Selamat Datang di web www.infoonline.web.id. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci di kolom search yang tersedia atau dapat mencarinya di sidebar bagian kanan. Kunjungi terus web infoonline.web.id untuk mendapatkan informasi-informasi yang anda butuhkan. Ayo turut berbagi informasi yang ada di web ini pada teman-teman lain yang membutuhkan. Sukai juga halaman web kami. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Alauddin 2017/2018

www.uin-alauddin.ac.id 2017 -- PMB UIN Alauddin, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Alauddin, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Alauddin, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UIN Alauddin, Registrasi Mahasiswa Baru UIN Alauddin, Pendaftaran Online UIN Alauddin, Penerimaan Online UIN Alauddin, Jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Mandiri, Bidikmisi, PPs UIN Alaudin, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. 2019. 2020.

Kali ini admin akan menyampaikan sebuah informasi penting mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Alauddin 2017/2018. Informasi ini disampaikan dengan harapan bisa memberikan panduan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Islam Negeri Alauddin atau yang disingkat dengan UIN Alauddin adalah salah satu Perguruan Tinggi Islam Negeri yang berada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Sebelum menjadi Universitas, Pada mulanya UIN Alauddin adalah sebuah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Alauddin Makassar yang kemudian berubah status menjadi UIN Alauddin.

Moto dari UIN Alauddin adalah Pencerdasan, Pencerahan & Prestasi. Fakultas dan Program Studi yang telah ada di UIN Alauddin hingga saat ini adalah :

Program Sarjana (S1) UIN Alauddin
  • Fakultas Ushuluddin dan Filsafat terdiri dari program studi Filsafat Agama, Ilmu Aqidah, Sosiologi Agama, Perbandingan Agama, Ilmu Hadis, Ilmu al-Qur'an dan Tafsir, dan Ilmu Politik
  • Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari program studi Teknik Arsitektur, Teknik Informatika, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Fisika, Biologi, Kimia, Matematika, Ilmu Peternakan, dan Sistem Informasi.
  • Fakultas Ilmu Kesehatan terdiri dari program studi Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Farmasi, Kebidanan (D3)
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terdiri dari program studi Ekonomi Islam, Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi.
  • Fakultas Syari'ah dan Hukum terdiri dari program studi Hukum Acara Perdata dan Ketatanegaraan, Pidana dan ketatanegaraan, Perbandingan Hukum, Ilmu Hukum.
  • Fakultas Adab dan Humaniora terdiri dari program studi Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Bahasa dan Sastra Inggris, Ilmu Perpustakaan.
  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi terdiri dari program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, dan Kesejahteraan Sosial, Manajmen Dakwah, Jurnalistik, Ilmu Komunikasi.
  • Fakultas Tarbiyah dan Keguruan terdiri dari program studi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Manajmen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Program Magister (S2) UIN Alauddin
  • Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Tafsir Hadis, Ekonomi Syariah, Dirasah Islamiyah terdiri dari konsentrasi Syariah/Hukum Islam, Pemikiran Islam, Dakwah dan Komunikasi, Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah dan Peradaban Islam, Perpustakaan dan Informasi Islam.

Program Doktor (S3) UIN Alauddin
  • Program Studi Dirasah Islamiyah (Islamic Studies) dengan konsentrasi sebagai berikut : Pendidikan dan Keguruan, Syariah/Hukum Islam, Tafsir, Hadis, Pemikiran Islam, Dakwah dan Komunikasi, Sejarah Peradaban Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Bahasa dan Sastra Arab, Ekonomi Islam, dan Masyarakat Islam.

Itulah daftar Fakultas dan Program Studi yang ada di UIN Alauddin. Mungkin dari beberapa program studi yang ada di UIN Alauddin tersebut ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silhkan daftarkan diri anda mengikuti seleksi masuk  UIN Alauddin.

Pada tahun ini UIN Alauddin kembali membuka beberapa jalur penerimaan calon mahasiswa baru sebagai jalur seleksi masuk. Jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UIN Alauddin terdiri dari jalur nasional dan jalur mandiri. Berikut informasi selengkapnya.

1. Pendaftaran SNMPTN UIN Alauddin

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan yang dperuntukkan bagi siswa-siswa kelas XII yang akan lulus sekolah yang memiliki prestasi akademik yang baik yang dilihat dari nilai rapornya serta prestasi lainnya yang relevan.

Calon peserta yang akan mendaftar harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Kepala Sekolah sebagai pemberi rekomendasi melakukan pengisian data sekolah dan data siswa di pdss.snmptn.ac.id. Setelah mengisi data-data tersebut, maka akan mendapatkan Username dan Password yang diberikan untuk masing-masing siswa calon peserta SNMPTN.

Setelah mendapatkan rekomendasi, selanjutnya calon peserta dapat melakukan verifikasi data pendaftaran SNMPTN secara online melalui alamat pdss.snmptn.ac.id. Login menggunakan Username dan Password yang telah diberikan oleh Kepala Sekolah. Periksalah apakah data-data tersebut telah benar. Jika telah benar, selanjutnya mengisi semua formulir pendaftaran online pada alamat web.snmptn.ac.id

Panduan pendaftaran SNMPTN, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, jumlah pilihan PTN dan program studi, persyaratan pendaftaran, PTN se-Indonesia, dan lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNMPTN. Silahkan kunjungi artikel tersebut.

2. Pendaftaran SBMPTN UIN Alauddin

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi ujian tertulis penerimaan calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

Pada tahun lalu, UIN Alauddin tidak turut berpartisipasi dalam seleksi jalur SBMPTN. Untuk tahun ini apakah UIN Alauddin akan membuka jalur SBMPTN atau tidak, kita tunggu saja keputusan dari Rektor UIN Alauddin.

Jika UIN Alauddin membuka jalur SBMPTN, maka informasi SBMPTN dapat anda baca pada alamat www.sbmptn.ac.id. Keterangan lain dapat juga anda baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran Online SBMPTN.

3. Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN Alauddin

SNMPTN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi undangan masuk ke Perguruan Tinggi Keagaaam Islam Negeri seperti UIN, IAIN, STAIN di Indonesia, salah satunya UIN Alauddin.

Jalur SPAN-PTKIN ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi yang berprestasi unggul di Sekolah yang secara konsisten selalu menunjukkan prestasinya tersebut di setiap semester.

Untuk siswa-siswi yang lain yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN ini maka dapat mengikuti jalur UM-PTKIN atau jalur mandiri UIN Alauddin.

Pendaftaran SPAN-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.span-ptkin.ac.id. Informasi lainnya berkaitan dengan SPAN-PTKIN dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN.

4. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Alauddin

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi ujian tertulis untuk menyeleksi calon mahasiswa abru yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia seperti UIN, IAIN, dan STAIN, salah satunya UIN Alauddin.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.um-ptkin.ac.id. Informasi lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, jumlah pilihan PTKIN dan program studi, persyaratan pendaftaran, PTKIN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN.

5. Pendaftaran Jalur UMM UIN Alauddin

UMM atau Ujian Masuk Mandiri adalah jalur seleksi yang dikelola secara mandiri oleh UIN Alauddin untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat http://umm.uin-alauddin.ac.id . Calon peserta yang akan mendaftar harus membayar biaya pendaftaran melalui salah satu Bank BNI di seluruh Indonesia. Untuk informasi lainnya dapat dilihat di web UIN Alauddin.

6. Pendaftaran Jalur UMK UIN Alauddin

UMK atau Ujian Masuk Khusus adalah jalur mandiri yang diselenggarakan oleh UIN Alauddin untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Jalur ini merupakan jalur terakhir yang diselengarakan oleh UIN Alauddin.

Jadi, untuk anda yang tidak lulus seleksi jalur sebelumnya, maka masih memiliki kesempatan terakhir untuk mengikuti seleksi jalur UMK.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat : http://umk.uin-alauddin.ac.id . Peserta yang akan mendaftar harus membayar biaya pendaftaran melalui salah satu Bank BNI di seluruh Indonesia.

Perlu diketahui bahwa calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus melalui jalur SNMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan jalur UMM tidak diperkenankan untuk mengikuti seleksi jalur UMK. Untuk informasi lainnya dapat dilihat di web UIN Alauddin.

7. Pendaftaran Bidikmisi UIN Alauddin

UIN Alauddin juga merupakan Universitas yang menyalurkan bantuan biaya pendidikan yang disebut dengan Bidikmisi. Bidikmisi UIN Alauddin disalurkan melalui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibukanya.

Persyaratan Pendaftaran Bidikmisi UIN Alauddin
  1. Siswa lulusan SMA/SMK/MA/MAK/ sederajat yang lulus pada tahun ini (Ijazah tahun ini)
  2. Usia pendaftar paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun
  3. Pertimbangan khusus diberikan kepada pendaftar yang memenuhi persyaratan 1 s/d 2, serta mempunyai prestasi ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler paling rendah peringkat 3 ditingkat Kabupaten/Kota atau prestasi non konpetitif lain yang tidak ada pemeringkatan (minimal ketua Organisasi Siswa Sekolah/OSIS)
  4. Potensi akademik dan prestasi yang dimaksud pada butir 3 dinyatakan dengan rekomendasi Kepala Sekolah/ Madrasah Aliyah atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  5. Foto warna Rumah Orang Tua (Depan, Samping & Belakang)
  6. Foto copy rapor yang dilegalisir mulai semester 4, 5 dan 6
  7. Foto warna ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar
  8. Foto copy rekening listrik Orang Tua pembayaran terakhir, jika tidak memiliki buktikan dengan surat keterangan minimal dari RT
  9. Foto copy pembayaran Pajak dan Bumi dan Bangunan (PBB) Orang tua
  10. Foto copy Kartu Keluarga (KK)
  11. Menunjukkan kartu pendaftaran/peserta asli
  12. Foto copy Ijazah dan Hasil Ujian Nasional tahun ini (SMA, SMK, MA, MAK) yang dilegalisir 1 (satu) lembar
  13. Surat Keterangan Kesehatan/Narkoba/buta warna dari Poliklinik UIN Alauddin Makassar
  14. Mengisi formulir Bidikmisi yang dapat diperoleh pada bagian Kemahasiswaan & Alumni Gedung Rektorat Lt.1 Kampus II UIN Alauddin Makassar di Samata-Gowa
  15. Pengembalian formulir Bidikmisi / berkas persyaratan tersebut diatas disetor pada Bagian Kemahasiswaan & Alumni saat pendaftaran ulang / pemasukan berkas setiap jalur

Itulah informasi mengenai Bidikmisi UIN Alauddin yang dapat admin sampaikan. Untuk informasi yang belum dimuat disini, silahkan  baca di website resminya.

Baca juga : Infomasi Pendaftaran Bidikmisi PTN pada artikel Pendaftaran Bidikmisi atau Pendaftaran Online Bidikmisi

8. Pendaftaran Profesi Ners UIN Alauddin

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke profesi Ners UIN Alauddin, maka dapat mengikuti seleksi masuk yang dilakukan tersendiri. Calon peserta yang akan mendaftar harus memenuhi persyaratan berikut :

Persyaratan Pendaftaran
  1. Foto Copy Ijazah Sarjana Keperawatan dan transkrip yang telah dilegalisir
  2. Lulusan yang berasal dari institusi yang telah terakreditasi
  3. Rekomendasi dari pimpinan institusi asal ( Bila dari luar UIN Alauddin)
  4. Bagi alumni UIN alauddin yang belum diwisuda dan memperoleh ijazah, maka diperkenankan menggunakan surat keterangan lulus
  5. Tinggi badan minmal wanita 150 cm dan Pria 155 cm
  6. Mengisi Formulir permohonan pendaftaran*
  7. Mempersiapkan pasfoto ukuran 3 x 4 berwarna latar biru sebanyak 5 lembar (1 lembar ditempel pada formulir pendaftaran).
  8. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000,-
  9. Memiliki Surat Keterangan berbadan sehat, tidak buta warna dan tidak narkoba, yang dikeluarkan oleh poliklinik UIN Alauddin Makassar di Kampus 2 Samata Gowa.

Semua berkas persyaratan tersebut dimasukkan ke dalam stofmap lubang berwarna hijau dan diserahkan langsung di bagian akademik Lt.1 Rektorat UIN Alauddin Kampus II Samata – Gowa. Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru untuk profesi ners UIN Alauddin.

9. Pendaftaran Pascasarjana UIN Alauddin

Program Pascasarjana UIN Alauddin membuka penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Magister dan Doktor. Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana UIN Alauddin, maka dapat melakukan pendaftaran sesuai ketentuan yang berlaku.

Informasi lebih lanjut mengenai penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana dapat dilihat diwebsite resmi PPs UIN Alauddin, yaitu http://pps.uin-alauddin.ac.id/

Dari sekian banyak jalur penerimaan mahasiswa baru, terutama jenjang Sarjana (S1), maka anda dapat memilihnya yang menurut anda memiliki peluang besar untuk dapat diterima di UIN Alauddin. Dengan pemilihan jalur yang tepat, semoga bisa membantu anda untuk lulus seleksi. Untuk informasi jadwal pelaksanaan dapat dilihat disini.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UIN Alauddin

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Alauddin. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda.

Mari bantu bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan dengan cara tekan tombol G+1 yang tersedia.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi melalui jalur yang anda pilih. Terima kasih admin sampaikan kepada pengunjung setia web ini yang selalu berkunjung setiap hari. Mari sama-sam berdoa semoga Allah SWT memberikan kemudahan bagi kita untuk bisa sukses. Amin.