Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Walisongo 2019/2020

pmb.walisongo.ac.id 2019 -- PMB UIN Walisongo, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Walisongo, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UIN Walisongo, Pendaftaran Online Penerimaan Maba UIN Walisongo, UJM UIN Walisongo, Jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Walisongo 2019/2020. Dengan adanya informasi ini, semoga dapat menjadi panduan bagi anda dalam rangka persiapan pendaftaran calon mahasiswa baru. Mari simak selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Islam Negeri Walisongo atau yang di singkat dengan UIN Walisongo merupakan Perguruan Tinggi Islam Negeri yang terletak di Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Universitas Islam Negeri Walisongo (UIN Walisongo) sebelumnya adalah IAIN Walisongo. Peresmian perubahan IAIN Walisongo menjadi UIN Walisongo dilaksanakan pada 19 Desember 2014 bersamaan dengan dua UIN lainnya, yaitu UIN Raden Fatah dan UIN Sumatera Utara.

Fakultas dan Program Studi yang ada di UIN Walisongo yaitu :
  • Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (Faculty of Education and Teacher Training) : Pendidikan Agama Islam (Islamic Education), Pendidikan Bahasa Arab (Arabic Education), Manajemen Pendidikan Islam (Islamic Educational Management), Tadris (Pendidikan) Bahasa Inggris (English Education), Tadris (Pendidikan) matematika (Mathematics Education), Tadris (Pendidikan) Biologi (Biology Education), Tadris (Pendidikan) Kimia (Chemistry Education), Tadris (Pendidikan) Fisika (Physics Education), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education), Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (Raudhatul Athfal Teacher Education).
  • Fakultas Ushuluddin (Faculty of Usul al-Din) : Perbandingan Agama (Comparative Religion), Akidah dan Filsafat (Aqidah Philosophy), Tafsir Hadits (Tafsir Hadith), Tasawuf dan Psikoterapi (Tasawuf and Psychotherapy).
  • Fakultas Syari'ah dan Ekonomi Islam (Faculty of Sharia and Islamic Economics) : Hukum Keluarga /Ahwal Shakhsiyyah (Islamic Family Law), Hukum Pidana Islam /Jinayah Siyasah (Criminal Law & Islamic State Structure), Hukum Ekonomi Syari`ah/Muamalat (Islamic Economics), Falak (Islamic Astronomy).
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (Faculty of Islamic Economics and Business) : Perbankan Syari'ah (Islamic Banking), Ekonomi Islam (Sharia Economics).
  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi (Faculty of Da'wa and Communication) : Komunikasi dan Penyiaran Islam ( Islamic Communications and Broadcasting), Journalism Concentration, Advertising (Advertising) Concentration, Broadcasting (Broadcasting) Concentration, Bimbingan dan Penyuluhan Islam (Islamic Guidance and Counseling), Mental Guidance Concentration, Civics Guidance Concentration, Manajemen Dakwah (Propagation management), Pengembangan Masyarakat Islam (Islamic Community Development).
  • Program Pascasarjana UIN Walisongo terdiri dari Ilmu Agama Islam (S2), Ilmu Falak (S2), Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (S2), Ekonomi Syariah (S2), Pendidikan Agama Islam (S2), Manajemen Pendidikan Islam (S2), Komunikasi dan Penyiaran Islam (S2), Studi Islam (S3)

Itulah beberapa fakultas dan program studi yang ada di UIN Walisongo. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan anda terutama yang ingin kuliah di UIN Walisongo.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UIN Walisongo, maka anda perlu mengetahui jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh UIN Walisongo untuk menerima mahasiswa baru. Berikut beberapa jalur yang dibuka oleh UIN Walisongo.

1. Pendaftaran SNMPTN UIN Walisongo

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan penerimaan calon mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada prestasi siswa yang dilihat dari nilai rapor mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII semester 1.

Hanya siswa-siswa yang secara konsisten menunjukkan prestasinya disetiap semester yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN.

Untuk bisa mengikuti SNMPTN ini, maka calon peserta harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, maka calon peserta aka mendapatkan Username dan Password yang dapat digunakan untuk login pendaftaran SNMPTN.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui alamat www.snmptn.ac.id. Untuk informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan hal-hal lainnya, maka dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNMPTN.

2. Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN Walisongo

Seperti SNMPTN, SPAN-PTKIN juga merupakan jalur seleksi undangan, namun SPAN-PTKIN diperuntukkan bagi calon peserta yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan program studi yang dipilih oleh calon peserta juga merupakan progam studi Keagamaan Islam.

Pendaftaran SPAN-PTKIN juga dilakukan secara online. Pendaftaran dilakukan melakukan melalui alamat www.span-ptkin.ac.id. Informasi selengkapnya mengenai SPAN-PTKIN dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN.

3. Pendaftaran SBMPTN UIN Walisongo

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruann Tinggi Negeri disebut juga sebagai jalur seleksi tertulis karena seleksi jalur SBMPTN dilakukan melalui ujian tertulis. Khusus untuk peserta yang memilih Progam Studi Olahraga atau Seni harus mengikuti seleksi tambahan berupa ujian keteramplan.

Calon peserta yang akan melakukan pendaftaran dapat mengakses alamat resmi SBMPTN yaitu www.sbmptn.ac.id. Untuk informasi seperti panduan pendaftaran, biaya seleksi, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran Online SBMPTN

4. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Walisongo

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur ujian tertulis masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti UIN, IAIN, dan STAIN.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.um-ptkin.ac.id. Informasi lainnya seperti panduan pendaftaran, biaya seleksi, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTKIN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTKIN se-Indonesia, dapat anda baca para artikel Pendaftaran UM-PTKIN.

5. Pendaftaran Jalur Mandiri UIN Walisongo

Bagi anda yang telah mengikuti seleksi jalur nasional di atas, namun pada saat pengumuman kelulusan dinyatakan tidak lulus, maka dapat mengikuti seleksi jalur mandiri UIN Walisongo.

Jalur mandiri ini dikelola oleh panitia dari UIN Walisongo untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Informasi lebih lanjut mengenai jalur mandiri dapat anda baca lebih lanjut di alamat pmb.walisongo.ac.id

6. Pendaftaran Bidikmisi UIN Walisongo

UIN Walisongo juga merupakan salah satu Universitas yang menyalurkan bantuan biaya pendidikan yang disebut dengan Bidikimisi.

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi serta berprestasi baik.

Pendaftaran Bidikmisi UIN Walisongo dilakukan secara online melalui alamat web berikut : bidikmisi.walisongo.ac.id

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Bidikmisi UIN Walisongo dapat anda baca langsung di alamat website UIN Walisongo tersebut.

Baca juga : 
* Pendaftaran Bidikmisi PTN pada artikel Pendaftaran Online Bidikmisi atau Pendaftaran Bidikmisi.

7. Pendaftaran Pascasarjana UIN Walisongo

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasrjana UIN Walisongo, silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi yang dibuka.

Persyaratan Akademik Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3)

Program Magister (S2)

Program ini terbuka bagi semua Sarjana S.1 dengan kualifikasi:
  1. Indeks Prestasi atau yudisium sekurang-kurangnya 3,00;
  2. Sedangkan bagi Dosen tertap IAIN/STAIN/PTAIS/PAI di PTU yang telah mendapat jabatan fungsional tidak diperlukan IP

Program Doktor (S3)

Syarat untuk mengikuti Program Doktor (S3) pada Walisongo adalah:
  1. Lulus Program Magister (S2) dalam Islamic Studies atau yang disetarakan. Bagi Lulusan Magister non-Islamic Studies akan dikenakan ketentuan tambahan SKS yang dilaksanakan dalam program Qualifying Doctum.
  2. Indeks Prestasi minimal 3,25 dalam skala 4.0

Persyaratan Administrasi
  1. Foto copy ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir rangkap 2 (dua) dengan menunjukkan aslinya (S2 dan S3);
  2. Bagi mereka yang telah bekerja menyerahkan surat ijin dari lembaga tempat bekerja (S2 & S3);
  3. Mengisi formulir pendaftaran (S2 dan S3);
  4. Membayar uang pendaftaran untuk S2 sebesar Rp.400.000,- dan untuk S3 Rp. 500.000,-
  5. Pas photo hitam putih ukuran 3×4 sebanyak 4 (empat) lembar untuk S2 dan 5 (lima) lembar untuk S3;
  6. Menyerahkan pra-usulan penelitian untuk Tesis (S2) dan Disertasi (S3);
  7. Stopmap warna merah muda (S2), dan warna kuning (S3).

Seleksi dilakukan melalui ujian TPA, IMKA, TOEFL, dan wawancara yang diikuti oleh semua calon peserta. Informasi persyaratan ,jadwal, dan lainnya dapat anda baca langsung di pasca.walisongo.ac.id

Dari beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UIN Walisongo, silahkan anda pilih jalur yang menurut anda memiliki peluang paling besar. Jangan lupa untuk belajar dan berdoa agar siap saat menghadapi ujian seleksi.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi  UIN Walisongo. 
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Walisongo. Semoga informasi yang telah admin sampaikan dapat bermanfaat bagi anda.

Jika anda terbantu dengan adanya informasi ini, mari bagikan juga informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan. Caranya klik tombol G+1 yang tersedia.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Mari sama-sama berdoa semoga Allah memberikan kemudahan untuk kita dalam menuju kesuksesan semuda mungkin. Amin.