Selamat Datang di web www.infoonline.web.id. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci di kolom search yang tersedia atau dapat mencarinya di sidebar bagian kanan. Kunjungi terus web infoonline.web.id untuk mendapatkan informasi-informasi yang anda butuhkan. Ayo turut berbagi informasi yang ada di web ini pada teman-teman lain yang membutuhkan. Sukai juga halaman web kami. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran UM-PTKIN 2017/2018

www.um-ptkin.ac.id 2017  -- PMB jalur UM-PTKIN, Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur UM-PTKIN, Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur UM-PTKIN, Cara Pendaftaran UM-PTKIN, Info Pendaftaran UM-PTKIN, Panduan Pendaftaran UM-PTKIN, Pendaftaran Jalur Ujian Tertulis (UM-PTKIN), Pendaftaran UM-PTKIN Online, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UM-PTKIN 2017/2018. Informasi yang akan dibahas pada artikel ini diantaranya adalah persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, daftar PTKIN se-Indonesia, jadwal pelaksanaan, dan hal-hal terkait lainnya. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Beberapa jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang dibuka oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri diantaranya adalah jalur SPAN-PTKIN, jalur UM-PTKIN, dan jalur mandiri. Jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah jalur UM-PTKIN.

Sedikit informasi bahwa ada sebagian orang yang menyebut jalur ujian tertulis masuk PTKIN dengan sebutan UM-PTAIN dan ada pula yang menyebutnya dengan UM-PTKIN. Kedua kata tersebut memiliki makna yang sama. Oleh karena itu, agar kita memiliki kesamaan pemahaman, kita disini menggunakan kata “UM-PTKIN” saja.

UM-PTKIN atau yang memiliki kepanjangan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur yang dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

UM-PTKIN ini diadakan dengan tujuan memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru untuk masuk ke PTKIN melalui ujian tertulis. Oleh karena itu setiap peserta harus mengikuti ujian tertulis tersebut dan bisa dilakukan di PTKIN terdekat dengan tempat tinggal anda.

Ingatlah bahwa pesaing anda sangat banyak. Oleh karena itu, untuk bisa lulus ujian tertulis UM-PTKIN, anda harus melakukan persiapan dengan sebaik mungkin. Anda bisa belajar dari sekarang selagi waktu masih ada. Jangan sia-sia kan waktu yang masih ada ini. Gunakanlah untuk terus belajar setiap hari. Semoga dengan usaha yang anda lakukan saat ini akan membawa keberhasilan berupa lulus seleksi ujian tertulis UM-PTKIN. Amin.

Informasi selengkapnya mengenai pendaftaran UM-PTKIN akan admin jelaskan secara detail berikut ini. Bacalah dengan cermat, teliti dan jangan sampai ada kata yang terlewatkan. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Untuk bisa mendaftar, maka anda harus memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan sebelumnya oleh panitia UM-PTKIN. Berikut persyaratan selengkapnya.

Persyaratan Pendaftaran UM-PTKIN

  1. Lulus tahun 2015, 2016 dan 2017 dari Satuan Pendidikan MA / MAK / SMA / SMK / Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI. Lulusan tahun 2015 dan 2016 harus sudah memiliki ijazah. Lulusan tahun 2017 harus mempunyai Surat Keterangan Lulus/Ijazah dari Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan ditandai stempel Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah.
  2. Ijazah/Surat Keterangan Lulus akan divalidasi sebelum pelaksanaan ujian.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.
  4. Peserta dapat memilih tipe ujian yang disukai dengan syarat kuota ruangan masih tersedia. Terdapat 2 (dua) macam tipe ujian yaitu :
    • Paper Based Test (PBT) , adalah ujian yang diselenggarakan secara tertulis. Soal dan Jawaban disajikan di dalam kertas. Untuk tes ini Peserta wajib membawa pensil 2B pada saat ujian karena tes ini menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK).
    • Computer Based Test (CBT), adalah ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer dengan jumlah butir soal dan panjang waktu tes yang sama dengan PBT. Perbedaannya terletak pada teknik penyajian yang tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban. 
    • Tipe ujian CBT hanya ada pada PTKIN tertentu dengan kuota peserta terbatas.

Setelah anda memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran di atas, selanjutnya anda perlu membaca alur pendaftaran UM-PTKIN agar anda bisa mengikuti proses pendaftaran dengan lancar. Berikut alur selengkapnya.


Alur Pendaftaran UM-PTKIN
  1. Calon peserta mendaftar dan mengisi biodata secara online di www.um-ptkin.ac.id hingga mendapat nomor SIP (Slip Instruksi Pembayaran), PIN dan informasi nominal yang harus dibayarkan serta tatacara pembayaran.
  2. Calon peserta melakukan pembayaran di Bank BNI atau Selain BNI dengan ketentuan sebagai berikut : 
    • Melalui Bank BNI / BNI Syariah, pembayaran dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang, ATM, SMS Banking (Aplikasi Android/IOS), Keagenan Bank BNI / BNI Syariah dengan menunjukkan / memasukkan nomor SIP.
    • Selain Bank BNI, pembayaran dapat dilakukan dengan cara transfer ke Virtual Account BNI melalui Kantor Pos atau Bank manapun di seluruh Indonesia yang mendukung transfer antar bank dengan menunjukkan nomor SIP sebagai nomor Virtual Account BNI anda. (ada tambahan biaya tergantung mitra).
  3. Peserta mendapat bukti pembayaran. Biaya seleksi yang sudah dibayar tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
  4. Peserta melanjutkan pendaftaran online di www.um-ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor SIP dan PIN untuk memilih kelompok ujian, program studi, lokasi ujian dan tipe ujian (CBT atau PBT) hingga cetak kartu ujian.
  5. Mengikuti ujian CBT atau PBT di lokasi PTKIN yang telah dipilih.

