Pendaftaran Maba UIN Ar-Raniry 2019/2020

pmb.ar-raniry.ac.id 2019 -- PMB UIN Ar-Raniry, Pendaftaran UIN Ar-Raniry Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Ar-Raniry, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Ar-Raniry, Pendaftaran Online UIN Ar-Raniry, Panduan Pendaftaran Maba UIN Ar-Raniry, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, SPMB Mandiri, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, UIN Ar-Raniry Aceh, 2021. 2022.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan menyampaikan sebuah informasi tentang Pendaftaran Maba UIN Ar-Raniry 2019/2020. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru UIN Ar-Raniry. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry atau UIN Ar-Raniry adalah salah satu Universitas Islam Negeri yang terletak di Banda Aceh, Aceh, Indonesia. Nama Ar-Raniry diambil dari nama seorang Ulama penasehat Kesultanan Aceh pada masa kepemimpinan Sultan Iskandar Tsani (Iskandar II).

Sebelum menjadi Universitas Islam Negeri, sebelumnya berstatus sebagai Institut Agama Islam Negeri yang resmi didirikan pada 5 Oktober 1963. Pada 5 Oktober 2013 genap berusia 50 tahun, Perguruan Tinggi Islam Negeri ini berubah nama dan status dari Institut Agama Islam Negeri Ar-Raniry menjadi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Kini UIN Ar-Raniry semakin berkembang pesat. Berbagai program pendidikan diselenggarakan oleh UIN Ar-Raniry, diantaranya program Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor.

Beberapa Fakultas dan Program Studi dari masing-masing program pendidikan yang telah diselenggarakan oleh UIN Ar-Raniry, yaitu sebagai berikut :
  • Fakultas Syariah dan Hukum terdiri dari program studi : S1 Hukum Keluarga, S1 Perbandingan Mazhab, S1 Hukum Pidana Islam, S1 Hukum Ekonomi Syariah, S1 Hukum Tata Negara, S1 Ilmu Hukum.
  • Fakultas Tarbiyah dan Keguruan terdiri dari program studi : S1 Pendidikan Agama Islam, S1 Pendidikan Bahasa Arab, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Manajemen Pendidikan Islam, S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Fisika, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Kimia, S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, S1 Pendidikan Teknik Elektro
  • Fakultas Ushuluddin dan Filsafat terdiri dari program studi : S1 Ilmu Aqidah, S1 Ilmu Perbandingan Agama, S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir, S1 Filsafat Agama, S1 Sosiologi Agama
  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi terdiri dari program studi : S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam, S1 Bimbingan dan Konseling Islam, S1 Manajemen Dakwah, S1 Pengembangan Masyarakat Islam
  • Fakultas Adab dan Humaniora terdiri dari program studi : S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam, S1 Bahasa dan Sastra Arab, S1 Ilmu Perpustakaan, D3 Ilmu Perpustakaan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terdiri dari program studi : D3 Perbankan Syariah, S1 Perbankan Syariah, S1 Ekonomi Syariah, S1 Ilmu Ekonomi
  • Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari program studi : S1 Kimia, S1 Biologi, S1 Arsitektur, S1 Teknik Lingkungan
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintah terdiri dari program studi : S1 Ilmu Politik, S1 Ilmu Administrasi Negara
  • Fakultas Psikologi terdiri dari program studi S1 Psikologi
  • Pascasarjana terdiri dari program studi : S2 Ilmu Agama Islam, S3 Fiqh Modern (Hukum Islam), S3 Pendidikan Agama Islam

Dari beberapa fakultas dan program studi yang ada di UIN Ar-Raniry yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati, untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UIN Ar-Raniry.

Anda dapat mendaftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi yang dibuka oleh UIN Ar-Raniry. Jalur-jalur seleksi yang dibuka diantaranya adalah jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan SPMB Mandiri. Penjelasan dari masing-masing di atas akan diberikan berikut ini.

1. Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN Ar-Raniry

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi undangan masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti UIN, IAIN, dan STAIN yang seleksinya dilakukan tanpa ujian tertulis.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat www.span-ptkin.ac.id. Informasi lebih lanjut dapat dibaca pada alamat tersebut atau pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN.

2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Ar-Raniry

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi ujian tertulis untuk masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti UIN, IAIN, dan STAIN.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat www.um-ptkin.ac.id. Untuk informas seperti tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, dan lain sebagainya dapat anda baca pada Pendaftaran Online UM-PTKIN.

3. Pendaftaran SPMB Mandiri UIN Ar-Raniry

SPMB Mandiri merupakan jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh UIN Ar-Raniry untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis.

Persyaratan pendaftaran jalur SPMB Mandiri
  • WNI atau WNA yang beragama Islam serta berkelakuan baik, tidak terlibat dalam perkara kriminal, dan bebas narkotika.
  • Memiliki Ijazah MAN/MAS, SLTA Umum/Kejuruan dan Pesantren/ Dayah Tingkat 'Aliyah
  • Jurusan Tadris/Pendidikan Biologi, Fisika, Kimia dan Matematika pada Fakultas Tarbiyah hanya dibuka untuk lulusan bidang IPA.
  • Khusus bagi yang memilih Fakultas Tarbiyah dan Program Diploma III Perbankan Fakultas Syari'ah harus memiliki tinggi badan minimal 150 cm bagi perempuan dan 155 cm bagi laki-laki, tidak cacat fisik dan tidak buta warna yang dapat mengganggu proses pendidikan nantinya. Bagi yang tidak mematuhi ketentuan ini, maka akan dinyatakan gugur sebagai mahasiswa UIN Ar-Raniry.
  • Bagi Calon Mahasiswa asal Luar Negeri (Malaysia, Thailand, dsb) harus memiliki Ijazah, Sertifikat Aliyah atau sederajat.

Setelah memenuhi persyaratan pendaftaran, selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran, namun terlebih dahulu harus membayar biaya pendaftaran di Bank Aceh untuk mendapatkan Nomor PIN dan Password yang dapat digunakan untuk login pendaftaran ke alamat http://pmb.ar-raniry.ac.id dan mengaktifkan menu REGISTRASI. Kemudian ikuti proses pendaftaran yang ada.

4. Pendaftaran Bidikmisi UIN Ar-Raniry

UIN Ar-Raniry merupakan salah satu Universitas yang menyalurkan dana bantuan untuk calon mahasiswa yang disebut dengan Bidikmisi. Peserta yang akan mendaftar Bidikmisi dapat melihat informasinya di web UIN Ar-Raniry yaitu ar-raniry.ac.id

Baca juga Bidikmisi PTN pada artikel Pendaftaran Online Bidikmisi atau Pendaftaran Bidikmisi

5. Pendaftaran Pascasarjana UIN Ar-Raniry

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana ataupun Diploma, UIN Ar-Raniry juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi yang berminat kuliah jenjang pascasarjana di UIN Ar-Raniry, silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi yang dibuka.

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran program Pascasarjana UIN Ar-Raniry dapat anda lihat di website resmi di alamat ar-raniry.ac.id

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Maba UIN Ar-Raniry. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda semua.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Terima kasih admin ucapkan kepada pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktunya untuk membaca disini. Sekian dari admin semoga  kita bisa menjadi orang yang sukses semuda mungkin. Amin.