Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSIL 2019/2020

pmb.unsil.ac.id 2019 -- PMB UNSIL, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSIL, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSIL, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / D4 / S1 / S2 / S3 UNSIL, Registrasi Mahasiswa Baru UNSIL, Pendaftaran Online UNSIL, Penerimaan Online UNSIL, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, PPs UNSIL, Bidikmisi, Pendaftaran Maba Universitas Siliwangi (UNSIL), 2021. 2022.

Pada kesempatan yang baik ini, admin web akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSIL 2019/2020. Informasi ini diberikan dengan tujuan dapat memberikan panduan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, ayo simak pembahasannya berikut ini.


Universitas Siliwangi atau yang disingkat dengan UNSIL adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Moto dari Universitas Siliwangi (UNSIL) adalah Tri Gatra Citra.

Sejarah singkat berdirinya Universitas Siliwangi (UNSIL) yaitu pada tahun 1978 didirikan sebagai ADSUP Siliwangi, kemudian pada tahun 1980 sebagai Universitas Siliwangi, dan pada tahun 2014 sebagai Universitas Negeri Siliwangi (UNSIL).

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Siliwangi (UNSIL) yaitu :
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terdiri dari program studi : Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Ekonomi dan Tata Niaga, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Bahasa Indonesia,
  • Fakultas Ekonomi tterdiri dari program studi : Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Manajemen Keuangan dan Perbankan
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi : Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik Sipil, Fakultas Pertanian, Agribisnis, Agroteknologi.
  • Fakultas Agama Islam (FAI) terdiri dari program studi : Ekonomi Islam.
  • Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) terdiri dari program studi : Kesehatan Masyarakat.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terdiri dari program studi : Ilmu Politik.
  • Program Pasca Sarjana terdiri dari program studi : Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH), Agribisnis, dan Manajemen.

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNSIL.

Pada tahun ini UNSIL membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, dan Bidikmisi. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN UNSIL

SNMPTN adalah jalur seleksi nasional untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor serta prestasi lainnnya yang relevan. Hanya siswa-siswa yang secara konsisten menunjukkan prestasinya disetiap semester yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN. 

Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui alamat website www.snmptn.ac.id. Informasi yang anda butuhkan seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, serta keterangan lain telah admin rangkum pada artikel tersendiri dengan judul Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran Online SNMPTN

2. Pendaftaran SBMPTN UNSIL

SBMPTN adalah jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi jalur SBMPTN ini dilakukan melalui ujian tertulis yang harus diikuti oleh semua peserta SBMPTN. Peserta harus dating ke lokasi ujian untuk mengerjakan soal ujian. Untuk peserta yang memilih Progam Studi Seni atau Keolahragaan harus mengikuti seleksi ujian keterampilan yang dilaksanakan setelah ujian tertulis.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat website www.sbmptn.ac.id. Panduan cara mendaftar, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, jumlah Pilihan PTN, pilihan kelompok ujian, daftar PTN se-Indonesia, serta informasi lainnya bisa anda dapatkan pada artike kami yang berjudul Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran Online SBMPTN

3. Pendaftaran Bidikmisi UNSIL

Bidikmisi adalah salah satu program beasiswa Dikti. Bidikmisi adalah sebuah program pemberian bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu serta memiliki prestasi akademik yang memadai.

Peserta yang akan mendaftar Bidikmisi harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Selanjutnya peserta bisa melakukan pendaftaran bidikmisi dengan menggunakan kode akses yang telah diberikan oleh Kepala Sekolah.

Jika UNSIL membuka Bidikmisi pada tahun ini, silahkan anda melakukan pendaftaran Bidikmisi melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Keterangan mengenai tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta ketentuan lainnya bisa anda baca pada Pendaftaran Bidikmisi. atau Pendaftaran Online Bidikmisi.

4. Pendaftaran Jalur Mandiri UNSIL

Selain melalui jalur nasional, UNSIL juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Penerimaan jalur mandiri UNSIL dibuka untuk menerima calon mahasiswa baru yang akan memilih program Diploma 3, Sarjana (S2), dan Magister (S2).

Alur pendaftaran jalur mandiri UNSIL dijelaskan berikut ini.
  1. Buka alamat website pmb.unsil.ac.id
  2. Pilih program D3, S1, atau S2.
  3. Isilah formulir pendaftaran online
  4. Cetak slip pembayaran biaya seleksi
  5. Pada slip pembayaran tertera kode pembayaran / nomor formulir
  6. Membayar biaya seleksi di Bank BTN atau Bank Mandiri di seluruh Indonesia
  7. Login kembali ke alamat pmb.unsil.ac.id untuk melengkapi formulir pendaftaran online
  8. Login menggunakan user dan password yang telah didapatkan dari Bank
  9. Mencetak kartu tanda peserta
  10. Mengikuti ujian dengan membawa kartu peserta ujian, foto copy ijazah yangtelah dilegalisir atau tanda lulus/SKHUN, dan kartu identitas.

Pendaftaran jalur mandiri dibuka setelah jalur nasional berakhir. Bagi yang telah mengikuti seleksi jalur nasional namun tidak lulus, maka anda masih bisa mengikuti seleksi jalur mandiri UNSIL. Persiapkan diri anda lebih baik lagi agar bisa lulus seleksi mandiri.

Itulah jalur-jalur masuk UNSIL. Untuk informasi lain yang anda butuhkan silahkan baca di website resmi UNSIL. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNSIL

Silahkan Baca Juga :

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSIL yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa memberikan pencerahan dan bermanfaat bagi anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk UNSIL dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru UNSIL. Mari bantu bagikan informasi ini pada teman lainnya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses.