Selamat Datang di web www.infoonline.web.id. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci di kolom search yang tersedia atau dapat mencarinya di sidebar bagian kanan. Kunjungi terus web infoonline.web.id untuk mendapatkan informasi-informasi yang anda butuhkan. Ayo turut berbagi informasi yang ada di web ini pada teman-teman lain yang membutuhkan. Sukai juga halaman web kami. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran Beasiswa DIKTI 2017/2018

beasiswa.ristekdikti.go.id 2017 -- Pendaftaran Beasiswa DIKTI, Pendaftaran Online Beasiswa DIKTI, Penerimaan Beasiswa DIKTI, Info Beasiswa DIKTI, Cara Pendaftaran Beasiswa DIKTI, Beasiswa DIKTI S1, Beasiswa Dikti S2, Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPP-DN dan BPP-LN), Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa Dosen, Beasiswa Mahasiswa, Beasiswa Perguruan Tinggi. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Beasiswa DIKTI 2017/2018. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam mendaftar Beasiswa DIKTI. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Tingkat kemampuan ekonomi yang dimiliki oleh seseorang terkadang membuat orang tersebut berpikir ulang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Mahalnya biaya pendidikan menjadi salah satu alasan seseorang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Orang tersebut sebenarnya menginginkan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, namun dikarenakan biaya yang dirasakan begitu mahal, akhirnya orang-orang seperti ini tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sayang sekali jika orang-orang yang seperti itu adalah orang-orang cerdas yang berprestasi. orang seperti ini dapat berguna untuk membangun negera Indonesia ke arah yang lebih maju.

Pemerintah bersama lembaga yang menaungi Pendidikan di Indonesia memberikan suatu solusi untuk calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan agar memperoleh Beasiswa yang nantinya dengan beasiswa tersebut dapat digunakan untuk membiayai pendidikan yang ditempuhnya.

Dengan beasiswa tersebut, maka seseorang yang memenuhi persyaratan dapat melanjutlan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan bantuan biaya dari Pemerintah, dalah hal ini adalah Beasiswa DIKTI.

DIKTI memiliki kepanjangan Pendidikan Tinggi yaitu suatu Lembaga yang mengatur tentang Dosen, Mahasiswa, Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, Beasiswa, dan hal terkait lainnya.

Mengikuti perkembangan informasi di website DIKTI ini penting, mengapa ?

Contoh 1 : Anda baru saja lulus dari SMA / Sederajat yang memiliki keinginan yang kuat untuk melanjutkan pendidikan ke suatu Perguruan Tinggi, namun anda mengalami kendala masalah ekonomi, maka anda dapat mengusulkan untuk mendapatkan bantuan dana pendidikan dari DIKTI yang disebut Bidikmisi.

Contoh 2 : Anda adalah mahasiswa jenjang Sarjana semester akhir, dan anda memiliki keinginan kuat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana, maka anda dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan Beasiswa Pascasarjana.

Dari kedua contoh di atas, maka dapat kita ketahui bahwa mengkuti perkembangan informasi seputar Beasiswa DIKTI adalah penting. Dengan mengetahui informasi tersebut, maka ketika ada bukaan beasiswa, kita dapat langsung mendaftar dengan memenuhi persyaratan pendaftarannya.

Ada beragam beasiswa yang ditawarkan DIKTI seperti beasiswa Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, serta beasiswa pendidikan untuk berbagai kalangan seperti calon mahasiswa, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, dan lain-lain.

Beberapa beasiswa pendidikan yang akan diberikan kepada calon mahasiswa, mahasiswa, calon dosen, dosen, dan tenaga kependidikan diantaranya adalah :
  • Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi
  • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
  • Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM)
  • Beasiswa Olimpiade Sains Internasional (OSI)
  • Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI)
  • Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN)
  • Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN)
  • Beasiswa Dikti Talent Scouting
Penjelasan dari beberapa macam beasiswa tersebut diberikan berikut ini.

1. Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi

Bagi anda lulusan SMA / MA / SMA / MAK yang merupakan lulusan tahun ini yang memiliki keinginan yang kuat untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta, namun anda terkendala masalah ekonomi, maka anda dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang disebut dengan Bidikmisi.

Bantuan ini diberikan untuk calon mahasiswa seperti yang dijelaskan di atas yang ingin kuliah di Dalam Negeri.

Secara umum, semua Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia menyalurkan dana bantuan Bidikmisi, namun untuk Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia tidak semuanya menyalurkan dana bantuan Bidikmisi.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online, semionline, dan offline (pendaftaran langsung). Secara umum, jika daerah anda mendukung jaringan internet, maka pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online.

