Pendaftaran Mahasiswa Baru ITS 2019/2020

smits.its.ac.id 2019 -- SMITS ITS, PMB ITS, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ITS, Pendaftaran Mahasiswa Baru ITS, Registrasi Mahasiswa Baru ITS, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 ITS, Pendaftaran Online ITS, Penerimaan Online ITS, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi, Pendaftaran Maba Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru ITS 2019/2020. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau disingkat ITS adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah didirikan pada tanggal 10 November 1957.

Moto dari Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)  adalah ITS Cak! (Cerdas, Amanah, Kreatif). 

Pada mulanya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah sebuah Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) yang kemudian berkembang dan sekarang menjadi Institut, yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Fakultas dan Jurusan yang ada di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), yaitu :
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) terdiri dari Jurusan Statistika, Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Fakultas Teknologi Industri (FTI) terdiri dari Jurusan Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Material dan Metalurgi, Teknik Multimedia dan Jaringan, dan Manajemen Bisnis.
  • Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) terdiri dari Jurusan Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Teknik Geomatika, Desain Produk Industri, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Geofisika, dan Desain Interior.
  • Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) terdiri dari Jurusan Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Kelautan, dan Transportasi Laut.
  • Fakultas Teknologi Informasi (FTIF) terdiri dari Jurusan Teknik Informatika, dan Sistem Informasi

Dari beberapa Fakultas dan Jurusan yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di ITS.

Pada tahun ini ITS kembali membuka penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, PKN, UMDESAIN, Lintas Jalur S-1, dan Bidikmisi. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN ITS

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada prestasi siswa yang dilihat dari nilai rapor mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII semester 1.

Hanya siswa-siswa yang secara konsisten menunjukkan prestasinya disetiap semester yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN. 

Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui alamat website web.snmptn.ac.id. Peserta yang akan mendaftar harus mendapatkan rekomendasi dari kepala Sekolah. Kepala Sekolah mengakses alamat ppds.snmptn.ac.id untuk mengisi data sekolah dan data siswa yang akan mengikuti SNMPTN. Caranya lihat disini. Selanjutnya siswa akan mendapatkan username dan password yang dapat digunakan untuk login memverifikasi data dan selanjutnya melakukan pendaftaran online SNMPTN.

Informasi lainnya seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain sebagainya bisa anda baca pada artikel Pendaftaran Online SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran SBMPTN ITS

SBMPTN disebut juga jalur alternativ, mengapa? karena peserta yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNMPTN tetapi dinyatakan tidak lulus, maka bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN. Selain itu juga, bagi peserta yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur SNMPTN, maka bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN. Dengan demikian, maka SBMPTN bisa disebut sebagai jalur alternativ masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Calon peserta bisa melakukan pendaftaran melalui alamat www.sbmptn.ac.id. Peserta melakukan pendaftaran tahap awal pada alamat tersebut, kemudian membayar biaya pendaftaran di Bank, lalu kembali mengakses alamat tersebut untuk melengkapi formulir pendaftaran online.

Panduan pendaftaran online, persyaratan, jadwal pelaksanaan, daftar PTN se-Indonesia, serta ketentuan lainnya bisa anda baca pada Pendaftaran Online SNMPTN atau Pendaftaran SBMPTN

3. Pendaftaran Bidikmisi ITS

Bidikmisi merupakan biaya bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk membantu calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi serta memiliki prestasi akademik yang baik. Calon mahasiswa tersebut akan mendapatkan biaya hidup dan biaya kuliah di Perguruan Tinggi penerima.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Peserta yang akan mendaftar Bidikmisi harus mendapatkan rekomendasikan dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, selanjutnya peserta bisa melakukan pendaftaran melalui alamat di atas.

Informasi lain seperti tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, dan ketentuan lainnya bisa anda baca melalui artikel yang telah kami rangkum tersendiri dengan judul Pendaftaran Online Bidikmisi atau Pendaftaran Bidikmisi

4. Pendaftaran UMDESAIN ITS

UMDESAIN adalah satu jalur seleksi mandiri masuk ke ITS yang merupakan Ujian Masuk Sarjana (S1) Jurusan Desain Produk Industri ITS. Program UMDESAIN terbagi menjadi program reguler dan program kemitraan dan mandiri.

Persyaratan Pendaftaran
  • Lulusan SMA/SMK/MA  semua jurusan untuk lulusan 3 tahun terakhir
  • Sehat Jasmani dan Rohani
  • Tidak buta warna dan bebas narkoba.

5. Pendaftaran PKM ITS

PKM atau Program Kemitraan dan Mandiri adalah salah satu jalur seleksi mandiri masuk ke ITS. Program Kemitraan dan Mandiri dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu Program Kemitraan dan Program Mandiri.
  • Program Kemitraan diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sederajat yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan merupakan utusan instansi mitra (Perusahaan/Pemprov/Pemkab/Pemkot) yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS ditunjukkan dengan adanya MoU dan MoA.
  • Program Mandiri diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang berminat.

Seleksi PKM ITS untuk semua program studi akan didasarkan pada nilai/skor yang diperoleh dalam ujian SBMPTN tahun ini kecuali program studi Desain Produk dan Industri. Khusus untuk pilihan program studi Desain Produk Industri, seleksi akan didasarkan pada nilai/skor yang diperoleh pada ujian UMDESAIN tahun ini.

6. Pendaftaran Lintas Jalur S-1 ITS

Program Lintas Jalur merupakan suatu program yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada lulusan D-III untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S-1 untuk bidang keilmual yang relevan. Program Lintas Jalur S-1 dilakukan melalui 2 (dua) macam seleksi yakni : Seleksi Program Lintas Jalur S-1-Reguler, dan Seleksi Program Lintas Jalur S-1 Mandiri,

Persyaratan Pendaftaran
  • Mempunyai IP > 2,76 dan lama studi pada perguruan tinggi asal maksimal 7 (tujuh) semester.
  • Program studi D-III asal lulusan harus terakreditasi sekurang-kurangnya B

Pendaftaran Program lintas jalur dilaksanakan di Sekretariat Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) ITS, Plasa Dr. Angka Nitisastro, Kampus ITS, Sukolilo-Surabaya.

Semua informasi penerimaan calon mahasiswa baru jalur mandiri ITS seper UMDESAIN, PKN, Lintas Jalur S-1 dapat anda lihat selengkapnya di smits.its.ac.id

7. Pendaftaran Program Pascasarjana ITS

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jejang Magister atau Doktor di ITS, silahkan daftarkan diri anda secara online melalui alamat pps.smits.its.ac.id. Kemudian dengan mengikuti ujian seleksi yang diberikan oleh panitia.

Terdapat banyak jalur masuk ke Pascasarjaa ITS, mulai dari biaya sendiri sampai dengan beasiswa dari berbagai instansi. Terdapat sepuluh jalur beasiswa, yaitu :
  • Biaya Sendiri, Beasiswa BPP DN (Dosen, Calon Dosen, dan Tendik), Beasiswa Fresh Graduate, Program Fresh Graduate Mandiri (Non Beasiswa), Beasiswa BU BPKLN, Beasiswa Sandwich, Beasiswa Industri, Beasiswa Program Menuju Doktor Sarjana Unggul (PMDSU), Beasiswa LPDP, Beasiswa Pra S2 / S2 – T3 / S2 – Saintek, dan Beasiswa Program Doktor Joint Degree.

Informasi selengkapnya bisa anda baca melalui alamat website PPS ITS yang telah diberikan di atas. Admin mendoakan semoga anda bisa mendapatkan beasiswa yang anda inginkan.

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke ITS Silahkan anda pilih jalur seleksi yang anda minati. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi yang telah admin berikan di atas, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi ITS.

Baca Juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru ITS tersebut bermanfaat bagi anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi dan diterima menjadi mahasiswa baru ITS. Ayo turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin.