Pendaftaran Mahasiswa Baru UNM 2019/2020

www.unm.ac.id 2019 -- PMB UNM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNM, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNM, Registrasi Mahasiswa Baru UNM, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNM, Pendaftaran Online UNM, Penerimaan Online UNM, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi, PPs UNM, Universitas Negeri Makassar (UNM), 2021. 2022.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi untuk anda tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UNM 2019/2020. Informasi ini disampaikan dengan tujuan dapat memberikan panduan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, ayo simak pembahasannya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Negeri Makassar atau yang disingkat UNM adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Makassar, Indonesia. Universitas Negeri Makassar (UNM) telah didirikan pada tanggal 1 Agustus 1961. Moto dari Universitas Negeri Makassar (UNM) adalah Tetap Jaya Dalam Tantangan.

Universitas Negeri Makassar (UNM) memiliki beberapa kampus yaitu Kampus I Gunung Sari (Kota Makassar), Kampus II Parang Tambung (Kota Makassar), Kampus III Banta - Bantaeng (Kota Makassar), Kampus IV Tidung (Kota Makassar), Kampus PGSD (Kabupaten Bone), dan Kampus PGSD (Kota Pare Pare).

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Negeri Makassar (UNM), yaitu :
  • Fakultas Psikologi : Psikologi Eksperimen, Psikologi Industri, Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Perkembangan, dan Psikologi Sosial
  • Fakultas Ilmu Pendidikan : Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (KTP), Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Jurusan Administrasi PEndidikan (AP), dan Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan, Pendidikan Luar Biasa (PLB), program D-II PGSD, program D-II PGTK
  • Fakultas MIPA : Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, Prodi IPA, Prodi Statistika.
  • Fakultas Teknik : Pendidikan Teknik Bangunan terdiri dari Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan (S1) dan Teknik Arsitekstur (D3) ; Pendidikan Teknik Mesin terdiri dari Pendidikan Teknik Mesin (S1) dan Teknik Mesin (D3) ; Pendidikan Teknik Elektro terdiri dari Pendidikan Teknik Elektro (S1) dan Teknik Elektro (D3) ; Pendidikan Teknik Otomotif terdiri dari Pendidikan Teknik Otomotif (S1) dan Teknik Otomotif (D3) ; Pendidikan Teknik Elektronika terdiri dari Pendidikan Teknik Elektronika (S1) dan Teknik Elektronika (D3) ; Pendidikan Kesejahteraan Keluarga terdiri dari Pendidikan Tata Busana (S1), Pendidikan Tata Boga (S1), Tata Busana (D3), dan Tata Boga (D3) ; Pendidikan Teknologi Pertanian (S1) ; Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (S1)
  • Fakultas Bahasa dan Sastra
  • Fakultas Ilmu Olahraga
  • Fakultas Ilmu Sosial : PPKn, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Administrasi Perkantoran, dan Sosiologi.
  • Fakultas Seni dan Desain
  • Fakultas Ekonomi : Manajemen (S1), Jurusan Pendidikan Ekonomi yang terdiri atas 3 (tiga) program studi, yaitu Pendidikan Ekonomi Koperasi (S1), Pendidikan Akuntansi (S1), dan Pendidikan Administrasi Perkantoran (S1 Passing Out)
  • Program Pasca Sarjana : Pendidikan Bahasa Inggris (S-3 dan S-2), Pendidikan Ekonomi (S-3), Pendidikan Kependudukan Dan Lingkungan Hidup (S-3 dan S-2), Pendidikan Bahasa Indonesia (S-3 dan S-2), Ilmu Pendidikan (S-3), Ilmu Administrasi Publik (S-3), Sosiologi (S-3), Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan (S-2), Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (S-2). Pendidikan Fisika (S-2), Pendidikan Biologi (S-2), Pendidikan Kimia (S-2), Pendidikan Matematika (S-2), Pendidikan Seni Rupa (S-2), Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan (S-2), Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S-2), Administrasi Pendidikan (S-2), Bimbingan Dan Konseling (S-2).

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNM.

Pada tahun ini UNM membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, dan Bidikmisi. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN UNM

SNMPTN adalah jalur seleksi nasional untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, salah satunya masuk ke Universitas Negeri Makassar (UNM). Seleksi SNMPTN didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor serta prestasi lainnnya yang relevan.

Hanya siswa-siswa yang secara konsisten menunjukkan prestasinya disetiap semester yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN. Bagi siswa-siswa yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN ini, maka bisa mengikuti seleksi jalur lainnya.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu (1) pengisian data di PDSS oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa di alamat pdss.snmptn.ac.id (2) pemeringkatan oleh panitia, (3) pendaftaran SNMPTN secara online oleh siswa melalui alamat website web.snmptn.ac.id. Baca : Cara Pendaftaran SNMPTN.

Informasi lainnya yang berkaitan dengan pendaftaran SNMPTN seperti atau cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran Online SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran SBMPTN UNM

SBMPTN merupakan pola penyeleksian calon mahasiswa baru yang dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta dan ada ujian tambahan berupa ujian keterampilan yang khusus untuk calon mahasiswa yang memilih program studi Seni atau Keolahragaan.

Alur pendaftaran SBMPTN, yaitu :
  • Peserta melakukan pendaftaran tahap awal SBMPTN di pendaftaran.sbmptn.ac.id
  • Kemudian mencetak bukti pendaftaran awal
  • Membayar biaya seleksi di Bank BNI atau Mandiri, lalu mendapatkan KAP dan PIN
  • Kembali mengakses alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id
  • Login menggunakan KAP dan PIN yang didapatkan dari Bank
  • Mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar.
  • Mencetak kartu peserta SBMPTN

Keterangan lainnya yang berkaitan dengan pendaftaran SBMPTN seperti atau cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, daftar PTN se-Indonesia, biaya seleksi dan lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN

3. Pendaftaran Bidikmisi UNM

Bidikmisi disebut juga sebagai biaya bantuan yaitu biaya bantuan hidup dan biaya pendidikan yang diberikan oleh Dikti kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi, dan juga calon mahasiswa tersebut juga harus memiliki kemampuan akademik yang memadai sebagai jaminan bahwa calon mahasiswa tersebut dapat menyelesaikan pendidikannya di Perguruan Tinggi dengan tepat waktu.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Peserta yang akan mendaftar Bidikmisi harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, maka peserta bisa login ke alamat Bidikmisi di atas menggunakan kode akses yang diberikan oleh Kepala Sekolah.

Informasi seperti panduan pendaftaran Bidikmisi, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta keterangan lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran Online Bidikmisi. Silahkan kunjungi artikel tersebut.

4. Pendaftaran Jalur Mandiri UNM

Selain membuka jalur penerimaan mahasiswa baru yang telah disebutkan di atas, jalur penerimaan mahasiswa baru lainnya yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Makassar (UNM) adalah jalur mandiri. Penerimaan melalui jalur mandiri salah satunya bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin kuliah di Universitas Negeri Makassar (UNM).

Jalur mandiri ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana. Bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNMPTN atau SBMPTN namun tidak lulus, maka bisa mengikuti seleksi jalur mandiri UNM.

Jalur seleksi mandiri UNM dibedakan menjadi seleksi mandiri A dan seleksi mandiri B. Ada perbedaan pada saat ujian antara mandiri A dan mandiri B,yaitu di mandiri B ada ujian keterampilan sedangkan di mandiri A tidak ada.

Alur Pendaftaran Jalur Mandiri UNM
  1. Mendaftar secara online di http://pmbm.unm.ac.id untuk mendapatkan kode bayar
  2. Membayar biaya pendaftaran di Bank BRI menggunakan kode bayar untuk mendapatkan KAP dan PIN
  3. Login menggunakan KAP dan PIN ke alamat web di atas
  4. Lengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.
  5. Pilih jenis seleksi mandiri : Mandiri A atau Mandiri B
    • Mandiri A : Ujian TPA, dan wawancara
    • Mandiri B : Ujian TPA. ujian keterampilan, dan wawancara

Seleksi jalur mandiri UNM dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta. Anda harus mempersiapkan diri anda lebih baik dari sebelumnya agar harapan anda untuk bisa lulus seleksi dan diterima di UNM bisa terwujudkan. Informasi mengenai jalur mandiri UNM lebih lanjut dapat anda baca melalui alamat http://pmbm.unm.ac.id

5. Pendaftaran Pascasarjana UNM

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu ke jenjang Magister atau Doktor, maka anda bisa mendaftarkan diri ke Pascasarjana UNM. Pendaftaran program Pascsarjana UNM dilakukan secara online melalui alamat http://pps.unm.ac.id/. Silahkan akses alamat tersebut untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNM. Silahkan anda pilih jalur seleksi yang anda minati. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi yang telah admin berikan di atas, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNM.

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UNM yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda. Jika informasi tersebut bermanfaat, silahkan bagikan dengan teman anda yang membutuhkan dengan cara klik tombol G+1 yang telah tersedia.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk ke UNM dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa UNM. Mari bantu berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada rekan atau kerabat anda lainnya yang membutuhkan. Terima kasih.