Pendaftaran Mahasiswa Baru USU 2019/2020

www.usu.ac.id 2019 -- PMB USU, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru USU, Pendaftaran Mahasiswa Baru USU, Info Pendaftaran Mahasiswa Baru USU, Registrasi Mahasiswa Baru USU, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 USU, Pendaftaran Online USU, Penerimaan Online USU, Jalur SNMPTN, SBMPTN, UMB-PT, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Sumatera Utara. 2021. 2022.

Pada kesempatan yang bak ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru USU 2019/2020. Informasi ini disampaikan dengan tujuan dapat memberikan panduan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak pembahasannya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Sumatera Utara atau disingkat USU adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Kota Medan, Indonesia, tepatnya  di jl dr. T. Mansur No. 9 Kampus USU Medan 20155 Sumatera Utara. Selain USU, di kota medan terdapat Perguruan Tinggi lainnya yaitu UNIMED.

Universitas Sumatera Utara (USU) resmi didirikan pada 20 November 1957. Moto dari Universitas Sumatera Utara (USU) adalah "Toward Excellence as University for Industry" atau dalam bahasa Indonesia adalah Menuju Keunggulan sebagai Universitas untuk Industri.

Fakultas dan Program Studi di Universitas Sumatera Utara (USU) yaitu sebagai berikut :

Fakultas Kedokteran
  • Pendidikan Dokter, Biomedik, Ilmu Kedokteran Tropis, Ilmu Kedokteran, Ilmu Anastesi, Ilmu Bedah, Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan, Ilmu Kehakiman Kedokteran, Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Patologi Anatomi, Ilmu Patologi Klinik, Ilmu Pencintraan (Radiologi), Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Penyakit Jiwa, Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, Ilmu Penyakit Mata, Ilmu Penyakit Paru, Ilmu Penyakit Syaraf, dan Ilmu Penyakit T.H.T.
Fakultas Hukum
  • Ilmu Hukum, dan Kenotariatan
Fakultas Pertanian
  • Agribisnis, Agroekoteknologi, Ilmu Peternakan, Ilmu dan Teknologi Pangan, Kehutanan, Manajemen Sumberdaya Perairan, dan Ilmu Pertanian
Fakultas Teknik
  • Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil
Fakultas Ekonomi
  • Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Keuangan, dan Kesekretariatan.
Fakultas Kedokteran Gigi
  • Pendidikan Dokter Gigi, Ilmu Kedokteran Gigi, dan Ortodontik
Fakultas Sastra
  • Sastra Arab, Sastra Batak, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Melayu, Etnomusikologi, Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Ilmu Sejarah, Pariwisatan, Sastra Cina, Penciptaan dan Pengkajian Seni, dan Linguistik.
Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahui Alam (MIPA)
  • Biologi, Fisika, Fisika Instrumentasi, Kimia, Matematika, Statistik, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Metrologi
Ilmu-ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Antropologi Sosial, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Ilmu Administrasi Niaga, Sosiologi, Perpajakan, dan Studi Pembangunan.
Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas Psikologi
  • Psikologi
Fakultas Farmasi
  • Ilmu Farmasi, dan Analisis Farmasi
Fakultas Keperawatan
  • Pendidikan Keperawatan, Profesi NERS, dan Bidan Pendidik
Sekolah Pascasarjana
  • Magister Manajemen, Pengembangan Wilayah, dan Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di USU.

Pada tahun ini USU membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SPMB (UMB-PT), Jalur Mandiri dan Bidikmisi. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN USU

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan seleksi jalur undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya didasarkan pada prestasi siswa yang dilihat dari nilai rapor dan prestasi lain yang relevan.

Hany siswa-siswi terbaik dari masing-masing sekolah yang bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN ini. Untuk siswa-siswi lain yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN ini, maka nanti bisa mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur SBMPTN atau jalur mandiri USU.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui alamat website web.snmptn.ac.id. Peserta yang akan mendaftar harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah terlebih dahulu. Kepala Sekolah memberikan rekomendasi dengan mengisi data-data di pdss.snmptn.ac.id. Informasi pendaftaran bisa anda baca pada artikel Cara Pendaftaran SNMPTN

Informasi lainnya seperti persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal seleksi, jumlah pilihan program studi dan PTN, daftar PTN se-Indonesia, serta informasi lainnya bisa anda baca pada artikel Pendaftaran Online SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran SBMPTN USU

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis untuk semua peserta dan ada ujian tambahan berupa ujian keterampilan khusus untuk peserta yang memilih Progam Studi Olahraga atau Seni.

