Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Raden Fatah 2019/2020

www.radenfatah.ac.id 2019 -- SPMB UIN Raden Fatah, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Raden Fatah, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Raden Fatah, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UIN Raden Fatah, Registrasi Mahasiswa Baru UIN Raden Fatah, Pendaftaran Online UIN Raden Fatah, Penerimaan Online UIN Raden Fatah, Jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Raden Fatah 2019/2020. Informasi ini diberikan dengan harapan dapat menjadi panduan bagi anda ketika akan mendaftar sebagai calon mahasiswa baru. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah adalah salah satu Perguruan Tinggi Islam Negeri yang berada di kota Palembang, Indonesia. 

Sebelum menjadi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN), pada mulanya adalah IAIN Raden Fatah. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah atau sebelumnya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah Palembang diresmikan pada tanggal 13 November 1964.

Fakultas yang telah ada di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah adalah :
  • Fakultas Syari'ah terdiri dari Al-Akhwal al-Syakhsiyah (AS) / Hukum Keluarga, Perbandingan Mazhab dan Hukum (PMH), Jinayah Siyasah (JS) / Pidana dan politik, Mu'amalah (M) / Perdata dan Niaga.
  • Fakultas Tarbiyah terdiri dari Jurusan/Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan/Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Jurusan/Program Studi Kependidikan Islam (KI), Jurusan/Program Studi Pendidikan Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah (PGKMI), Jurusan/Program Studi Bahasa Inggris (PBI), Jurusan / Program studi Tadris / Pendidikan Matematika, Jurusan / Program Studi Tadris / Pendidikan Biologi.
  • Fakultas Ushuluddin. Jurusan Perbandingan Agama (PA), Jurusan Tafsir Hadist (TH), Jurusan Aqidah Filsafat (AF), Jurusan Psikologi Islam (PI).
  • Fakultas Adab terdiri dari Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA), Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam (a) Konsentrasi Ilmu Politik. (b) Konsentrasi Ilmu Perpustakaan.
  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) : (a) Konsentrasi Jurnalistik, (b) Konsentrasi Public Relation (humas), Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) (a) Konsentrasi Kesejahteraan Sosial (kesos), (b) Konsentrasi Konseling Keagamaan. Jurusan Sistem Informasi (SI). Jurusan Jurnalistik.
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terdiri dari Ekonomi Islam (EKI), D3 Perbankan Syari'ah (DPS).

Program Pascasarjana
  • Program Doktor terdiri dari Program Studi Peradaban Islam (PI), Pendidikan Agama Islam (PAI),
  • Program Magister/Strata Dua (S2) terdiri dari Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir (IQT), Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Hukum Tata Negara (HTN), dan Ekonomi Syari’ah (ES)

Itulah beberapa fakultas dan program studi yang ada di UIN Raden Fatah Palembang. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan anda terutama yang akan kuliah di UIN Raden Fatah Palembang.

Bagi anda yang berniat untuk kuliah di UIN Raden Fatah, silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka. Jalur-jalur yang dibuka diantaranya adalah jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan Ujian Masuk Mandiri.

Untuk penjelasan lebih lanjut, mari simak selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN UIN Raden Fatah

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya dilakukan tanpa ujian tertulis.

Jalur ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi yang akan lulus di tahun ini yang memiliki prestasi akademik yang baik di sekolah yang dilihat dari nilai rapornya serta prestasi lainnya yang relevan.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui alamat www.snmptn.ac.id. Informasi lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel khusus : Pendaftaran Online SNMPTN

2. Pendaftaran SBMPTN UIN Raden Fatah

SBMPTN merupakan jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta dan ujian keterampilan hanya untuk peserta yang memilih program studi Seni atau Olahraga. Jadi peserta yang memilih program studi Seni atau Olahraga harus mengikuti seleksi sebanyak dua kali.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id. Informasi selengkapnya seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain-lain dapat anda baca pada artikel : Pendaftaran Online SBMPTN

3. Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN Raden Fatah

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi nasional yang merupakan jalur seleksi undangan masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri  di Indonesia seperti UIN, IAIN, dan STAIN.

Jalur ini diperuntukkan bagi siswa-siswa yang berprestasi di sekolah seperti pada SNMPTN. Pendaftaran SPAN-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.span-ptkin.ac.id

Ketentuan lebih lanjut seperti panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTKIN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTKIN se-Indonesia, dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN.

4. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Raden Fatah

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur ujian tertulis masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti UIN, IAIN, dan STAIN.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.um-ptkin.ac.id. Ketentuan lebih lanjut seperti panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTKIN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTKIN se-Indonesia, Ddan hal lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN.

5. Pendaftaran SPMB UIN Raden Fatah

SPMB atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang merupakan jalur seleksi mandiri yang dikelola oleh UIN Raden Fatah.

Jalur SPMB ini merupakan jalur alternatif bagi peserta yang sebelumnya telah mengikuti jalur-jalur seleksi nasional di atas, namun dinyatakan tidak lulus, maka dapat mengikuti jalur SPMB ini.

Alur Pendaftaran SPMB UIN Raden Fatah
  1. Calon Peserta datang ke Bank BRI atau Bank Sumsel untuk membayar biaya pendaftaran
  2. Setelah membayar, akan mendapatkan kode akses yang tertera pada bukti pembayaran
  3. Silahkan login ke alamat http://um-mandiri.radenfatah.ac.id/ menggunakan kode akses tersebut
  4. Kemudian mengisi biodata pribadi, pilihan program studi, dan lokasi ujian
  5. Setelah selesai mengisi, kemudian cetak kartu peserta SPMB UIN Raden Fatah
  6. Bawa kartu tanda peserta tersebut dan identitas berupa KTP / SIM / Kartu Pelajar saat ujian
  7. Selanjutnya mengikuti ujian menggunakan CBT (Computer Based Test)
  8. Melihat pengumuman kelulusan

Itulah informasi mengenai pendaftaran SPMB UIN Raden Fatah, semoga bermanfaat. Untuk informasi lain yang belum dimuat disini, maka dapat langsung di baca pada alamat http://um-mandiri.radenfatah.ac.id/

6. Pendaftaran Bidikmisi UIN Raden Fatah

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi serta memiliki prestasi baik.

UIN Raden Fatah adalah salah satu Universitas Islam Negeri yang menyalurkan program Bidikmisi. Pendaftaran Bidikmisi UIN Raden Fatah dilakukan secara online melalui alamat website berikut : bidikmisi.radenfatah.ac.id

Petunjuk : gunakan NIM (misal 11540513) dan Tanggal Lahir (misal 1986-06-19) untuk login lalu silahkan lengkapi biodata Anda, dan pastikan data diisi dengan benar.

Informasi lebih lanjut mengenai Bidikmisi UIN Raden Fatah dapat anda baca langsung di alamat website tersebut.

Baca juga : Pendaftaran Bidikmisi PTN pada artikel Pendaftaran Bidikmisi atau Pendaftaran Online Bidikmisi

7. Pendaftaran Pascasarjana UIN Raden Fatah

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasrjana UIN Raden Fatah, silahkan daftarkan diri anda selama masa pendaftaran dibuka.

Pendaftaran biasanya dibuka untuk 2 gelombang. Pendaftaran dilakukan secara langsung di Gedung Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang, Lantai 2 Ruang Administrasi & Keuangan, Jl. Prof. K. H. Zainal Abidin Fikry Km. 3,5 Palembang 30126, Telp. (0711) 353520-354668 Fax. (0711) 353520-356209.

Untuk informasi yang belum dimuat disini dapat silahkan melihatnya langsung di alamat www.pascaradenfatah.ac.id atau www.radenfatah.ac.id

Itulah jalur-jalur seleksi masuk UIN Raden Fatah yang bisa anda pilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UIN Raden Fatah. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat dan bakat anda. 

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UIN Raden Fatah. 


Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada artikel ini tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Raden Fatah. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan bagi anda yang ingin kuliah di UIN Raden Fatah Palembang.

Silahkan di share informasi pada artikel ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan. caranya cukup mudah, klik tombol G+1 yang tersedia.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Mari sama-sama berdoa semoga Allah SWT memberikan kemudahan bagi kita untuk menuju kesuksesan. Amin.