Pendaftaran Mahasiswa Baru UNESA 2019/2020

pmb.unesa.ac.id 2019 -- PMB UNESA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNESA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNESA, Registrasi Mahasiswa Baru UNESA, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNESA, Pendaftaran Online UNESA, Penerimaan Online UNESA, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Negeri Surabaya, 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UNESA 2019/2020. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Negeri Surabaya atau dikenal dengan sebutan UNESA adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Surabaya, Indonesia. Universitas Negeri Surabaya memiliki 2 lokasi kampus yang dijadikan tempat perkuliahan, yaitu kampus Ketintang dan Kampus Lidah Wetan. Universitas Negeri Surabaya didirikan pada 19 Desember 1964.

Fakultas dan Program Studi yang diselanggarakan di UNESA, yaitu :
  • Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) terdiri dari S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Fisika, S1 Pendidikan Kimia, S1 Pendidikan Biologi, S1 Matematika, S1 Fisika, S1 Kimia, S1 Biologi, S1 Pendidikan Sains.
  • Fakultas Ilmu Sosial (FIS) terdiri dari Program Studi S1 PPKN, S1 Pendidikan Geografi, S1 Pendidikan Sejarah, S1 Ilmu Hukum, S1 Ilmu Administrasi Negara, S1 Sosiologi, S1 Ilmu Komunikasi, D3 Administrasi Negara
  • Fakultas Teknik (FT) terdiri dari Program Studi S1 Pend. T. Elektro, S1 Pend. T. Mesin, S1 Pend. T. Bangunan, D3 Teknik Listrik, D3 Manajemen Informatika, D3 Teknik Mesin, D3 Teknik Sipil, D3 Transportasi,  S1 Teknik Sipil, S1 Pend. Teknologi Informasi, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Mesin, S1 Pend. Tata Boga, S1 Pend. Tata Busana, S1 Pend. Tata Rias, D3 Tata Boga, D3 Tata Busana
  • Fakultas Ekonomi (FE) terdiri dari Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi S1 Pendidikan Akuntansi, S1 Pendidikan Adm. Perkantoran, S1 Pendidikan Tata Niaga, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, D3 Akuntansi
  • Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) terdiri dari Program Studi S1  Bimbingan Dan Konseling, S1 Teknologi Pendidikan, S1 Pend. Luar Sekolah, S1 Pend. Luar Biasa, S1 PGSD, S1 Psikologi, S1 PG-PAUD, S1 Manajemen Pendidikan
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) terdiri dari Program Studi S1 Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1 Ilmu Keolahragaan,
  • Fakultas Bahasa Dan Seni (FBS) terdiri dari Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Bahasa Jerman, S1 Pendidikan Bahasa Jepang, S1 Pendidikan Bahasa Jawa, S1 Pendidikan Seni Rupa, S1 Pendidikan Sendratasik, S1 Sastra Indonesia, S1 Sastra Inggris, S1 Sastra Jerman, S1 Pendidikan Bahasa Mandarin, D3 Desain Grafis
  • Program Pascasarjana terdiri dari Program Studi Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Magister Pendidikan Olahraga, Magister Pendidikan Sains, Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia-Daerah, Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Inggris, Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Asing-Jepang, Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Asing-Jerman, Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Dasar, Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Program Studi Magister Pendidikan Seni Budaya, Program Studi Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Studi Magister Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, Magister Pendidikan Luar Biasa, Magister Pendidikan Ekonomi, Doktor Pendidikan Matematika, Doktor Ilmu Keolahragaan, Doktor Pendidikan Bahasa Dan Sastra, Doktor Pendidikan Sains, Doktor Teknologi Pendidikan, Doktor Manajemen Pendidikan.

Dari banyaknya Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNESA.

Pada tahun ini UNESA membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Bidikmisi, dan Jalur Mandiri. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN UNESA

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur seleksi nasional yang diperuntukan bagi siswa-siswi yang memiliki prestasi akademik yang baik yang dilihat dari nilai rapor serta prestasi lain yang relevan.

SNMPTN ini juga disebut sebagai jalur undangan masuk ke PTN, karena hany sekolah yang mendapatka undangan dari panitia SNMPTN yang bisa mendaftarkan siswa-siswinya.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui alamat website www.snmptn.ac.id. Peserta yang akan mendaftar harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Kepala sekolah melakukan pengisian data sekolah dan data siswa di pdss.snmptn.ac.id, baca Cara Pendaftaran SNMPTN.

Setelah mendapatkan reomendasi, maka selanjutnya peserta melakukan verifikasi data pendaftaran yang telah diisi oleh kepala sekolah dan selanjutnya peserta melakukan pendaftaran online SNMPTN melalui www.snmptn.ac.id. Lakukan pendaftaran online dengan mengisi biodata diri anda dengan lengkap dan benar. Anda bisa memilih UNESA sebagai Perguruan Tinggi yang anda minati.

Informasi lain seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, serta keterangan lainnnya bisa anda baca pada Pendaftaran Online SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran SBMPTN UNESA

Selain SNMPTN, SBMPTN juga merupakan jalur seleksi nasional. SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta dan ada ujian tambahan berupa ujian keterampilan yang khusus diikuti oleh peserta yang memilih Program Studi Seni atau Keolahragaan. Jadi untuk peserta yang memilih Program Studi Seni atau Keolahragaan harus mengikuti seleksi 2 kali.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat website pendaftaran.sbmptn.ac.id. Calon peserta mengakses website tersebut untuk melakukan pendaftaran dengan mengisi biodata diri secara lengkap dan benar sampai mencetak kartu ujian SBMPTN.

