Pendaftaran Mahasiswa Baru UNJ 2019/2020

penmaba.unj.ac.id 2019 -- PMB UNJ, Penmaba UNJ, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNJ, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNJ, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNJ, Registrasi Mahasiswa Baru UNJ, Pendaftaran Online UNJ, Penerimaan Online UNJ, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi, Pendaftaran Maba Universitas Negeri Jakarta, 2021. 2022.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi untuk anda tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UNJ 2019/2020. Informasi ini disampaikan dengan maksud agar dapat memberikan panduan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak pembahasannya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Negeri Jakarta atau disingkat dengan nama UNJ adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota jakarta, tepatnya di Jl. Rawamangun Muka, Pulogadung, Jakarta Timur, Indonesia. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) didirikan pada 16 Mei 1964.

Saat ini ada beberapa Fakultas dan Program Studi yang telah diselenggarakan oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ), baik untuk jenjang Diploma, Sarjana, Magister, maupun Doktor. Berikut informasi selengkapnya.

Fakultas dan Program Studi jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana di Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  • FIP terdiri dari Program Studi Psikologi, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Luar Biasa, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah, PAUD, Bimbingan Konseling, PGSD.
  • FBS terdiri dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris, Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa Prancis, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Seni Tari, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Bahasa Arab , Pendidikan Seni Musik, Pendidikan Bahasa Jepang, dan Pendidikan Bahasa Mandarin.
  • FMIPA terdiri dari Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Matematika, Fisika, Kimia , Biologi, an Sistem Komputer
  • FIS terdiri dari Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewargaan Negara, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Ilmu Agama Islam, Pendidikan Sosiologi, Sosiologi Pembangunan, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Hubungan Masyarakat, Usaha Jasa Pariwisata.
  • FT terdiri dari Program Studi Pendidikan Teknik ELektro, Pendidikan Teknik ELektronika, Pendidikan Teknik Informasi dan Komputer, Teknik Elektronika, Pendidikan Teknik Mesin, Teknik Mesin, Pendidikan Teknik Bangunan, Teknik Sipil, Transportasi, Pendidikan Tata Boga, Tata Boga, Pendidikan Tata Busana, Tata Busana, Pendidikan Tata Rias, Tata Rias, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.
  • FIK terdiri dari Program Studi Pendidikan Jasmani, Pendidikan Kepelatihan, Ilmu Keolahragaan, Konsentrasi Olahraga Rekreasi, Konsentrasi Kepelatihan Kecabangan Olahraga
  • FE Pendidikan Ekonomi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Tata Niaga, Manajemen, Akuntansi, Akuntansi, Manajemen Pemasaran, Sekretari.

Dari banyaknya Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNJ.

Pada tahun ini UNJ kembali membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri (Penmaru UNJ), dan Bidikmisi. Langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN UNJ

SNMPTN adalah jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK/MAK yang masa belajarnya 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK/MAK yang masa belajarnya 4 (empat) tahun, dan penilaian portofolio akademik.

Calon peserta yang akan mendaftar harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Kepala Sekolah melakukan pengisian biodata sekolah dan biodata siswa di PDSS di pdss.snmptn.ac.id, lihat caranya. Setelah mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah, seanjutnya melakukan verifikasi data di PDSS dan kemudian melakukan pendaftaran online SNMPTN

Pendaftaran Online SNMPTN dilakukan melalui alamat website web.snmptn.ac.id. Informasi penting yang anda butuhkan seperti persyaratan pendaftaran untuk sekolah dan siswa, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia yang tergabung dalam SNMPTN, serta informasi lainnya yang berkaitan dengan SNMPTN bisa anda baca pada Pendafaran SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN UNJ

SBMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta dan ujian tambahan berupa ujian keterampilan khusus calon mahasiswa yang memilih Progam Studi Olahraga atau Seni.

Peserta yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur seleksi SNMPTN atau yang sudah mengikuti seleksi SNMPTN tetapi tidak lulus, maka bisa mendaftarkan diri mengikuti seleksi SBMPTN.

Melihat banyaknya jumlah peserta yang mendaftar pada tahun lalu, kemungkinan besar untuk tahun ini peserta SBMPTN akan bertambah banyak. Agar bisa lulus, tentunya anda harus melakukan persiapan sebaik mungkin. Sering-sering berlatih mengerjakan soal-soal SBMPTN tahun lalu atau prediksi soal SBMPTN tahun ini.

Peserta yang akan mendaftar SBMPTN harus mendaftar secara online melalui alamat website www.sbmptn.ac.id. Informasi tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jumlah pilihan program studi dan PTN, daftar  PTN se-Indonesia, serta informasi penting lainnya telah kami rangkum tersendiri pada artikel Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN

3. Pendaftaran Bidikmisi UNJ

Bidikmisi merupakan program pemberi bantuan biaya hidup dan biaya pendidikan yang diberikan untuk calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik baik dan akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi namun terkendala biaya karena kemampuan ekonomi yang kurang. Calon mahasiswa yang demikian itu mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi Bidikmisi.

Peserta yang akan mendaftar harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Kepala Sekolah mendaftarkan siswa calon peserta Bidikmisi ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Kemudian siswa juga login kehalaman tersebut dengan menggunakan kode akses siswa yang telah diberikan oleh Kepala Sekolah.

Calon peserta melakukan pendaftaran Bidikmisi dengan mengisi biodata diri secara lengkap dan benar melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Namun sebelumnya calon peserta harus memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran Bidikmisi terlebih dahulu. Jika dapat memenuhi persyaratan, maka bisa mendaftar.

Peserta bisa memilih beberapa jalur Bidikmisi di UNJ, yaitu Bidikmisi SNMPTN atau Bidikmisi SBMPTN. Selain itu ada juga Bidikmisi jalur mandiri jika UNJ membukanya. 

Untuk informasi selengkapnya mengenai Bidikmisi seperti tata cara pendaftaran, persyaratan, jadwal, dan lain sebagainya dapat anda baca pada Pendaftaran Online Bidikmisi

4. Pendaftaran Jalur Mandiri UNJ

Jalur mandiri UNJ adalah jalur seleksi mandiri yang diselenggakan secara lokal oleh panitia dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan tujuan memberikan kesempatan untuk calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Seleksi jalur mandiri diadakan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta.

Jalur mandiri UNJ disebut juga dengan Penmaba UNJ. Ada beberapa jalur seleksi penmaba UNJ yang dibuka, diantaranya adalah jalur alih jenjang, seleksi Mahasiswa Pindahan, seleksi mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri Lain, Mahasiswa UNJ yang Putus Kuliah. 

Proses Pendaftaran Penmaba UNJ
  1. Membuat akun di situs penmaba.unj.ac.id dengan mengisi form isian Buat Akun Saya. Gunakan alamat e-mail dan no.hp aktif karena akan digunakan.
  2. Masuk ke dalam sistem dengan cara login di situs penmaba.unj.ac.id menggunakan username dan password yang telah di daftarkan sebelumnya.
  3. Memilih Jenis Kelompok Ujian dan Program Studi. Anda dapat memilih Kelompok : IPA, IPS, IPC, dan AP. Kemudian Anda memilih program studi sesuai dengan yang anda inginkan. terdapat keterangan berapa total biaya tagihan yang harus Anda bayar. Anda dapat merubah pilihan-pilihan tersebut sampai anda yakin dengan pilihan Anda. Jika anda sudah yakin tekan tombol simpan. Setelah Anda menekan tombol simpan, Anda tidak dapat merubah pilihan, dan masuk ke tahapan selanjutnya.
  4. Cetak tagihan. Anda akan diberikan slip tagihan dalam bentuk dokumen pdf. Pada dokumen tersebut, terdapat id tagihan yang dapat anda gunakan untuk melakukan pembayaran melalui Teller BNI, ATM BNI atau Internet Banking BNI di tempat Anda (cara pembayaran harap di lihat pada Tab ke 4 "Cara Pembayaran"). Harap diperhatikan, setelah Anda mencetak tagihan, Anda diberi waktu paling lambat 3 hari untuk melakukan pembayaran. Jika Anda tidak melakukan pembayaran, Anda diharuskan melakukan kembali proses pemilihan kelompok ujian.
  5. Download dan cetak Slip Pembayaran pada tahapan nomor 4 yang berisi Nomor Pembayaran dan Nominal yang harus dibayarkan untuk digunakan pada saat pembayaran.
  6. Keluar dari sistem dengan klik tombol Logout.
  7. Membayar biaya pendaftaran sesuai dengan Nominal yang tertera pada Slip Pembayaran di Teller BNI, ATM BNI atau Internet Banking BNI di tempat Anda.
  8. Masuk ke dalam sistem, login di situs penmaba.unj.ac.id menggunakan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  9. Upload foto untuk dicetak di kartu ujian. Gunakan foto formal berwarna dengan latar belakang warna merah dengan ukuran maksimal 500kb dengan format .jpg
  10. Mencetak kartu Ujian Peserta Penmaba UNJ
  11. Disarankan untuk melakukan survei lokasi dua atau tiga hari sebelum ujian dilaksanakan.
  12. Mengikuti seluruh ujian Penmaba UNJ pada tanggal yang telah di tentukan.

Informasi Penmaba UNJ bisa dilihat melalui alamat penmaba.unj.ac.id.


5. Pendaftaran Program Pascasarjana UNJ

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke Program Pascasarjana UNJ, silahkan daftarkan diri anda secara online melalui alamat pps.unj.ac.id. Berikut beberapa persyaratan pendaftaran yang harus anda penuhi sebagai calon mahasiswa baru jenjang S2 atau S3 UNJ.

Persyaratan Pendaftaran Untuk Calon Mahasiswa S2
  • Memiliki ijazah S1 di bidang pendidikan maupun non-kependidikan dari Perguruan Tinggi Terakreditasi atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang ijazahnya telah diakreditasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI
  • Memiliki Indeks Prestasi minimum 2,75
  • Lulus seleksi yang ditetapkan oleh Panitia Seleksi Calon Mahasiswa.

Persyaratan Pendaftaran Untuk Calon Mahasiswa S3
  • Memilki ijazah S2 atau setara di bidang pendidikan maupun non-kependidikan dari Perguruan Tinggi Terakreditasi atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang ijazahnya telah diakreditasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI
  • Memiliki Indek Prestasi minimum 3,00
  • Lulus seleksi yang ditetapkan oleh Panitia Seleksi Calon Mahasiswa

Cara Pendaftaran
  • Calon mahasiswa yang berminat dapat mengisi Formulir Pendaftaran di Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta dan mengirimkan kembali ke TU PPs UNJ atau via email: tu.pps@unj.ac.id
  • Menyerahkan Berkas Persyaratan yang berisi:
    • Mengisi Formulir Pendaftaran
    • Pas Photo ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar
    • Foto kopi ijazah dan transkrip yang telah dilegalisir oleh Perguruan Tinggi yang mengeluarkan
    • Bagi lulusan luar negeri foto kopi ijazah yang telah dilegalisir melalui Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi; dan
    • Bagi yang mendaftar lewat email harap Berkas Persyaratan diserahkan paling lambat tiga hari sebelum ujian seleksi dilaksanakan.

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNJ. Silahkan anda pilih jalur seleksi yang anda minati. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi yang telah admin berikan di atas, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNJ

Baca juga :

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UNJ yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa memberikan pencerahan dan bermanfaat bagi anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus dan diterima menjadi mahasiswa baru UNJ. Ayo turut berbagi (G+1) atau share (fb) info ini pada teman lainnya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses untuk semua.