Pendaftaran Mahasiswa Baru UNEJ 2019/2020

www.unej.ac.id 2019 -- PMB UNEJ, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNEJ, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNEJ, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNEJ, Registrasi Mahasiswa Baru UNEJ, Pendaftaran Online UNEJ, Penerimaan Online UNEJ, Mahapalaya UNEJ, UM UNEJ, Jalur SNMPTN, SBMPTN, SBMPTBR, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Jember, 2021. 2022.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UNEJ 2019/2020. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan panduan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, ayo simak pembahasannya berikut ini.


Universitas Jember atau yang disingkat dengan UNEJ adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Jember, Jawa Timur, Indonesia.

Universitas Jember (UNEJ) telah didirikan pada tanggal 10 November 1957. Moto dari Universitas Jember (UNEJ) adalah "A Step Ahead to an Outstanding University".

Beberapa Program Studi yang telah diselenggarakan untuk Program Sarjana (S1) UNEJ, yaitu :

Program Studi yang telah diselenggarakan untuk Program Diploma UNEJ, yaitu :

Program Studi Diploma Soshum
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Diploma III Manajemen Perusahaan, Diploma III Administrasi Keuangan, Diploma III Kesekretariatan, Diploma III Akuntansi.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Diploma III Perpajakan, dan Diploma III Usaha Perjalanan Wisata
Program Studi Diploma Saintek
  • Fakultas Teknik terdiri dari Diploma III Teknik Elektro, Diploma III Teknik Mesin, dan Diploma III Teknik Sipil

Program Studi yang telah diselenggarakan untuk Program Sarjana UNEJ, yaitu :

Program Studi Kelompok Saintek (S1)
  • Ilmu Keperawatan, Pendidikan Fisika, Fisika, Kimia, Matematika, Teknik Pertanian, Agroteknologi / Agroekoteknologi, Pendidikan Matematika, Sistem Informasi, Pendidikan Biologi, Agribisnis, Biologi, Farmasi, Kesehatan Masyarakat, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknologi Hasil Pertanian, Teknologi Industri Pertanian, Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Gigi 
Program Studi Kelompok Soshum (S1)
  • Ilmu Hukum, PG PAUD, Pendidikan Luar Sekolah, Sastra Inggris, Ilmu Sejarah, Ekonomi Pembangunan, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa Inggris, Hubungan Internasional, Sastra Indonesia, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Manajemen, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sosiologi, Pendidikan Bhs. & Sastra Indonesia, Akuntansi, Televisi & Film, Ilmu Administrasi Negara, dan Ilmu Administrasi Bisnis

Program Studi yang telah diselenggarakan untuk Program Pascasarjana UNEJ, yaitu :

Program Studi Multidisiplin
  • Magister Bioteknologi dan Magister Ilmu Kesehatan
Program Studi Monodisiplin
  • Magister Agronomi, Magister Ilmu Administrasi, Agribisnis, Magister Ilmu Hukum, Magister Ilmu Ekonomi, Magister Matematika, Magister Biologi, Magister Ilmu Linguistik, Magister Teknologi Agroindustri, Magister Akuntansi, Magister Pend. IPA, Magister Pend. IPS, Magister Pend. Matematika, dan Magister Kenotariatan
  • Doktor Ilmu Administrasi, Doktor Ilmu Hukum, Doktor Ilmu Ekonomi, Manajemen, Doktor, dan Doktor Ilmu Pertanian


Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNEJ.

Pada tahun ini UNEJ membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SBMPTBR, UM UNEJ, dan Bidikmisi. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

A. Pendaftaran SNMPTN UNEJ

SNMPTN adalah jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, salah satunya adalah masuk ke Universitas Jember (UNEJ).

Seleksi jalur SNMPTN didasarkan pada prestasi siswa yang dilihat dari nilai rapor dan prestasi lainnya yang relevan.

Jalur SNMPTN ini hanya bisa diikuti oleh siswa-siswi terbaik dari masing-masing sekolah. Siswa-siswi yang mendaftar harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah. Kepala sekolah mengisi data sekolah di PDSS SNMPTN.


Setelah mendapatkan rekomendasi, selanjutnya siswa melakukan verifikasi data di PDSS  dan jika data tersebut telah benar, silahkan melakukan pendaftaran SNMPTN secara online.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui alamat website www.snmptn.ac.id. Informasi lain seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, jumlah pilihan PTN dan program studi, daftar PTN se-Indonesia serta keterangan lainnya bisa anda baca di Pendaftaran Online SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN

B. Pendaftaran SBMPTN UNEJ

SBMPTN merupakan pola penyeleksian calon mahasiswa baru yang dilakukan melalui ujian tulis yang diikuti oleh semua peserta dan ada ujian tambahan berupa ujian keterampilan yang khusus diikuti oleh calon mahasiswa yang memilih program studi Seni atau Keolahragaan.

Jadi untuk calon mahasiswa yang memilih program studi Seni atau Olahraga harus mengikuti ujian sebanyak 2 kali, yaitu ujian tulis dan ujian keterampilan.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat website resmi SBMPTN, yaitu www.sbmptn.ac.id. Calon peserta harus mengakses alamat tersebut untuk melakukan proses pendaftaran online dengan mengisi formulir pendaftaran yang tersedia.

Panduan pendaftaran, jadwal pelaksaaan, persyaratan pendaftaran, daftar PTN se-Indonesia, kriteria, biaya seleksi, dan lain sebagainya bisa anda baca pada alamat web SBMPTN atau bisa juga pada artikel kami Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN

C. Pendaftaran Bidikmisi UNEJ

Bidikmisi merupakan salah satu Program Beasiswa Dikti. Bidikmisi adalah program pemberikan bantuan biaya kuliah dan biaya hidup kepada calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang baik serta berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Calon mahasiswa yang demikian mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi program Bidikmisi.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat resmi Bidikmisi, yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Peserta yang akan mendaftar Bidikmisi harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, selanjutnya peserta bisa melakukan proses pendaftaran online Bidikmisi.

Informasi seperti tata cara pendaftaran. persyaratan pendaftaran, jadwal seleksi, serta ketentuan lainnya bisa anda baca pada Pendaftaran Online Bidikmisi.

D. Pendaftaran SBMPTBR UNEJ

SBMPTBR atau  Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya merupakan jalur seleksi mandiri yang dilaksanakan atas kerjasama UNEJ dengan beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Besuki Raya yaitu Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, Lumajang dan Probolinggo melalui Ujian Tertulis yang dilaksanakan secara serentak. Total Ada 19 Perguruan Tinggi yang tergabung dalam SBMPTBR.

Seleksi SBMPTBR diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK / sederajat diseluruh wilayah NKRI yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Diploma atau Sarjana.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman http://sbmptbr.unej.ac.id/, sebelumnya peserta harus membayar biaya pendaftaran ke Bank Mandiri dengan menunjukkan nomor hand phone GSM sebagai nomor identitas atau NIK KTP.

Setelah membayar biaya pendaftaran, calon peserta akan mendapatkan Nomor Registrasi (Nomor HP /  NIK) sebagai username dan PIN sebagai password yang dapat digunakan untuk melakukan proses pendaftaran online melalui laman http://sbmptbr.unej.ac.id/

Informasi selengkapnya dapat anda baca pada artikel : Pendaftaran SBMPTBR

E. Pendaftaran UM UNEJ UNEJ

Selain jalur SBMPTBR, UNEJ juga membuka jalur seleksi mandiri lainnya yang disebut dengan UM UNEJ. UM UNEJ dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa jenjang Sarjana (S1) dan Diploma 3. Seleksi UM UNEJ diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK untuk lulusan 4 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Pendaftarannya dilakukan secara online melalui https://sister.unej.ac.id/um. Sebelumnya calon peserta harus membayar biaya pendaftaran yang dibayarkan ke Bank Mandiri dengan menunjukkan nomor hand phone GSM sebagai nomor identitas. Setelah membayar, calon peserta akan mendapatkan Nomor Registrasi (Nomor HP) sebagai username dan PIN sebagai password yang digunakan dalam pendaftaran secara online.

F. Pendaftaran Alih Program UNEJ

Alih Program merupakan peralihan dari Program Diploma ke Program Sarjana. Penerimaan jalur Alih Program UNEJ merupakan Penerimaan mahasiswa baru lulusan Program Studi Diploma yang ingin melanjutkan ke Program studi Sarjana yang relevan.

Pendaftaran jalur alih program dilakukan secara secara manual, dan untuk ujian dan seleksi dilakukan secara lokal di fakultas terkait. Informasi lainnya bisa anda baca di www.unej.ac.id.

G. Pendaftaran Program Pascasarjana UNEJ

UNEJ kembali membuka penerimaan calon mahasiswa baru untuk program Pascasarjana. Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda dengan melengkapi beberapa persyaratan berikut :

Syarat Pendaftar Program S-2
  1. Memiliki IPK S1 sebagai berikut: => 2,50 untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, > 2,75 untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B dan >=3,00 untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
  2. Lolos seleksi TPA (Tes Potensi Akademik) dan TKBI (Tes Kemampuan Bahasa Inggris) masing-masing dengan skor minimal 400.
  3. Menyerahkan salinan ijazah dan transkrip akademik S1 yang telah dilegalisir.
  4. Memiliki Surat rekomendasi dari 2 orang yang mengetahui kemampuan akademik pendaftar. 
  5. Menyampaikan proyeksi tertulis keinginan pendaftar dalam mengikuti program S-2 yang berisi alasan, harapan, dan rencana setelah selesai kuliah S2.
  6. Surat izin dari instansi/lembaga tempat bekerja (bagi calon yang sudah bekerja).
  7. Surat keterangan sehat dari dokter

Syarat Pendaftar Program S-3
  1. Memiliki IPK S-2 sebagai berikut: >= 3,00 untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, >= 3,25 untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B dan >= 3,50 untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
  2. Lolos seleksi TPA (Tes Potensi Akademik) dan TKBI (Tes Kemampuan Bahasa Inggris) masing-masing dengan  skor minimal 500 dan Tes Wawancara.
  3. Menyerahkan salinan ijazah dan transkrip S1 dan S2 yang dilegalisir.
  4. Mendapatkan rekomendasi dari 1 (satu) orang dosen yang berjabatan Guru Besar dan 2 (dua) orang dosen bergelar Doktor, sedapat mungkin dari dosen Pembimbing Akademik sewaktu S2. Apabila tidak mungkin, rekomendasi dapat diberikan oleh orang lain yang berwenang atau dari atasan yang berwenang bagi yang sudah bekerja. 
  5. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program S3 yang berisi alasan, harapan, dan rencana setelah selesai kuliah S3.
  6. Surat izin dari instansi/lembaga tempat bekerja (bagi calon yang sudah bekerja).
  7. Surat keterangan sehat dari dokter.
  8. Menyerahkan bukti publikasi karya ilmiah di jurnal/prosiding (5 tahun terakhir) dan draft proposal penelitian terkait Disertasi yang akan diajukan minimal mencakup latar belakang masalah, tujuan penelitian, landasan teori utama, dan metodologi penelitian (rangkap 5).

Pendaftaran mahasiswa baru Pascasarjana UNEJ dilakukan secara online melalui laman https://sister.unej.ac.id/site/seleksipasca. Silahkan lakukan pengisian biodata secara lengkap dan benar sampai dengan mencetak kartu tanda peserta. 

Sebelum mendaftar, terlebih dahulu peserta membayar biaya pendaftaran di Bank BNI untuk mendapatkan usename dan password. Kemudian melakukan pendaftaran online melalui alamat di atas.

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNEJ. Silahkan anda pilih jalur seleksi yang anda minati. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi yang telah admin berikan di atas, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNEJ

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UNEJ.  Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk UNEJ dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru UNEJ. Ayo turut berbagi (G+1) atau share (fb) info ini pada teman lainnya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses untuk kita semua.