Pendaftaran Mahasiswa Baru UBT 2019/2020

www.borneo.ac.id 2019 -- PMB UBT / Borneo, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UBT, Pendaftaran Mahasiswa Baru UBT, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / D4 / S1 / S2 / S3 UBT, Registrasi Mahasiswa Baru UBT, Pendaftaran Online UBT, Penerimaan Online UBT, Jalur SNMPTN, SBMPTN, UMB-PT, PPs UBT, Bidikmisi, Universitas Borneo Tarakan, 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UBT 2019/2020. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Borneo Tarakan atau disingkat UBT adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia tepatnya di Jl. Amal Lama No.1 Tarakan.

Universitas Borneo Tarakan (UBT) didirikan pada 9 Oktober 1999. Universitas Borneo Tarakan berubah status menjadi Universitas Negeri pada 19 November 2010 sesuai dengan Peraturan Presiden RI No. 65 Tahun 2010.

Peresmian Universitas Borneo Tarakan (UBT) pada tanggal tersebut dilakukan secara bersamaan dengan 2 kampus lainnya yaitu Universitas Bangka Belitung (UBB), dan Universitas Musamus (UNMUS).

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Borneo Tarakan (UBT), yaitu :
  • Fakultas Teknik, terdiri dari prodi : S1 Teknik Elektro dan S1 Teknik Sipil.
  • Fakultas Ekonomi, terdiri dari prodi : S1 Ekonomi Pembangunan dan S1 Manajemen.
  • Fakultas Hukum terdiri dari prodi : S1 Ilmu Hukum.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, terdiri dari prodi : S1 Bimbingan Konseling Sekolah, S1 Pendidikan Bahasa Indonesia, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Biologi, dan S1 Pendidikan Matematika.
  • Fakultas Pertanian, terdiri dari prodi : S1 Agribisnis dan S1 Agroteknologi.
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, terdiri dari prodi : S1 Budidaya Perairan dan S1 Manajemen Sumberdaya Perairan.
  • Fakultas Ilmu Kesehatan, terdiri dari prodi : D3 Ilmu Keperawatan dan D3 Ilmu Kebidanan.

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UBT

Pada tahun ini, UBT kembali membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SPMB (UMB-PT), dan Bidikmisi. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN UBT

SNMPTN adalah jalur seleksi nasional untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, salah satunya masuk ke Universitas Borneo Tarakan (UBT). Seleksi SNMPTN didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor serta prestasi lainnnya yang relevan.

Dari pernyataan di atas, maka dapat kita ketahui bahwa hanya siswa-siswa yang secara konsisten menunjukkan prestasinya disetiap semester yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN. 

Peserta yang akan mendaftar terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Kepala Sekolah melakukan pengisian data Sekolah dan data Siswa di PDSS SNMPTN. Baca : Cara pendaftaran SNMPTN. Kemudian siswa melakukan verifikasi data dan selanjutnya melakukan pendaftaran online SNMPTN.

Pendaftaran Online SNMPTN dilakukan melalui alamat website www.snmptn.ac.id. Informasi seperti Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada Pendaftaran Online SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN UBT

SBMPTN merupakan jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dilakukan melalui ujian tertulis untuk semua peserta dan ujian keterampilan hanya untuk peserta yang memilih program studi Seni atau Olahraga. Jadi peserta yang memilih program studi Seni atau Olahraga harus mengikuti seleksi sebanyak dua kali.

Calon peserta yang akan mendaftar harus mengakses alamat www.sbmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran. Calon peserta melakukan proses pendaftaran awal, kemudian membayar biaya seleksi di Bank, dan kembali mengakses alamat web di atas untuk melanjutkan pendaftaran dengan melengkapi biodata pendaftaran.

Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, serta keterangan lain yang berkaitan dengan SBMPTN bisa anda baca pada Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN

3. Pendaftaran Bidikmisi UBT

Bidikmisi adalah sebuah program bantuan biaya pendidikan dan biya hidup yang diberikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu serta memiliki prestasi akademik yang baik. Calon mahasiswa yang demikian mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi program Bidikmisi.

Calon peserta yang akan mendaftar Bidikmisi harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, maka peserta akan diberi kode akses untuk login pendaftaran Bidikmisi.

Peserta melakukan Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat  resmi pendaftaran Bidikmisi, yaitu : bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Silahkan akses alamat tersebut untuk mengisi biodata anda.

Informasi lain seperti Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta ketentuan lainnya yang berkaitan dengan Bidikmisi dapat anda baca pada Pendaftaran Online Bidikmisi atau Pendaftaran Bidikmisi

4. Pendaftaran UMB-PT

UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu jalur seleksi masuk Universitas Borneo Tarakan (UBT). UMB-PT adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh P-SPMBN. P-SPMBN menyelenggarakan program seleksi calon mahasiswa baru yang disebut dengan SPMB. SPMB terbagi menjadi 3, yaitu UMB-PT, UMB-PTS, dan TPBI.

Pendaftaran UMB-PT dilakukan secara online melalui lamat www.spmb.or.id. Informasi lengkap seperti tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, daftar PTN yang tergabung dalam UMB-PT, serta informasi lainnya bisa anda baca pada Pendaftaran Online UMB-PT atau Pendaftaran Online SPMB.

Catatan : Jalur UMB-PT saat ini tidak dibuka lagi. Informasi lebih lanjut bisa di cek di website resmi

5. Pendaftaran Pascasarjana UBT

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke Program Pascasarjana Universitas Borneo Tarakan (UBT), silahkan daftarkan diri anda sesuai jadwal pendaftaran. Peserta harus mengikut seleksi untuk bisa masuk ke Program Pascasarjana UBT. Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat http://pps.borneo.ac.id

Itulah informasi jalur-jalur seleksi masuk ke UBT. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UBT.

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UBT yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan dan bermanfaat bagi anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi UBT dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru UBT. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin.

Ayo turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan.