Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIMAL 2019/2020

www.unimal.ac.id 2019 -- PMB UNIMAL, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIMAL, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIMAL, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNIMAL, Registrasi Mahasiswa Baru UNIMAL, Pendaftaran Online UNIMAL, Penerimaan Online UNIMAL, Jalur SNMPTN, SBMPTN, SPMB, Bidikmisi, Universitas Malikussaleh (UNIMAL), 2021. 2022.

Pada kesempatan ini, admin web akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIMAL 2019/2020. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi arahan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Malikussaleh (UNIMAL) adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Aceh, tepatnya di Reuleuet, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Indonesia. Moto dari Universitas Malikussaleh (UNIMAL) adalah Mencari Kebenaran Untuk Kesalehan Yang Kompetitif.

Kampus utama UNIMAL terletak di Jl. Medan - Banda Aceh, Cot Tengku Nie, Reuleuet, Kab. Aceh Utara, sedangakan kampus lainnya terletak di Bukit Indah, Cunda dan Lancang Garam.

Universitas Malikussaleh (UNIMAL) telah didirikan pada tanggal 12 Juni 1969. Sebelum menjadi Universitas Malikussaleh (UNIMAL), pada mulanya adalah Akademi Ilmu Agama jurusan Syariah yang terus berkembang dan pada akhirnya menjadi sebuah Universitas Negeri yang diresmikan pada 8 September 2001 di Lhokseumawe, Presiden Republik Indonesia Megawati Soekarno Putri.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Malikussaleh (UNIMAL), yaitu :
  • Fakultas Teknik terdiri dari Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknik Industri, Jurusan Teknik Kimia, Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Teknik Arsitektur, Program Studi Teknik Informatika.
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Jurusan Agroekoteknologi, Jurusan Agribisnis, Jurusan Budidaya Perairan
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari D-III Kesekretariatan, S1 Akuntansi, S1 Ekonomi Islam, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Manajemen, S2 Ilmu Manajemen.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Jurusan Ilmu Administrasi Publik, Jurusan Ilmu Politik, Jurusan Sosiologi, Jurusan Antropologi, Jurusan Ilmu Komunikasi.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari S1 Pendidikan Fisika, S1-Pendidikan Kimia, S1-Pendidikan Matematika, S1-Pendidikan Teknik Mesin, S1-Sastra Indonesia

Itulah beberapa Fakultas, Jurusan, dan Program Studi yang anda di UNIMAL yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran mahasiswa baru UNIMAL.

Setelah mengtahui informasi di atas, selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNIMAL dengan mengikuti jalur seleksi masuk  UNIMAL, yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, SPMB, Bidikmisi, serta PPs UNIMAL.

Langsung saja kita bahas masing-masing jalur penerimaan mahasiswa baru UNIMAL yang telah disebutkan di atas. Berikut penjelasan selengkapnya.

A. Pendaftaran SNMPTN UNIMAL

UNIMAL adalah salah satu Perguruan Tinggi yang melaksanakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasiona yaitu melalui jalur SNMPTN.

SNMPTN merupakan jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dilakukan tanpa ujian tertulis. Seleksinya didasarkan pada prestasi akademik yang dimiliki siswa serta prestasi lainnya yang relevan.

Hanya siswa-siswa yang secara konsisten menunjukkan prestasinya disetiap semester yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan dengan cara berikut, yaitu pengisian data di PDSS oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa, kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran SNMPTN secara online oleh siswa melalui alamat website www.snmptn.ac.id.

Informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan keterangan lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran SNMPTN.

B. Pendaftaran SBMPTN UNIMAL

Selain SNMPTN, UNIMAL juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN. SBMPTN merupakan jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dilakukan melalui ujian tertulis untuk semua peserta dan ujian keterampilan hanya untuk peserta yang memilih program studi Seni atau Olahraga. Jadi peserta yang memilih program studi Seni atau Olahraga harus mengikuti seleksi sebanyak dua kali.

Pendaftaran SBMPTN dapat dilakukan seperti alur berikut :
  1. Peserta melakukan pendaftaran tahap awal SBMPTN di www.sbmptn.ac.id
  2. Kemudian mencetak bukti pendaftaran awal
  3. Membayar biaya seleksi di Bank BNI atau Mandiri
  4. Kembali mengakses alamat www.sbmptn.ac.id
  5. Login menggunakan KAP dan PIN yang didapatkan dari Bank
  6. Mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar.

Panduan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, biaya seleksi, daftar PTN se-Indonesia, dan lain-lain dapat anda peroleh melalui artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran Online SBMPTN

C. Pendaftaran Bidikmisi UNIMAL

Seperti pada kebanyakan Universitas Negeri lainnya, UNIMAL juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui Program bantuan Bidikmisi. Progam bantuan Bidikmisi merupakan suatu program pemerintah yang di olah oleh Dikti.

Perlu diketahui bahwa Bidikmisi adalah bantuan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk membiaya kuliah dan kehidupannya selama menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi dengan tidak melebihi batas waktu kuliah yang telah ditentukan.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Keterangan lebih lanjut mengenai Bidikmisi dapat anda baca pada Pendaftaran Bidikmisi.


UMB-PT adalah baginan dari jalur seleksi yang diselenggarakan oleh Perhimpunan SPMB Nusantara. Ada beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam P-SPMBN, salah satunya adalah UNIMAL.

UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi adalah jalur seleksi nusantara penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis. Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamt web : penerimaan.spmb.or.id

Informasi selengkapnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPMB atau Pendaftaran UMB-PT. Silahkan kunjungi artikel tersebut untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Catatan : Jalur UMB-PT saat ini tidak dibuka lagi. Untuk informasi lebih lanjut baca di web resmi.

D. Pendaftaran Pascasarjana UNIMAL

UNIMAL kembali membuka penerimaan mahasiswa baru untuk Program Pascasarjana (S2 dan S3). Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana UNIMAL, silahkan daftarkan diri anda selama masa pendaftaran dibuka.

Pendaftaran Pascasarjana UNIMAL dilakukan secara online melalui alamat pmb.unimal.ac.id . Silahkan akses alamat tersebut untuk mendapatkan informasi selanjutnya.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNIMAL.

Baca juga :

Itulah informasi yang dapat admin bagikan tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIMAL. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda.  Silahkan bagikan juga informasi ini dengan teman atau kerabat anda yang membutuhkan dengan cara tekan tombol G+1 yang telah tersedia.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk ke UNIMAL dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa UNIMAL. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin ya Robbal 'Alamin.