Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIB 2019/2020

www.unib.ac.id 2019 -- PMB UNIB, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIB, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIB, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNIB, Registrasi Mahasiswa Baru UNIB, Pendaftaran Online UNIB, Penerimaan Online UNIB, Jalur SNMPTN, SBMPTN, SPMU, PPs UNIB, Bidikmisi, Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Bengkulu, 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIB 2019/2020. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Bengkulu atau disingkat dengan UNIB adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Bengkulu, Indonesia. Universitas Bengkulu (UNIB) telah didirikan pada tanggal 24 April 1982.

Universitas Bengkulu (UNIB) memiliki 3 lokasi kampus yaitu yang terletak di Rawa Makmur (Kompleks Kampus Utama), Cimanuk, dan Air Sebakul. Program pendidikan yang diselenggarakan di Universitas Bengkulu (UNIB) terdiri dari Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Bengkulu (UNIB), yaitu :

Program Diploma
  • Program D-2 terdiri dari Pendidikan Guru TK, dan Pendidikan Guru SD
  • Program D-3 terdiri dari Bahasa Inggris, Akuntansi, Perpustakaan, Manajemen Perkebunan, dan Laboratorium Sains

Program Sarjana (S-1)
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Jurusan Budidaya Pertanian (Program Studi Agroekoteknologi) Minat (Agronomi, Ilmu Tanah, Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman), Jurusan Kehutanan, Jurusan Peternakan, Jurusan Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian), Jurusan Perlindungan Tanaman (Agroekoteknologi), Jurusan Ilmu Kelautan, dan Jurusan Teknologi Industri Pertanian.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  terdiri dari Jurusan Ilmu Komunikasi, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Jurusan Sosiologi, Jurusan Ilmu Perpustakaan, Jurusan Jurnalistik, D3 Jurnalistik, D3 Perpustakaan, D3 sekretaris, AN Ekstensi
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Jurusan Bahasa Indonesia, Jurusan Bahasa Inggris, Jurusan Fisika, Jurusan Matematika, Jurusan Biologi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Jurusan Pendidikan Jasmani dan kesehatan
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Jurusan Studi Pembangunan, Jurusan Manajemen, dan Jurusan Akuntansi.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Jurusan Matematika, Jurusan Kimia, Jurusan Biologi, dan Jurusan Fisika.
  • Fakultas Teknik terdiri dari Jurusan Informatika, Jurusan Elektro, Jurusan Sipil, dan Jurusan Mesin.
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD)

Pasca sarjana (S-2)
  • Magister Administrasi Publik, Magister Ilmu Hukum, Magister Manajemen, Magister Perencanaan Pembangunan, Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Teknologi Pendidikan, Magister Pengelolaan dan Pemberdayaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Magister Pendidikan IPA, Magister Akuntansi, dan Magister Administrasi Publik.

Pasca sarjana (S-3)
  • Program Doktor Ilmu Manajemen.

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNIB.

Pada tahun ini UNIB membuka penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri (SPMU), dan Bidikmisi. Langsung saja kita bahas selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN UNIB

UNIB adalah salah satu Perguruan Tinggi yang tergabung dalam SNMPTN. Calon mahasiswa yang ingin kuliah ke UNIB bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN sebagai jalur seleksi masuk UNIB.

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya didasarkan pada prestasi siswa yang dilihat dari nilai rapor mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII semester 1 serta prestasi lain yang relevan.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui alamat website www.snmptn.ac.id. Informasi seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, serta keterangan lainnya bisa anda baca pada Pendaftaran Online SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN UNIB

Selain SNMPTN, UNIB juga tergabung dalam SBMPTN. SBMPTN adalah jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang harus diikuti oleh semua peserta SBMPTN. 

Peserta harus datang ke lokasi ujian untuk mengerjakan soal ujian SBMPTN. Untuk peserta yang memilih Progam Studi Seni atau Keolahragaan harus mengikuti seleksi ujian keterampilan yang dilaksanakan setelah ujian tertulis.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat website www.sbmptn.ac.id. Keterangan lain yang anda butuhkan seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, daftar PTN se-Indonesia, serta keterangan lain yang berkaitan dengan SBMPTN bisa anda baca pada Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN ac id

3. Pendaftaran Bidikmisi UNIB

Bidikmisi merupakan salah satu program Dikti yang berupa bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup yang diberikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi serta memiliki prestasi akademik yang baik. Calon mahasiswa yang demikian mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi program Bidikmisi.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Peserta terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Selanjutnya bisa login melakukan pendaftaran melalui alamat tersebut menggunakan kode akses yang diberikan oleh Kepala Sekolah.

Informasi lainnya seperti panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta keterangan lain yang berkaitan dengan Bidikmisi dapat anda baca pada Pendaftaran Online Bidikmisi

4. Pendaftaran Jalur Mandiri UNIB

Selain jalur SNMPTN dan SBMPTN, UNIB juga membuka jalur penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur mandiri yang disebut dengan SPMU / UM UNIB. 

Persyaratan Pendaftaran Jalur SPMU

Persyaratan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Universitas Bengkulu (SPMU) Program S1 Reguler dan Diploma yaitu :
  1. Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  2. Lulusan 2 tahun belum tahun ini sudah harus memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara. 
  3. Lulusan tahun ini sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya. 

Admin memberi saran kepada anda agar belajar dengan sungguh-sungguh untuk menghadapi ujian seleksi. Ujian seleksi dilakukan melalui tes tertulis, ujian keterampian, dan psikotes sesuai dengan program studi pilihan anda.

Bagi yang ingin mendaftar, silahkan akses alamat pendaftaran https://spmu.unib.ac.id. Sedangkan untuk informasi lain mengenai jalur SPMU bisa ada baca pada di http://admisi.unib.ac.id

5. Pendaftaran Pascasarjana UNIB

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana UNIB, baik program Magister ataupun Doktor, silahkan daftarkan diri anda sesuai jadwal pelaksanaan yang dibuka. 

Calon peserta terlebih dahulu membaca informasi pendaftaran di alamat alamat www.unib.ac.id atau admisi.unib.ac.id. Lakukan pendaftaran secara online sesuai dengan petunjukan yang diberikan di web tersebut. Isi biodata diri secara lengkap dan benar hingga mencetak kartu tanda peserta ujian. Informasi lain yang anda perlukan bisa anda lihat di website UNIB.

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNIB. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNIB.
Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIB yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan pencerahan dan bermanfaat bagi anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi UNIB dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru UNIB. Ayo turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan. Terima kasih telah membaca artikel ini dan silahkan baca artikel lainnya.