Pendaftaran Mahasiswa Baru UGM 2019/2020

um.ugm.ac.id 2019 -- PMB UGM, UM UGM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UGM, Pendaftaran Mahasiswa Baru UGM, Registrasi Mahasiswa Baru UGM, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UGM, Pendaftaran Online UGM, Penerimaan Online UGM, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, UTUL UGM, Bidikmisi, Universitas Gadjah Mada, UGM Yogyakarta. 2021. 2022.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan menyampaikan informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UGM 2019/2020. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Gadjah Mada atau yang dikenal dengan UGM adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Indonesia yang terletak di Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia. UGM telah didirikan pada tanggal 19 Desember 1949. UGM merupakan kampus tertua di Indonesia yang didirikan setelah negara Indonesia merdeka. Moto UGM adalah Memimpin Peradaban Bangsa.

Banyak sekali Fakultas dan Program Studi yang ada di UGM. Selengkapnya dijelaskan berikut ini :
  • Fakultas Biologi terdiri dari Program Studi Biologi
  • Fakultas Ekonomika dan Bisnis terdiri dari Program Studi Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi
  • Fakultas Farmasi terdiri dari Program Studi Farmasi
  • Fakultas Filsafat terdiri dari Program Studi Ilmu Filsafat
  • Fakultas Geografi terdiri dari Program Studi Geografi dan Ilmu Lingkungan, Kartografi dan Penginderaan Jauh, dan Pembangunan Wilayah.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Ilmu Budaya terdiri dari Program Studi Pariwisata, Antropologi, Arkeologi, Sastra Asia Barat, Ilmu Sejarah, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Bahasa Korea, Sastra Nusantara, dan Sastra Prancis.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Program Studi Politik dan Pemerintahan, Hubungan Internasional, Manajemen & Kebijakan Publik, Komunikasi, Sosiologi, dan Pembangunan Sosial & Kesejahteraan.
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan, dan Gizi Kesehatan.
  • Fakultas Kedokteran Gigi terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter Gigi, dan Ilmu Keperawatan Gigi.
  • Fakultas Kedokteran Hewan Program Studi Kedokteran Hewan
  • Fakultas Kehutanan terdiri dari Program Studi Manajemen Hutan, Budidaya Hutan, Teknologi Hasil Hutan, dan Konservasi Sumberdaya Hutan.
  • Fakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) terdiri dari Program Studi Fisika, Kimia, Matematika, dan Ilmu Komputer dan Elektronika.
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Budidaya Pertanian, Perlindungan Tanaman, Tanah, Sosial Ekonomi Pertanian, Mikrobiologi Pertanian, dan Perikanan.
  • Fakultas Peternakan terdiri dari Program Studi Nutrisi dan Makanan Ternak, Produksi Ternak, Sosial Ekonomi Peternakan, dan Teknologi Hasil Ternak.
  • Fakultas Psikologi Program Studi Psikologi
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Arsitektur, Teknik Fisika, Perencanaan Wilayah dan Tata Kota, Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Teknik Geologi, Teknik Geodesi Geomatika, Teknik Mesin, Teknik Nuklir, Teknik Industri, Teknik Kimia, dan Teknik Sipil.
  • Fakultas Teknologi Pertanian terdiri dari Program Studi Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, Teknik Pertanian, dan Teknologi Industri Pertanian.
  • Sekolah Vokasi terdiri dari Komputer dan Sistem Informasi, Teknologi Jaringan, Rekam Medis, Bidan Pendidik, Agroindustri, Pengelolaan Hutan, Kesehatan Hewan, Elektronika dan Instrumentasi, Metrologi dan Instrumentasi, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Geomatika, Sistem Informasi Geografi dan Penginderaan Jauh, Ekonomika Terapan, Akuntansi, Manajemen, Kearsipan, Bahasa Mandarin, Bahasa Korea, Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, dan Kepariwisataan

Dari beberapa Fakultas dan Program Studi, serta Sekolah Vokasi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang menjadi minat anda. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UGM.

Pada tahun ini, UGM membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur jalur nasional dan jalur mandiri yang dikenal dengan UM UGM. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Penerimaan Mahasiswa Baru UGM Jenjang Sarjana melalui Jalur Nasional

1. Pendaftaran SNMPTN UGM

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional yang seleksinya didasarkan pada prestasi akademik siswa serta prestasi lain yang relevan. Prestasi akademik dilihat dari nilai rapor mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII semester 1.

Untuk bisa mendaftar, maka calon mahasiswa harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat website resmi SNMPTN yaitu www.snmptn.ac.id. Informasi selengkapnya seperti jadwal pelaksanaan, tata cara pendaftaran, persyaratan, kriteria penerimaan, dan lain sebagainya bisa anda dapatkan melalui alamat website tersebut atau bisa juga membacanya pada artikel Pendaftaran SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN UGM

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional yang seleksinya didasarkan pada hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan khusus untuk calon mahasiswa yang memilih program studi Seni dan Olahraga.

Untuk calon mahasiswa yang bukan memilih program studi Seni dan Olahraga, maka cukup mengikuti ujian tertulis saja. Sedangkan untuk calon mahasiswa yang memilih program studi Seni dan Olahraga, maka setelah mengikuti ujian tertulis, selanjutnya mengikuti ujian keterampilan.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat website resmi SBMPTN yaitu www.sbmptn.ac.id. Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan keterangan lainnya bisa anda baca pada alamat website tersebut atau mengunjungi artikel kami yang berjudul Pendaftaran Online SBMPTN

3. Pendaftaran Bidikmisi UGM

Bidikmisi merupakan sebuah program dari Dikti berupa pemberian biaya hidup dan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik yang ingin kuliah di Perguruan Tinggi. Calon mahasiswa yang demikian mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi Bidikmisi.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat website resmi Bidikmisi, yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Untuk bisa mendaftar, maka calon mahasiswa harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah.

Informasi lainnya seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta ketentuan lainnya bisa anda baca para alamat website di atas, atau bisa membaca pad artikel kami yang berjudul Pendaftaran Online Bidikmisi atau Pendaftaran Bidikmisi

Penerimaan Mahasiswa Baru UGM Jenjang Sarjana melalui Jalur Mandiri

Selanjutnya akan dibahas penerimaan calon mahasiswa baru UGM jenjang Sarjana melalui jalur mandiri UGM yang terdiri dari Jalur PBUTM, Jalur PBUK, Jalur PBUB, Jalur PBOS, dan Jalur UTUL.

Sebelum melakukan pendaftaran, anda perlu memperhatikan beberapa persyaratan umum pendaftaran khusus, dan kelengkapan dokumen. Persyaratan khusus dan kelengkapan dokumen dijelaskan pada masing-masing jalur penerimaan, sedangkan persyaratan umum berlaku untuk semua jalur penerimaan. Berikut persyaratan umum selengkapnya.

Persyaratan Umum Pendaftaran Jalur Mandiri UGM
  • Lulusan SMA/SMK/MA/MAK negeri ataupun swasta dalam negeri tahun ini.
  • Lulusan setara SMA luar negeri tahun ini dan 1 tahun lalu (telah mendapat surat keterangan kesetaraan dari Kemendikbud atau Dinas Pendidikan dan Kebudayaan).
  • Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor harus tuntas (di atas KKM), mulai semester 1 sampai dengan semester 5. Bagi siswa akselerasi kriteria tersebut diberlakukan sampai dengan semester 4.
  • Peserta jalur prestasi diusulkan oleh sekolah dan termasuk 40% terbaik di kelasnya pada semester 1 samapai 5, atau 75% terbaik hingga semester 4 bagi siswa kelas akselerasi. Dibuktikan dengan surat keterangan yang ditandatangani oleh kepala sekolah untuk setiap siswa calon pendaftar.
  • Memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.

