Pendaftaran Mahasiswa Baru UNICEN 2019/2020

www.unicen.ac.id 2019 -- PMB UNICEN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNICEN, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNICEN, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNICEN, Registrasi Mahasiswa Baru UNICEN, Pendaftaran Penerimaan Online UNICEN, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Cenderawasih Jayapura (UNICEN), 2021. 2022.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UNICEN 2019/2020. Informasi ini disampaikan dengan harapan semoga bisa menjadi arahan bagi anda dalam persiapan melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Cenderawasih atau disingkat UNICEN adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Jayapura, Indonesia. Universitas Cenderawasih (UNICEN) didirikan pada 10 November 1962.

Beberapa Program Studi yang ada di Universitas Cenderawasih (UNICEN) yaitu :

Program Studi Bidang IPA
  • Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Pend. Matematika, Pend. Biologi, Pend. Kimia, Pend. Fisika, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan, Teknik Mesin, Teknik Pertambangan, Ilmu Kelautan, Farmasi, Sistem Informasi, Teknik Geofisika, Perencanaan Wilayah Dan Kota/Planologi, dan Ilmu Keolahragaan

Program Studi Bidang IPS
  • Ilmu Ekonomi, Ilmu Administrasi Negara, Antropologi Sosial, Ilmu Hukum, Manajemen, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Pend. Pancasila & Kewarganegaraan, Akuntansi, Ilmu Pemerintahan, Bimbingan Konseling, Pend. Geografi, Pend. Sejarah, Pend. Bhs. Sastra Ind. & Daerah, Pend. Bahasa Inggris, Hubungan Internasional, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidkan Jasmani Kesehatan Rekreasi

Dari beberapa Program Studi yang ada di UNICEN yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran mahasiswa baru UNICEN.

Sekarang anda juga harus tahu jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh Universitas Cenderawasih untuk melakukan penerimaan calon mahasiswa baru.

Pada tahun ini, Universitas Cenderawasih (UNICEN) kembali membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional yaitu SNMPTN dan SBMPTN, serta jalur mandiri. Untuk pembahasan selengkapnya, dapat anda simak berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN UNICEN

UNICEN adalah salah satu Universitas Negeri yang membuka jalur penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN.

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional undangan, yaitu suatu jalur seleksi yang dilaksanakan tanpa tes tertulis.

Seleksi jalur SNMPTN dilaksanakan dengan didasarkan pada penilaian nilai rapor siswa dari kelas X sampai kelas XII semester 1. Jadi penilaian nilai rapor selama 5 semester serta prestasi lainnya yang relevan.

Dari pernyataan di atas, maka dapat kita ketahui bahwa hanya siswa-siswa yang secara konsisten menunjukan prestasinya tersebut yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui alamat www.snmptn.ac.id. Informasi seperti panduan pendaftaran PDSS SNMPTN oleh kepala sekolah dan siswa dapat anda baca pada Cara Pendaftaran SNMPTN, dan untuk informasi lainnya seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia,  dan lain sebagainya dapat anda baca pada Pendaftaran Online SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN UNICEN

Selain membuka jalur penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, UNICEN juga membuka jalur nasionall penerimaan mahasiswa baru lainnya, yaitu jalur SBMPTN.

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis untuk semua peserta dan ujian tambahan berupa ujian keterampilan untuk peserta yang memilih Progam Studi Olahraga atau Seni.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara mendiri oleh calon peserta dengan alur seperti berikut ini :
  • Peserta melakukan pendaftaran tahap awal SBMPTN di www.sbmptn.ac.id
  • Kemudian mengisi data diri dan mencetak bukti pendaftaran awal
  • Membayar biaya seleksi di Bank BNI atau Mandiri dengan menunjukkan cetakan bukti pendaftaran awal
  • Setelah membayar, maka akan mendapatkan KAP dan PIN
  • Login Kembali ke alamat www.sbmptn.ac.id menggunakan KAP dan PIN tersebut
  • Mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar hingga mencetak kartu tanda peserta
  • Bawa kartu tersebut saat ujian berlangsung

Informasi lebih rinci mengenai SBMPTN seperti tata cara, persyaratan, jadwal, daftar PTN, dan lainnya dapat anda baca pada artikel yang secara khusus membahas SBMPTN, silahkan baca pada artikel Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN

3. Pendaftaran Bidikmisi UNICEN

Bidikmisi adalah bantuan dana pendidikan yang dibeikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang dari segi ekonomi dan memiliki prestasi yang memadai sebagai jaminan bahwa calon mahasiswa tersebut nantinya dapat menyelesaikan pendidikan dengan tepat waktu.

Pendaftaran Bidikmisi dapat dilakukan secara online ataupun offline. Pendaftaran Bidikmisi secara online dilakukan langsung melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id, sedangkan pendaftaran offline diperuntukkan bagi calon peserta yang didaerahnya susah mengakses jaringan internet, pendaftaran dapat dilakukan langsung di kampus UNICEN.

Jika UNICEN membuka penerimaan mahasiswa baru jalur Bidikmisi, maka anda dapat mendaftarkan diri. Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan ketentuan lainnya tentang pendaftaran Bidikmisi dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Online Bidikmisi.

4. Pendaftaran Jalur Mandiri UNICEN

Selain membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional, UNICEN juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Jalur mandiri adalah jalur yang secara penerimaaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh UNICEN untuk memberikan kesemapatan kepada calon mahasiswa baru masuk ke kampus UNICEN.

Jalur ini dapat disebut sebagai jalur alternatif bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti jalur SNMPTN atau SBMPTN tetapi dinyatakan tidak lulus, maka dapat mengikuti seleksi jalur mandiri.

Informasi lainnya mengenai jalur mandiri UNICEN dapat anda baca langsung di web UNICEN, yaitu www.unicen.ac.id. Untuk jadwal PMB UNICEN, silahkan klik disini.

5. Pendaftaran Program Pascasarjana UNICEN

Bagi anda yang ingin melanjutkan studi ke Pascasarjana UNICEN, silahkan lakukan pendaftaran secara langsung di kampus Pascasarjana UNICEN atau akses informasinya terlebih dahulu di alamat http://pasca.unicen.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNICEN

Baca juga :

Itulah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UNICEN. Semoga informasi ini dapat menambah atau melengkapi informasi anda sebelumnya. 

Mari bantu bagikan juga informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan dengan cara tekan tombol G+1 yang tersedia.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk UNICEN dan nantinya dapat menjadi mahasiswa UNICEN. Selain itu pula, admin mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini yang selalu berkunjung setiap hari.