Selamat Datang di web www.infoonline.web.id. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci di kolom search yang tersedia atau dapat mencarinya di sidebar bagian kanan. Kunjungi terus web infoonline.web.id untuk mendapatkan informasi-informasi yang anda butuhkan. Ayo turut berbagi informasi yang ada di web ini pada teman-teman lain yang membutuhkan. Sukai juga halaman web kami. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran Beasiswa LPDP 2017/2018

www.lpdp.depkeu.go.id 2017 -- Pendaftaran Beasiswa LPDP Online, Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), Pendaftaran Online Beasiswa LPDP, Penerimaan Beasiswa LPDP, Cara Pendaftaran Beasiswa LPDP, Informasi Beasiswa LPDP, Beasiswa Magister dan Doktor, Beasiswa Tesis dan Disertasi, Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis, dan Presidential Scholarship. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Beasiswa LPDP 2017/2018. Dengan adanya informasi ini semoga bisa menjadi panduan bagi anda yang ingin mendaftar Beasiswa LPDP. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Biaya pendidikan merupakan salah satu faktor penting yang menentukan seseorang dapat kuliah sampai ke jenjang pendidikan tinggi.

Banyak orang-orang cerdas yang ingin kuliah sampai ke jenjang pendidikan tinggi namun terkendala dari segi biaya yang harus dikeluarkan yang dirasakan begitu besar. Apa lagi bagi mereka yang ingin kuliah di luar negeri, maka biayanya begitu besar.

Pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memberikan solusi untuk membantu para calon mahasiswa / mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister (S2) atau Doktor (S3) di Perguruan Tinggi Dalam Negeri maupun di Luar Negeri.

Dengan bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh LPDP, maka diharapkan dapat menunjang pendidikan yang ditempuh oleh calon mahasiswa / mahasiswa tersebut sehingga nantinya setelah lulus kuliah dapat menjadi pemimpin Indonesia di masa mendatang.

Hal ini sesuai dengan visi LPDP yaitu menjadi lembaga pengelola dana terbaik di tingkat regional untuk mempersiapkan pemimpin masa depan serta mendorong inovasi bagi Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan.

Beasiswa LPDP yang diberikan kepada calon penerimanya terdiri dari beberapa jenis yaitu :
  1. Beasiswa Magister dan Doktor
  2. Beasiswa Tesis dan Disertasi
  3. Beasiswa Afirmasi
  4. Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis
  5. Presidential Scholarship
Dari kelima jenis Beasiswa LPDP tersebut, maka anda dapat melakukan pendaftaran untuk memilih salah satu beasiswa yang sesuai dengan yang anda butuhkan.

Sebelum menjelaskan masing-masing jenis Beasiswa LPDP yang telah disebutkan, berikut ini akan diberikan persyaratan umum pendaftaran Beasiswa LPDP.

Persyaratan Umum Pendaftaran Beasiswa LPDP
  1. Warga negara Indonesia yang ditunjukkan dengan identitas kependudukan yang sah. 
  2. Lulusan program studi :
    • Perguruan Tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi
    • Perguruan Tinggi kedinasan yang diakui oleh pemerintah Indonesia.
    • Perguruan Tinggi diluar negeri yang berkategori baik sesuai daftar pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Mempunyai jiwa kepemimpinan yang ditunjukkan dengan pengalaman memimpin sebuah organisasi atau lembaga yang ditunjukkan dengan bukti dokumen yang relevan.
  4. Aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan yang ditunjukkan dengan bukti dokumen yang relevan.
  5. Menandatangani Surat Pernyataan tidak pernah terlibat tindakan melanggar hukum.
  6. Menandatangani Surat Pernyataan tidak pernah terlibat dalam tindak pelanggaran kode etik akademik.
  7. Menandatangani Surat Pernyataan mengabdi pada kepentingan bangsa Indonesia.
  8. Menandatangani Surat Pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain.
  9. Mendapatkan Surat Tugas Belajar dari atasan bagi yang sedang bekerja.
  10. Memiliki Surat Keterangan dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja.
  11. Memilih program studi dan/atau perguruan tinggi yang direkomendasikan oleh LPDP.
  12. Mengupload Essay (500 - 700 kata) dengan tema :
    • Peranku bagi Indonesia
    • Sukses terbesar dalam hidupku.
  13. Rencana Studi untuk program Magister.

Persyaratan di atas adalah persyaratan secara umum. Untuk persyaratan khusus dan mungkin ada persyaratan tambahan, maka bisa anda lihat secara langsung di website resmi LPDP.

Selanjutnya admin akan memberikan penjelasan selengkapnya mengenai jenis-jenis Beasiswa LPDP, simak informasinya berikut ini.

1. Beasiswa Magister dan Doktor

Beasiswa Magister dan Doktor merupakan beasiswa yang diberikan untuk membiayai pendidikan jenjang Magister dan Doktor di Perguruan Tinggi Dalam Negeri ataupun Perguruan Tinggi Luar Negeri.

Jika anda ingin kuliah jenjang Magister dan Doktor di Perguruan Tinggi Dalam Negeri ataupun Perguruan Tinggi Luar Negeri, silahkan anda coba mendaftar Beasiswa Magister dan Dokter.

2. Beasiswa Tesis dan Disertasi

Beasiswa Tesis dan Disertasi merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhirnya berupa Tesis (S2) atau Disertasi (S3) di suatu Perguruan Tinggi Baik di Dalam Negeri maupun di Luar Negeri yang mengalami kendala masalah biaya, maka mahasiswa yang demikian itu mendapat kesempatan mendapatkan Beasiswa Tesis dan Disertasi.

3. Beasiswa Afirmasi

Beasiswa Afirmasi merupakan beasiswa yang diberikan kepada putra putri Indonesia yang telah berjasa mengharumkan nama bangsa dalam berbagai kompetisi ditingkat Internasional tetapi tidak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister atau Doktor karena masalah ekonomi. Maka mahasiswa yang demikian itu mendapatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Afirmasi.

Beasiswa Afirmasi juga diberikan untuk kelompok masyarakat berprestasi yang berasal dari keluarga miskin termasuk juga lulusan penerima Bidikmisi.

Beasiswa ini diberikan untuk mahasiswa yang demikian itu yang ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Dalam Negeri ataupun Perguruan Tinggi Luar Negeri.

4. Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis

Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis diberikan kepada Dokter Spresialis untuk membiayai pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di Perguruan Tinggi Dalam Negeri.

Sasaran bidang ilmu Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis, sesuai prioritasnya adalah sebagai berikut:
  • Spesialis Obstetri & Ginekologi, Spesialis Anak, Spesialis Penyakit Dalam, Spesialis Anastesiologi, Spesialis Bedah, Spesialis Radiologi, Patologi Klinik, Rehabilitasi Medik, dan dimungkinkan program spesialis lain yang ada dalam daftar LPDP.

5. Indonesia Presidential Scholarship

Indonesia Presidential Scholarship merupakan program pemberian beasiswa untuk putra putri terbaik Indonesai agar dapat menempuh Pendidikan jenjang Magister atau Doktor di Perguruan Tinggi terbaik di Dunia.

Beasiswa Indonesia Presidential Scholarship ini diberikan agar nantinya putra putri Indonesia yang telah menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi terbaik tersebut dapat membantu mengisi dan menyiapkan Indonesia menjadi negara yang maju pada 100 tahun kemerdekaan RI pada tahun 2045.

Untuk bisa mendaftar, maka anda harus dapat memenuhi persyaratan umum yang telah dijelaskan di atas, dan juga persyaratan khusus untuk masing-masing beasiswa yang dapat anda lihat langsung di website LPDP.

Setelah anda dapat memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus, selanjut anda dapat melakukan pendaftaran beasiswa LPDP dengan tata cara yang akan dijelaskan berikut ini.

Tata Cara Pendaftaran Beasiswa LPDP

Pendaftaran dilakukan secara online melalui www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id . Bagi yang sudah punya akun dapat langsung login, sedangkan yang belum punya akun terlebih dahulu harus membuatnya dengan klik tombol buat akun pada halaman tersebut.

Setelah memiliki akun kemudian dapat login menggunakan email dan password yang telah didaftarkan dan kemudian mengisi formulir dan mengunggah dokumen pendukung dan mengisi formulir sesuai format yang diberikan. (Semua dokumen dapat dilihat pada dokumen petunjuk beasiswa).

Seluruh dokumen pendukung tersebut harus dokumen asli (bukan foto kopian) dan cetak formulir pendaftaran online harus dibawa pada tahap seleksi wawancara. Dokumen pendukung yang dimaksud dijelaskan berikut ini.

Formulir dan Dokumen Pendukung Beasiswa LPDP
  1. Cetak Formulir Pendaftaran Online.
  2. Ijazah dan Transkrip Asli.
  3. Sertifikat TOEFL/IELTS/TOAFL dan yang setara.
  4. Sertifikat Prestasi.
  5. Surat Pernyataan Tidak Pernah Terlibat Tindakan Melanggar Hukum.
  6. Surat Pernyataan Tidak Pernah Terlibat Tindakan Melanggar Kode Etik Akademik.
  7. Surat Pernyataan mengabdi Kepada Kepentingan Bangsa Indonesia.
  8. Surat Pernyataan Tidak Menerima Beasiswa dari Sumber lain.
  9. Surat Ijin Belajar dari atasan bagi yang sedang bekerja.
  10. Surat Keterangan dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja.
  11. Essay

Setelah anda melakukan pendaftaran dan mengupload sejumlah dokumen pendukung seperti yang disebutkan di atas, selanjutnya anda menunggu pengumuman kelulusan seleksi administrasi sesuai jadwal yang telah ditentukan. Apabila anda lulus seleksi administrasi, maka akan dilanjutkan dengan tes wawancara. Setelah stes wawancara, selanjutnya anda tinggal menunggu pengumuman kelulusan beasiswa LPDP.

Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP
  • Pendaftaran biasanya dibuka untuk 4 periode, yang dimulai dari bulan Oktober tahun sebelumnya hingga bulan Oktober tahun ini. Jadwal lengkap akan diberikan nanti.

Daftar Nama-nama Perguruan Tinggi Dalam Negeri Tujuan LPDP

Perlu anda ketahui pula tentang daftar nama-nama Perguruan Tinggi Dalam Negeri yang menjadi tujuan beasiswa LPDP. Berikut informasinya.
  1. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel
  2. Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo
  3. Institut Pertanian Bogor (IPB) 
  4. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  6. Universitas Airlangga (UNAIR)
  7. Universitas Brawijaya (UB) 
  8. Universitas Diponegoro (UNDIP)
  9. Universitas Gadjah Mada (UGM) 
  10. Universitas Andalas (UNAND)
  11. Universitas Hasanuddin (UNHAS)
  12. Universitas Indonesia (UI)
  13. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga
  14. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah
  15. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  16. Universitas Padjadjaran (UNPAD) 
  17. Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) 
  18. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  19. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  20. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Selain nama-nama Perguruan Tinggi Dalam Negeri di atas, masih banyak lagi Perguruan Tinggi lainnya di Luar Negeri yang menjadi tujuan Beasiswa LPDP seperti Perguruan Tinggi di Negara berikut :
  • Australia, Amerika Serikat, Britania Raya, Belanda, Jerman, Belgia, Kanada, China, Denmark, Finlandia, Perancis, Hongkong, India, Irlandia, Italia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Maroko, Mesir, New Zeland, Norwegia, Pakistan, Rusia, Arab Saudi, Singapura, Spanyol, Swedia, Swiss, Taiwan, Thailand, dan Turki.

Jika anda ingin kuliah jenjang Magister atau Doktor di Perguruan Tinggi Luar Negeri, maka anda dapat menentukan pilihan Perguruan Tinggi Luar Negeri di negara-negara tersebut.

Alamat serta nomor telepon yang bisa dihubungi berkaitan dengan Beasiswa LPDP adalah Gedung A.A. Maramis II Lantai 2, Jalan Lapangan Banteng Timur No. 1, Jakarta 10710, Telepon (021) 3808392, Fax (021) 384 6474, Situs resmi : www.lpdp.depkeu.go.id

Catatan :
Apabila ada perubahan dengan informasi mengenai beasiswa LPDP, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Beasiswa LPDP.

Silahkan Baca Juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Beasiswa LPDP. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda untuk mendaftar Beasiswa LPDP.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa mendapatkan Beasiswa LPDP ini dan gunakanlah Beasiswa LPDP ini dengan tepat. Amin juga mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini yang setiap hari selalu berkunjung untuk membaca informasi yang ada.

Silahkan bagikan informasi ini secara gratis kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan. Caranya tekan tombol G+1 yang tersedia dan pilih teman atau kerabat tujuan anda.