4. Pendaftaran PBUTM UGM

PBUTM atau Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru UGM untuk siswa yang memiliki kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi (pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp. 750.000,- setiap bulannya).

Persyaratan Khusus
  • Siswa berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi.
  • Pengusulan disertai dengan: Rapor mulai semester 1 sampai 5 (sampai semester 4 bagi siswa akselerasi).
  • Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon tersebut merupakan siswa 40% terbaik dikelasnya pada semester 1 sampai 5, atau hingga semester 4 bagi siswa akselerasi
  • Kartu Keluarga (C1).
  • Surat keterangan penghasilan orangtua/wali. Khusus pegawai negeri atau swasta yang disahkan oleh Bendaharawan Gaji Pegawai. Khusus pekerja sektor informal/wiraswata surat keterangan penghasilan disahkan oleh Camat dengan mencantumkan rata-rata pendapatan selama 6 bulan terakhir dari ayah dan ibu atau wali.
  • Surat keterangan tidak mampu dari Desa atau Kelurahan setempat, apabila tidak mempunyai akses terhadap Desa/Kelurahan bisa diganti dengan surat keterangan dari RT/RW/Kepala Dusun.
  • Tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet (bila ada untuk 3 bulan terakhir) dan pembayaran PBB. Apabila listrik, air, dan internet dipakai bersama agar ditambahkan surat keterangan estimasi pengeluaran bulanan.
  • Bukti prestasi terbaik di jenjang SMA/SMK/MA/MAK (jika ada)

Kelengkapan dan Format Dokumen
  • Calon mahasiswa harus mempersiakan scanan dokumen di bawah ini dengan ukuran antara 50KB sampai 200KB untuk masing-masing file; scanan dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi, kemudian diunggah pada saat mendaftar online. Berikut ini persyaratan-persyaratan dan format filenya.
  • Foto terbaru dan berwarna. *.jpg.
  • Rapor asli atau fotokopi yang dilegalisir oleh kepala sekolah mulai semester 1 sampai 5 (sampai semester 4 untuk siswa akselerasi). *.pdf.
  • Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah. Format surat bisa didownload disitus resmi UGM. *.pdf.
  • Kartu Keluarga (C1). *.pdf
  • Surat keterangan penghasilan orangtua/wali yang disahkan oleh camat bagi non karyawan atau oleh Bendahara Gaji untuk karyawan institusi. *.pdf.
  • Surat keterangan tidak mampu yang disahkan oleh kelurahan dan kecamatan. *.pdf.
  • Foto rumah tampak depan. *.pdf
  • Foto rumah tampak belakang. *.pdf
  • Foto tempat belajar. *.pdf
  • Foto bersama anggota keluarga. *.pdf
  • Tagihan listrik (3 bulan terakhir) dan bukti pembayaran PBB. *.pdf
  • Tagihan air dan tagihan internet (3 bulan terakhir; jika ada). *.pdf.
  • Piagam Kejuaraan/Sertifikat terbaik yang diperoleh semasa jenjang SMA/SMK/MA (jika ada). *.pdf

5. Pendaftaran PBUK UGM

PBUK atau Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan adalah jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berasal dari daerah-daerah yang mempunyai keinginan yang tinggi untuk membangun daerahnya dimana biaya pendidikan ditanggung oleh Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan.
Persyaratan Khusus
  1. Siswa harus diusulkan oleh mitra yang bekerjasama dengan UGM (ditunjukkan dengan Perjanjian Kerja Sama yang masih berlaku).
  2. Pengusulan disertai dengan:
    • Rapor mulai semester 1 sampai 5 (hingga semester 4 bagi siswa akselerasi).
    • Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon tersebut merupakan siswa 40% terbaik dikelasnya pada semester 1 hingga semester 5, atau hingga semester 4 untuk siswa kelas akselerasi.
    • Surat kesanggupan dari instansi penanggung biaya (mitra) untuk membayar biaya pendidikan sampai selesai sesuai ketentuan di Perjanjian Kerja Sama (PKS).
    • Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara instansi pengusul (mitra) dengan UGM yang masih berlaku.

Kelengkapan Dokumen dan Formatnya

Calon mahasiswa harus mempersiapkan scanan dokumen di bawah ini dengan ukuran antara 50 Kb-200 Kb untuk masing-masing file. Berikut kelengkapan dokumen dan format filenya.
  1. Foto terbaru dan berwarna. *.jpg
  2. Rapor asli atau fotokopi yang dilegalisir oleh kepala sekolah mulai semester 1 sampai 5 (hingga semester 4 untuk siswa akselerasi). *.pdf
  3. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah. Format surat bisa didownload disitus resmi UGM *.pdf
  4. Surat Rekomendasi dari mitra. Format surat bisa didownload disitus resmi UGM. *.pdf
  5. Surat kesanggupan dari instansi penanggung biaya (mitra) untuk membayar biaya pendidikan sampai selesai sesuai Perjanjian Kerja Sama. Format surat bisa didownload disitus resmi UGM. *.pdf 
  6. Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara instansi pengusul (mitra) dengan UGM yang masih berlaku.*.pdf

6. Pendaftaran PBUB UGM

PBUB atau Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UGM yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang baik disertai prestasi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (pernah menjadi pemenang lomba tingkat nasional atau finalis internasional) ) sesuai program studi yang dipilih, ditunjukkan dengan sertifikat kejuaraan.

Persyaratan Khusus
  1. Siswa mempunyai prestasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dibuktikan dengan sertifikat/piagam kejuaraan. Kejuaraan yang dimaksud adalah : (a) Juara lomba tingkat nasional; (b) Juara lomba yang diselenggarakan di lingkungan UGM; (c) Finalis lomba tingkat internasional yang diselenggarakan oleh International Mathematics Olympiad (IMO), International Physics Olympiad (IPhO), International Biology Olympiad (IBO), International Chemistry Olympiad (IChO), International Olympiad in Informatics (IOI), LIPI, dan Kemendikbud.
  2. Pengusulan disertai dengan:
    • Rapor mulai semester 1 sampai 5 (sampai semester 4 bagi siswa akselerasi).
    • Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon tersebut merupakan siswa 40% terbaik dikelasnya pada semester satu hingga semester lima, atau hingga semester empat untuk siswa kelas akselerasi.
    • Surat kesanggupan orangtua calon untuk membayar biaya pendidikan sampai selesai.
    • Sertifikat/piagam kejuaraan yang diikuti selama jenjang SMA/SMK/MA/MAK (maksimal 5 sertifikat prestasi terbaik). Kejuaraan yang dimaksud adalah: (a) Juara lomba tingkat nasional; (b) Juara lomba yang diselenggarakan di lingkungan UGM; (c) Finalis lomba tingkat internasional yang diselenggarakan oleh IMO, IPhO, IBO, IChO, IOI/ICO, LIPI, dan Kemendikbud.

Kelengkapan Dokumen dan formatnya

Calon mahasiswa harus mempersiapkan scanan dokumen di bawah ini dengan ukuran antara 50 Kb - 200 Kb. Berikut ini kelengkapan dokumen dan format filenya.
  • Foto terbaru dan berwarna. *.jpg
  • Rapor asli atau fotokopi yang dilegalisir oleh kepala sekolah mulai semester 1 sampai 5 (hingga semester 4 bagi siswa akselerasi). *.pdf
  • Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah. Format surat bisa didownload disitus resmi UGM. *.pdf
  • Surat Kesanggupan Pembiayaan. Format surat bisa didownload disitus resmi UGM. *.pdf
  • Piagam Kejuaraan/Sertifikat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Sertifikat yang berlaku adalah sertifikat yang diperoleh semasa jenjang SMA/SMK/MA (maksimal 5 sertifikat prestasi terbaik). *.pdf

7. Pendaftaran PBOS UGM

PBOS atau Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni adalah jalur penerimaan mahasiswa baru UGM yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang pernah menjadi pemenang lomba di bidang olahraga atau seni di tingkat provinsi, nasional atau finalis tingkat internasional.

Bakat yang dimaksud untuk Bidang Olahraga adalah : Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Bulu tangkis, Bridge, Catur, Taekwondo, Hoki, Judo, Karate, Kempo, Pencak Silat, Renang, Sepak Bola / Futsal, Softball / Baseball, Tenis Lapangan, dan Tenis Meja.
Sedang Bakat yang dimaksud untuk Bidang Seni adalah : Fotografi, Marching Band, Orchestra, Paduan Suara, Seni Lukis, Teater, Seni Tari: gaya Yogya, gaya Surakarta, Bali, dan Kreasi baru.
Persyaratan khusus
  1. Siswa memiliki prestasi di bidang olahraga dan seni yang dibuktikan dengan adanya sertifikat/piagam kejuaraan. Kejuaraan yang dimaksud adalah:
    • Bidang Olahraga: (1) Juara I, II, III, IV, atau V Kejuaraan Internasional, (2) Juara I, II, atau III PON/KEJURNAS/POPNAS atau kegiatan sejenis tingkat nasional; (3) Juara I atau II PORDA/KEJURDA/ POPDA atau kegiatan sejenis tingkat provinsi.
    • Bidang Seni: (1) Juara I, II, atau III PORSENI/Festival Seni atau kegiatan sejenis tingkat nasional, (2) Juara I atau II PORSENI/ Festival Seni atau kegiatan sejenis tingkat provinsi, (3) Pernah mengikuti pementasan/pameran/kegiatan tingkat internasional yang direkomendasi oleh Dewan Kesenian Daerah.
  2. Pengusulan disertai dengan:
    • Rapor mulai semester 1 sampai 5 (hingga semester 4 bagi siswa akselerasi).
    • Surat Kesanggupan Aktif di UKM.
    • Surat kesanggupan orangtua calon untuk membayar biaya pendidikan sampai selesai.
    • Sertifikat/piagam kejuaraan yang diikuti selama jenjang SMA/SMK/MA/MAK (maksimal 5 sertifikat prestasi terbaik).

Kelengkapan Dokumen dan formatnya

Calon mahasiswa harus mempersiapkan scanan dokumen di bawah ini dengan ukuran antara 50 Kb - 200 Kb. Berikut ini kelengkapan dokumen dan format filenya.
  • Foto terbaru dan berwarna. *.jpg
  • Rapor asli atau fotokopi yang dilegalisir oleh kepala sekolah mulai semester 1 sampai 5 (hingga semester 4 bagi siswa akselerasi). *.pdf
  • Surat Kesanggupan Aktif di UKM. Format surat bisa didownload disitus resmi UGM. *.pdf
  • Surat Kesanggupan Pembiayaan. Format surat bisa didownload disitus resmi UGM. *.pdf
  • Piagam Kejuaraan/Sertifikat di bidang olah raga dan seni. Sertifikat yang berlaku adalah sertifikat yang diperoleh semasa jenjang SMA/SMK/MA (maksimal 5 sertifikat prestasi terbaik). *.pdf

8. Pendaftaran UTUL UGM 

UTUL atau ujian tulis adalah salah satu jalur mandiri penerimaan mahasiswa baru untuk masuk ke UGM. UTUL merupakan jalur penerimaan yang paling akhir dibuka. Jalur ini dibuka untuk S1 dan Diploma.

Materi tes tertulis UTUL berupa Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) dan Tes Kemampuan Soshum dan/atau Tes Kemampuan Saintek.

Persyaratan Pendaftaran UTUL
  • Lulusan SMA/SMK/MA/MAK dalam dan luar negeri tahun untuk 3 tahun terakhir atau lulusan ujian persamaan atau yang setara lainnya untuk 2 tahun lalu.
  • Memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.
Kelengkapan Dokumen dan formatnya

Calon mahasiswa harus mempersiapkan scanan dokumen di bawah ini dengan ukuran antara 50 Kb - 200 Kb. Berikut ini kelengkapan dokumen dan format filenya.
  • Foto terbaru dan berwarna.*.jpg
  • Scan Ijazah (untuk lulusan 2 tahun lalu) atau Kartu Peserta UAN (untuk calon lulusan tahun ini).*.pdf
  • Scan KTP/Kartu Keluarga.*.pdf

Pendaftaran jalur mandiri UGM seperti Jalur PBUTM, Jalur PBUK, Jalur PBUB, Jalur PBOS, dan Jalur UTUL dilakukan secara online melaui alamat : um.ugm.ac.id

Penerimaan Mahasiswa Baru UGM Jenjang Sekolah Vokasi

Penerimaan mahasiswa baru UGM jenjang Vokasi UGM dilakukan melalui beberapa jalur seperti berikut ini.

1. Pendaftaran PBUTM SV

Jalur ini merupakan jalur jalur siswa berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Diploma di UGM namun terkendala masalah ekonomi. Maka peserta yang demikian itu mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur ini.

2. Pendaftaran PBUK SV

Jalur PBUK SV merupakan jalur kemitraaan antara UGM dengan Pemda, institusi Pemerintah dan/atau perusahaan. Jalur ini diperuntukkan bagi puta-putri dari daerah yang berkomitmen tinggi untuk membangun derahnya. Biaya kuliah ditanggung oleh mitra UGM tersebut.

3. Pendaftaran PBUSMAK SV

Jalur PBUSMAK SV merupakan jalur seleksi administrasi akademik bagi siswa-siswi SMA, MA, dan SMK selama di sekolah

4. Pendaftaran PBUB SV

Jalur PBUB SV diperuntukkan bagi siswa-siswi yang memiliki prestasi akademik disertai prestasi di bidang IPTEK (ilmu pengetahuan teknologi, olahraga dan seni) sesuai program studi yang akan dipilihnya dengan menyertakan sertifikat kejuaraan yang pernah diraih dibidang yang relevan.

5. UTUL UGM

Jalut UTUL merupakan jalur seleksi  untuk masuk ke UGM melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta.

Informasi lebih lanjut mengenai jalur seleksi jenjang Sekolah Vokasi UGM dapat anda baca di alamat um.ugm.ac.id

Penerimaan Mahasiswa Baru UGM Jenjang Pascasarjana

Penerimaan mahasiswa baru UGM untuk jenjang Pascasarjana dibuka melalui 3 jalur yaitu jalur Kerjasama UGM, jalur Reguler UGM (termasuk Pelamar BPPDN), dan jalur Internasional.

Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana di UGM, silahkan anda  ikuti salah satu jalur masuk sesuai dengan ketentuan masing-masing jalur. Info lebih lanjut silahkan lihat di um.ugm.ac.id . 

Penerimaan Mahasiswa Baru UGM Program Profesi

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke program profesi di UGM, silahkan mengikuti jalur penerimaan mahasiswa baru program profesi. Pendaftaran dilakukan dua kali setahun yaitu setiap awal semester Ganjil dan awal semester Genap

Program profesi yang dibuka di UGM hanya dilaksanakan oleh program studi tertentu yaitu : Apoteker, Dokter, Dokter Hewan, Dokter Gigi, dan Perawat.

Penting!!! Informasi lebih lanjut dapat anda lihat di web UGM di alamat um.ugm.ac.id . Apabila ada perubahan atau perbedaan, maka yang berlaku adalah yang ada di web resmi UGM. Untuk jadwal pelaksanaan silahkan lihat disini.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UGM. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat bagi anda. 

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi UGM dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru UGM. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin. Mari turut berbagi (G+1 / FB ) informasi ini pada teman lainnya.