 2019/2020

www.unnes.ac.id 2019 -- PMB UNNES, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNNES, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNNES, Registrasi Mahasiswa Baru UNNES, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNNES, Pendaftaran Online UNNES, Penerimaan Online UNNES, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi, PPS UNNES, Universitas Negeri Semarang (UNNES), 2021. 2022.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UNNES 2019/2020. Informasi ini disampaikan dengan tujuan dapat memberikan panduan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, ayo simak pembahasannya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Negeri Semarang atau yang dikenal dengan nama UNNES adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Semarang, Indonesia.

UNNES telah berdiri sejak tahun 1965 di kota Semarang sebagai IKIP Negeri Semarang dan pada tahun 2000 sebagai Universitas Negeri Semarang. Moto yang dimiliki oleh Universitas Negeri Semarang adalah Sutera (Sehat, Unggul, Sejahtera).

Universitas Negeri Semarang (UNNES) memiliki beberapa lokasi kampus, yaitu kampus utama yang terletak di Sekaran (Gunungpati), bagian selatan kota Semarang, Jawa Tengah dan ada 3 kampus lainnya yang terletak di Ngaliyan (Semarang), di Bendan Ngisor (Semarang ) dan di Kemandungan (Tegal).

Fakultas dan Program Studi yang telah ada di UNNES, yaitu :
  • Fakultas Ilmu Pendidikan terdiri dari program studi Teknologi Pendidikan (S1), Pendidikan Luar Sekolah (S1), Bimbingan dan Konseling (S1), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1), Psikologi (S1), dan Pendidikan Guru PAUD (S1).
  • Fakultas Bahasa dan Seni terdiri dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1), Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1), Satra Jawa (S1), Sastra Indonesia (S1), Sastra Inggris (S1), Sastra Perancis (S1), Pendidikan Bahasa Inggris (S1), Pendidikan Bahasa Prancis (S1), Pendidikan Bahasa Jepang (S1), Pendidikan Bahasa Arab (S1), Pendidikan Bahasa Mandarin (S1), Pendidikan Seni Rupa (S1), Seni Rupa Konsentrasi Desain Komunikasi Visual (S1), Pendidikan Seni Tari (S1), dan Pendidikan Seni Musik (S1).
  • Fakultas Ilmu Sosial terdiri dari program studi Pendidikan Sejarah (S1), Ilmu Sejarah (S1), Pendidikan Geografi (S1), Geografi (S1), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1), Pendidikan Sosiologi dan Antropologi (S1), Ilmu Politik (S1)
  • Fakultas Matematika dan IPA terdiri dari program studi Pendidikan Matematika (S1), Matematika (S1), Pendidikan Fisika (S1), Fisika (S1), Pendidikan Kimia (S1), Kimia (S1), Pendidikan Biologi (S1), dan Biologi (S1), Pendidikan IPA (S1), dan Teknik Informatika (S1).
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi Pendidikan Teknik Bangunan (S1), Teknik Arsitektur (S1), Teknik Sipil (S1), Pendidikan Teknik Mesin (S1), Pendidikan Teknik Otomotif (S1), Teknik Mesin (S1), Pendidikan Teknik Elektro (S1), Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (S1), Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Busana (S1), Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Boga (S1), Teknik Kimia (S1), dan Teknik Tata Kecantikan (S1).
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan terdiri dari program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1),  Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1), Ilmu Keolahragaan (S1), Pendidikan Kepelatihan Olah Raga (S1), dan Kesehatan Masyarakat (S1)
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari program studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi(S1), Pendidikan Ekonomi Koperasi (S1), Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran (S1), Akuntansi (S1), Manajemen (S1), Ekonomi Pembangunan (S1).
  • Fakultas Hukum terdiri dari program studi Ilmu Hukum (S1).
  • Program Pascasarjana terdiri dari program studi Ilmu Ekonomi (S2), Ilmu Kesehatan Masyarakat (S2), Manajemen Kependidikan (S3), Pendidikan Fisika (S2), Pendidikan Luar Sekolah (S2), Pendidikan Matematika (S3), Pendidikan Matematika (S2), Pendidikan IPS (S2), Pendidikan IPS (S3), Pendidikan Bahasa Indonesia (S2), Pendidikan Bimbingan Konseling (S2), Pendidikan Bahasa Indonesia (S3), Bimbingan dan Konseling (S2), Pendidikan Bahasa Inggris (S3), Pendidikan Ekonomi (S2), Pendidikan Kejuruan (S2), Pendidikan Seni (S3), Pendidikan IPA (S2), Pendidikan Bahasa Inggris (S2), Pendidikan Seni (S2), Pendidikan Olahraga (S3), Manajemen Kependidikan (S2), Pendidikan Dasar (S2), Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) (S2), Pendidikan Olahraga (S2), Manajemen Pendidikan (S2), Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2).

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNNES.

Pada tahun ini UNNES membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri, dan Bidikmisi. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN UNNES

SNMPTN adalah jalur seleksi nasional yang merupakan jalur undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, salah satunya masuk ke UNNES. Jalur ini diperuntukkan bagi siswa-siswa yang memiliki prestasi unggul di Sekolah.

Hanya siswa-siswi yang secara konsisten menunjukkan prestasinya yang akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi SNMPTN ini.

Seleksi SNMPTN didasarkan pada nilai rapor siswa yang dilihat dari nilai rapor siswa selama 5 semester mulai dari nilai rapor kelas X semester 1 sampai kelas XII semester 1 (untuk sekolah yang masa belajarnya 3 tahun), atau nilai rapor siswa selama 7 semester mulai nilai rapor kelas X semester 1 sampai kelas XII semester 1 (untuk sekolah yang masa belajarnya 4 tahun).

Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui alamat website web.snmptn.ac.id. Kepala sekolah sebagai pemberi rekomendasi melakukan pengisian data siswa dan data sekolah di pdss.snmptn.ac.id, baca : tata cara pendaftaran. Selanjutnya siswa peserta SNMPTN melakukan verifikasi data pendaftaran dan selanjutnya melakukan pendaftaran online melalui website web.snmptn.ac.id.

Informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN seperti persyaratan, jadwal, daftar PTN, dan lainnya dapat anda baca secara lengkap pada artikel Pendaftaran Online SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN UNNES

SBMPTN merupakan pola penyeleksian calon mahasiswa baru yang dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta dan ada ujian tambahan berupa ujian keterampilan khusu untuk calon mahasiswa yang memilih program studi Seni atau Keolahragaan.

Calon mahasiswa bisa memilih kelompok ujian berupa kelompok ujian saintek, soshum, atau campuran. Silahkan pilih sesuai keinginan dan ketentuan yang berlaku.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat website www.sbmptn.ac.id. Calon peserta mengakses website tersebut untuk melakukan pengisian biodata pendaftaran. Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, serta informasi lainnya bisa anda baca pada artikel Pendaftaran Online SBMPTN.

3. Pendaftaran Bidikmisi UNNES

Bidikmisi adalah pemberikan bantuan biaya kuliah dan biaya hidup yang diberikan kepad calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara finansil dan calon mahasiswa tersbut memiliki kemampuan akademik yang baik. Calon mahasiswa yang demikian mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi program Bidikmisi.

UNNES adlah salah satu Perguruan Tnggi yang memberikan penyeluran besiswa bidikmisi. Program Bidikmisi disalurkan melalui beberapa jalur, diantaranya adalah melalui jalur Bidikmisi SNMPTN, Bidikmisi SBMPTN, dan Bidikmisi jalur mandiri UNNES (jika dibuka).

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Sebelum mendaftar, terlebih dahulu peserta harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Selanjutnya peserta akan mendapatkan kode akses yang digunakan untuk login pendaftaran Bidikmisi.

Tata cara pendaftaran, persyaratan, jadwal pelaksanaan, serta keterangan lainnya bisa anda baca melalui alamat website resmi Bidikmisi atau bisa juga membaca pada Pendaftaran Online Bidikmisi.

4. Pendaftaran Jalur Mandiri  UNNES

Jalur Mandiri UNNES adalah jalur seleksi yang diadakan secara lokal oleh panitia penyelenggara dari UNNES. Salah satu tujuan penyelenggaraan jalur mandiri ini adalah untuk menberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di UNNES.

Mungkin anda sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNMPTN atau SBMPTN tetapi tidak lulus, maka anda masih memiliki kesempatan untuk kuliah di UNNES dengan mengikuti seleksi jalur mandiri.

Jalur mandiri UNNES dibuka untuk jenjang Sarjana (S1) dan Diploma III (DIII). Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat www.spmu.unnes.ac.id. Pendaftar mengakses alamat tersebut untuk melakukan pendaftar secara online dengan mengisi formulir pendaftaran online yang tersedia sampai dengan mencetak kartu ujian. Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta. Informasi lainnya bisa anda lihat melalui laman tersebut.

Prosedur Pendaftaran Seleksi Mandiri UNNES
  1. Peserta membuka alamt website : seleksimandiri.unnes.ac.id
  2. Kemudian menentukan jalur SM-UNNES tahun ini yang akan diikuti seperti : SM-UNNES jalur non-Bidikmisi atau SM-UNNES jalur Bidikmisi.
  3. Memilih kelompok ujian : Saintek, Soshum, atau Campuran.
  4. Mengisi formulir pendaftaran secara online untuk memperoleh PIN yang berupa 8 karakter.
  5. Mengunggah file pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm, berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 100 KB pada formulir yang telah tersedia.
  6. Mencetak PIN untuk syarat pembayaran biaya pendaftaran SM-UNNES tahun ini
  7. Bagi calon peserta yang mendaftar melalui jalur Bidikmisi harus memperoleh KAP dan PIN pendaftaran seleksi mandiri dari laman bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id untuk dapat dibebaskan dari pembayaran biaya seleksi.
  8. Dengan menggunakan PIN pendaftaran, calon peserta melakukan pembayaran biaya seleksi dengan besaran sesuai pilihan kelompok ujian. Pembayaran dapat dilakukan melalui melalui Bank BNI di seluruh Indonesia melalui teller dengan menunjukkan PIN pendaftaran, atau melalui internet banking atau ATM.
  9. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta login kembali ke  seleksimandiri.unnes.ac.id untuk mencetak Kartu Tanda Peserta. 
  10. Kartu Tanda Peserta dicetak rangkap dua: (1) untuk peserta; dan (2) diserahkan ke pengawas pada saat ujian tertulis.

Untuk informasi lainnya bisa diperoleh dengan mengunjungi alamat web UNNES di atas.

5. Pendaftaran Program Pascasarjana  UNNES

Pendaftaran calon mahasiswa jenjang Program Pascarjana UNNES dilakukan secara online dalam dua tahap yaitu (a). Gelombang I (Beasiswa dan Non Beasiswa)  (b). Gelombang II (Non Beasiswa). Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta.

Ketentuan Umum Pendaftaran
  1. Bagi pelamar Program Magister (S2) :
    • Memiliki Ijazah S1 jurusan dari PTN atau PTS dalam dan luar negeri yang ijazahnya diakui oleh Depdiknas yang serumpun dengan jurusan S2 yang akan dimasuki.
    • Berindeks Prestasi minimal 2,75 atau berpengalaman kerja yang memadai.
  2. Bagi pelamar Program Doktor (S3) :
    • Memiliki ijazah S1 & S2 dari PTN atau PTS dalam dan luar negeri yang ijazahnya yang diakui oleh Depdiknas yang serumpun dengan jurusan S3 yang akan dimasuki.
    • Berindeks Prestasi minimal 3,00 atau berpengalaman kerja yang memadai.
  3. Mengikuti seleksi masuk PPs UNNES
  4. Sehat Jasmani dan rohani, tidak memiliki ketunaan/cacat yang dapat mengganggu kelancaran dalam melaksanakan tugas yang sesuai dengan program studi pilihan.
  5. Sanggup mematuhi Tata Tertib Kehidupan Kampus dan memenuhi semua persyaratan sebagai Mahasiswa UNNES, termasuk menanggung biaya belajar yang berupa uang kuliah, uang praktikum, dan lain-lain.

Pendaftaran Pascasarjana dilakukan secara online melalui alamat spmu.unnes.ac.id untuk melakukan pengisian formulir pendaftaran. Ikuti proses pendaftaran sampai dengan mencetak kartu tanda peserta ujian. Informasi lainnya bisa anda lihat di pps.unnes.ac.id.

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNNES. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi yang telah admin berikan di atas, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNNES.

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UNNES yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda. 

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi UNNES. Mari bantu berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada rekan atau kerabat anda lainnya yang membutuhkan. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin.