Pendaftaran Maba UIN Sumatera Utara 2019/2020

www.uinsu.ac.id 2019 -- PMB UIN Sumatera Utara, Penerimaan Maba UIN Sumatera Utara, Pendaftaran Online Maba UIN Sumatera Utara, Pendaftaran Maba UIN Sumatera Utara, Seleksi Penerimaan Maba UIN Sumatera Utara, Pendaftaran Maba UIN Sumatera Utara, PPs UIN Sumatera Utara, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2021. 2022.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Maba UIN Sumatera Utara 2019/2020. Dengan adanya informasi ini semoga bisa menjadi arahan bagi anda dalam persiapan melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara atau disingkat UIN Sumatera Utara atau yang lebih singkat UIN SU merupakan salah satu Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri yang berada di Medan, Sumatera Utara, Indonesia.

Sebelum menjadi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, sebelumnya adalah Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara. Peresmian IAIN Sumatera Utara menjadi UIN Sumatera Utara dilaksanakan pada 18 Oktober 2014.

Fakultas dan program studi di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU), yaitu :

Program Studi Program Dilpoma III
  • Manajemen Perbankan dan Keuangan Syari’ah
Program Studi Program Sarjana UIN Sumatera Utara
  • Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Manajemen Dakwah, Al-Ahwal Al-Syakhsiyah (Hukum Perdata Keluarga), Perbandingan Hukum dan Mazhab, Jinayah Siyasah (Hukum Publik & Ketatanegaraan), Muamalat, Ekonomi Perbankan Syari’ah, Ekonomi Akuntansi Syari’ah, Ekonomi Manajemen Syari’ah, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Bimbingan Konseling Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Manajemen Pendidikan Islam, Aqidah Filsafat, Perbandingan Agama, Tafsir Hadits, dan Filsafat Politik Islam
Program Studi Progam Magister (S2)
  • Program Studi Strata 2 Kelas reguler terdiri atas program studi : Pemikiran Islam (PEMI), Pendidikan Islam (PEDI), Hukum Islam (HUKI), Komunikasi Islam (KOMI), Ekonomi Islam (EKNI), dan Islam dan Modernitas (IM).
  • Program Studi Strata 2 Kelas Khusus, terdiri atas Program Studi : Pengkajian Islam (PEKI), Pendidikan Islam Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam, dan Komunikasi Islam (KOMI).
Program Studi Program Doktor (S3)
  • Hukum Islam (HUKI), Pendidikan Islam (PEDI), Agama dan Filsafat Islam (AFI), Komunikasi Islam (KOMI).

Itulah beberapa Program Studi yang ada di UIN Sumatera Utara yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran mahasiswa baru UIN Sumatera Utara.

Pada tahun ini UIN Sumatera Utara kembali membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan Jalur mandiri / lokal. Penjelasan dari jalur-jalur tersebut diberikan berikut ini.

1. Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN Sumatera Utara

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi undangan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang ada di Indonesia seperti UIN, IAIN, dan STAIN. Salah satunya jalur masuk ke UIN Sumatera Utara.

Jalur SPAN-PTKIN ini diperuntukan hanya bagi siswa-siswi yang berprestasi unggul di sekolah yang dapat dilihat dari nilai rapornya dan prestasi lain yang relevan.

Calon peserta yang akan mendaftar jalur SPAN-PTKIN harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah, kemudian dapat mendaftar SPAN-PTKIN.

Pendaftaran Online SPAN-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.span-ptkin.ac.id. Informasi lain seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTKIN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTKIN se-Indonesia, dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN

2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sumatera Utara

Selain berpartisipasi dalam seleksi SPAN-PTKIN, UIN Sumatera Utara juga berpartisipasi dalam seleksi UM-PTKIN.

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi ujian tertulis untuk masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang ada di Indonesia seperti UIN, IAIN, dan STAIN.

Seleksi UM-PTKIN ini berkebalikan dengan seleksi pada SPAN-PTKIN. Seleksi pada jalur SPAN-PTKIN dilakukan tanpa ujian tertulis, sedangkan pada UM-PTKIN dilakukan melalui ujian tertulis.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online oleh calon peserta melalui alamat www.um-ptkin.ac.id. Informasi lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTKIN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTKIN se-Indonesia, dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Online UM-PTKIN

3. Pendaftaran SBMPTN UIN Sumatera Utara

Selain bisa mengikuti kedua jalur seleksi di atas, calon mahasiswa yang ingin kuliah di UIN Sumatera Utara juga bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id . Calon peserta mengakses alamat tersebut untuk melakukan pendaftaran.

Untuk panduan pendaftaran SBMPTN lengkap dapat anda baca pada artikel berikut :

4. Pendaftaran Jalur Mandiri UIN Sumatera Utara

Selain membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional di atas, UIN Sumatera Utara juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Jalur seleksi mandiri dikelola secara langsung oleh UIN Sumatera Utara. Jalur ini dapat juga disebut sebagai jalur alternatif terakhir untuk masuk ke UIN Sumatera Utara.

Bagi anda yang sebelumnya telah mengkuti seleksi SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN, namun pada saat pengumuman kelulusan dinyatakan tidak lulus seleksi, maka alternatif terakhir yang dapat anda lakukan untuk masuk ke UIN Sumatera Utara adalah mengikuti seleksi jalur mandiri.

Cara Pendaftaran Jalur Mandiri
  1. Buka alamat pendaftaran : http://siakad.iainsu.ac.id/pmb/form
  2. Pilih PMB Mandiri
  3. Kemudian isilah semua data pada formulir pendaftaran yang tersedia.
  4. Jika telah selesai mengisi formulir pendaftaran online tersebut, maka akan muncul nomor tagihan untuk pembayaran biaya pendaftaran di Bank Syariah Mandiri terdekat. Catat dan tunjukkan nomor tersebut saat membayar di Bank.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Lulus dari Satuan Pendidikan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren mu'adalah atau yang setara
  2. Lulusan tahun 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini. Lulusan tahun ini sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah / Madrasah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah/madrasah. Sedangkan lulusan tahun sebelumnya harus sudah memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK/ Pesantren Mu'adalah atau yang setara
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di UIN Sumatera Utara.
  4. Tidak buta wama bagi program studi tertentu.

Itulah informasi mengenai pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri UIN Sumatera Utara. Untuk informasi lain yang belum dimuat disini maka dapat dilihat langsung di website resmi UIN Sumatera Utara di www.uinsu.ac.id

5. Pendaftaran Bidikmisi UIN Sumatera Utara

UIN Sumatera Utara juga merupakan Universitas yang menyalurkan program Bidikmisi untuk calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu serta memiliki prestasi yang baik.

Calon peserta adalah mahasiswa semester I pada Prodi-Prodi Jenjang Strata 1 (S1) yang lulus melalui semua jalur PMB UIN SU tahun ini (SPAN dan UM PTKIN, SBMPTN dan UM Mandiri).

Dari jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UIN Sumatera Utara tersebut, silahkan anda pilih dan ikuti jalur yang diperkirakan memiliki peluang paling besar untuk diterima menjadi mahasiswa baru UIN Sumatera Utara.

Pendaftaran Bidikmisi UIN Sumatera Utara dilakukan secara online melalui alamat http://bidikmisi.uinsu.ac.id . Gunakan NIM anda dan Tanggal Lahir (misal 1986-06-19) untuk login lalu silahkan lengkapi biodata Anda, dan pastikan data diisi dengan benar.

Baca juga :

6. Pendaftaran Mahasiswa Baru Internasional UIN Sumatera Utara

UIN Sumatera Utara juga meneriman mahasiswa baru Internasional, beberapa Perguruan Tinggi diluar Negeri telah menjalin kerja sama dengan UIN Sumatera Utara yang tertuang dalam MoU. Mahasiswa baru dari Internasional juga mendapatkan kesempatan yang sama untuk menerima beasiswa dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Sumatera Utara, Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate, Indonesia; Phone: +6261-6622925; Fax. +6261-6615683

7. Pendaftaran Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana UIN Sumatera Utara, maka anda dapat melakukan pendaftaran dan mengikuti jalur seleksi yang dibuka untuk jenjang Pascasarjana.

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran Pascasarjana UIN Sumatera Utara dapat anda lihat langsung di website resmi Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UIN Sumatera Utara. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UIN Sumatera Utara.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Maba UIN Sumatera Utara. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda terutama yang akan kuliah di UIN Sumatera Utara.

Silahkan bantu bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan dengan cara klik tombol G+1 yang tersedia.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini yang selalu berkunjung setiap hari. Mari kita sama-sama berdoa semoga Allah SWT memberikan kemudahan untuk kita dalam menuju kesuksesan semua mungkin. Amin.