Pendaftaran Mahasiswa Baru UTU 2019/2020

www.utu.ac.id 2019 -- PMB UTU, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UTU, Pendaftaran Mahasiswa Baru UTU, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UTU, Registrasi Mahasiswa Baru UTU, Pendaftaran Online UTU, Penerimaan Online UTU, Jalur SNMPTN, SBMPTN, SPMB / UMB-PT, Bidikmisi, Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Teuku Umar (UTU), 2021. 2022.

Pada kesempatan ini, admin web akan memberikan informasi untuk anda tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UTU 2019/2020. Informasi ini disampaikan dengan tujuan dapat memberikan panduan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, ayo simak pembahasannya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Teuku Umar atau yang disingkat UTU adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, Indonesia.

Universitas Teuku Umar (UTU) didirikan pada 10 November 2006 sebagai Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP). Pada tanggal 1 April 2014, Universitas Teuku Umar (UTU) diresmikan sebagai Universitas Negeri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Teuku Umar (UTU), yaitu :
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian dan Program Studi Budidaya Pertanian.
  • Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik terdiri dari Program Studi Komunikasi, Ilmu Adminstrasi Negara, dan Ilmu Sosiologi
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan Teknik Industri
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat terdiri dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan terdiri dari Program Studi Perikanan

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UTU.

Pada tahun ini UTU kembali membuka penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SPMB (UMB-PT), dan Bidikmisi. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

A. Pendaftaran SNMPTN UTU

Universitas Teuku Umar (UTU) adalah salah satu PTN yang membuka penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN. Bagi anda yang ingin masuk ke UTU, maka bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN ini.

SNMPTN merupakan jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dilakukan tanpa ujian tertulis. Seleksinya didasarkan pada prestasi akademik yang dimiliki siswa serta prestasi lainnya yang relevan.

Peserta yang bisa mengikuti seleksi SBMPTN adalah siswa-siswa yang secara konsisten menunjukkan prestasinya disetiap semester mulai dari kelas X hingga kelas XII semester 1.

Peserta yang akan mendaftar SNMPTN harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Kepala Sekolah memberikan rekomendasi dengan mengisi data di pdss.snmptn.ac.id dan kemudian siswa juga melakukan verifikasi data di alamat tersebut. Setelah mendapatkan rekomendasi, peserta akan diberi username dan password untuk melakukan login pendaftaran ke alamat web.snmptn.ac.id


Informasi yang anda perlukan seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, daftar PTN se-Indonesia, serta keterangan lainnya bisa anda baca pada Pendaftaran Online SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN

B. Pendaftaran SBMPTN UTU

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruann Tinggi Negeri disebut juga sebagai jalur seleksi tertulis karena seleksi jalur SBMPTN dilakukan melalui ujian tertulis. Khusus untuk peserta yang memilih Progam Studi Olahraga atau Seni harus mengikuti seleksi tambahan berupa ujian keterampilan.

Calon peserta dapat melakukan pendaftaran melalui alamat www.sbmptn.ac.id. Peserta mengakses alamat tersebut untuk melakukan proses pendaftaran. Pada saat mengisi biodata anda dapat memilih UTU sebagai Universitas yang anda minati.

Informasi selengkapnya seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia serta keterangan lainnya yang berkaitan dengan SBMPTN dapat anda baca pada Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN

C. Pendaftaran UMB-PT UTU

UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi merupakan jalur seleksi nusantara untuk menyeleksi calon mahasiswa baru masuk ke Perguruan Tinggi yang tergabung dalam P-SPMBN. UMB-PT merupakan salah satu jalur masuk ke UTU.

Pendaftaran UMB-PT dilakukan secara online melalui alamat www.spmb.or.id. Semua informasi seperti tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, lokasi ujian, daftar PTN yang tergabung dalam UMB-PT, serta keterangan lainnya bisa anda dapatkan pada Pendaftaran Online SPMB atau Pendaftaran SPMB

D. Pendaftaran Bidikmisi UTU

Bidikmisi merupakan program pemberian biaya pendidikan dan biaya hidup yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu serta memiliki prestasi akademik yang baik. Calon mahasiswa yang demikian mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi program Bidikmisi.

Calon peserta yang akan mendaftar Bidikmisi harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, selanjutnya peserta akan mendapatkan kode akses untuk login pendaftaran Bidikmisi.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Informasi lainnya seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, serta keterangan lainnya yang berkaitan dengan Bidikmisi dapat anda baca pada Pendaftaran Online Bidikmisi atau Pendaftaran Bidikmisi

Itulah jalur-jalur seleksi masuk UTU yang bisa anda pilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UTU. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat dan bakat anda. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UTU

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UTU.  Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda. 

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru UTU. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses untuk kita semua.