Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIPA 2019/2020

www.unipa.ac.id 2019 -- PMB UNIPA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIPA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIPA, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNIPA, Registrasi Mahasiswa Baru UNIPA, Pendaftaran Online UNIPA, Penerimaan Online UNIPA, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Papua, 2021. 2022.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIPA 2019/2020. Informasi ini disampaikan dengan harapan semoga bisa menjadi arahan bagi anda dalam persiapan melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Papua atau yang disingkat UNIPA adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Kota Manokwari, Indonesia. Moto UNIPA : Ilmu Untuk Kemanusiaan.

Sejarah singkat Universitas Papua (UNIPA), pada tanggal 10 November 1962 berdiri sebagai FPPK UNICEN, 7 September 1982 sebagai FAPERTA UNICEN, pada 3 November 2000 diresmikan sebagai Universitas Negeri Papua, kemudian pada tanggal 17 Oktober 2014 resmi berganti nama menjadi Universitas Papua berdasarkan Peraturan Presiden (PERPRES) Republik Indonesia Nomor 155/Tahun 2014.

Program Studi yang ada di Universitas Papua (UNIPA), yaitu :

Program Studi Bidang IPA
  • Teknologi Hasil Pertanian, Manajemen Sumberdaya Perairan, Ilmu Kelautan, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia,Agribisnis, Agroteknologi, Peternakan, Kehutanan, Teknik Informatika, Teknik Pertambangan, Teknik Elektro, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Teknik Geologi, Pendidikan Fisika

Program Studi Bidang IPS
  • Ekonomi Pembangunan, Sastra Inggris, Antropologi, Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris

Itulah beberapa Fakultas yang ada di UNIPA yang nantinya anda dapat memilih program studi yang ada pada fakultas tersebut sebagai pilihan saat anda melakukan pendaftaran mahasiswa baru UNIPA.

Pada tahun ini, Universitas Papua (UNIPA) kembali membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Jalur nasional yang dibuka yaitu jalur SNMPTN dan SBMPTN. Langsung saja kita simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

A. Pendaftaran SNMPTN UNIPA

SNMPTN merupakan jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan tanpa ujian tertulis. Seleksi SNMPTN didasarkan pada prestasi akademik yang dimiliki siswa serta prestasi lainnya yang relevan. Prestasi akademik siswa dapat dilihat dari nilai rapor mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII semester 1.

Dari hal di atas, maka dapat diketahui bahwa hanya siswa-siswi terbaik dari masing-masing sekolah yang akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi SNMPTN ini. Siswa-siswi tersebut tentunya yang selalu berprestasi di setiap semesternya.

Untuk mendaftar SNMPTN, maka dapat dilakukan dengan alur seperti berikut ini :
  1. Kepala Sekolah membuka alamat pdss.snmptn.ac.id untuk mendaftarkan sekolahnya dan mendaftarkan siswa calon peserta SNMPTN. Caranya lihat disini.
  2. Setelah mengisi data tersebut, Kepala sekolah akan mendapatkan Username dan Password yang harus diberikan kepada masing-masing siswa
  3. Siswa melakukan verifikasi data pendaftaran dengan login ke alamat PDSS menggunakan Username dan Pasword.
  4. Jika data-data tersebut telah benar, selanjutnya siswa calon peserta SNMPTN melakukan pendaftaran SNMPTN secara online oleh siswa melalui alamat website www.snmptn.ac.id

Informasi lebih rinci mengenai SNMPTN seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, biaya seleksi dan lain sebagainya dapat anda baca pada Pendaftaran Online SNMPTN.

B. Pendaftaran SBMPTN UNIPA

SBMPTN merupakan jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dilakukan melalui ujian tertulis untuk semua peserta dan ujian keterampilan hanya untuk peserta yang memilih program studi Seni atau Olahraga. Jadi peserta yang memilih program studi Seni atau Keolahraga harus mengikuti seleksi sebanyak dua kali.

Peserta yang ingin mendaftar SBMPTN dapat melakukannya secara online melalui alamat www.sbmptn.ac.id . Alur pendaftaran dilakukan seperti berikut ini.
  1. Peserta melakukan pendaftaran tahap awal SBMPTN di www.sbmptn.ac.id
  2. Isilah data pendaftaran tahap awal pada alamat tersebut
  3. Kemudian mencetak bukti pendaftaran awal
  4. Membawa bukti pendaftaran tersebut saat membayar biaya seleksi di Bank BNI atau Mandiri
  5. Setelah membayar akan mendapatkan KAP dan PIN
  6. Gunakan KAP dan PIN untuk login ke alamat www.sbmptn.ac.id
  7. Lengkapi biodata pendaftaran anda
  8. Jika telah selesai, cetak kartu peserta SBMPTN
  9. Bawa kartu tersebut pada saat ujian berlangsung

Informasi selengkapnya mengenai SBMPTN seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, biaya seleksi, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN

C. Pendaftaran Bidikmisi UNIPA

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.dikti.go.id. Bidikmisi adalah sebuah program bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup yang diberikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu serta memiliki prestasi akademik yang baik.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Peserta harus mengakses alamat tersebut untuk melakukan pendaftaran dengan mengisi biodata diri secara lengkap dan benar.

Informasi lebih lanjut mengnai Bidikmisi telah dibahas tersendiri pada artikel Pendaftaran Online Bidikmisi. Silahkan kunjungi artikel tersebut untuk mendapatkan informasi tentang tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan ketentuan lainnya.

D. Pendaftaran Jalur Mandiri UNIPA

Selain membuka jalur penerimaan mahasiswa melalui jalur nasional, UNIPA juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Jalur mandiri ini diselenggarakan secara lokal oleh UNIPA untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Jalur ini memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang sebelumnya telah mengikuti seleksi SNMPTN atau SBMPTN tetapi tidak lulus, maka dapat mengikuti jalur mandiri.

Informasi mengenai jalur mandiri dapat anda baca langsung di website resmi UNIPA, yaitu www.unipa.ac.id . Untuk jadwal pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri klik disini.

E. Pendaftaran Program Pascasarjana UNIPA

Bagi anda yang ingin melakukan pendaftaran sebagai mahasiswa baru Pascasarjana UNIPA, silahkan baca informasinya di alamat web www.unipa.ac.id

Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNIPA.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIPA. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan kepada anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi melalui jalur yang anda ikuti dan nantinya bisa menjadi mahasiswa baru Universitas Papua (UNIPA). Terima kasih atas kesempatan yang anda berikan untuk membaca artikel ini dan salam sukses untuk kita semua.