Selamat Datang di web www.infoonline.web.id. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci di kolom search yang tersedia atau dapat mencarinya di sidebar bagian kanan. Kunjungi terus web infoonline.web.id untuk mendapatkan informasi-informasi yang anda butuhkan. Ayo turut berbagi informasi yang ada di web ini pada teman-teman lain yang membutuhkan. Sukai juga halaman web kami. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran SBMPTN 2017/2018

www.sbmptn.ac.id 2017 -- Pendaftaran SBMPTN, Pendaftaran Online SBMPTN, Cara Pendaftaran SBMPTN, Info Pendaftaran SBMPTN, Panduan Pendaftaran SBMPTN, Penerimaan Mahasiswa Baru jalur SBMPTN, Pendaftaran Online Mahasiswa Baru jalur SBMPTN, Pendaftaran Jalur Ujian Tulis (SBMPTN),  Seleksi Jalur Nasional (SBMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Alamat Website Baru SBMPTN : www.sbmptn.ac.id. 2019. 2020.

Pada kesempatan yang baik ini, admin web akan memberikan informasi tentang Pendaftaran SBMPTN 2017/2018. Informasi ini diberikan untuk anda siswa-siswi SMA / sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan dan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SBMPTN. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Banyak jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Perguruan Tinggi Negeri dalam rangka memberikan kesempatan kepada para calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. Jalur-jalur tersebut diantaranya adalah jalur SNMPTN, SBMPTN, SPMB, jalur Beasiswa Utusan Daerah, jalur kerja sama, jalur mandiri, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan ini yang akan dibahas adalah penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN. Sebelumnya admin juga telah membahas penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN. Bagi yang ingin membaca silahkan kunjungi "Pendaftaran Online SNMPTN"

Mungkin ada yang belum tahu apa kepanjangan SBMPTN?. SBMPTN memiliki kepanjangan yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Saat ini SBMPTN dikenal dengan jalur ujian tertulis. Meskipun sebenarnya ada ujian keterampilan namun lebih dikenal dengan jalur ujian tertulis.

SBMPTN adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya didasarkan pada hasil ujian tertulis calon mahasiswa atau kombinasi hasil ujian tertulis dengan ujian keterampilan untuk calon mahasiswa yang memilih program studi seni dan olahraga.

Pada tahun ini, ada sedikit perubahan mengenai pelaksanaan SBMPTN, yaitu website resmi SBMPTN yang semula adalah www.sbmptn.or.id, sekarang bertambah dengan alamat www.sbmptn.ac.id. Kedua alamat website tersebut sama-sama dapat diakses dan informasi yang adapun sama.

Selain itu, ada perubahan dalam hal ujian. Pada tahun ada 2 macal opsi dalam penerjaan soal SBMPTN, yaitu secara tertulis / Paper Based Testing (CBT) dan menggunakan komputer / Computer Based Testing (CBT).

Jika anda memilih mengikuti tes menggunakan komputer, maka anda tidak perlu mengikuti tes secara tertulis. Sebaiknya, jika anda mengikuti tes secara tertulis, maka anda tidak perlu mengikuti tes menggunakan komputer. Untuk ujian keterampilan maish sama seperti tahun sebelumnya.

Anda dapat memilih jenis tes tertulis atau tes menggunakan komputer pada saat melakukan pendaftaran dengan mengisi pilihan tersebut. Pilihlah dengan tepat.

Perlu anda ketahui bahwa SBMPTN ini merupakan jalur paling favorit setelah jalur SNMPTN. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya peserta yang mengikuti seleksi SBMPTN hingga ratusan ribu orang pada tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, kemungkinan calon peserta SBMPTN akan bertambah karena pengurangan kuota pada jalur SNMPTN sehingga banyak peserta yang akan mengikuti SBMPTN.

Semakin banyaknya peserta SBMPTN ini berarti menambah banyaknya persaingan bagi anda. Untuk itu, anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Maksimalkanlah waktu yang masih ada ini untuk belajar. Semakin banyak materi yang anda pelajari semakin banyak pula pengetahuan yang akan anda dapatkan. Dengan belajar sungguh-sungguh seperti yang anda lakukan sekarang, semoga anda bisa mendapatkan hasil semaksimal mungkin sesuai yang anda harapkan.

Selanjunya anda dapat melakukan pendaftaran dengan memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran SBMPTN. Berikut informasi persyaratan selengkapnya.


Persyaratan Pendaftaran SBMPTN 2017/2018
  1. Peserta adalah lulusan SMA / MA / SMK / MAK yang lulus pada 3 tahun terakhir
  2. Bagi peserta yang telah lulus tahun 2015 dan 2016,  sudah harus memiliki ijazah.
  3. Bagi peserta yang telah lulus tahun 2017 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, minimal memiliki informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  4. Memiliki kesehatan jasmani dan rohani sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran.

Setelah memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran SBMPTN di atas, selanjutnya silahkan anda melakukan pendaftaran SBMPTN. Pendaftaran dilakukan dengan dua tahapan. Tahap pertama adalah pendaftaran online tahap awal, dan tahap kedua adalah tahap pendaftaran online tahap penyelesaian akhir.

Sebelum memasuki tahapan pendaftaran SBMPTN, anda juga perlu mengetahui bahwa bagi calon peserta SBMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu, maka bisa mengikuti seleksi program Bidikmisi jalur SBMPTN. Berikut penjelasan selengkapnya.

Pendaftaran Program Bidikmisi SBMPTN 2017/2018
  1. Calon peserta Bidikmisi terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah.
  2. Setelah mendapatkan rekomendasi, maka calon peserta SBMPTN akan mendapatkan kode akses dan password dari Kepala Sekolah yang akan digunakan untuk login mendaftar Bidikmisi.
  3. Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui situs resmi Bidikmisi, yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  4. Peserta login menggunakan kode akses dan password dari Kepala Sekolah
  5. Isilah biodata diri anda dengan lengkap dan benar.
  6. Setelah selesai, cetaklah kartu peserta bidikmisi dan anda juga akan mendapatkan KAP dan PIN yang akan digunakan untuk login pendaftaran SBMPTN.

Bagi peserta Bidikmisi SBMPTN, silahkan langsung melakukan pendaftaran online SBMPTN tanpa perlu melakukan pendaftaran tahap awal SBMPTN. Pendaftaran tahap awal SBMPTN ini bertujuan untuk mendapatkan KAP dan PIN, nah untuk peserta Bidikmisi SNMPTN telah mendapatkan KAP dan PIN dari hasil pendaftaran Bidikmisi, sehingga peserta Bidikmisi SBMPTN tidak perlu melakukan pendaftaran tahap awal SBMPTN.

Bagi peserta SBMPTN yang bukan peserta Bidikmisi, maka perlu melakukan pendaftaran tahap awal SBMPTN dan tahap penyelesaian akhir pendaftaran online SBMPTN. Berikut penjelasan selengkapnya untuk tahapan dan langkah-langkah pendaftaran SBMPTN.


Pendaftaran Awal SBMPTN 2017/2018

Sebelum anda melakukan tahapan pendaftaran online SBMPTN, terlebih dahulu anda harus mengisi data pendaftaran awal SBMPTN dengan cara sebagai berikut :
  1. Pendaftaran awal SBMPTN dilakukan melalui alamat : pendaftaran.sbmptn.ac.id ,  buka disini
  2. Setelah berada pada halaman website tersebut, isilah nama dan tanggal lahir anda pada kolom yang tersedia.
  3. Kemudian cetak tanda bukti pendaftaran awal yang anda lakukan.
  4. Bawalah tanda bukti tersebut ke Bank saat anda melakukan pembayaran biaya pendaftaran.
  5. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- yang dibayar melaui Bank BNI atau Bank Mandiri
  6. Setelah membayar, anda akan mendapatkan KAP dan PIN yang nantinya bisa digunakan untuk login pendaftaran online SBMPTN.

Pendaftaran Online SBMPTN 2017/2018
  1. Buka website resmi pendaftaran online SBMPTN, yaitu pendaftaran.sbmptn.ac.id ,  buka disini
  2. Login menggunakan KAP dan PIN yang telah anda dapatkan dari Bank (pendaftar umum).
  3. Login menggunakan KAP dan PIN yang telah anda setelah mendaftar Bidikmisi (pendaftar bidikmisi SBMPTN).
  4. Selanjutnya isilah biodata diri anda berupa nama, pemilihan PTN, program studi, dan biodata lainnya.
  5. Isi semuanya dengan lengkap dan benar.
  6. Jika telah selesai, periksa kembali data anda
  7. Jika telah yakin data anda benar, cetaklah kartu tanda peserta SBMPTN
  8. Jangan lupa bawa kartu tanda peserta SBMPTN pada saat ujian SBMPTN berlangsung

Itulah tata cara pendaftaan SBMPTN yang bisa anda ikuti. Selanjutnya anda juga perlu melengkapi informasi dengan mengetahui jadwal pelaksanaan SBMPTN. Berikut jadwal pelaksanaan selengkapnya.


Jadwal Pelaksanaan SBMPTN 2017/2018
  1. Launcing web SBMPTN pada 15 Januari
  2. Pendaftaran SBMPTN Online pada :
    • Computer Based Testing (CBT) pada 25 April pukul 08.00 WIB sampai 20 Mei Pukul 22.00 WIB
    • Paper Based Testing (PBT) pada 25 April pukul 08.00 WIB sampai 20 Mei Pukul 22.00 WIB
    • Khusus peserta Bidikmisi yang mengikuti SNMPTN 2016, pendaftaran SBMPTN 2016 dibuka mulai tanggal 11 Mei 2016 pukul 08.00
  3. Pelaksanaan Ujian Tertulis pada :
    • Computer Based Testing (CBT) pada 31 Mei
    • Paper Based Testing (PBT) pada 31 Mei
  4. Pelaksanaan Ujian Keterampilan pada hari Rabu sampai Kamis tanggal 1 s.d 2 Juni
  5. Pengumuman SBMPTN pada hari Selasa, 28 Juni mulai pukul 14.00 WIB , lihat disini / disini
Jadwal di atas adalah jadwal SBMPTN 2016. Untuk jadwal SBMPTN 2017 akan admin update nanti sesuai dengan yang ada di situs resmi SBNMPTN.

Setelah mengetahui informasi di atas, anda juga perlu mengetahui informasi tentang biaya, kriteria penerimaan, serta jenis ujian SBMPTN. Berikut informasinya.

Biaya Pendaftaran SBMPTN
  • Biaya pendaftaran SBMPTN sebesar Rp. 200.000,-
  • Biaya dibayarkan melalui Bank Mandiri atau BNI
  • Biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun

Kriteria Penerimaan SBMPTN
  1. Lulus pendidikan menengah
  2. Lulus SBMPTN 2017
  3. Sehat jasmani dan rohani
  4. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima

Jenis Ujian SBMPTN

Ujian SBMPTN dibedakan menjadi Ujian PBT atau Ujian CBT dan Ujian keterampilan. Berikutmateri tes yang akan diberikan pada ujian SBMPTN.

Ujian PBT atau Ujian CBT
  • Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).
  • Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
Ujian Keterampilan
  • Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peminat program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
  • Ujian Keterampilan bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni terkait.
  • Ujian Keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan  terdiri atas pemeriksaan kesehatan dan tes keterampilan motorik

Setelah mengetahui informasi di atas, selanjutnya anda perlu mengetahui daftar Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam SBMPTN tahun ini. Perguruan Tinggi Negeri yang mengikuti seleksi SBMPTN merupakan perguruan Tinggi yang telah ditetapkan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Berikut daftar selengkapnya.

Daftar PTN pada SBMPTN 2017/2018
  1. Pendaftaran SBMPTN Institut Pertanian Bogor (IPB)
  2. Pendaftaran SBMPTN Institut Teknologi Bandung (ITB)
  3. Pendaftaran SBMPTN Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
  4. Pendaftaran SBMPTN Universitas Airlangga (UNAIR)
  5. Pendaftaran SBMPTN Universitas Andalas (UNAND)
  6. Pendaftaran SBMPTN Universitas Bangka Belitung (UBB)
  7. Pendaftaran SBMPTN Universitas Bengkulu (UNIB)
  8. Pendaftaran SBMPTN Universitas Borneo Tarakan (UBT)
  9. Pendaftaran SBMPTN Universitas Brawijaya (UB)
  10. Pendaftaran SBMPTN Universitas Cenderawasih (UNICEN)
  11. Pendaftaran SBMPTN Universitas Diponegoro (UNDIP)
  12. Pendaftaran SBMPTN Universitas Gadjah Mada (UGM)
  13. Pendaftaran SBMPTN Universitas Haluoleo (UHO)
  14. Pendaftaran SBMPTN Universitas Hasanudin (UNHAS)
  15. Pendaftaran SBMPTN Universitas Indonesia (UI)
  16. Pendaftaran SBMPTN Universitas Islam Negeri Alauddin
  17. Pendaftaran SBMPTN Universitas Islam Negeri Malang
  18. Pendaftaran SBMPTN Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  19. Pendaftaran SBMPTN Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA)
  20. Pendaftaran SBMPTN Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA)
  21. Pendaftaran SBMPTN Universitas Islam Negeri Walisongo
  22. Pendaftaran SBMPTN Universitas Lampung (UNILA)
  23. Pendaftaran SBMPTN Universitas Mulawarman (UNMUL)
  24. Pendaftaran SBMPTN Universitas Malikussaleh (UNIMAL)
  25. Pendaftaran SBMPTN Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)
  26. Pendaftaran SBMPTN Universitas Mataram (UNRAM)
  27. Pendaftaran SBMPTN Universitas Musamus Merauke (UNMUS)
  28. Pendaftaran SBMPTN Universitas Negeri Gorontalo (UNG)
  29. Pendaftaran SBMPTN Universitas Negeri Makassar (UNM)
  30. Pendaftaran SBMPTN Universitas Negeri Manado (UNIMA)
  31. Pendaftaran SBMPTN Universitas Negeri Medan (UNIMED)
  32. Pendaftaran SBMPTN Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  33. Pendaftaran SBMPTN Universitas Negeri Malang (UM)
  34. Pendaftaran SBMPTN Universitas Negeri Padang (UNP)
  35. Pendaftaran SBMPTN Universitas Negeri Semarang (UNNES)
  36. Pendaftaran SBMPTN Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
  37. Pendaftaran SBMPTN Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  38. Pendaftaran SBMPTN Universitas Nusa Cendana (UNDANA)
  39. Pendaftaran SBMPTN Universitas Padjadjaran (UNPAD)
  40. Pendaftaran SBMPTN Universitas Palangka Raya (UPR)
  41. Pendaftaran SBMPTN Universitas Pattimura (UNPATTI)
  42. Pendaftaran SBMPTN Universitas Papua (UNIPA)
  43. Pendaftaran SBMPTN Universitas Pendidikan Ghanesa (UNDIKSHA)
  44. Pendaftaran SBMPTN Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  45. Pendaftaran SBMPTN Universitas Riau (UNRI)
  46. Pendaftaran SBMPTN Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT)
  47. Pendaftaran SBMPTN Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)
  48. Pendaftaran SBMPTN Universitas Sriwijaya (UNSRI)
  49. Pendaftaran SBMPTN Universitas Sultan Agung Tirtayasa (UNTIRTA)
  50. Pendaftaran SBMPTN Universitas Sumatera Utara (USU)
  51. Pendaftaran SBMPTN Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)
  52. Pendaftaran SBMPTN Universitas Tadulako (UNTAD)
  53. Pendaftaran SBMPTN Universitas Tanjungpura (UNTAN)
  54. Pendaftaran SBMPTN Universitas Trunojoyo (UTM)
  55. Pendaftaran SBMPTN Universitas Udayana (UNUD)
  56. Pendaftaran SBMPTN Universitas Jambi (UNJA)
  57. Pendaftaran SBMPTN Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)
  58. Pendaftaran SBMPTN Universitas Teuku Umar (UTU)
  59. Pendaftaran SBMPTN Universitas Samudra (UNSAM)
  60. Pendaftaran SBMPTN Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
  61. Pendaftaran SBMPTN Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  62. Pendaftaran SBMPTN Universitas Islam Negeri Jakarta (UINJKT)
  63. Pendaftaran SBMPTN Universitas Siliwangi (UNSIL)
  64. Pendaftaran SBMPTN Universitas Jember (UNEJ)
  65. Pendaftaran SBMPTN UPN "Veteran" Jakarta (UPNVJ)
  66. Pendaftaran SBMPTN UPN "Veteran" Yogyakarta (UPNYK)
  67. Pendaftaran SBMPTN UPN "Veteran" Jawa Timur (UPN JATIM)
  68. Pendaftaran SBMPTN Universitas Timor (UNIMOR)
  69. Pendaftaran SBMPTN Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM)
  70. Pendaftaran SBMPTN Institut Teknologi Kalimantan (ITK)
  71. Pendaftaran SBMPTN Universitas Sulawesi Barat (UNSULBAR)
  72. Pendaftaran SBMPTN Universitas Sembilan Belas November (USN)
  73. Pendaftaran SBMPTN Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA)
  74. Pendaftaran SBMPTN Universitas Tidar (UNTIDAR)
  75. Pendaftaran SBMPTN Universitas Khairun (UNKHAIR)
  76. Pendaftaran SBMPTN Universitas UIN Sumatera Utara
  77. Pendaftaran SBMPTN Universitas UIN Ar-Raniry
  78. Pendaftaran SBMPTN Universitas UIN Sunan Gunung Djati

Dari keseluruhan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang telah admin sebutkan di atas, mungkin ada beberapa yang menjadi pilihan favorit anda. Untuk itu, silahkan anda pilih Perguruan Tinggi Negeri tersebut pada saat melakukan pendaftaran. Anda juga bisa klik pada alamat website masing-masing PTN di atas.

Ada beberapa ketentuan yang perlu anda perhatikan pada saat pemilihan banyaknya jumlah Perguruan Tinggi Negeri dan Program Studi yag bisa anda pilih. Berikut penjelasan selengkapnya.



Ketentuan Pilihan PTN dan Program Studi pada SBMPTN 2017/2018
  1. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan sebagai berikut :
    • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian saintek.
    • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian soshum.
    • Jika program studi yang dipilih terdiri dari kelompok saintek dan soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian campuran.
  2. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan. Misal, jika anda sangat berminat masuk ke UGM, maka letakkanlah UGM pada pilihan utama anda karena itu akan menjadi prioritas.
  3. Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek  dan kelompok Soshum.
  4. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN manapun.
  5. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih (maksimal 3 program studi), salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi lainnya boleh di PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian seleksi.
Ketentuan-ketentuan di atas harus anda perhatikan dengan baik agar ketika anda melakukan pendaftaran online SBMPTN, anda tidak mengalami kebingungan atau salah meletakkan prioritas pilihan PTN.

Informasi SBMPTN

Jika ada hal yang kurang jelas mengenai proses pendaftaran SBMPTN, maka anda bisa menghubungi Call Center SBMPTN di http://halo.sbmptn.or.id atau di nomor telepon 0804-1-456-456.

Silahkan Baca Juga :
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran SBMPTN. Semoga informasi tersebut bisa memberikan panduan kepada anda dalam melakukan serangkaian proses pendaftaran SBMPTN.

Silahkan bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan agar mereka juga dapat memperoleh informasi dengan cepat. Caranya silahkan klik tombol G+1 yang tersedia.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi SBMPTN. Terima kasih admin ucapkan kepada pengunjung setia web ini selalu berkunjung setiap hari serta meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Mari sama-sama berdoa semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin.