Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSIKA 2019/2020

pmb.unsika.ac.id 2019 -- PMB UNSIKA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSIKA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSIKA, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / D4 / S1 / S2 / S3 UNSIKA, Registrasi Mahasiswa Baru UNSIKA, Pendaftaran Online UNSIKA, Penerimaan Online UNSIKA, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Singaperbangsa Karawang, 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSIKA 2019/2020. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Singaperbangsa Karawang atau yang dikenal dengan nama UNSIKA adalah Perguruan Tinggi pertama yang didirikan di Kota Karawang, Jawa Barat, Indonesia. Selain UNSIKA, saat ini di Jawa Barat ada Perguruan tinggi lainnya yaitu UPI, UNPAD, ITB, dan lainnya.

Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) telah didirikan pada 2 Mei 1982 oleh Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Pangkal Perjuangan. Pada 6 Oktober 2014, Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) telah berganti status dari Perguruan Tinggi Swasta ke Perguruan Tinggi Negeri.

Program Studi yang ada di UNSIKA, yaitu :
  • Ilmu Hukum S1, Akuntansi D3, Manajemen S1, Pendidikan Luar Sekolah S1, Agroteknologi S1, Pendidikan Agama Islam S1, Magister Manajemen S2, Kebidanan D3, Teknik Mesin D3, Teknik Industri S1, Teknik Informatika S1, Pendidikan Bhs Inggris S1, Pendidikan Matematika S1, Pendidikan Jaskes dan Rekreasi S1, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1, Ilmu Pemerintahan S1, Akuntansi S1, Teknik Mesin S1, Manajemen Pendidikan Islam S1, dan Pendidikan Guru Raudhatul Athfal S1, Ilmu Hukum S2, Magister Manajemen S2.

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNSIKA.

Pada tahun ini UNSIKA membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Nasional, Jalur Mandiri, dan Bidikmisi. Langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN UNSIKA

UNSIKA adalah salah satu PTN yang tergabung dalam jalur seleksi SNMPTN. Calon mahasiswa berprestasi yang ingin menjadi mahasiswa UNSIKA bisa mengikuti jalur seleksi SNMPTN.

Pendaftaran SNMPTN dlakukan secara online melalui alamat web.snmptn.ac.id. Sebelumnya calon peserta harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah yang mana Kepala Sekolah memberikan rekomendasi dengan mengisi data siswa dan data sekolah di pdss.snmptn.ac.id

Untuk informasi cara pendaftaran SNMPTN dilahkan baca pada artikel Cara Pendaftaran SNMPTN . Sedangkan informasi lain seperti jadwal mekanise seleksi, jumlah PTN pilihan, dan lain sebagainya dapat anda baca maka dapat anda simak selengkapnya pada artikel Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran Online SNMPTN

2. Pendaftaran SBMPTN UNSIKA

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan pola penyeleksian calon mahasiswa baru yang dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta dan ada ujian tambahan berupa ujian keterampilan khusus untuk calon mahasiswa yang memilih program studi Seni atau Keolahragaan.

Anda dapat melakukan pendaftaran online SBMPTN seperti alur berikut ini :
  • Silahkan buka alamat pendaftaran SBMPTN di pendaftaran.sbmptn.ac.id
  • Peserta melakukan pendaftaran tahap awal SBMPTN
  • Kemudian mencetak bukti pendaftaran awal
  • Membayar biaya seleksi di Bank BNI atau Mandiri
  • Mendapatkan kode akses pendaftaran (KAP dan PIN)
  • Kembali mengakses alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id
  • Login menggunakan KAP dan PIN yang didapatkan dari Bank
  • Mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar.
  • Mencetak kartu peserta

Keterangan terperinci mengenai tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, biaya seleksi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, serta keterangan lainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran Online SBMPTN

3. Pendaftaran Bidikmisi UNSIKA

Bidikmisi adalah sebuah program bantuan biaya yang diberikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang untuk membiayai kuliahnya di Perguruan Tinggi sampai selesai dengan tepat waktu. Peserta Bidikmisi harus memiliki kemampuan akademik yang baik sebagai jaminan bahwa peserta nantinya dapat menyelesaikan kuliahnya dengan tepat waktu.

Jika peserta nantinya tidak mampu menyelesaikan kuliah dengan tepat waktu, maka Bidikmisi akan dihentikan setelah mada studi normal berakhir. Misalnya anda kuliah S1, maka masa studi normalnya adalah 8 semester atau 4 tahun. Jika anda tidak mampu menyelesaikan kuliah dalam waktu 4 tahun, maka bidikmisi tidak akan anda dapatkan lagi.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Infomasi lengkap mengenai Bidikmisi telah admin rangkum dalam artikel tersendiri dengan judul Pendaftaran Online Bidikmisi atau Pendaftaran Bidikmisi

4. Pendaftaran SMMPTN / SM-UNSIKA

SMMPTN = Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SM-UNSIKA = Seleksi Mandiri Universitas Singaperbangsa Karawang adalah jalur seleksi mandiri penerimaan mahasiswa baru yang diselengarakan secara mandiri oleh UNSIKA.

Calon mahasiswa yang sebelumnya telah mengikuti seleksi melalui jalur nasional namun dinyatakan tidak lulus, maka masih memiliki kesempatan untuk masuk ke UNSIKA dengan mengikuti seleksi jalur SMMPTN.

Persyaratan Program Sarjana dan Diploma
  • Calon peserta adalah siswa lulusan SMA sederajat 5 tahun terakhir.
  • Bagi siswa lulusan sebelum tahun ini harus sudah memiliki ijazah.
  • Bagi siswa lulusan tahun ini, sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap yang sah

Silahkan anda melakukan pendaftaran jalur SMMPTN melalui alamat http://smmptn.unsika.ac.id/ . Silahkan kunjungi alamat http://pmb.unsika.ac.id/ untuk mendapatkan informasi lainnya.

5. Pendaftaran Pascasarjana UNSIKA

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana UNSIKA, silahkan daftarkan diri anda selama masa pendaftaran dibuka. Sebelum mendaftar, anda harus mempersiapkan dan memenuhi persyaratan berikut.

Persyaratan Program Pasca Sarjana
  • Foto Copy Ijazah dan Transkrip S1/ Setara yang telah dilegalisasi oleh perguruan tinggi asal.
  • Pas Foto: 3 x 4 Hitam Putih (2 lembar) dan 2 x 4 Berwarna (2 lembar).

Pendaftaran dlakukan secara online melalui alamat http://pmb.unsika.ac.id/ . Silahkan akses alamat tersebut untuk melakukan pendaftaran dan mendapatkan informasi lainnya.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNSIKA


Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSIKA yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda.  

Mari bantu bagikan informasi ini dengan teman atau kerabat anda yang membutuhkan dengan cara klik tombol G+1 yang telah tersedia.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk ke UNSIKA dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa UNSIKA. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin.