Pendaftaran Mahasiswa Baru UNMUS 2019/2020

www.unmus.ac.id 2019 -- PMB UNMUS, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNMUS, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNMUS, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNMUS, Registrasi Mahasiswa Baru UNMUS, Pendaftaran Online UNMUS, Penerimaan Online UNMUS, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Musamus Merauke, 2021. 2022.

Kali ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UNMUS 2019/2020. Informasi ini disampaikan dengan harapan semoga bisa menjadi arahan bagi anda dalam persiapan melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Musamus Merauke (UNMUS) adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Merauke, Provinsi Papua, Indonesia. Alamat UNMUS : Jl. Kamizaun Mopah Lama, Kec. Merauke, Papua 99611. Moto UNMUS yaitu "Jangan tanya kerjaku, tetapi lihatlah hasil karyaku"

Universitas Musamus (UNMUS) awal berdirinya bernama Sekolah Tinggi Teknologi Merauke (STTM) yang diselenggarakan berdasarkan pendidirian Yayasan Pendidikan Anim Ha Merauke dengan Akta Notaris Nomor 12 tahun 2001 tanggal 26 Januari 2001.

Pada tanggal 19 November 2010, Presiden RI menandatangani Peraturan Presiden Nomor: 65 Tahun 2010 tentang Pendirian Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Borneo Tarakan (UBT), dan Universitas Musamus (UNMUS) sebagai Universitas Negeri.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Musamus (UNMUS), yaitu :
  • Fakultas Pertanian Universitas Musamus mengembangkan beberapa program studi yang meliputi: Program Studi Agroteknologi, Program Studi Agribisnis, Program studi Peternakan, Program studi Keteknik Pertanian serta Program studi Manajemen Sumberdaya Perairan
  • Fakultas Teknik terdiri dari Prodi. Teknik Sipil, Prodi. Teknik Arsitektur, Prodi. Teknik Mesin, Prodi. Teknik Informatika, Prodi. Teknik Elektro, dan Prodi. Sistem Informasi
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi Manajemen, Program Studi Akuntansi, Program Studi Ekonomi Pembangunan.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Bahasa Inggris, Program Studi Bahasa Indonesia, Program Studi Matematika, Program Studi Penjaskesrek, Program Studi PGSD, dan Program Studi PGTK – PAUD
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Program Studi Administrasi Negara

Itulah beberapa Fakultas dan Program Studi yang ada di UNMUS yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran mahasiswa baru UNMUS.

Selanjutnya anda perlu mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Universitas Musamus (UNMUS). Berikut jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNMUS.

1. Pendaftaran SNMPTN UNMUS

SNMPTN adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Universitas Musamus (UNMUS).

SNMPTN merupakan jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dilakukan tanpa ujian tertulis. Seleksinya didasarkan pada prestasi akademik yang dimiliki siswa serta prestasi lainnya yang relevan.

Dengan demikian, hanya siswa-siswa yang secara konsisten yang terus menunjukkan prestasinya disetiap semester yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan dengan melalui tahapan sebagai berikut :
  • Pertama, pengisian data di PDSS oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa di alamat pdss.snmptn.ac.id. Kepala sekolah mendaftarkan data sekolah dan data siswa yang akan didaftarkan mengikuti SNMPTN.
  • Kemudian Pemeringkatan oleh panitia
  • Selanjutnya, pendaftaran SNMPTN secara online oleh siswa melalui alamat website web.snmptn.ac.id


Keterangan lain yang berkaitan dengan SNMPTN seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan hal lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran Online SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN UNMUS

Selain membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN, UNMUS juga membuka jalur SBMPTN.

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri disebut juga jalur alternative, mengapa? Karena peserta yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNMPTN tetapi dinyatakan tidak lulus, maka bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN.

Selain itu juga, bagi peserta yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur SNMPTN, maka bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN. Dengan demikian, maka SBMPTN bisa disebut sebagai jalur alternatif masuk Perguruan Tinggi Negeri, dalam hal ini adalah masuk ke Universitas Musamus (UNMUS).

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat website www.sbmptn.ac.id. Informasi lain seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN

3. Pendaftaran Bidikmisi UNMUS

Banyak sekali calon mahasiswa yang ingin mendapatkan Bidikmisi. Mengapa ? mungkin mereka berpikir bahwa dengan Bidikmisi mereka akan kuliah secara gratis.

Padahal sebenarnya Bidikmisi bukan diperuntukkan bagi semua calon mahasiswa, namun Bidikmisi diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan memiliki kemampuan akademik yang baik serta memenuhi persyaratan lainnya.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Informasi lebih lanjut mengenai Bidikmisi seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal seleksi, jalur-jalur penyaluran Bidikmisi, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Online Bidikmisi atau Pendaftaran Bidikmisi

4. Pendaftaran Jalur Mandiri UNMUS

Jalur Mandiri adalah jalur seleksi yang diadakan secara lokal oleh Universitas Musamus (UNMUS) dalam rangka menyeleksi calon mahasiswa baru.

Biasanya jalur ini dibuka setelah pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN. Jadi, untuk calon mahasiswa yang tidak lulus SNMPTN atau SBMPTN, maka dapat kembali mendaftarkan diri ke UNMUS dengan mengikuti jalur mandiri ini.

Agar bisa lulus, maka anda harus mempersipakan diri sebaik mungkin dengan mempelajari berbagai materi. Biasanya materi yang diujikan adalah materi-materi SMA. Untuk itu, silahkan anda mempelajari materi-materi tersebut.

Informasi lebih lanjut mengenai jalur mandiri UNMUS dapat anda lihat langsung di website resmi UNMUS, yaitu www.unmus.ac.id. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi tersebut.

Baca juga :

Demikianlah infomasi yang dapat admin bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UNMUS yang telah dibahas dapat membantu anda dalam persiapan pendaftaran sebagai mahasiswa baru.

Admin turut mendoakan agar anda dapat lulus seleksi dan diterima menjadi mahasiswa baru UNMUS, terima kaish atas kesempatan yang anda berikan untuk membaca artikel ini dan salam sukses untuk kita semua.

Ayo turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan.