Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB 2019/2020

usm.itb.ac.id 2019 -- PMB ITB, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ITB, Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB, Info Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB, Registrasi Mahasiswa Baru ITB, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / S1 / S2 / S3 ITB, Pendaftaran Online ITB, Penerimaan Online ITB, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi, Institut Teknologi Bandung. 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB 2019/2020. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan pencerahan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Institut Teknologi Bandung atau yang disingkat dengan ITB adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Bandung. Institut Teknologi Bandung (ITB) resmi didirikan pada 2 Maret 1959. Moto dari Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah Kemajuan dalam keselarasan.

Kampus ITB beralamatkan di Jl. Ganesha No. 10 Bandung, Jawa Barat 40132, Indonesia, dan juga ada yang beralamat di Jl. Winaya Mukti no. 1, Jatinangor.

Berikut ini akan diinformasikan beberapa Fakultas/Sekolah dan Program Studi yang ada di Institut Teknologi Bandung (ITB). Perhatikan selengkapnya berikut ini.
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) terdiri dari Matematika (MA) (S1, S2, S2 Pengajaran, dan S3), Fisika (FI) (S1, S2, S2 Pengajaran, dan S3), Kimia (KI) (S1, S2, S2 Pengajaran, dan S3), Astronomi (AS) (S1, S2, S2 Pengajaran, dan S3), Aktuaria (S2), Sains Komputasi (S2).
  • Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) terdiri dari Teknik Geologi (GL) (S1, S2, dan S3), Teknik Geodesi dan Geomatika (GD) - (S1, S2, dan S3), Meteorologi (ME) (S1), Oseanografi (OS) (S1), Teknik Air Tanah (S2), Sains Kebumian (S2 dan S3).
  • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) terdiri dari Teknik Pertambangan (TA) (S1, S2, dan S3), Teknik Perminyakan (TM) (S1, S2, dan S3), Teknik Geofisika (TG) (S1, S2, dan S3), Teknik Metalurgi (MG) (S1, S2, dan S3), Teknik Geothermal (S2).
  • Fakultas Teknologi Industri (FTI) terdiri dari Teknik Kimia (TK) (S1, S2, dan S3), Teknik Fisika (TF) (S1, S2, S2 Instrumentasi dan Kontrol, dan S3), Teknik Industri (TI) (S1, S2, dan S3), Manajemen Rekayasa Industri (MRI) (S1).
  • Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) terdiri dari Teknik Mesin (MS) (S1, S2, dan S3), Aeronotika dan Astronotika (AE) (S1, S2, dan S3), Teknik Material (MT) (S1, S2, dan S3).
  • Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) terdiri dari Seni Rupa (SR) (S1), Kriya (KR) (S1), Desain Komunikasi Visual (DKV) (S1), Desain Interior (DI) (S1), Desain Produk (DP) (S1), Program Magister Seni Rupa (S2), Program Magister Desain (S2), Program Doktor Ilmu Seni Rupa dan Desain (S3).
  • Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) terdiri dari Teknik Sipil (SI) (S1, S2, dan S3), Teknik Lingkungan (TL) (S1, S2, dan S3), Teknik Kelautan (KL) (S1, S2, dan S3).
  • Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) terdiri dari Teknik Elektro (EL) (S1, S2, dan S3), Informatika (IF) (S1, S2, dan S3), Teknik Tenaga Listrik (EP) (S1, S2, dan S3), Teknik Telekomunikasi (ET) (S1, S2, dan S3)3, Sistem dan Teknologi Informasi (II) (S1, S2, dan S3).
  • Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) terdiri dari Arsitektur (AR) (S1, S2, dan S3), Perencanaan Wilayah dan Kota (PL) (S1, S2, dan S3), Program Magister Studi Pembangunan (S2), Program Magister & Doktor Transportasi (S2, dan S3), Program Magister Studi Pertahanan (S2), Program Magister Rancang Kota (S2), Program Magister Perencanaan Kepariwisataan (S2).
  • Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) terdiri dari Manajemen (MB) (S1), Program Magister Sains Manajemen (S2), Program Magister Administrasi Bisnis (S2), Program Doktor Sains Manajemen (S3).
  • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) terdiri dari Biologi (BI) (S1, S2, dan S3), Mikrobiologi (BM) (S1), Rekayasa Hayati (BE) (S1), Rekayasa Pertanian (S1), Rekayasa Kehutanan (S1), Biomanajemen (S2), Bioteknologi (S2).
  • Sekolah Farmasi (SF) terdiri dari Sains dan Teknologi Farmasi (FA) (S1), Farmasi Klinis dan Komunitas (FK) (S1), Program Studi Profesi Apoteker, Program Pasca Sarjana Farmasi (S2 dan S3)

Dari beberapa Fakultas / Sekolah dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang menjadi minat anda. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru ITB tahun ini.

Pada tahun ini ITB membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mahasiswa Transfer, dan Bidikmisi. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

A. Pendaftaran SNMPTN ITB

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik yang unggul di Sekolah. Jalur ini diperuntukkan khusus untuk siswa-siswa yang berprestasi unggul.

Calon mahasiswa yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN ini, maka bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui alaman resmi SNMPTN yaitu www.snmptn.ac.id. Tata cara pendaftaran SNMPTN dan informasi lain seperti jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, dan lain sebagainya bisa anda baca pada artikel Cara Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN

B. Pendaftaran SBMPTN ITB

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur seleksi nasional yang seleksinya didasarkan pada ujian tertulis untuk semua calon mahasiswa, dan ada ujian tambahan berupa ujian keterampilan untuk calon mahasiswa yang memilih program studi seni atau olahraga.

Calon mahasiswa bisa memilih kelompok ujian, berupa kelompok ujian Saintek (IPA), Soshum (IPS), atau campuran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Untuk bisa mendaftar, maka Calon peserta diharuskan membayar biaya pendaftaran melalui Bank terlebih dahulu kemudian kan mendapatkan kode pendaftaran untuk login ke alamat pendaftaran SBMPTN yaitu pendaftaran.sbmptn.ac.id

Persyaratan, ketentuan, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan informasi lainnya berkaitan dengan Pendaftaran SBMPTN bisa anda baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran Online SBMPTN.

C. Pendaftaran Bidikmisi ITB

Bidikmisi merupakan pemberian biaya hidup dan biaya kuliah yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi, serta memiliki kemampuan akademik yang baik. Calon mahasiswa yang demikian mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi Bidikmisi.

Jika anda akan mendaftar Bidikmisi di ITB, maka alur pendaftarannya yaitu, calon mahasiswa harus mendaftar bidikmisi melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Sebelum mendaftar Bidikmisi, calon mahasiswa harus terlebih dahulu mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendaftar Bidikmisi, kemudian mendaftar jalur seleksi SNMPTN atau SBMPTN yang dibuka di ITB, atau bisa mengikuti bidikmisi jalur mandiri jika ITB membukanya.

Informasi selengkapnya mengenai Pendaftaran Bidikmisi seperti jadwal pelaksanaan, tata cara pendaftara, persyaratan pendaftaran, dan lain sebagainya bisa dilihat disini.

D. Pendaftaran Mahasiswa Transfer ITB

ITB membuka jalur pertukaran mahasiswa (student exchange program) untuk para mahasiswa dari Perguruan Tinggi yang telah mengadakan kerjasana dengan ITB yang ada di luar Negeri untuk melakukan studi di ITB sebagai mahasiswa pertukaran.

Program ini ditawarkan baik bagi mahasiswa dari Perguruan Tinggi mitra ITB di luar negeri yang ingin mengambil kredit di ITB (Credit Earning Program) maupun bagi mahasiswa dari Perguruan Tinggi mitra ITB di luar negeri yang hanya ingin mengikuti proses pembelajaran di ITB tanpa melakukan pengambilan kredit. Untuk infomasi lebih lanjut silahkan baca langsung di web resmi ITB

E. Pendaftaran Program Pascasarjana ITB

Pendaftaran program pascasarjana dilakukan secara online melalui website resmi Pascasarjana ITB. Untuk bisa mendaftar, maka calon mahasiswa harus memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran seperti nilai TOEFL, EILTS, dan lain-lain. Info lebih lanjut silahkan baca di http://usm.itb.ac.id

Penting ! Informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru ITB bisa dilihat juga melalui alamat resmi ITB yaitu usm.itb.ac.id. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi ITB. Untuk jadwal pelaksanaan USM ITB dapat anda lihat disini.
Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat bagi anda semua.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru ITB. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin. Ayo turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat,