Pendaftaran Mahasiswa Baru ITERA 2019/2020

www.itera.ac.id 2019 -- USM ITERA, PMB ITERA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ITERA, Pendaftaran Mahasiswa Baru ITERA, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1 ITERA, Registrasi Mahasiswa Baru ITERA, Pendaftaran Online ITERA, Penerimaan Online ITERA, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi, Pendaftaran Maba Institut Teknologi Sumatera, 2021. 2022.

Pada kesempatan ini, admin web akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru ITERA 2019/2020. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi arahan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Institut Teknologi Sumatera atau disingkat ITERA adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Kota Bandar Lampung, tepatnya di Jln Terusan Ryacudu, Way Galih, Tanjung Bintang, Lampung Selatan 35361, Lampung, Indonesia.

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) ditetapkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 124 Tahun 2014 pada 9 Oktober 2014.

Visi Institut Teknologi Sumatera (ITERA) :
  • Menjadi perguruan tinggi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia, serta memandu perubahan yang mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia dengan memberdayakan potensi yang ada di wilayah Sumatera dan sekitarnya.

Misi Institut Teknologi Sumatera (ITERA) :
  • Berkonstribusi pada pemberdayaan potensi yang ada di wilayah Sumatera khususnya, dan Indonesia serta dunia melalui keunggulan dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan ilmu kemanusiaan.

Program Studi yang ada di Institut Teknologi Sumatera (ITERA), yaitu :
  • Fisika, Teknik Elektro, Teknik Geofisika, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Geodesi dan Geomatika, Teknik Sipil, dan Teknik Informatika 

Itulah beberapa Program Studi yang anda di ITERA yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran mahasiswa baru ITERA.

Untuk bisa menjadi mahasiswa baru di ITERA, maka anda harus mengikuti seleksi massuk ITERA melalui jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka. Pada saat ini ITERA membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri, serta Bidikmisi. Berikut penjelasannya.

1. Pendaftaran SNMPTN ITERA

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan tanpa ujian tertulis, namun didasarkan pada prestasi siswa yang dilihat dari nilai rapor dan prestasi lainnya yang relevan.

ITERA adalah salah satu PTN yang tergabung dalam seleksi jalur SNMPTN. Bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di ITERA, maka bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN.


Informasi seperti persyaratan, jadwal, daftar PTN, mekanisme seleksi, dan lain sebagainya pada artikel Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran Online SNMPTN

2. Pendaftaran SBMPTN ITERA

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan dengan tes tertulis untuk semua peserta dan tes keterampilan untuk peserta yang memilih Program Studi Seni atau Olahraga. Jadi, untuk peserta yang memilih Program Studi Seni atau Olahraga harus mengikuti seleksi sebanyak dua kali.

Sejak tahun lalu, ITERA telah membuka jalur SBMPTN ini. Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat www.sbmptn.ac.id

Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, biaya seleksi, daftar PTN pada SBMPTN, jumlah pilihan PTN dan Prodi, serta informasi terkait SBMPTN telah admin rangkum tersendiri pada artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran Online SBMPTN

3. Pendaftaran Bidikmisi ITERA

Bidikmisi merupakan biaya bantuan yang diberikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan memiliki prestasi baik dengan tujuan dapat membantu biaya kuliah dan biaya hidup calon mahasiswa selama menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi. 

Salah satu catatan penting bahwa mahasiswa tersebut harus bisa menyelesaikan pendidikannya dengan tepat waktu. Jika tidak selesai dengan tepat waktu, maka tidak akan mendapatkan bantuan Bidikmisi lagi.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Silahkan akses alamat tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau anda juga dapat secara langsung membaca informasinya pada artikel Pendaftaran Online Bidikmisi

4. Pendaftaran USM ITERA

USM ITERA atau Ujian Saringan Masuk ITERA adalah jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh ITERA untuk menerima calon mahasiswa baru.

Peserta yang sebelumnya telah mengikuti seleksi namun dinyatakan tidak lulus, maka dapat mendaftar kembali untuk mengikuti seleksi jalur USM ITERA ini.

Untuk mengikuti Seleksi Mandiri (USM ITERA), anda harus telah mengikuti seluruh rangkaian seleksi SBMPTN, karena kelulusan Jalur Seleksi Mandiri ini sepenuhnya ditentukan dari nilai SBMPTN.

Jika anda telah mengikuti seleksi SBMPTN tetapi dinyatakan tidak lulus SBMPTN pada saat pengumuman, maka nilai SBMPTN yang anda miliki dapat digunakan untuk mendaftar jalur mandiri ITERA. Jika nilai anda besar, maka peluang anda untuk diterima di ITERA pun besar pula.

Biaya Pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri ditransfer ke Bank BNI. Untuk mempermudah proses verifikasi, silahkan tuliskan nomor SBMPTN anda pada kolom referensi saat melakukan pembayaran melalui Bank.

Alur Pendaftaran Jalur Mandiri ITERA

Daftar -> Konfirmasi Email -> Login -> Lengkapi Data -> Upload Foto -> Upload Bukti Pembayaran (akan diverifikasi oleh panitia) -> Cetak Kartu Peserta -> Tunggu Pengumuman Kelulusan.

Itulah serangkaian alur penerimaan mahasiswa bari ITERA melalui jalur mandiri. Silahkan anda mendaftar sesuai alur tersebut. Informasi lebih lanjut mengenai jalur mandiri ITERA dapat anda baca melalui alamat http://usm.itera.ac.id/

Informasi Beasiswa ITERA

Mahasiswa ITERA berpeluang untuk mendapatkan beasiswa berikut :
  • Beasiswa PPA
  • BPP-PPA
  • Beasiswa Supersemar
  • Beasiswa kerjasama Pemprov
  • dan Beasiswa lainya 

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi ITERA.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru ITERA. Semoga informasi yang telah diberikan di atas dapat memberikan pencerahan serta bermanfaat bagi anda.

Mari bantu berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada rekan atau kerabat anda lainnya yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami.

Admin turut mendoakan semoga anda lulus seleksi dan diterima menjadi mahasiswa baru di ITERA. Terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca artikel ini, semoga kesuksesan dan harapan kita dapat terwujudkan. Amin.