Pendaftaran Bidikmisi online dilakukan melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Semua informasi telah dirangkum pada alamat website tersebut. Untuk informasi lainnya mengenai Bidikmisi dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Online Bidikmisi.

2. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Beasiswa PPA merupakan beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di suatu Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta yang memiliki prestasi atau kemampuan akademik yang unggul yang dibuktikan dengan nilai IPK terakhir saat mendaftar.

Informasi pendaftaran beasiswa PPA dapat anda lihat langsung di websit resmi PTN atau PTS tempat anda kuliah atau anda juga dapat menanyakan pada bagian yang keuangan masing-masing.

3. Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM)

Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM) diberikan untuk mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan telah menempuh pendidikan di suatu Perguruan Tinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta.

Mahasiswa yang demikian mendapat kesempatan untuk mengusulkan Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM) dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Informasi pendaftaran Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM) dapat anda lihat langsung di website resmi tempat anda kuliah, misalnya anda kuliah di UNSRI, maka anda dapat melihat informasi Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM) di website resmi UNSRI. Selain itu, anda juga dapat menanyakan informasi Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM) dibagian keuangan masing-masing.

4. Beasiswa Olimpiade Sains Internasional (OSI)

Pemerintah Indonesia melalui DIKTI akan memberikan beasiswa kepada orang-orang yang telah mengharumkan nama Indonesia di level Internasional dengan dibuktikan diperolehnya medali dari Olimpiade Sains Internasional (OSI).

Beasiswa ini diberikan untuk mahasiswa dari suatu Perguruan Tinggi yang pernah mengikuti Olimpiade tersebut dan juga untuk siswa yang akan lanjut kuliah di PTN yang sebelumnya pernah mengikuti Olimpiade Sains Internasional (OSI).

Informasi Beasiswa Olimpiade Sains Internasional (OSI) selengkapnya dapat anda baca langsung di website DIKTI di alamat http://beasiswa.dikti.go.id/

5. Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI)

Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI) diperuntukkan bagi mahasiswa S3 pada pascasarjana penyelenggara BPP-DN untuk menambah wawasan dan pengalaman di level Internasional.

Mahasiswa yang demikian mendapatkan kesempatan untuk mengajukan permohonan Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI). Informasi pendaftaran lebih lanjut dapat anda baca di http://beasiswa.dikti.go.id/pkpi/

6. Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN)

Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) merupakan beasiswa pendidikan yang diberikan kepada Calon Dosen, Dosen dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Kemendikbud yang memiliki keinginan yang kuat untuk melanjutkan pendidikan ke Program Pascasarjana, baik Magister ataupun Doktor di Perguruan Tinggi Dalam Negeri.

Calon pendaftar harus dapat memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh DIKTI. Informasi lebih lanjut dapat anda baca di http://beasiswa.dikti.go.id/bppdn/

7. Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN)

Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN) merupakan beasiswa pendidikan yang diberikan kepada Calon Dosen, Dosen dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Kemendikbud yang memiliki keinginan yang kuat untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Luar Negeri untuk Program Pascasarjana, baik Magister ataupun Doktor.

Calon pendaftar harus bisa memenuhi persyaratan untuk mendapatkan Beasiswa BPP-LN ini. Informasi lain yang berkaitan dengan BPP-LN dapat anda baca di http://beasiswa.dikti.go.id/bppln/

8. Beasiswa Dikti Talent Scouting

Beasiswa Dikti Talent Scouting merupakan beasiswa yang diberikan kepada dosen tetap di Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berencana melanjutkan studi S3 ke luar negeri untuk mengikuti Program pelatihan Dosen.

Persyaratan Pendaftaran Program Talent Scouting
  • Memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN)
  • Usia maksimal 49 tahun.
  • Sudah memiliki gelar Magister (S2) atau yang setara dan belum memiliki gelar doktor (S3).
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris (nilai TOEFL ITP minimal 500 atau IELTS minimal 5,5).
  • Bersedia mengikuti pelatihan selama 1 hari.
Informasi lebih lanjut mengenai Beasiswa Talent Scouting dapat anda lihat di alamat berikut : http://beasiswa.dikti.go.id/talentscouting/ 

Selain informasi beasiswa DIKTI yang telah dijelaskan di atas, masih ada beasiswa lainnya yang dapat anda baca di website resmi DIKTI.

Silahkan Baca Juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Beasiswa DIKTI. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda yang ingin mendapatkan Beasiswa DIKTI.

Silahkan bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan informasi dengan cepat. Caranya cukup mudah, tinggal tekan tombol G+1 yang tersedia.

Admin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang anda luangkan untuk membaca informasi ini dan semoga anda bisa mendapatkan salah satu Beasiswa DIKTI. Mari kita berusaha semaksimal mungkin agar dapat meraih kesuksesan semuda mungkin. Amin.