Biaya Pendaftaran UM-PTKIN

Mengenai biaya pendaftaran UM-PTKIN bahwa besarnya biaya pendaftaran UM-PTKIN yang harus dibayar oleh setiap calon peserta UM-PTKIN sebesar Rp. 200.000,00 yang dibayar melalui Bank Bank BNI / BNI Syariah.

Setelah membayar biaya pendaftaran UM-PTKIN, selanjutnya anda bisa melakukan pendaftaran UM-PTKIN secara online. Berikut tata cara pendaftarannya.

Tata Cara Pendaftaran UM-PTKIN
  1. Calon Peserta membuka website resmi pendaftaran UM-PTKIN, yaitu www.um-ptkin.ac.id
  2. Pilih menu "DAFTAR" lalu klik tombol "daftar"
  3. Isi Formulir pendaftaran dengan lengkap hingga mendapatkan nomor Slip Instruksi Pembayaran (SIP) dan PIN.
  4. Setelah itu, mambayar biaya pendaftaran di Bank
  5. Selanjutnya akses kambali alamat www.um-ptkin.ac.id lalu pilih menu daftar dan klik tombol login.
  6. Login menggunakan nomor SIP dan PIN
  7. Kemudian melanjutkan proses pendaftaran hingga cetak kartu ujian
  8. Jika telah selesai dan yakin data anda benar, cetaklah bukti pendaftaran online berupa kartu tanda peserta UM-PTKIN
  9. Bawalah kartu tanda peserta tersebut pada saat ujian berlangsung.

Ketentuan Pilihan PTKIN dan Program Studi pada UM-PTKIN
  1. Urutan pilihan menyatakan prioritas
  2. Setiap peserta bisa memilih maksimal 3 (tiga) PTKIN
  3. Setiap peserta bisa memilih maksimal 3 (tiga) Program Studi
  4. Program studi pertama wajib diisi, sedangkan program studi pilihan kedua dan ketiga tidak wajib.

Kriteria Penerimaan UM-PTKIN

Calon peserta UM-PTKIN yang akan dinyatakan lulus seleksi dan diterima di PTKIN penerima adalah peserta yang memenuhi kriteria sebagai berikut :
  1. Telah lulus satuan pendidikan menengah atas (SMA/MA/Pesantren Mu`adalah/Sederajat)
  2. Lulus seleksi UM-PTKIN tahun 2017
  3. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN.
  4. Melakukan Pendaftaran Ulang pada PTKIN Penerima.
  5. Sehat jasmani dan rohani sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran di PTKIN

Jadwal Pelaksanaan UM-PTKIN
  • Pendaftaran UM-PTKIN : 10 April - 10 Mei
  • Ujian seleksi : 23 Mei
  • Pengumuman UM-PTKIN : 19 Juni, lihat disini

Daftar Nama-nama PTKIN pada UM-PTKIN

Agar anda bisa mengetahui daftar PTKIN se-Indonesia yang telah tergabung dalam UM-PTKIN, maka disini admin akan memberikan daftar lengkapnya. Dafta PTKIN terbagi ke dalam 6 wilayah. Berikut daftar selengkapnya.

PTKIN Zona I
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sumatera Utara Medan
  2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  3. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Imam Bonjol Padang
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa
  6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Padangsidimpuan
  7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Bukittinggi
  8. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Malikussaleh Lhokseumawe 
  9. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Prof. Dr. Mahmud Yunus Batu Sangkar
  10. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Gajar Putih Takengon Aceh Tengah
  11. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Bangkelis
  12. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Meulaboh
PTKIN Zona II
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Raden Fatah Palembang
  2. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Raden Intan Lampung
  3. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Bengkulu
  5. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Kerinci Jambi
  6. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Curup
  7. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Jurai Siwo Metro Lampung
  8. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
PTKIN Zona III
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  3. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Pontianak
PTKIN Zona IV
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Walisongo Semarang
  3. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Surakarta
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Purwokerto
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Salatiga
  6. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Pekalongan
  7. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Kudus
PTKIN Zona V
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sunan Ampel Surabaya
  3. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Antasari Banjarmasin
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Samarinda
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Jember
  6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Mataram
  7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Tulungagung
  8. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Palangkaraya
  9. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Kediri
  10. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Pamekasan
  11. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Ponorogo
PTKIN Zona VI
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Alauddin Makasar
  2. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Sultan Amai Gorontalo
  3. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Ambon
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Manado
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Dato Karama Palu
  6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Kendari
  7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Ternate
  8. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Palopo
  9. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Pare-Pare
  10. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Watampone
  11. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Al-Fatah Jayapura
  12. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Sorong
  13. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Majene

Rekomendasi Bacaan Berikutnya :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UM-PTKIN. Semoga informasi tersebut bisa memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran UM-PTKIN.

Silahkan di share informasi ini ke teman-teman atau keluarga anda yang membutuhkan dengan cara klik tombol G+1 yang tersedia.

Admin turut mendoakan semoga anda lulus ujian seleksi UM-PTKIN, Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga Allah selalu memberikan kemudahan untuk kita semua dalam menuju kesuksesan. Amin Ya Robbal 'Alamin.