Selamat Datang di web www.infoonline.web.id. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci di kolom search yang tersedia atau dapat mencarinya di sidebar bagian kanan. Kunjungi terus web infoonline.web.id untuk mendapatkan informasi-informasi yang anda butuhkan. Ayo turut berbagi informasi yang ada di web ini pada teman-teman lain yang membutuhkan. Sukai juga halaman web kami. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran Online Bidikmisi 2017/2018

Pendaftaran Online Bidikmisi 2017 -- Bidikmisi SNMPTN, Bidikmisi SBMPTN, Bidikmisi PMDK-PN, Bidikmisi Jalur Mandiri PTN / PTS, Bidikmisi UMPN, Bidikmisi SPAN-PTKIN, Bidikmisi UM-PTKIN, Panduan Pendaftaran Online Bidikmisi, Info Pendaftaran Bidikmisi, Cara Pendaftaran Bidikmisi, Penerimaan Beasiswa Bidikmisi, Jalur Seleksi Bidikmisi, Bantuan Biaya Pendidikan dan Biaya Hidup (Bidikmisi), Program Bidikmisi, Beasiswa Dikti. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Online Bidikmisi 2017/2018. Informasi ini diberikan sebagai panduan bagi anda yang ingin mendaftar Bidikmisi secara online. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Banyak sekali Beasiswa Dikti yang diberikan kepada mahasiswa ataupun calon mahasiswa. Misalnya beasiswa Prestasi, PPA, BBM, Bidikmisi, dan lain sebagainya. Pada kesempatan in yang akan dibahas adalah Bidikmisi.

Bidikmisi merupakan salah satu beasiswa Dikti yang diberikan untuk calon mahasiswa yang berprestasi baik saat masih di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi namun memiliki kendala dari segi pembayaran biaya pendidikan dan biaya hidup. 

Dalam kalimat lain bahwa Bidikmisi dilaksanakan untuk membantu calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang mempunyai keinginan untuk kuliah di Perguruan Tinggi. Calon mahasiswa yang demikian mendapatkan kesempatan untuk mendaftar Bidikmisi.

Ketika akan melakukan pendaftaran Bidikmiisi, terlebih dahulu anda harus mengetahui beberapa persyaratan pendaftarannya. Berikut persyaratan selengkapnya.

Persyaratan Pendaftaran Bidikmisi 2017/2018
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2017
  2. Lulusan tahun 2016 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing Perguruan Tinggi.
  3. Usia maksimal pada saat mendaftar adalah 21 tahun.
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria sebagai berikut :
    • Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
    • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya.
  5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S-1 (Sarjana) atau Diploma 4.
  6. Berpotensi akademik baik berdasarkan rekomendasi dari kepala sekolah.
  7. Pendaftar Bidikmisi diberi kesempatan untuk memilih salah satu jalur penerimaan Bidikmisi PTN atau PTS dengan memilih jalur (1) Bidikmisi SNMPTN, (2) Bidikmisi SBMPTN, (3) Bidikmisi jalur mandiri PTN, (4) Bidikmisi Politeknik (PMDK-PN), UT, dan ISI, (5) Bidikmisi jalur mandiri PTS.

Langkah-langkah Pendaftaran Online Bidikmisi 2017/2018

Pendaftaran Bidikmisi bisa dilakukan secara online maupun offline. Pendaftaran online Bidikmisi dilakukan mellaui alamat bidikmisi.dikti.go.id, sedangkan pendaftaran offline bisa dilakukan langsung dikampus atau melalui pengiriman berkas. Biasanya pendaftaran bidikmidi secara offline dilakukan oleh kepala sekolah atau siswa yang berasal dari daerah-daerah terpencil yang tidak mendukung akses internet.

Disini yang kita bahas adalah pendaftaran Bidikmisi secara online. Pendaftaran Bidikmisi online ini diawali oleh Sekolah yang memberikan rekomendasi kepada siswanya, selanjutnya siswa melanjutkan dengan pendaftaran online secara mandiri. Langkah-langkah pendaftaran online Bidikmisi dijelaskan berikut ini.

A. Pendaftaran Online Bidikmisi Oleh Sekolah
  • Silahkan akses alamat resmi pendaftaran online Bidikmisi oleh sekolah, yaitu http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah/
  • Kemudian muncul 3 pilihan fitur, yaitu fitur untuk sekolah yang telah terdaftar dalam Bidikmisi, fitur untuk sekolah yang belum terdaftar, dan fitur Sekolah Desktop.

Untuk Sekolah yang Belum Terdaftar di Program Bidikmisi
  • Jika sekolah belum mendaftar sebelumnya, maka klik "belum terdaftar". Kemudian masukkan NPSN atau nama sekolah.
  • Jika nama anda tidak ditemukan, maka bisa melihat Data NPSN lengkap  di http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php
  • Jika telah menemukan NPSN dan nama Sekolah, selanjutnya Sekolah mendaftarkan diri sebagai instansi pemberi rekomendasi Bidikmisi dengan melampirkan hasil scan beberapa berkas pendaftaran berupa identitas dan prestasi sekolah untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah.
  • Selanjutnya ikuti proses pendaftaran sampai selesai.
Bagi sekolah-sekolah yang belum terdaftar dan minim koneksi internet, maka bisa menggunakan aplikasi "Sekolah Desktop". Aplikasi bisa diunduh dengan mengisi form permohonan dengan memasukkan NPSN pada kolom yang tersedia. Kemudian ikuti proses pendaftaran sampai selesai.

Untuk Sekolah yang telah Terdaftar di Program Bidikmisi
  • Bagi sekolah yang telah terdaftar sebelumnya pada Program Bidikmisi, silahkan klik "sudah terdaftar". Lihat kembali gambar di atas.
  • Login menggunakan NPSN dan Kode Akses Sekolah.
  • Sekolah bertindak sebagai instansi untuk merekomendasikan peserta Bidikmisi.
  • Setelah merekomendasikan peserta Bidikmisi, kemudian sekolah akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses untuk masing-masing peserta Bidikmisi.
  • Masing-masing peserta Bidikmisi akan diberi nomor pendaftaran dan kode akses siswa.
  • Selanjutnya  peserta Bidikmisi melakukan pendaftaran online Bidikmisi secara mandiri.
B. Pendaftaran Online Bidikmisi Oleh Siswa
  • Buka situs resmi pendaftaran Bidikmisi untuk login siswa di alamat berikut ini :  http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa/
  • Login menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses siswa yang telah didapatkan dari sekolah. Lihat gambar berikut.
  • Setelah login, kemudian peserta Bidikmisi mengisi biodata diri dengan lengkap dan benar.
  • Jika telah selesai dn data anda benar, cetaklah kartu tanda peserta Bidikmisi.
  • Siswa yang telah melakukan pendaftaran Bidikmisi, kemudian mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur nasional atau jalur mandiri sebagai salah satu syarat Bidikmisi, yaitu mengikuti Bidikmisi SNMPTN, Bidikmisi PMDK-PN, Bidikmisi SBMPTN, Bidikmisi UT / ISI, Bidikmisi jalur Mandiri PTN, atau Bidikmisi jalur Mandiri PTS. 

Jalur-jalur Penyaluran Program Bidikmisi

1. Pendaftaran Online Bidikmisi SNMPTN

Peserta Bidikmisi yang akan mengikuti seleksi SNMPTN, maka terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran Bidikmisi di alamat bidikmisi.ristekdikti.go.id. Tata cara pendaftarannya dilakukan sesuai dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Selanjutnya peserta Bidikmisi melakukan pendaftaran SNMPTN melalui alamat www.snmptn.ac.id, buka disini

2. Pendaftaran Online Bidikmisi SNMPTN

Peserta Bidikmisi yang akan mengikuti seleksi SBMPTN, maka sebelumnya harus mendaftar Bidikmisi secara online melalui alamat web : bidikmisi.ristekdikti.go.id dengan cara yang telah dijelaskan di atas. Setelah selesai mendaftar Bidikmisi, selanjutnya mendaftar SBMPTN di alamat web www.sbmptn.ac.id , buka disini

3. Pendaftaran Online Bidikmisi PMDK-PN

Untuk peserta Bidikmisi yang akan mengikuti seleksi PMDK-PN, terlebih dahulu harus mendaftar Bidikmisi setelah mendapatkan rekomendasi dari Sekolah. Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui bidikmisi.ristekdikti.go.id. Setelah selesai mendaftar Bidikmisi, selanjutnya mendaftar PMDK-PN di alamat pmdk.politeknik.or.id , buka disini

4. Pendaftaran Online Bidikmisi Jalur Mandiri PTN

Selain melalui jalur Nasional, Bidikmisi juga disalurkan melalui jalur Mandiri PTN. Pendaftaran online Bidikmisi dilakukan melalui bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Tata cara pendaftaran telah dijelaskan di atas, silahkan lihat kembali. Setelah mendaftar Bidikmisi, kemudian anda mendaftar jalur Mandiri PTN di masing-masing Perguruan Tinggi Negeri.

5.  Pendaftaran Online Bidikmisi Jalur Mandiri PTS

Selain Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Bidikmisi juga disalurkan untuk calon mahasiswa yang kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Namun tidak semua Perguruan Tinggi Swasta (PTS) mengadakan program Bidikmisi. Hanya Perguruan Tinggi Swasta (PTS)  tertentu yang mengadakan seleksi Bidikmisi Jalur Mandiri PTS.

Untuk PTS yang mengadakan seleksi Bidikmisi, maka calon mahasiswa sebelumnya harus mendaftar Bidikmisi ke alamat bidikmisi.ristekdikti.go.id. Selanjutnya mendaftar dan mengikuti seleksi jalur mandiri PTN dengan membuka alamat website masing-masing PTS.

6. Pendaftaran Bidikmisi UMPN

UMPN sebagai salah satu jalur seleksi masuk ke Politeknik Negeri juga menjadi salah satu jalur penyaluran program Bidikmisi. Untuk calon mahasiswa yang berasal ari keluarga kurang mampu yang mengikuti tes jalur UMPN, dapat juga mengusulkan diri untuk mengikuti program Bidikmisi UMPN dengan memenuhi persyaratan yang ada.

Informasi lebih lanjut mengenai Bidikmisi UMPN dapat anda lihat pada masing-masing Politeknik Negeri yang membuka jalur Bidikmisi UMPN.

7. Pendaftaran Bidikmisi UT

Bagi anda yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang ingin kuliah di UT, maka anda bisa mendaftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi Bidikmisi UT.

8. Pendaftaran Bidikmisi ISI

Bagi anda yang berasal dari keluarga kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Institut Seni Indonesia (ISI), maka anda dapat mengikuti seleksi Bidikmisi ISI.

9. Pendaftaran Bidikmisi SPAN-PTKIN

Selain disalurkan melalui jalur-jalur di atas, Bidikmisi juga disalurkan melalui jalur seleksi keagamaan yaitu melalui SPAN-PTKIN. Peserta terlebih dahulu mengikuti seleksi SPAN-PTKIN, jika lulus seleksi, maka dapat mengikuti Program Bidikmisi Jalur SPAN-PTKIN.

Informasi selanjutnya mengenai Bidikmisi SPAN-PTKIN dapat anda lihat di website PTKIN masing-masing yang membuka Bidikmisi. Prosedur dan hal lainnya telah di atur oleh masing-masing PTKIN.

10. Pendaftaran Bidikmisi Jalur UM-PTKIN

Selain disalurkan melalui jalur SPAN-PTKIN, Bidikmisi juga disalurkan melalui jalur seleksi keagamaan lainnya, yaitu melalui jalur UM-PTKIN.

Untuk anda yang memiliki kemampuan akademik biasa-biasa saja yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, namun terkendala masalah biaya pendidikan, maka dapat mengikuti program Bidikmisi UM-PTKIN.

Informasi lebih lanjut mengenai Bidikmisi UM-PTKIN dapat anda lihat di website PTKIN masing-masing yang membuka Bidikmisi.

Dengan banyaknya jalur penyaluran Bidikmisi, berarti memberikan peluang yang lebih besar untuk anda agar bisa dapat Bidikmisi. Silahkan pilih salah satu jalur penyaluran Bidikmisi secara tepat.

Jadwal Pendaftaran Bidikmisi 2017/2018

Selain memperhatikan persyaratan dan tata cara pendaftaran Bidikmisi di atas, anda juga harus memperhatikan jadwal pelaksanaan Bidikmisi berikut ini :
  • Pendaftaran Bidikmisi oleh Sekolah : 1 Februari - 1 September
  • Pendaftaran Bidikmisi oleh Siswa : 1 Februari - 1 September
  • Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN : 25 Februari - 11 Maret
  • Pendaftaran Bidikmisi PMDK-PN : 25 Februari - 1 Mei
  • Pendaftaran Bidikmisi SBMPTN : 22 April - 18 Mei
  • Pendaftaran Bidikmisi Seleksi Mandiri PTN : 5 Februari - 1 September
  • Pendaftaran Bidikmisi Seleksi Mandiri PTS : 22 April - 1 September
  • Pendaftaran Bidikmisi UMPN : 4 Mei - 10 Juni
Jadwal di atas adalah jadwal Bidikmisi 2016. Untuk jadwal Bidikmisi 2017 akan admin update pada waktunya nanti.

Bacaan Berikutnya : Pengumuman Bidikmisi

Demikianlah informasi yang dapat admin berikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Online Bidikmisi. Semoga informasi di atas dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan serangkaian proses pendaftaran Bidikmisi. 

Silahkan Baca Juga Info Terkait :

Admin turut mendoakan semoga anda bisa diterima dan memperoleh bantuan biiaya pendidikan dan biaya hidup selama kuliah. Terima kasih atas kesempatan yang anda berikan untuk membaca artikel ini. Sekian dari admin dan salam sukses.