Pendaftaran SNMPTN ac id 2019/2020

www.snmptn.ac.id 2019 -- PMB Jalur SNMPTN, Pendaftaran Online SNMPTN, Cara Pendaftaran SNMPTN, Informasi Pendaftaran SNMPTN, Panduan Pendaftaran Jalur Undangan (SNMPTN), Penerimaan Mahasiswa Baru jalur SNMPTN, Pendaftaran Mahasiswa Baru jalur SNMPTN, Jalur Undangan (SNMPTN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. 2021. 2022.

Pada kesempatan ini, admin web akan memberikan sebuah informasi mengenai Pendaftaran SNMPTN ac id 2019/2020. Informasi ini ditujukan bagi anda yang akan mengikuti seleksi SNMPTN pada tahun ini. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Banyak sekali jalur masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, diantaranya yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, SPMB, Kerjasama, Utusan Daerah, Beasiswa dan lain-lain. Pada kesempatan ini kita akan membahas jalur SNMPTN.

SNMPTN atau yang memiliki kepanjangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang ditujukan bagi siswa-siswi terbaik dari masing-masing Sekolah dengan ketentuan bahwa putra-putri terbaik tersebut memiliki prestasi akademik yang unggul disetiap semesternya yang ditunjukkan dari nilai rapor mulai dari nilai rapor kelas X sampai nilai rapor kelas XII semester 1 serta prestasi lain yang relevan.

Dari uraian di atas, kita memperoleh suatu makna yaitu (1) hanya siswa-siswi terbaik yang bisa mengikuti seleksi SNMPTN, (2) Seleksi jalur SNMPTN diadakan tanpa ujian tertulis, namun seleksi melalui nilai rapor dan prestasi lain yang relevan.

Bagi siswa yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi SNMPTN, maka nanti bisa mengikuti seleksi SBMPTN. Selain itu, bagi siswa yang telah mengikuti seleksi SNMPTN, tetapi pada saat pengumuman SNMPTN dinyatakan tidak lulus, maka bisa juga mengikuti seleksi SBMPTN.

Melihat data statistik dari tahun ke tahun bahwa peserta SNMPTN terus mengalami peningkatan. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa-siswi Indonesia semakin banyak yang pintar. Ini adalah suatu kemajuan yang positif. Mungkin salah satu keinginan mereka setelah menjadi siswa yang pintar adalah bisa mengikuti seleksi SNMPTN.

Perlu diketahui pula bahwa kuota penerimaan calon mahasiswa baru untuk jalur SNMPTN ini mencapai setengah dari keseluruhan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing Perguruan Tinggi. Ini merupakan suatu ketentuan yang telah diputuskan oleh panitia penyelenggara.

Jadi, jalur SNMPTN ini memberikan peluang yang paling besar untuk penerimaan calon mahasiswa baru. Beruntung dan bersyukurlah bagi kalian yang lulus seleksi jalur SNMPTN ini.

Baiklah, langsung saja kita akan membahas informasi-informasi yang berkaitan dengan SNMPTN yang berupa cara pendaftaran SNMPTN, pendaftaran Bidikmisi SNMPTN, persyaratan pendaftaran SNMPTN, jumlah pemilihan program studi dan PTN, kriteria penerimaan, serta daftar nama-nama PTN dalam SNMPTN.

A. Persyaratan Pendaftaran SNMPTN

Sebelum melakukan pendaftaran SNMPTN, sebaiknya anda memperhatikan beberapa persyaratan pendaftaran, baik persyaratan untuk pihak sekolah ataupun untuk siswa. Berikut info selengkapnya.

1. Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Sekolah
  • SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN
  • Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar. 

2. Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Siswa

Calon peserta adalah Siswa Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) yang akan lulus sekolah pada tahun ini yang memenuhi persyaratan :
  1. Memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    • akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya;
    • akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya;
    • akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya;
    • belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya.
  2. Siswa memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,
  3. Siswa memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (untuk siswa SMA/MA, SMK/MAK Tiga Tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (untuk SMK/MAK Empat Tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  4. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN

B. Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi pada SNMPTN
  1. Setiap pendaftar paling banyak bisa memilih dua PTN yang diinginkan. Jika pendaftar memilih dua PTN, maka salah satu PTN harus berada satu propinsi dengan Sekolah asal. Jika pendaftar memilih satu PTN, maka PTN yang diinginkan bisa di propinsi manapun.
  2. Setiap siswa pendaftar paling banyak bisa memilih tiga program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal dua program studi.
  3. Khusus untuk siswa SMK/MAK hanya diijinkan memilih program studi yang relevan saja

C. Cara Pendaftaran SNMPTN

Cara mengikuti SNMPTN dilakukan melalui 3 (tiga) tahapan. Tahap pertama adalah pengisian PDSS oleh kepala sekolah dan verifikasi oleh siswa. Tahap kedua adalah pemeringkatan oleh panita, (tahap ketiga adalah pendaftaran SNMPTN secara online yang dilakukan secara mandiri oleh siswa. Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Pengisian PDSS oleh Kepala Sekolah
  • Akses website resmi pengisian data PDSS, yaitu pdss.snmptn.ac.id
  • Kepala Sekolah melakukan pengisian data siswa pada PDSS dengan klik "halaman sekolah".
  • Selanjutnya akan mendapatkan NISN dan Password untuk masing-masing siswa.
  • Kepala sekolah memberikan NISN dan Password kepada masing-masing siswa.
  • Siswa login ke website PDSS menggunakan NISN dan Password tersebut untuk melakukan verifikasi data pendaftaran yang telah diisi sebelumnya oleh Kepala Sekolah.
  • Jika siswa tidak melakukan verifikasi data, maka data tersebut dianggap benar.
  • Selanjutnya siswa melakukan pendaftaran SNMPTN secara online 

Pemeringkatan oleh Panitia
  1. Panitia Pusat melalui sistem membuat pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.
    • Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
    • Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
    • Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
    • SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktek Kejuruan).
  2. Berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik yang dilakukan Panitia Pusat, siswa yang memenuhi syarat diizinkan untuk mendaftar SNMPTN

Cara Pendaftaran SNMPTN Online oleh Siswa
  • Akses website resmi pendaftaran SNMPTN online, yaitu web.snmptn.ac.id
  • Siswa login ke alamat website tersebut menggunakan NISN dan Password yang telah didapat dari kepala sekolah.
  • Ketika sudah login, siswa akan diminta untuk mengisi biodata lengkap, memilih PTN, memilih program studi, serta mengunggah pas foto berwarna sesuai dengan ketentuan.
  • Khusus untuk siswa yang mendaftar pada program studi olahraga dan seni, diwajibkan untuk mengupload portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang dimiliki yang telah disyahkan oleh kepala sekolah sesuai dengan pedoman yang ada di www.snmptn.ac.id.
  • Setelah semua data terisi lengkap dan benar, cetaklah kartu tanda peserta SNMPTN
Penting!!!
  • Baca : Cara Pendaftaran SNMPTN
  • Bagi peserta SNMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, maka bisa mengajukan untuk mengikuti seleksi Program Bidikmisi jalur SNMPTN. Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id , buka disini

D. Tahapan Seleksi SNMPTN

Untuk siswa yang telah mendaftar SNMPTN, maka akan diseleksi dengan ketentuan sebagai berikut :
  1. Siswa pendaftar akan diseleksi di PTN pilihan pertama yang diurutkan berdasarkan pilihan program studi yang dipilih.
  2. Untuk siswa yang mendaftar pada dua PTN, jika siswa tersebut dinyatakan tidak lulus pada PTN pertama, maka siswa tersebut bisa mengikuti seleksi pada PTN kedua berdasarkan pilihan program studi yang dipilih dan ketersediaan kuota penerimaan.

E. Kriteria Penerimaan SNMPTN
  1. Siswa pendaftar telah dinyatakan lulus oleh satuan pendidikan terkait
  2. Siswa pendaftar telah dinyatakan lulus ujian SNMPTN
  3. Siswa pendaftar telah dinyatakan lulus verifikasi data serta memenuhi persyaratan lain yang telah ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi pilihan

F. Prinsip Seleksi SNMPTN
  1. Mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapordan prestasi-prestasi akademik lainnya,
  2. Memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah,
  3. Menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara adil, akuntabel, dan transparan; sehingga daya tampung SNMPTN tidak harus dipenuhi.

G. Jadwal Resmi Pelaksanaan SNMPTN 2018
  • Pengisian dan Verifikasi PDSS : 13 Januari – 10 Februari 2018
  • Pendaftaran SNMPTN : 21 Februari – 6 Maret 2018
  • Pengumuman Hasil Seleksi : 17 April 2018. Cara melihat pengumuman SNMPTN klik disini, disini, disini, disini, atau disini.

Untuk jadwal 2019 belum tersedia. Di tunggu updatenya.

H. Biaya Pendaftaran SNMPTN

Biaya penyelenggaraan SNMPTN telah ditanggung oleh Pemerintah sehingga calon peserta SNMPTN tidak perlu membayar biaya pendaftaran ataupun biaya seleksi. Dengan kata lain bahwa biaya SNMPTN adalag gratis.

Setelah membahas informasi di atas, admin akan memberikan informasi daftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang telah tergabung dalam SNMPTN. Berikut daftar selengkapnya.

I. Daftar Nama Perguruan Tinggi Negeri pada SNMPTN

Agar anda tidak bingung saat memilih Perguruan Tinggi pada waktu melakukan pendaftaran SNMPTN, maka disini admin akan memberikan daftar lengkap Perguruan Tinggi Negeri yang telah tergabung dalam SNMPTN. Berikut daftar selengkapnya beserta alamat situs resminya.
  1. Pendaftaran SNMPTN Institut Pertanian Bogor (IPB)
  2. Pendaftaran SNMPTN Institut Teknologi Bandung (ITB)
  3. Pendaftaran SNMPTN Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
  4. Pendaftaran SNMPTN Universitas Airlangga (UNAIR)
  5. Pendaftaran SNMPTN Universitas Andalas (UNAND)
  6. Pendaftaran SNMPTN Universitas Bangka Belitung (UBB)
  7. Pendaftaran SNMPTN Universitas Bengkulu (UNIB)
  8. Pendaftaran SNMPTN Universitas Borneo Tarakan (UBT)
  9. Pendaftaran SNMPTN Universitas Brawijaya (UB)
  10. Pendaftaran SNMPTN Universitas Cenderawasih (UNICEN)
  11. Pendaftaran SNMPTN Universitas Diponegoro (UNDIP)
  12. Pendaftaran SNMPTN Universitas Gadjah Mada (UGM)
  13. Pendaftaran SNMPTN Universitas Haluoleo (UHO)
  14. Pendaftaran SNMPTN Universitas Hasanudin (UNHAS)
  15. Pendaftaran SNMPTN Universitas Indonesia (UI)
  16. Pendaftaran SNMPTN Universitas Islam Negeri Alauddin
  17. Pendaftaran SNMPTN Universitas Islam Negeri Malang
  18. Pendaftaran SNMPTN Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  19. Pendaftaran SNMPTN Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA)
  20. Pendaftaran SNMPTN Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA)
  21. Pendaftaran SNMPTN Universitas Islam Negeri Walisongo
  22. Pendaftaran SNMPTN Universitas Lampung (UNILA)
  23. Pendaftaran SNMPTN Universitas Mulawarman (UNMUL)
  24. Pendaftaran SNMPTN Universitas Malikussaleh (UNIMAL)
  25. Pendaftaran SNMPTN Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)
  26. Pendaftaran SNMPTN Universitas Mataram (UNRAM)
  27. Pendaftaran SNMPTN Universitas Musamus Merauke (UNMUS)
  28. Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Gorontalo (UNG)
  29. Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Makassar (UNM)
  30. Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Manado (UNIMA)
  31. Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Medan (UNIMED)
  32. Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  33. Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Malang (UM)
  34. Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Padang (UNP)
  35. Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Semarang (UNNES)
  36. Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
  37. Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  38. Pendaftaran SNMPTN Universitas Nusa Cendana (UNDANA)
  39. Pendaftaran SNMPTN Universitas Padjadjaran (UNPAD)
  40. Pendaftaran SNMPTN Universitas Palangka Raya (UPR)
  41. Pendaftaran SNMPTN Universitas Pattimura (UNPATTI)
  42. Pendaftaran SNMPTN Universitas Papua (UNIPA)
  43. Pendaftaran SNMPTN Universitas Pendidikan Ghanesa (UNDIKSHA)
  44. Pendaftaran SNMPTN Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  45. Pendaftaran SNMPTN Universitas Riau (UNRI)
  46. Pendaftaran SNMPTN Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT)
  47. Pendaftaran SNMPTN Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)
  48. Pendaftaran SNMPTN Universitas Sriwijaya (UNSRI)
  49. Pendaftaran SNMPTN Universitas Sultan Agung Tirtayasa (UNTIRTA)
  50. Pendaftaran SNMPTN Universitas Sumatera Utara (USU)
  51. Pendaftaran SNMPTN Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)
  52. Pendaftaran SNMPTN Universitas Tadulako (UNTAD)
  53. Pendaftaran SNMPTN Universitas Tanjungpura (UNTAN)
  54. Pendaftaran SNMPTN Universitas Trunojoyo (UTM)
  55. Pendaftaran SNMPTN Universitas Udayana (UNUD)
  56. Pendaftaran SNMPTN Universitas Jambi (UNJA)
  57. Pendaftaran SNMPTN Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)
  58. Pendaftaran SNMPTN Universitas Teuku Umar (UTU)
  59. Pendaftaran SNMPTN Universitas Samudra (UNSAM)
  60. Pendaftaran SNMPTN Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
  61. Pendaftaran SNMPTN Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  62. Pendaftaran SNMPTN Universitas Islam Negeri Jakarta (UINJKT)
  63. Pendaftaran SNMPTN Universitas Siliwangi (UNSIL)
  64. Pendaftaran SNMPTN Universitas Jember (UNEJ)
  65. Pendaftaran SNMPTN UPN "Veteran" Jakarta (UPNVJ)
  66. Pendaftaran SNMPTN UPN "Veteran" Yogyakarta (UPNYK)
  67. Pendaftaran SNMPTN UPN "Veteran" Jawa Timur (UPN JATIM)
  68. Pendaftaran SNMPTN Universitas Timor (UNIMOR)
  69. Pendaftaran SNMPTN Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM)
  70. Pendaftaran SNMPTN Institut Teknologi Kalimantan (ITK)
  71. Pendaftaran SNMPTN Universitas Sulawesi Barat (UNSULBAR)
  72. Pendaftaran SNMPTN Universitas Sembilan Belas November (USN)
  73. Pendaftaran SNMPTN Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA)
  74. Pendaftaran SNMPTN Universitas Tidar (UNTIDAR)
  75. Pendaftaran SNMPTN Universitas Khairun (UNKHAIR)
  76. Pendaftaran SNMPTN Universitas UIN Sumatera Utara
  77. Pendaftaran SNMPTN Universitas UIN Ar-Raniry
  78. Pendaftaran SNMPTN Universitas UIN Sunan Gunung Djati
  79. Pendaftaran SNMPTN Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta)
  80. Pendaftaran SNMPTN Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI Surakarta)
  81. Pendaftaran SNMPTN Institut Seni Indonesia Denpasar (ISI Denpasar)
  82. Pendaftaran SNMPTN Institut Seni Indonesia Padangpanjang (ISI Padangpanjang)
  83. Pendaftaran SNMPTN Institut Seni Budaya Indonesia Aceh (ISBI Aceh)
  84. Pendaftaran SNMPTN Institut Seni Budaya Indonesia Bandung (ISBI Bandung)
  85. Pendaftaran SNMPTN Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua (ISBI Tanah Papua)

Itulah seluruh daftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang telah tergabung dalam SNMPTN. Perguruan Tinggi  Negeri yang telah tergabung dalam SNMPTN tersebut adalah Perguruan Tinggi Negeri yang telah ditetapkan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI).

I. Informasi Lainnya
  • Informasi resmi SNMPTN dapat  juga diperoleh melalui halo.snmptn.ac.id dan call center 08041-450-450.
  • Informasi juga dapat diperoleh melalui humas Perguruan Tinggi Negeri terdekat di tempat tinggal anda
  • Jika ada perubahan dengan infomasi di atas, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi SNMPTN. 

Baca Jalur Lainnya : Pendaftaran Jalur SMMPTN Barat

Rekomendasi Bacaan, Pendaftaran Jalur Undangan Lainnya :


Demikianlah informasi tentang Pendaftaran SNMPTN yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan dan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran SNMPTN.

Silahkan bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan agar mereka juga bisa memperoleh informasi dengan cepat. Caranya tekan tombol G+1 yang tersedia dan pilih teman atau kerabat anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi SNMPTN. Terima kasih atas kesempatan yang anda berikan untuk membaca artikel ini. Sekian dari admin dan salam sukses untuk semua.