Informasi seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jumlah PTN dan Program Studi pilihan, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, serta keterangan lainnnya bisa anda baca pada Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN

3. Pendaftaran Bidikmisi UNESA

Bidikmisi adalah salah satu Program Beasiswa Dikti. Bidikmisi merupakan bantuan biaya hidup dan biaya pendidikan yang diberikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, namun memiliki prestasi akademik yang baik. Calon mahasiswa yang demikian mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi program Bidikmisi.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat website resmi Bidikmisi yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Calon peserta terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah kemudian bisa melakukan pendaftaran Bidikmisi.

Informasi panduan pendaftaran Bidikmisi, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta ketentuan lainnya bisa anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran Online Bidikmisi.

4. Pendaftaran Jalur Mandiri UNESA

Jalur Mandiri UNESA adala jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang diadakan secara lokal oleh panitia seleksi dari UNESA. Salah satu tujuan penyelenggaraan jalur mandiri ini adalah memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di UNESA.

Seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur tertulis dilakukan melalui Tes yang meliputi: Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Keterampilan atau wawancara. Khusus jalur Prestasi tidak ada tes tulis tetapi wajib mengikuti uji keterampilan / wawancara serta mengumpulkan berkas kelengkapan.

Jalur mandiri UNESA disebut dengan SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru). Penerimaan calon mahasiswa baru jalur SPMB ini dibuka untuk Program Diploma dan Sarjana.

Persyaratan Pendaftaran Jalur Mandiri UNESA
  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Warga Negara Asing mendapat izin belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Sehat jasmani dan rohani.
  4. Lulusan SMA/MA/SMK/MAK dalam dan/atau luar negeri untuk lulusan 5 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  5. Khusus untuk Jalur Prestasi adalah lulusan tahun ini.
  6. Dinyatakan Lulus Ujian Nasional
  7. Jalur program S1 (regular) diperbolehkan memilih 2 (dua) Program Studi dikelompok SAINTEK atau 2 (dua) Program Studi di kelompok SOSHUM. Urutan pilihan menunjukkan urutan prioritas.
  8. Jalur program S1 (prestasi) pilihan program studi hanya 1 (satu).
  9. Jalur program Diploma III pilihan program studi hanya 1 (satu). 

Setelah memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran di atas, selanjutnya peserta bisa melakukan pendaftaran dengan langkah-langkah sebagai berikut :

Langkah-langkah Pendaftaran Online Jalur Mandiri UNESA
  1. Pahami terlebih dahulu petunjuk pendaftaran yang ada di laman http://akademik.unesa.ac.id
  2. Calon peserta melakukan pembayaran di BTN (biaya pendaftaran dan uji keterampilan / wawancara sesuai dengan jalur yang diikuti)
  3. Calon peserta melakukan pendaftaran online dengan mengisi formulir di laman http://akademik.unesa.ac.id secara lengkap dan benar.
  4. Jika telah selesai, silahkan Cetak Kartu Tanda Peserta Ujian dengan mengunggah file pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm berformat JPG dengan ukuran maksimum 50 Kb.
  5. Saat mengikuti tes tulis ataupun uji keterampilan/wawancara, pesertadiharapkan untuk membawa Kartu Tanda Peserta Ujian, hal-hal yang dipersyaratkan dalam Kartu Tanda Peserta Ujian.

Macam-macam Jalur SPMB UNESA
  1. SPMB I khusus untuk Program Diploma III (prestasi dan reguler)
  2. SPMB II untuk Program Sarjana (prestasi dan reguler)
  3. SPMB III khusus untuk Program Diploma III (prestasi dan reguler)

Seleksi jalur SPMB Prestasi baik jenjang Diploma III maupun jenjang Sarjana dilaksanakan tanpa tes tertulis, namun peserta harus mengikuti uji keterampilan / wawancara serta mengumpulkan berkas kelengkapan berupa foto kopi nilai rapor semester 1 sampai 5 yang sudah dilegalisir dan sertifikat / piagam sesuai pilihan sebanyak 1 lembar, dan serahkan pada saat ujian keterampilan / tes wawancara.

Sedangkan jalur SPMB Reguler baik jenjang Diploma III maupun jenjang Sarjana dilakukan melalui ujian tertulis, dan ujian keterampilan / tes wawancara.

Hasil seleksi dari calon mahasiswa yang memenuhi kriteria yang sesuai dengan ketentuan panitia, maka calon mahasiswa tersebut akan dinyatakan lulus seleksi. Informasi lain yang anda perlukan bisa anda baca melalui alamat webst resmi UNESA, yaitu pmb.unesa.ac.id.

5. Pendaftaran Program Pascasarjana UNESA

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister atau Doktor UNESA, silahkan daftarkan diri anda mengikuti seleksi.

Untuk bisa mendaftar, terlebih dahulu peserta membayar biaya pendaftaran di BNI semua cabang di Indonesia untuk memperoleh token guna proses pendaftaran secara online. Selanjutnya mendaftar online di website: pasca.unesa.ac.id dengan mengisi biodata diri secara lengkap dan benar hingga mencetak kartu tanda peserta. Informasi lain yang anda butuhkan bisa anda baca melalui alamat : pasca.unesa.ac.id

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNESA. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi yang telah admin berikan di atas, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNESA.

Baca Juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UNESA. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa memberikan pencerahan bagi anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi dan diterima menjadi mahasiswa baru UNESA. Ayo turut berbagi (G+1) atau share (fb) info ini pada teman lainnya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses untuk semuanya.