Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN-SUKA 2019/2020

admisi.uin-suka.ac.id 2019 -- PMB UIN-SUKA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN-SUKA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN-SUKA,Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UIN-SUKA, Registrasi Mahasiswa Baru UIN-SUKA, Pendaftaran Online Penerimaan Maba UIN-SUKA, Jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Reguler, Bidikmisi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2021. 2022.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN-SUKA 2019/2020. Informasi ini diberikan dengan harapan semoga bisa menjadi arahan bagi anda dalam persiapan melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga atau yang dikenal dengan sebutan UIN-SUKA merupakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) pertama di Indonesia yang berada di perbatasan antara Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman, tepatnya berada di Caturtunggal, Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta, Indonesia.

Nama Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga diambil dari nama seorang walisongo yaitu sunan kalijaga. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN-SUKA) berdiri pada 26 September 1951.

Program-Program pendidikan yang diselenggarakan UIN Sunan Kalijaga antara lain:
  • Program Diploma (D3), Program Sarjana (S1) Reguler, Program Sarjana (S1) Mandiri, Program Magister (S2) Reguler, Program Magister (S2) Khusus Mandiri (Non Reguler), Program Doktor (S3) by Course, Program Doktor (S3) by Research, dan Program Profesi

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN-SUKA), yaitu sebagai berikut :

Program Diploma

Fakultas Adab dan Ilmu Budaya (D3)
  • Ilmu Perputakaan (IP)

Program Sarjana (S1)

Fakultas Adab dan Ilmu Budaya (S1)
  • Bahasa dan sastra Arab (BSA), Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI), Ilmu Perpustakaan (IP), Sastra Inggris (SI)
Fakultas Dakwah dan Komunikasi (S1)
  • Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Konsentrasi : Broadcasting, dan Jurnalistik
  • Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) Konsentrasi : Konseling Islam pada Keluarga dan Masyarakat, Konseling Islam pada Sekolah/Madrasah, Pengembangan Masyarakat Islam (PMI)
  • Manajemen Dakwah (MD) Konsentrasi : Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Lembaga Keuangan Islam, Manajemen Pelayanan Haji dan Umroh
  • Ilmu Kesejahteraan Sosial (IKS)
Fakultas Syari'ah dan Hukum (S1)
  • Al-Ahwal al-Syakhsiyyah (AS) / Hukum Keluarga Islam, Perbandingan Mazhab (PM), Siyasah (S) /Hukum Tata Negara & Politik Islam, Mu’amalat (MU) / Hukum Perdata & Bisnis Islam, Ilmu Hukum (IH).
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (S1)
  • Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Guru Raudlotul Athfal (PGRA)
Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (S1)
  • Filsafat Agama (FA), Perbandingan Agama (PA), Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (IAT), Sosiologi Agama (SA), Ilmu Hadis
Fakultas Sains dan Teknologi (S1)
  • Matematika (MAT), Fisika (FIS), Kimia (KIM), Biologi (BIO), Teknik Informatika (TINF), Teknik Industri (TIND), Pendidikan Matematika (PMAT), Pendidikan Fisika (PFIS), Pendidikan Kimia (PKIM), Pendidikan Biologi (PBIO)
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (S1)
  • Psikologi (PSI), Sosiologi (SOS), Ilmu Komunikasi (IKOM) Konsentrasi : Public Relations, dan Advertising.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (S1)
  • Ekonomi Syari’ah (ES), Perbankan Syari’ah (PS), Keuangan Syari'ah (KS), Akuntansi Syari'ah (AKS)

Program Magister (S2)

Fakultas Syari'ah dan Hukum (S2)
  • Hukum Islam (HI) Konsentrasi : Hukum Keluarga (HK), Hukum Bisnis Syariah (HBS), Keuangan Perbankan Syariah (KPS), Studi Politik dan Pemerintahan Islam (SPPI).
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (S2)
  • Pendidikan Islam (PI) Konsentrasi : Pemikiran Pendidikan Islam (PPI), Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam (MKPI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Agama Islam (PAI)
  • Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Konsentrasi : Sains MI (SMI), Pendidikan Agama Islam MI (PAIMI), Guru Kelas MI (GMI)
  • Pendidikan Guru Raudlatul Athfal (PGRA) Konsentrasi : Pendidikan Guru Raudlatul Athfal (PGRA)
Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (S2)
  • Agama dan Filsafat (AF) Konsentrasi : Filsafat Islam (FI), Studi Al-Qur’an dan Hadis (SQH), Studi Agama dan Resolusi Konflik (SARK)
Magister (S2)
  • Interdisciplinary Islamic Studies (IIS) Konsentrasi : Pekerjaan Sosial (PS), Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPI), Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Ilmu Bahasa Arab (IBA), Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Kajian Timur Tengah (KTT), Studi Disabilitas dan Pendidikan Inklusif (SDPI), Islam dan Kajian Gender (IKG), Hermeneutika Al-Qur’an (HA), Islam, Pembangunan dan Kebijakan Publik (IPKP), Kajian Maqasid dan Analisis Strategik (KMAS), Islam Nusantara (IN), Psikologi Pendidikan Islam (PsiPI), Komunikasi dan Masyarakat Islam (KKMI)

Progam Doktor (S3)
  • Studi Islam (SI) Konsentrasi : Studi Islam (SI), Ekonomi Islam (EI), Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Kependidikan Islam (KI), Studi al-Qur'an dan Hadis (SQH), Kajian Timur Tengah (KTT), Pendidikan Anak Usia Dini Islam (PAUDI), Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII), Ilmu Hukum dan Pranata Sosial Islam (IHPSI), Studi Politik dan Pemerintahan dalam Islam (SPPI), Islamic Thought and Muslim Societies (ITMS), Al-Dukturah fi al-Dirasat al-Islamiyya wa al-Arabiyyah (DIA)

Program Profesi
  • Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (Profesi) dengan program studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Itulah inforamasi mengenai Fakultas dan Program Studi yang diselenggarakan oleh UIN SUKA. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan anda terutama yang akan kuliah di UIN SUKA.

Selanjutnya anda perlu mengetahui jalur-jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang dibuka oleh UIN SUKA agar anda dapat memilih salah satu jalur tersebut dengan tepat.

Pada tahun ini UIN SUKA membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Jalur nasional yang dibuka terdiri dari jalur SNMPTN,SPAN-PTKIN, SBMPTN, dan UM-PTKIN.

Untuk mengetahui informasi lebih jelas mengenai jalur-jalur tersebut, langsung saja kita bahas selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN UIN SUKA

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional yang merupakan jalur seleksi undangan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui seleksi prestasi akademik yang dilihat dari nilai rapor.

Hanya siswa-siswi yang secara konsisten selalu berprestasi yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur undangan SNMPTN ini.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui alamat www.snmptn.ac.id. Untuk informasi lebih lengkap seperti tata cara pendaftaran, jadwal seleksi, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada Pendaftaran Online SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN UIN SUKA

SBMPTN merupakan pola penyeleksian calon mahasiswa baru yang dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta dan ada ujian tambahan berupa ujian keterampilan khusus untuk calon mahasiswa yang memilih program studi Seni atau Keolahragaan.

Ujian dilakukan dilokasi yang telah ditentukan sebelumnya oleh panitia. Lokasi ujian dapat dilihat pada kartu ujian SBMPTN yang anda miliki.

Mengenai pendaftaran SBMPTN, pendaftaran SBMPTN juga dilakukan secara online. Alamat web pendaftaran SBMPTN yaitu www.sbmptn.ac.id

Untuk informasi lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, jadwal seleksi, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN

3. Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN SUKA

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi undangan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang akan masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti UIN, IAIN, atau STAIN. Salah satunya UIN SUKA.

Pendaftaran SPAN-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.span-ptkin.ac.id. Silahkan akses alamat tersebut untuk melakukan pengisian data pendaftaran. Peserta yang akan mendaftar diharuskan mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah seperti pada SNMPTN.

Informasi mengenai tata cara pendaftaran, jadwal seleksi, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, daftar PTKIN se-Indonesia, dan lain ketentuan lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran Online SPAN-PTKIN.

4. Pendaftaran UM-PTKIN UIN SUKA

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi ujian tertulis untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti UIN, IAIN, dan STAIN.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.um-ptkin.ac.id. Keterangan lebih lanjut lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, jadwal seleksi, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, daftar PTKIN se-Indonesia, dan lain hal lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran Online UM-PTKIN.

5. Pendaftaran Jalur Reguler UIN SUKA

Jalur Reguler merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara langsung dikelola oleh UIN Sunan Kalijaga.

Bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti jalur seleksi nasional di atas, tetapi dinyatakan tidak lulus, maka dapat kembali mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur reguler.

Peserta yang ingin mendaftar harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia. Persyaratan tersebut terdiri dari persyaratan umum dan persyaratan khusus.

Persyaratan Umum Jalur Reguler
  1. Membayar biaya ujian masuk di Bank BNI atau Bank Mandiri
  2. Peserta mendaftar secara online di admisi.uin-suka.ac.id
  3. Mengikuti tes/seleksi sesuai jadwal

Persyaratan Khusus Jalur Reguler
  1. Fakultas Sains dan Teknologi
    • Lulusan SMA/MA Jurusan IPA atau SMK Sains/Teknik
  2. Pendaftar penyandang disabilitas dapat mendaftar ke semua prodi/jurusan di UIN Sunan Kalijaga dengan syarat:
    • Mendaftarkan disabilitas yang disandang ke Pusat Admisi UIN Sunan Kalijaga
    • Bersedia mengikuti Tes Potensi Akademik Khusus yang akan diselenggarakan secara bersama oleh Pusat Layanan Difabel (PLD) dan Jurusan yang dipilih
    • Tes Potensi Akademik Khusus akan berupa wawancara yang meliputi latar belakang keluarga, latar belakang pendidikan dan presetasi akademik di jenjang pendidikan sebelumnya, prestasi non akademik yang pernah diperoleh, kemampuan menggunakan Program Jaws bagi tunanetra, dan kemampuan bahasa isyarat dan bahasa Indonesia bagi tunarungu.

Untuk informasi lain yang berkaitan dengan pendaftaran jalur reguler UIN-SUKA yang belum dimuat disini, maka dapat langsung dilihat di web resmi UIN-SUKA, yaitu http://uin-suka.ac.id/

6. Pendaftaran Bidikmisi UIN SUKA

Bidikmisi merupakan program pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi.

UIN SUKA adalah salah satu Universitas yang menyalurkan program bantuan Bidikmisi kepada calon mahasiswa baru.

Penerimaan Bidikmisi di UIN SUKA dapat ditempuh dengan mengikuti jalur seleksi Bidikmisi yang tersedia, yaitu Bidikmisi SNMPTN, Bidikmisi SBMPTN, Bidikmisi SPAN-PTKIN, dan Bidikmisi UM-PTKIN.

Terlebih dahulu calon peserta harus lulus seleksi salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru, yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, dan UM-PTKIN. Setelah dinyatakan lulus dari salah satu jalur tersebut, maka panitia Bidikmisi akan melakukan seleksi tahap selanjutnya.

Info Pendaftaran Bidikmisi dapat dilihat langsung di web UIN SUKA, yaitu akademik.uin-suka.ac.id. Silahkan akses alamat tersebut untuk melakukan pendaftaran.

Baca juga : 
* Pendaftaran Bidikmisi PTN pada artikel Pendaftaran Online Bidikmisi atau Pendaftaran Bidikmisi.

7. Pendaftaran Pascasarjana UIN SUKA

UIN SUKA kembali membuka penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin kuliah S2 atau S3 di UIN SUKA, silahkan daftarkan diri anda.

Untuk pendaftaran program Magister (S2), biasanya akan dilaksanakan untuk 3 gelombang. Silahkan daftarkan diri anda mengikuti gelombang yang anda inginkan.

Untuk pendaftaran program Doktor (S3), dibedakan menjadi Doktor (S3) by Course, dan Doktor (S3) by Research. Silahkan anda pilih sesuai kemampuan dan keinginan anda.

Ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi ketika akan mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa Magster atau Doktor. Berikut persyaratannya.

Persyaratan Program Magister (S2):
  1. IPK minimal 3,00 bagi alumni Strata 1 (S1) / sederajat
  2. IPK minimal 2,75 atau yudisium minimal baik bagi dosen, guru, karyawan dan calon PNS

Persyaratan Program Doktor (S3) By Course:
  1. IPK Magister minimal 3,00
  2. Nilai Tesis minimal 3,00 (baik)

Persyaratan Program Doktor (S3) By Research:
  1. Ketentuan Umum :
    • Usia minimal 40 tahun pada waktu pendaftaran
  2. Ketentuan Khusus :
    • Lulusan Program Magister (S2), IPK minimal 3,00
    • Tenaga edukatif berpangkat akademik minimal Lektor Kepala, tenaga administratif minimal Golongan IV
    • Memiliki minimal lima buah tulisan yang pernah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah bernomor ISSN. Dua di antara jurnal tersebut harus sudah terakreditasi (nasional / internasional)

Untuk informasi lain yang belum dimuat disini, silahkan lihat langsung di web resmi UIN SUKA dialamat pps.uin-suka.ac.id

Itulah beberapa jalur penerimaan mahasiswa UIN SUKA yang dapat anda pilih ketika akan mendaftar sebagai mahasiswa baru. Pilihlah salah satu jalur yang diperkirakan dapat memberikan peluang yang lebih besar untuk lulus seleksi.

Catatan :  Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UIN-SUKA.
Demikanlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN-SUKA. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda.

Silahkan bagikan juga informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan dengan cara klik tombol G+1 yang tersedia.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi masuk UIN SUKA melalui jalur yang anda ikuti. Terima kasih admin sampaikan kepada pengunjung setia web ini, semoga kita semua selalu mendapatkan kesuksesan sepanjang hidup. Amin Ya Robbal Alamin.