Pendaftaran Mahasiswa Baru UNMUL 2019/2020

www.unmul.ac.id 2019 -- PMB UNMUL, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNMUL, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNMUL, Registrasi Maba UNMUL, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNMUL, Pendaftaran Online Penerimaan Maba UNMUL, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri (SMMPTN), Bidikmisi, Universitas Mulawarman (UNMUL), 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UNMUL 2019/2020. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Mulawarman atau disingkat UNMUL adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia.Universitas Mulawarman (UNMUL) merupakan Universitas tertua di Kalimantan Timur.

Universitas Mulawarman (UNMUL) telah didirikan pada 27 September 1962. Kampus utama Universitas Mulawarman (UNMUL) terletak di Gunung Kelua, sedangkan kampus lainnya terletak di Jalan Pahlawan, Jalan Banggeris dan Jalan Flores.

Moto dari Universitas Mulawarman (UNMUL) adalah "The First State University in East Kalimantan".

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Mulawarman (UNMUL), yaitu :

Fakultas Ekonomi
  • S1 dan D3 Akuntansi, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Manajemen, S1 Manajemen Keuangan dan Pemasaran, S1 Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah, Pendidikan Profesi Akuntansi.
Fakultas Farmasi
  • S1 Farmasi, D3 Farmasi, Program Profesi Apoteker
Fakultas Hukum
  • S1 Hukum: Konsentrasi Hukum Agraria, Hukum Bisnis, Hukum Lingkungan
Fakultas Ilmu Budaya
  • S1 Sastra Inggris, S1 Sastra Indonesia, S1 Etnomusikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, D3 Administrasi Perkantoran, D3 Pariwisata, D3 Sekretari, S1 dan D3 Ilmu Administrasi Niaga/ Bisnis, S1 Ilmu Administrasi Negara, S1 Ilmu Hubungan Internasional, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Ilmu Pemerintahan Integratif, S1 Ilmu Sosiatri, S1 Psikologi, S1 Sosiologi
Fakultas Kedokteran
  • S1 Pendidikan Dokter, S1 Pendidikan Dokter Gigi, Pendidikan Profesi Dokter, Pendidikan Spesialis Bedah Umum
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • S1 Bimbingan dan Konseling, S1 Pendidikan Akuntansi (Konsentrasi), S1 Pendidikan Anak Usia Dini, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Ekonomi, S1 Pendidikan Fisika, S1 Pendidikan Geografi (Konsentrasi), S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S1 Pendidikan Ilmu Komputer (Konsentrasi), S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, S1 Pendidikan Kimia, S1 Pendidikan Luar Sekolah, S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 Pendidikan Sejarah (Konsentrasi), Pendidikan Profesi Guru 
Fakultas Kehutanan
  • S1 Kehutanan
Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • S1 Kesehatan Masyarakat
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • S1 Biologi, S1 Fisika, S1 Ilmu Komputer, S1 Kimia, S1 Statistika
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • S1 Budidaya Perairan: Teknologi Hasil Perikanan (Konsentrasi), S1 Manajemen Sumberdaya Perairan: Ilmu dan Teknologi Kelautan (Konsentrasi), S1 Sosial Ekonomi Perikanan, Fakultas Pertanian, D3 Budidaya Tanaman Perkebunan, S1 Agrobisnis (Sosial Ekonomi Pertanian), S1 Agroteknologi, S1 Peternakan, dan S1 Teknologi Hasil Pertanian
Fakultas Teknik
  • S1 dan D3 Teknik Pertambangan, S1 Teknik Industri, S1 Teknik Kimia, S1 Teknik Lingkungan, S1 Teknik Sipil
Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • S1 Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Pascasarjana
  • S2 Administrasi Pendidikan, S2 Ilmu Hukum, S2 Ilmu Lingkungan, S2 Pendidikan Bahasa Inggris, S2 Pendidikan Luar Sekolah, S2 Pertanian Tropika Basah, S2 Teknologi Pendidikan, S2 dan S3 Ilmu Administrasi, S2 dan S3 Ilmu Ekonomi, S2 dan S3 Ilmu Kehutanan, S2 dan S3 Manajemen, S3 Manajemen Pendidikan

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNMUL.

Pada tahun ini UNMUL membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN, dan Bidikmisi. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

A. Pendaftaran SNMPTN UNMUL

UNMUL adalah salah satu Perguruan Tinggi yang tergabung dalam SNMPTN. Calon mahasiswa yang ingin kuliah ke UNMUL bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN sebagai jalur seleksi nasional masuk UNMUL.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui alamat website www.snmptn.ac.id. Lakukan pendaftaran melalui alamat tersebut dengan mengisi biodata diri anda sesuai formulir pendaftaran online yang tersedia. Saat memilih PTN, anda bisa memilih UNMUL sebagai PTN pilihan utama yang anda minati.


Informasi lain seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan keterangan lainnya bisa anda baca pada Pendaftaran Online SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN

B. Pendaftaran SBMPTN UNMUL

SBMPTN merupakan jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dilakukan melalui ujian tertulis untuk semua peserta dan ujian keterampilan hanya untuk peserta yang memilih program studi Seni atau Olahraga. Jadi peserta yang memilih program studi Seni atau Olahraga harus mengikuti seleksi sebanyak dua kali.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat website www.sbmptn.ac.id. Silahkan akses alamat tersebut untuk melakukan pengisian formulir pendaftaran online SBMPTN. Pada saat memilih PTN, anda bisa memilih UNMUL sebagai PTN yang anda minati.

Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya seleksi, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, daftar PTN se-Indonesia, dan info lainnya bisa anda baca pada Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN

C. Pendaftaran Bidikmisi UNMUL

Bidikmisi merupakan biaya bantuan yaitu biaya bantuan yang diberikan oleh Dikti untuk calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik baik yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, namun terkendala karena faktor ekonomi, maka calon mahasiswa yang demikian mendapatkan kesemapatan untuk mengikuti seleksi Bidikmisi.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Silahkan akses alamat tersebut menggunakan kode akses pendaftaran yang telah diberikan oleh Kepala Sekolah. Isi formulit pendaftaran online sampai selesai.

Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jalur Bidikmisi, dan ketentuan lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran Online Bidikmisi.

D. Pendaftaran SMMPTN UNMUL

SMMPTN memiliki kepanjangan Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Negeri. SMMPTN UNMUL merupakan seleksi jalur mandiri yang diselenggarakan oleh panitia lokal oleh UNMUL.

Seleksi jalur SMMPTN ini diselenggarakan dengan salah satu tujuannya yaitu memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur nasional tetapi tidak lulus, atau untuk calon mahasiswa yang belum sama sekali mengikuti seleksi, maka bisa mengikuti seleksi SMMPTN UNMUL.

Pendaftaran jalur SMMPTN UNMUL biasanya dibuka sampai 3 gelombang. Silahkan anda daftarkan diri anda pada gelombang mana saja.

Informasi lain mengenai pendaftaran SMMPTN UNMUL dapat anda baca pada di alamat http://smmptn.unmul.ac.id/. Pada alamat tersebut teleh dimuat informasi mengenai pendaftaran SMMPTN UNMUL.

E. Pendaftaran Pascasarjana UNMUL

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister atau Doktor UNMUL, silahkan melakukan pendaftaran sesuai jadwal pendaftaran yang dibuka. Peserta harus bisa memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan agar bisa mendaftar.

Setelah mendaftar peserta harus mengikuti ujian seleksi masuk UNMUL yang diberikan oleh panitia. Jika hasil dari ujian seleksi yang anda peroleh sesuai dengan kriteria penerimaan, maka anda bisa dinyatakan lulus seleksi masuk UNMUL. Informasi lain mengenai pendaftaran Pascasarjana UNMUL silahkan baca di http://pasca.unmul.ac.id/

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNMUL. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNMUL

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UNMUL. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda.

Jika informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan dengan teman anda yang membutuhkan dengan cara klik tombol G+1 yang telah tersedia atau share FB.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk ke UNMUL dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa UNMUL. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin.