Pendaftaran Mahasiswa Baru UMRAH 2019/2020

www.umrah.ac.id 2019 -- PMB UMRAH, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UMRAH, Pendaftaran Mahasiswa Baru UMRAH, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UMRAH, Registrasi Mahasiswa Baru UMRAH, Pendaftaran Online UMRAH, Penerimaan Online UMRAH, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Maritim Raja Ali Haji, 2021. 2022.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UMRAH 2019/2020. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Langsung saja kita bahas informasi selengkapnya berikut ini.


Universitas Maritim Raja Ali Haji  atau yang disingkat UMRAH adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia. Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) didirikan pada 1 Agustus 2007. 

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) merupakan gabungan dari Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang dan Politeknik Batam.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), yaitu :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari program studi Akuntansi, Manajemen
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi Teknik Elektro, Teknik Informatika
  • Fakultas Ilmu Kelautan & Perikanan, Ilmu Kelautan, Manajemen Sumberdaya Perairan, Budidaya Perairan, Teknologi Hasil Perikanan
  • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan terdiri dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi
  • Fakultas Ilmu Sosial Politik terdiri dari program studi Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Sosiologi, Ilmu Hukum

Itulah beberapa Fakultas dan Program Studi yang anda di UMRAH yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran mahasiswa baru UMRAH.

Sekarang anda harus tahu jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh UMRAH untuk melaksanakan penyeleksian calon mahasiswa baru.

Pada tahun ini, UMRAH kembali membuka jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional yang terdiri dari SNMPTN dan SBMPTN, serta jalur mandiri yang diadakah secara lokal oleh UMRAH. Berikut penjelasannya.

A. Pendaftaran SNMPTN UMRAH

SNMPTN adalah jalur seleksi nasional untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri tanpa ujian tertulis, salah satunya masuk ke UMRAH . Seleksi SNMPTN didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor serta prestasi lainnnya yang relevan.

Hanya siswa-siswa yang secara konsisten menunjukkan prestasinya di setiap semester yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN. Jadi jalur ini diperuntukkan khusus untuk siswa-siswi pintar dari masing-masing sekolah yang memenuhi persyaratan pendaftaran.

Untuk siswa-siswi lain yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN, maka dapat mengikuti jalur seleksi lainnya berupa jalur SBMPTN atau jalur mandiri UMRAH.

Pendaftaran SNMPTN diawali dengan pengisian data di PDSS SNMPTN oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa di alamat pdss.snmptn.ac.id, Selanjutnya Pendaftaran SNMPTN secara online oleh siswa melalui alamat website web.snmptn.ac.id. Baca : Cara pendaftaran SNMPTN

Informasi lainnya seperti biaya seleksi, panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, serta informasi terkait lainnya dapat dibaca pada Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran Online SNMPTN

B. Pendaftaran SBMPTN UMRAH

SBMPTN disebut juga jalur alternative, mengapa? Karena peserta yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNMPTN tetapi dinyatakan tidak lulus, maka bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN. Selain itu juga, bagi peserta yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur SNMPTN, maka bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN. Dengan demikian, maka SBMPTN bisa disebut sebagai jalur alternative masuk Perguruan Tinggi Negeri.

SBMPTN adalah jalur seleksi nasional yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua perserta. Khusus untuk peserta yang memilih Program Studi Seni dan Keolahragaan, maka harus mengikuti ujian berupa ujian keterampilan. Jadi, untuk peserta memilih Program Studi Seni dan Keolahragaan harus mengikuti ujian sebanyak 2 kali.

Alur pendaftaran SBMPTN :
  • Peserta melakukan pendaftaran tahap awal SBMPTN secara online di www.sbmptn.ac.id
  • Isilah biodata diri anda sesuai formulir yang tersedia
  • Kemudian mencetak bukti pendaftaran awal tersebut
  • Membayar biaya seleksi di Bank BNI atau Mandiri dengan membawa bukti pendaftaran awal
  • Setelah membayar akan mendapatkan KAP dan PIN
  • Kembali mengakses alamat www.sbmptn.or.id
  • Login menggunakan KAP dan PIN yang didapatkan dari Bank
  • Mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar.
  • Cetak kartu peserta SBMPTN

Informasi lebih lanjutnya mengenai SBMPTN seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya seleksi, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Online SBMPTN.

C Pendaftaran Bidikmisi UMRAH

Seperti kebanyakan pada Perguruan Tinggi lainnya, UMRAH juga merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang menyalurkan program Bantuan kepada calon mahasiswa yang disebut dengan program Bidikmisi.

Bidikmisi adalah sebuah program pemberian bantuan biaya yaitu berupa biaya pendidikan dan biaya hidup yang diberikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu serta memiliki prestasi akademik yang baik untuk membiayai pendidikannya di Perguruan Tinggi, dalam hal ini di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Informasi lengkap dapat diperoleh melalui alamat tersebut atau pada artikel yang telah kami rangkum secara khusus tenang Bidikmisi, yaitu Pendaftaran Online Bidikmisi.

D. Pendaftaran Jalur Mandiri UMRAH

Jalur mandiri adalah jalur seleksi mandiri yang diadakan secara lokal oleh Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dalam rangka menyeleksi calon mahasiswa baru. Pelaksanaan Ujian Mandiri ini diselenggarakan setelah SNMPTN dan SBMPTN.

Jalur seleksi mandiri UMRAH dilaksanakan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta. Kelulusan ditentukan dari nilai akhir yang diperoleh peserta. Jika nilai tersebut tinggi, maka memiliki kemungkinan untuk dinyatakan lulus seleksi.

Prosedur Pendaftaram Online untuk Jalur Mandiri
  1. Mengisi form pendaftaran online dilaman pendaftaran.umrah.ac.id
  2. Peserta yang boleh Mendaftar adalah Lulusan SMA/MA/SMK untuk lulusan tiga tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  3. Login dengan menggunakan KAP (Kode Akses Pendaftaran) dan PIN yang diperoleh dari pendaftaran online
  4. Unggah pasfoto berwarna ukuran 400 x 600 pixel
  5. Mengisi pilihan jurusan dan kelompok ujian berupa SOSHUM atau SAINTEK
  6. Peserta ujian dapat memilih 2 (dua) pilihan jurusan dengan dengan ketentuan kelompok ujian adalah SAINTEK / SOSHUM / CAMPURAN.
    • Kelompok ujian SAINTEK adalah peserta yang memilih Pilihan 1 dan Pilihan 2 dari Kelompok SAINTEK.
    • Kelompok ujian SOSHUM adalah peserta yang memilih Pilihan 1 dan Pilihan 2 dari Kelompok SOSHUM.
    • Kelompok ujian CAMPURAN adalah peserta yang memilih Pilihan 1 dari Kelompok SAINTEK dan Pilihan 2 dari Kelompok SOSHUM atau sebaliknya
  7. Melakukan pembayaran di BANK atau ATM
  8. Mencetak Kartu Peserta Ujian

Untuk informasi jalur mandiri yang belum dimuat disini, dapat anda lihat langsung di website resmi UMRAH, di http://umrah.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UMRAH. Untuk informasi jadwal, maka dapat dilihat disini.
Itulah informasi yang dapat anda bagikan tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UMRAH. Semoga informasi tersebut dapat menambah atau melengkap informasi yang telah anda miliki. 

Ayo turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.

Admin turut mendoakan semoga harapan anda untuk diterima menjadi mahasiswa UMRAH dapat terwujudkan, terima kasih juga telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin Ya Robbal 'Alamin.