Pendaftaran Online STAN - PMB PKN STAN 2019/2020

spmb.pknstan.ac.id 2019 -- SPMB STAN, Pendaftaran PKN STAN, Pendaftaran SPMB PKN STAN, Pendaftaran Online PKN STAN, Penerimaan SPMB PKN STAN, Pembukaan SPMB PKN STAN, Pendaftaran Online SPMB PKN STAN, Panduan Pendaftaran Online STAN, Cara Mendaftar Online STAN, Pendaftaran Politeknik Keuangan Negara STAN. 2021. 2022.

Pada kesempatan ini, admin web akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online STAN - SPMB PKN STAN 2019/2020. Informasi ini disampaikan dengan tujuan dapat memberikan panduan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, ayo simak pembahasannya berikut ini.


STAN atau yang memiliki kenpanjangan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara adalah Perguruan Tinggi Ikatan Dinas di bawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) terletak di Jl. Bintaro Utama Sektor V, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia.

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No.45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No.12 Tahun 1967 serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI No.1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 137/PMK.01/2015 tanggal 15 Juli 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) telah resmi berubah menjadi Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN).

Program studi yang diselenggarakan oleh PKN STAN untuk lulusan SMA, MA dan SMK adalah pendidikan Program Diploma I dan III Keuangan dengan spesialisasi sebagai berikut :
  1. Program Diploma I / III Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
  2. Program Diploma I / III Keuangan Spesialisasi Kebendaharaan Negara
  3. Program Diploma I / III Keuangan Spesialisasi Pajak
  4. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pengurusan Piutang dan Lelang Negara.
  5. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pajak Bumi dan Bangunan.
  6. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi

Sedangkan program studi non-reguler yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) adalah sebagai berikut :
  1. Program Diploma IV Keuangan Spesialisasi Akuntansi
  2. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi dengan Kurikulum Khusus (Ajun Akuntan Khusus)
  3. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pajak dengan Kurikulum Khusus
  4. Program Pendidikan Pembantu Akuntan (PA)

Dari beberapa Program Diploma yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di SPMB PKN STAN.

Pada tahun ini STAN membuka penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi lulusan SMA / MA / SMK sederajat yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Jalur penerimaan calon mahasiswa baru STAN disebut dengan SPMB PKN STAN atau yang memiliki kepanjangan Ujian Saringan Masuk STAN. Berikut beberapa persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi untuk anda sebagai calon peserta SPMB PKN STAN.

A.  Kriteria Peserta

Kebutuhan dari masing-masing spesialisasi diperuntukan bagi peserta dengan kriteria:
  1. Program Reguler adalah program penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah di Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi pegawai Kementerian Keuangan dan Non-Kementerian Keuangan.
  2. Program Afirmasi adalah program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra-putri dari Propinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi pegawai Kementertan Keuangan pada unit kerja di wilayah tersebut. berdasarkan PP Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara

B. Persyaratan Pendaftaran PMB PKN STAN
  1. Lulusan (tahun 2018 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2019) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.
  2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar:
    • Untuk lulusan tahun 2018 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
    • Untuk calon lulusan tahun 2019, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen Pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
  3. Usia maksimal adalah 20 tahun. Usia minimal 17 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma I dan 15 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma III.
  4. Berbadan sehat dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya). Kriteria berbadan sehat adalah:
    • mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik;
    • mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi; dan
    • mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu berjalan atau dengan menggunakan alat bantu berjalan selain kursi roda.
  5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  6. Khusus program studi kepabeanan dan cukai ditambahkan persyaratan sebagai berikut :
    • Untuk program studi Diploma I:
      • Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm
      • Perempuan tinggi badan minimal 155 cm
    • Untuk Program studi Diploma III:
      • Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm
      • Tidak Cacat Badan;
      • Tidak Buta Warna; dan
      • Untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.
  7. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:
    • dicalonkan oleh SMA/SLTA atau yang sederajat dari wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur dengan ketentuan setiap 1 (satu) SMA/SLTA mencalonkan hanya 1 (satu) siswa terbaiknya; dan
    • telah menyelesaikan SD atau yang sederajat, SMP/SLTP atau yang sederajat di wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur atau memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.
  8. Menyetor biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar berdasaran PP Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.
  9. Pendaftar tidak pernah terdaftar menjadi mahasiswa di PKN STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Persyaratan di atas dambil dari persyaratan tahun 2018, jika tahun 2019 berbeda, maka akan kami update segera. Jadikan persyaratan di atas sebagai gambaran.

C. Pilihan Program Studi di PMB PKN STAN

Program studi yang bisa dipilih saat mendaftar PKN STAN yaitu :
  1. Program Studi Diploma I Kebendaharaan Negara;
  2. Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai;
  3. Program Studi Diploma I Pajak;
  4. Program Studi Diploma III Akuntansi;
  5. Program Studi Diploma III Kebendaharaan Negara;
  6. Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai;
  7. Program Studi Diploma III Manajemen Aset;
  8. Program Studi Diploma III Pajak;
  9. Program Studi Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai; dan
  10. Program Studi Diploma IV Akuntansi.

D. Tata Cara Pendaftaran PMB PKN STAN

1. Tahapan pendaftaran meliputi:
  1. Registrasi peserta dan pemilihan sekolah kedlnasan: PKN STAN melalui portal sscndikdin.bkn.go.id (buka disini). Peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian / Lembaga dan apabila pelamar diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian / Lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur;
  2. Pengisian formulir pendaftaran online {e-registration) melalui portal spmb.pknstan.ac.id yang terdiri dari tahapan sebagai berikut:
  3. Login dengan menggunakan username dan password yang didaftarkan pada portal sscndikdin.bkn.ac.id:
  4. Mengisi data pilihan unit penempatan (Kementerian Keuangan atau Non-Kementerian Keuangan);
  5. Mengisi data pilihan spesialisasi;
  6. Mengisi formulir pendaftaran online dan mengunggah pas foto (berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos), dan dokumen yang dipersyaratkan(ijazah/rapor dan identitas diri). Bagi pendaftar calon lulusan tahun ini mengunggah Surat Keterangan Mengikuti Ujian Nasional yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah / pejabat yang berwenang;
  7. Mengunci data dan mendapatkan kode MVA (Mandiri Virtual Account)
  8. Menyetor biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan; dan
  9. Mengunduh dan mencetak Bukti Peserta Ujian (BPU).

2. Calon peserta Program Afirmasi mengunggah tambahan dokumen sebagai berikut:
  1. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah SMU/SLTA dari wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur dengan ketentuan setiap 1 (satu) SMA / SLTA hanya mencalonkan 1 (satu) siswa terbaiknya ;
  2. Ijazah SD dan Ijazah SMP atau Akta Kelahiran, KTP ayah atau ibu kandung, dan Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan / Kepala Desa.

3. Calon peserta melakukan pembayaran dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri, dengan cara setoran tunai, ATM, m-banking, atau internet banking (perhatikan tata cara pembayaran pada situs http://spmb.pknstan.ac.id) dengan menggunakan MVA;
  2. Sebelum melakukan pembayaran, calon peserta harus memastikan dirinya telah memenuhi seluruh persyaratan sebagaimana tercantum dalam butir A, dan uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun;
  3. Calon peserta yang telah melakukan pengisian formulir pendaftaran online {e-reglstration) dan telah melakukan pembayaran di bank pada periode penyetoran dapat mengunduh Bukti Peserta Ujian (BPU) melalui situs http://spmb.pknstan.ac.id dan mencetaknya di kertas HVS warna putih ukuran A4;

4. Peserta yang telah mengunduh BPU menempelkan pas foto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm (berlatar beiakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos) pada tempat yang telah disediakan di BPU. Pas foto yang ditempel harus sama dengan yang diunggah pada saat pendaftaran online.

5. Panduan pendaftaran lengkap dapat dilihat pada situs http://www.kemenkeu.qo.id , http://www.bppk.kemenkeu.qo.id dan http://www.pknstan.ac.id.

Itulah beberapa ketentuan pelaksanaan pendaftaran PKN STAN yang harus diikuti. Selanjutnya peserta bisa mengikuti ujian seleksi sesuai jadwal pelaksanaan berikut ini.

E. Jadwal Pelaksanaan PMB PKN STAN

F. Tahapan Seleksi PMB PKN STAN
  1. Tahap I (Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris)
  2. Tahap II (Tes Kesehatan dan Kebugaran)
  3. Tahap III (Tes Kompetensi Dasar) 

G. Lokasi Ujian PMB PKN STAN

Lokasi pelaksanaan Ujian SPMB PKN STAN terbagi kedalam beberapa lokasi. Lokasi tersebut tersebar di wilayah Indonesai. Lokasi dibedakan untuk ujian tertulis dan untuk tes kesehatan dan kebugaran. Berikut informasi lokasi ujian selengkapnya.

Lokasi ujian tulis SPMB PKN STAN
  • Jakarta, Banda Aceh, Medan, Padang, Pekan Baru, Batam, Jambi, Bengkulu, Palembang, Bandar Lampung, Cimahi, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Mataram, Kupang, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Manado, Palu, Makasar, Ambon, Palu, dan Jayapura. 

Lokasi tes kesehatan dan kebugaran Ddan TKD SPMB PKN STAN
  • Jakarta, Medan, Pekanbaru, Palembang, Cimahi, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, dan Makassar.

Itulah beberapa lokasi ujian yang bisa anda pilih saat akan mengkuti ujian seleksi STAN.
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini mengenai Pendaftaran Online SPMB PKN STAN Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan dan bermanfaat bagi anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi SPMB PKN STAN dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru STAN. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin.