Pendaftaran Mahasiswa Baru UNLAM 2019/2020

www.unlam.ac.id 2019 -- PMB UNLAM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNLAM, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNLAM, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNLAM, Registrasi Mahasiswa Baru UNLAM, Pendaftaran Online Penerimaan UNLAM, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Utama UNLAM, Bidikmisi, PPs, Universitas  Lambung Mangkurat. 2021. 2022.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UNLAM 2019/2020. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi arahan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.


Universitas Lambung Mangkurat atau disingkat dengan UNLAM yang diberi dijulukan sebagai Universitas Perjuangan merupakan Perguruan Tinggi Negeri tertua di Kalimantan, Indonesia, Lokasinya terletak di Jl. Brigjen. Hasan Basery Banjarmasin dan Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) telah dididirikan pada 21 September 1958 dan diresmikan pada 1 November 1960. Moto Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) adalah Waja Sampai Kaputing.

Berikut ini daftar Program Studi yang ada di Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM), baik jenjang Diploma, Sarjana, araupun Pascasarjana, yaitu :

Program Diploma
  • D-III Akuntansi, dan D-III Perpajakan

Program Sarjana
  • S1 Agribisnis, S1 Agrobisnis Perikanan, S1 Agroekoteknologi, S1 Agronomi, S1 Akuntansi, S1 Arsitektur, S1 Bimbingan dan Konseling, S1 Biologi, S1 Budidaya Hutan, S1 Budidaya Perairan, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Farmasi, S1 Fisika, S1 Ilmu Administrasi Negara, S1 Ilmu Administrasi Niaga, S1 Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan, S1 Ilmu Hukum, S1 Ilmu Kelautan, S1 Ilmu Keperawatan, S1 Ilmu Komputer, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Ilmu Tanah, S1 Kehutanan, S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Kimia, S1 Manajemen, S1 Manajemen Hutan, S1 Manajemen Sumber Daya Perairan, S1 Matematika, S1 Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Dokter, S1 Pendidikan Dokter Gigi, S1 Pendidikan Ekonomi, S1 Pendidikan Fisika, S1 Pendidikan Geografi, S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, S1 Pendidikan Kimia, S1 Pendidikan Luar Biasa, S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 Pendidikan Sejarah, S1 Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, S1 Pendidikan Sosiologi Antropologi, S1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, S1 Peternakan, S1 Produksi Ternak, S1 Psikologi, S1 Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis, S1 Teknik Kimia, S1 Teknik Lingkungan, S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Pertambangan, S1 Teknik Sipil, S1 Teknologi Hasil Hutan, S1 Teknologi Hasil Perikanan, dan S1 Teknologi Industri Pertanian.

Program Pascasarjana
  • S2 Administrasi Pembangunan, S2 Administrasi Publik, S2 Ekonomi Pertanian, S2 Ilmu Administrasi Bisnis, S2 Ilmu Hukum, S2 Ilmu Kehutanan, S2 Ilmu Ekonomi, S2 Agronomi, S2 Manajemen Pendidikan, S2 Manajemen, S2 Ilmu Pemerintahan, S2 Ilmu Perikanan, S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S2 Pendidikan IPS, S2 Pendidikan Biologi, S2 Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, S2 Teknik Sipil, S3 Ilmu Pertanian.

Itulah beberapa Program Studi yang anda di UNLAM yang dapat anda pilih saat anda melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNLAM.

Setelah mengetahui informasi di atas, selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNLAM dengan mengikuti jalur seleksi masuk UNLAM, yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, Bidikmisi, Utama UNLAM, serta PPs UNLAM. Langsung saja kita ikuti pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN UNLAM

UNLAM adalah salah satu Universitas Negeri yang membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN. SNMPTN disebut juga sebagai jalur undangan, karena hanya siswa-siswi berprestasi yang undangan dan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi SNMPTN.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu (1) pengisian data di PDSS oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa di pdss.snmptn.ac.id, (2) pemeringkatan oleh panita, (3) pendaftaran SNMPTN secara online oleh siswa melalui alamat website web.snmptn.ac.id.

Informasi lain yang berkaitan dengan SNMPTN seperti cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, jadwal pelaksanaan, biaya seleksi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain-lain dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Online SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran SBMPTN UNLAM

Selain membuka penerimaan mahasiswa baru mellaui jalur SNMPTN, UNLAM juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN.

SBMPTN disebut juga sebagai jalur ujian tulis karena seleksinya dilakukan melalui ujian tulis. Untuk peserta yang memilih program studi Seni atau Olahraga, setelah mengukti ujian tulis, kemudian harus mengikuti ujian keterampilan.

Alur Pendaftaran SBMPTN dapat dilakukan seperti alur berikut ini :
  • Lakukan pendaftaran tahap awal SBMPTN di pendaftaran.sbmptn.ac.id 
  • Kemudian mencetak bukti pendaftaran awal SBMPTN
  • Selanjutnya membayar biaya pendaftaran di Bank BNI atau Mandiri
  • Akan mendapatkan KAP dan PIN dari Bank
  • Kembali mengakses alamat www.sbmptn.ac.id
  • Login menggunakan KAP dan PIN yang didapatkan dari Bank
  • Mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar.
  • Cetak kartu tanda peserta SBMPTN
  • Bawa kartu tersebut saat mengikuti ujian tulis

Panduan pendaftaran SBMPTN lengkap, biaya seleksi yang harus dibayar, persyaratan pendaftaran, kreiteria penerimaan, jumlah pilihan PTN dan Prodi, daftar PTN se-Indonesia, serta keterangan lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran Online SBMPTN

3. Pendaftaran Bidikmisi UNLAM

Seperti Universitas lainnya, UNLAM juga merupakan salah satu Universitas Negeri yang menyalurkan program bantuan Bidikmisi.

Bidikmisi adalah program pemberian bantuan kepada calon mahasiswa untuk membiayai pendidikannya di Perguruan Tinggi hingga selesai dengan catatan selesai tepat waktu. Calon peserta yang akan mendaftar Bidikmisi harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah.

Pendaftaran Bidikmisi dapat dilakukan secara online melalui alamat resmi Bidikmisi yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Informasi lebih lanjut mengenai Bidikmisi seperti panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal, dan lain sebagainya dapat anda lihat pada alamat di atas, atau langsung kunjungi artikel Pendaftaran Online Bidikmisi.

4. Pendaftaran Jalur Mandiri UNLAM

Jalur Mandiri UNLAM adalah jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Lambung Mangurat dalam rangka melakukan penerimaan mahasiswa baru.

Jalur ini dapat disebut sebagai jalur alternatif dikarenakan bagi mahasiswa yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNMPTN atau SBMPTN tetapi dinyatakan tidak lulus, maka dapat mengikuti seleksi jalur mandiri UNLAM.

Pendaftaran Jalur Mandiri UNLAM terbagi menjadi 2, yaitu :

  1. Pendaftaran S1 Reguler untuk Lulusan SMTA
    • Online di laman admisi.unlam.ac.id
  2. Pendaftaran S1 Jalur Ekstensi & Alih Jenjang
    • Online di laman utama.unlam.ac.id
Cara pendaftaran kedua jalur dilakukan secara online melalui laman masing-masing. Untuk Pendaftaran Utama UNLAM dilakukan dengan cara berikut ini, sedangkan untuk jalur reguler dilakukan tak jauh berbeda dengan jalur ekstensi atau alih jenjang.

Berikut cara pendaftaran jalur utama UNLAM :
  • Pendaftaran dilakukan melalui alamat utama.unlam.ac.id dan pilih menu mendaftar.
  • Klik menu mendaftar untuk mendapatkan nomor pendaftaran.
  • Kemudian Isi nama, nomor telepon, jalur masuk, gelombang, kelompok ujian, dan masukkan kode keamanan dengan benar,
  • Kemudian klik tombol daftar
  • Calon peserta akan mendapatkan bukti nomor pendaftaran dan dapat dicetak untuk bayar di BNI
  • Membayar biaya pendaftaran di semua channel BNI seperti : SMS Banking, Internet Banking, Teller BNI semua cabang, dan ATM.
  • Setelah membayar, maka akan mendaptkan password.
  • Gunakan password tersebut dan nomor pendaftaran yang telah didapatkan saat mengisi form pendaftaran untuk login.
  • Silahkan login kembali ke alamat http://utama.unlam.ac.id dan pilih menu login
  • Setelah berhasil login akan muncul form isian biodata lengkap. Yang bertanda (*) wajib diisi.
  • Setelah berhasil simpan form, kemudian Cetak/Print untuk mencetak kartu ujian.
  • Bawa kartu tersebut saat ujian berlangsung.

Itulah cara pendaftaran yang bisa dilakukan. Jika ada perubahan, ikuti saja yang ada di website resmi UNLAM. Informasi lain yang anda butuhkan dapat anda lihat langsung di alamat resmi UNLAM, yaitu : www.unlam.ac.id atau http://admisi.unlam.ac.id/

5. Pendaftaran Pascasarjana UNLAM

Bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang Pascasarjana UNLAM, silahkan anda melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru di UNLAM dengan mengikuti jalur seleksi jenjang pascasarjana yang dibuka. Informasi lebih lanjut mengenai Pendaftaran Pascasarjana UNLAM dapat anda akses langsung melalui alamat : admisipasca.unlam.ac.id

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNLAM. Silahkan anda pilih jalur seleksi yang anda minati. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi yang telah admin berikan di atas, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNLAM.

Baca juga :

Itulah informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UNLAM yang dapat anda bagikan kepada anda. Semoga informasi tersebut dapat menambah atau melengkap informasi yang telah anda miliki.

Silahkan bagikan juga artikel ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan dengan cara klik tombol G+ yang tersedia.

Admin turut mendoakan semoga harapan anda untuk diterima menjadi mahasiswa UNLAM dapat terwujudkan, dan juga semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin.