Pendaftaran Mahasiswa Baru UNTIRTA 2019/2020

pmb.untirta.ac.id 2019 -- PMB UNTIRTA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNTIRTA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNTIRTA Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNTIRTA, Registrasi Mahasiswa Baru UNTIRTA, Penerimaan Online UNTIRTA, Jalur SNMPTN, SBMPTN, UMB-PT, PPs UNTIRTA, Bidikmisi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UNTIRTA 2019/2020. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran online. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa atau yang sering disebut dengan UNTIRTA merupakan Universitas Negeri yang terletak di Jalan Raya Jakarta KM. 04, Kec. Serang, Banten, Indonesia.

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) memiliki dua kampus yaitu kampus Serang dan kampus Cilegon. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) didirikan pada 1 Oktober 1981 sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang kemudian berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri pada 19 Maret 2001.

Moto dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) adalah Maju, Bermutu, dan Berkarakter dalam Kebersamaan. Julukan untuk Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) adalah Kampus Peradaban.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), yaitu :

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Biologi.
Program Studi Baru
  • Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Program Studi Bimbingan Konseling, Program Studi Pendidikan IPA, dan Program Studi Seni Drama, Tari, dan Musik.
Fakultas Hukum
  • Ilmu Hukum
Fakultas Ekonomi
  • Akuntansi (S1), Ekonomi Pembangunan (S1), Manajemen (S1), Ekonomi Islam (S1), Keuangan Perbankan (D3), Akuntansi (D3), Perpajakan (D3), Pemasaran (D3)
Fakultas Ilmu Sosial Politik
  • Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Pemerintahan
Fakultas Pertanian
  • Agribisnis, Agroekoteknologi, ddan Perikanan
Fakultas Teknik
  • Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Metalurgi, Teknik Sipil
Program Pasca Sarjana
  • Ilmu Hukum, Teknologi Pembelajaran, Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Administrasi Publik, Magister Akuntansi, dan Magister Manajemen

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNTIRTA.

Pada tahun ini UNTIRTA membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SPMB (UMB-PT), dan Bidikmisi. Langsung saja kita simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN UNTIRTA

SNMPTN merupakan jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dilakukan tanpa ujian tertulis. Seleksinya didasarkan pada prestasi akademik yang dimiliki siswa serta prestasi lainnya yang relevan. Prestasi akademik siswa dapat dilihat dari nilai rapor mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII semester 1.

Peserta yang akan mendaftar SNMPTN harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Kepala sekolah mendaftarkan sekolah dan siswanya ke alamat pdss.snmptn.ac.id. Cara mendaftar klik disini. Setelah itu, Kepala Sekolah akan mendapatkan username dan password yang harus diberikan untuk maisng-masing siswa peserta SNMPTN.

Siswa peserta SNMPTN melakukan verifikasi data pendaftaran ke alamat PDSS di atas, jika data tersebut telah sesuai, maka bisa melakukan pendaftaran online SNMPTN ke alamat www.snmptn.ac.id

Lakukan pendaftaran melalui alamat tersebut dengan mengisi biodata diri anda sesuai formulir pendaftaran yang tersedia. Saat memilih PTN, anda bisa memilih UNTIRTA sebagai PTN pilihan utama yang anda minati.


Informasi lain yang anda butuhkan seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, jumlah pilihan PTN dan Prodi, nama-nama PTN se-Indonesia, serta keterangan lainnya bisa anda baca pada artikel kami yang berjudul Pendaftaran Online SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran SBMPTN UNTIRTA

SBMPTN merupakan pola penyeleksian calon mahasiswa baru yang dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta dan ada ujian tambahan berupa ujian keterampilan yang dikhususkan untuk calon mahasiswa yang memilih program studi Seni atau Keolahragaan.

Calon peserta dapat melakukan pendaftaran online SBMPTN melalui alamat resmi Pendaftaran SNMPTN, yaitu www.sbmptn.ac.id. Silahkan kunjungi alamat tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran yang tersedia.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan dengan tahapan berikut, yaitu calon peserta melakukan pendaftaran tahap awal SBMPTN, kemudian membayar biaya seleksi ke Bank BNI atau Mandiri, dan terakhir kembali mengakses alamat www.sbmptn.ac.id untuk melengkap biodata pendaftaran online hingga mencetak kartu tanda peserta.

Informasi berupa panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya seleksi, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, jumlah pilihan PTN dan Prodi, serta informasi lainnya bisa anda baca pada artikel Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN ac id

3. Pendaftaran Bidikmisi UNTIRTA

Bidikmisi disebut juga sebagai biaya bantuan yaitu biaya bantuan yang diberikan oleh Dikti kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi finansial, namun calon mahasiswa tersebut juga harus memiliki kemampuan akademik yang memadai sebagai jaminan bahwa calon mahasiswa tersebut dapat menyelesaikan kuliahnya di Perguruan Tinggi dengan tepat waktu.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Peserta yang akan mendaftar harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, peserta akan diberi kode akses pendaftaran untuk login ke alamat Bidikmisi.

Informasi lengkap seperti tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, serta ketentuan lainnya bisa anda  baca pada artikel yang telah kami rangkum tersendiri yaitu Pendaftaran Online Bidikmisi.

4. Pendaftaran UMB-PT UNTIRTA

UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu jalur seleksi masuk ke Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta UMB-PT.

UMB-PT adalah bagian dari SPMB yang diselenggarakan oleh P-SPMBN. P-SPMBN menyelenggarakan seleksi yang disebut dengan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) yang terdiri dari UMB-PT, UMB-PTS, dan satu jenis seleksi yaitu TPBI.

Pendaftaran UMB-PT dilakukan secara online melalui alamat penerimaan.spmb.or.id. Silahkan akses alamat tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran online yang tersedia.

Panduan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, daftar PTN dalam UMB-PT, dan informasi lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran SPMB atau Pendaftaran Online SPMB.

Catatan : Jalur UMB-PT saat ini tidak dibuka lagi. Untuk informasi lebih lanjut, baca di web resmi.

5. Pendaftaran Pascasarjana UNTIRTA

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu ke jenjang Pascasarjana, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di PPs UNTIRTA.

Sebelum melakukan pendaftaran, anda perlu memperhatikan persyaratan pendaftaran, Mekanisme pendaftaran, dan materi seleksi yang akan diberikan pada saat tes. Berikut informasinya.

Persyaratan Pendaftaran
  • Fotocopy Berijazah Legalisasi S-1
  • Pas photo berkenaan ukuran 3x4, dan 4x6 (masing-masing 2 lembar)

Materi Seleksi
  • Test Potensi Akademik (TPA)
  • Test Bahasa Inggris
  • Wawancara

Mekanisme Pendaftaran dan Informasi
  • Pembayaran Formulir ke Bank BNI Cabang Serang di Kas Untirta (BNI Kampus Untirta)
  • Mengembalikan formulir pendaftaran dan Slip BNI yang telah dibayar ke Sekretariat Pasca Sarjana UNTIRTA
  • Biaya Tersebut di setorkan ke Rekening Rektor Untirta.

Informasi lan yang anda perlukan dapat dilihat dialamat pasca.untirta.ac.id. Silahkan akses alamat tersebut untuk melangkapi informasi anda.

Itulah jalur-jalur seleksi masuk UNTIRTA yang bisa anda pilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNTIRTA. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat dan bakat anda.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNTIRTA.

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UNTIRTA yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda. 

Jika informasi tersebut bermanfaat, silahkan bagikan dengan teman anda yang membutuhkan dengan cara klik tombol G+1 yang telah tersedia.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk ke UNTIRTA dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa UNTIRTA. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin.