Pendaftaran SBMPTN ac id 2019/2020

pendaftaran.sbmptn.ac.id 2019 -- Tata Cara Pendaftaran SBMPTN, Pendaftaran Online SBMPTN, Syarat Pendaftaran SBMPTN, Alur Pendaftaran SBMPTN ac id, Panduan Pendaftaran SBMPTN, Prosedur Pendaftaran SBMPTN ac id, Langkah Pendaftaran SBMPTN, Pendaftaran Online SBMPTN, Website Resmi Pendaftaran SBMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran SBMPTN ac id 2019/2020. Informasi ini diberikan dengan harapan bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran SBMPTN. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.

Seleksi dilakukan melalui ujian soal yang dikerjakan menggunakan bantuan komputer / Computer Based Testing (CBT) atau dapat juga dikerjakan secara langsung dengan cara ditulis tangan / Paper Based Testing (PBT).

Sebelumnya anda telah membaca informasi SBMPTN lengkap pada artikel Pendaftaran SBMPTN. Nah, informasi ini disampaikan sebagai pelengkap dari informasi yang telah anda baca tersebut.

pendaftaran.sbmptn.ac.id merupakan alamat website / situs resmi pendaftaran SBMPTN. Semua proses pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id

Bagi anda yang ingin mendaftar SBMPTN pada tahun ini, maka anda harus mengakses alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id

Pendaftaran dilakukan secara online mandiri oleh calon peserta tanpa melalui pihak sekolah seperti pada pendaftaran SNMPTN.

Calon peserta mengakses alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id untuk mengisi borang pendaftaran SBMPTN seperti :
  • Pendaftaran KAP dan PIN (Khusus Non Bidikmisi)
  • Pendaftaran KAP dan PIN Baru (Khusus peserta Bidikmisi yang membayar)
  • Pencetakan Slip Pembayaran (Khusus Non Bidikmisi)
  • Pencetakan Slip Pembayaran (Khusus peserta Bidikmisi yang membayar)
  • Proses Login
  • Unggah Foto
  • Pengisian Biodata
  • Borang Data Pendidikan
  • Pilihan Tempat Ujian dan Prodi
  • Konfirmasi Data dan memilih CBT
  • Konfirmasi Data dan memilih PBT
  • Pencetakan Kartu CBT
  • Pencetakan Kartu PBT

Berikut admin berikan penjelasan dari masing-masing data yang harus di isi tersebut.
  1. Pertama kali buka alamat pendaftaran SBMPTN : pendaftaran.sbmptn.ac.id
  2. Kemudian muncul 3 pilihan :
    • Pilihan pertama yaitu untuk calon peserta yang belum memiliki pasangan KAP dan PIN dan buka peserta Bidikmisi
    • Pilihan kedua yaitu untuk calon peserta Bidikmisi, baik yang telah mengikuti Bidikmisi SNMPTN ataupun calon peserta Bidikmisi SBMPTN.
    • Pilihan ketiga yaitu menu login untuk peserta yang telah mendaftar SBMPTN.
  3. Pilihlah menu sesuai dengan tujuan anda. 
    • Jika anda ingin mendaftar SBMPTN dan belum memiliki pasangan KAP dan PIN serta anda bukan peserta Bidikmisi, maka pilih menu pertama "calon peserta yang belum memiliki pasangan KAP dan PIN serta bukan peserta Bidikmisi"
    • Jika anda adalah peserta Bidikmisi, maka pilih menu kedua "calon peserta Bidikmisi"
  4. Setelah memilih salah satu dari pilihan di atas, maka akan muncul halaman baru yang meminta anda untuk mengisi data pendaftaran berupa nama lengkap, tanggal lahir, dan isi kode captcha yang terlihat.
  5. Setelah mengisi data pendaftaran tersebut, lalu klik "daftar" untuk mengikuti proses berikutnya.
  6. Lalu muncul halaman berikutnya tentang KAP, PIN, nama, tempat tanggal lahir serta tempat pembayaran biaya pendaftaran SBMPTN.
  7. Silahkan anda simpan berkas slip tersebut dengan cara klik kanan pada mouse anda lalu pilih "save image as" dan simpan di komputer / laptop anda.
  8. Selanjutnya anda tekan tombol "cetak" untuk mencetak slip pembayaran melalui komputer/laptop dan printer anda. Kemudian klik tombol "keluar"
  9. Kemudian anda membayar biaya pendaftaran di Bank Mandiri atau BNI di semua cabang dengan menunjukkan slip pembayaran yang telah dicetak.
  10. Setelah membayar, silahkan akses kembali alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id kemudian pilih menu ketiga yaitu menu login untuk peserta yang telah mendaftar SBMPTN
  11. Isikan KAP dan PIN yang telah anda dapatkan saat proses cetak slip pembayaran, isi juga kode Captcha yang terlihat lalu klik tombol "login"
  12. Lalu unggah foto anda. foto yang di unggah harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  13. Isi biodata pendaftaran, borang data pendidikan, pilihan tempat ujian dan prodi.
  14. Setelah selesai mengisi borang tersebut, lalu lakukan konfirmasi data dan memilih jenis ujian CBT atau PBT
  15. Jika telah yakin bahwa data yang anda isi benar, selanjutnyan cetak kartu peserta dengan cara klik tombol "cetak"
  16. Bawa kartu peserta SBMPTN saat ujian berlangsung, serta berkas lain yang diperlukan

Alur Pendaftaran SBMPTN Lebih lengkap baca di Alur Pendaftaran SBMPTN

Itulah tata cara pendaftaran SBMPTN yang dapat admin sampaikan. Untuk informasi lengkap mengenai SBMPTN seperti persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan, daftar PTN, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Online SBMPTN

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran SBMPTN ac id. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan bagi anda semua.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk ke PTN pilihan anda melalui jalur SBMPTN ini. Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu. Amin. Ayo turut erbagi informasi ini pada teman lainnya. Sukai juga halaman web kami.