Siswa-siswi yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN, maka bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN. Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat website pendaftaran.sbmptn.ac.id

Informasi lain seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal seleksi, jumlah pilihan program studi dan PTN, daftar PTN se-Indonesia, serta informasi lainnya bisa anda baca melalui alamat di atas atau bisa juga pada Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN

3. Pendaftaran UMB-PT USU

UMB-PT adalah salah satu jalur seleksi yang diselenggarakan oleh P-SPMBN. UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi adalah jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh seluruh peserta.

Pendaftaran UMB-PT dilakukan melalui alamat website www.spmb.or.id. Informasi lain seperti tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, daftar PTN yang tergabung dalam UMB-PT, biaya seleksi, serta keterangan lainnya bisa anda baca pada Pendaftaran SPMB atau Pendaftaran Online SPMB.

4. Pendaftaran Bidikmisi USU

Bidikmisi adalah pemberian bantuan biaya hidup dan biaya kuliah yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga dengan penghasilan ekomoni rendah, namun calon mahasiswa tersebut memiliki kemampuan akademk yang baik. calon mahasiswa yang demikian mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi program Bidikmisi.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Peserta yang akan mendaftar harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Panduan selengkapnya mengenai Pendaftaran Bidikmisi seperti tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Bidikmisi atau Pendaftaran Online Bidikmisi

5. Pendaftaran Program Diloma USU

USU kembali membuka penerimaan mahasiswa baru untuk program Diploma. Penerimaan mahasiswa baru program diploma dilakukan melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (SPMPD) yang diselenggarakan oleh Universitas.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat spmpd.usu.ac.id . Informasi selengkapnya bisa anda baca melalui alamat tersebut.

6. Pendaftaran Program Ekstensi USU

USU kembali membuka penerimaan mahasiswa baru untuk program ekstensi. Program ekstensi yang dibuka hanya untuk beberapa Fakultas dan Program Studi saja. Informasi selengkapnya bisa anda baca pada http://usu.ac.id/id/article/13/program-ekstensi

7. Pendaftaran Mahasiswa Internasional USU

Pendaftaran Mahasiswa Internasional (International Student Admission) merupakan jalur seleksi yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berasal dari luar negeri yang ingin mengikuti seleksi di USU. Informasi selengkapnya tentang International Student Admission dapat dilihat pada : https://isa.usu.ac.id/

8. Pendaftaran Sekolah Pascasarjana USU

Pada tahun ini, USU kembali membuka penerimaan calon mahasiswa baru untuk Sekolah Pascasarjana USU. Pendaftaran dibuka untuk jalur mandiri dan jalur Kemenpora. Berikut persyaratan yang harus anda persiapkan.

Persyaratan Pendaftaran Jalur Mandiri
  1. Fotocopy KTP
  2. Legalisir Ijazah dan Transkrip S1
  3. Legalisir Ijazah dan Transkrip S1 dan S2 (bagi pendaftar S3)
  4. Mendaftar secara online pada Sekolah Pascasarjana USU dan membayar uang pendaftaransesuai ketentuan pada Bank yang ditunjuk.
  5. Melengkapi berkas sesuai ketentuan

Persyaratan Pendaftaran Jalur Kemenpora
  1. Lulus Sarjana S1 dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B dengan IPK minimal 2,75.
  2. Umur pada saat menerima Dukungan Peningkatan Kapasitas Pendidikan (beasiswa) Tenaga Kepemudaan maksimal 30 tahun
  3. Aktif di organisasi kepemudaan atau PNS dari instansi yang menangani kepemudaan baik tingkat pusat maupun tingkat daerah
  4. Mendaftar secara on-line pada Sekolah Pascasarjana USU dan membayar uang pendaftaran pada Bank yang ditunjuk. Tata cara pendaftaran dapat dilihat pada laman www.sps.usu.ac.id/pendaftaran
  5. Melengkapi berkas sesuai ketentuan

Tata Cara Pendaftaran
  1. Peserta mengakses alamat www.sps.usu.ac.id/pendaftaran
  2. Kemudian pilih menu pendaftaran program studi, klik "create"
  3. Akan muncul nomor tagihan / nomor ujian
  4. Cetak / print billing statement dan lakukan pembayaran di Bank yang telah ditunjuk
  5. Masukkan nomor tagihan / nomor ujian ke bs.sps.usu.ac.id
  6. Setelah membayar di Bank, login kembali ke situs pendaftaran untuk mengupload foto
  7. Klik menu pendaftaran program studi dan cetak "kartu ujian, surat rekomendasi, dan biodata diri"
  8. Silahkan mengikuti ujian.

Itulah rincian informasi pendaftaran mahasiswa baru USU. Informasi lain yang anda butuhkan silahkan anda baca melalui alamat website resmi Sekolah Pascasarjana USU melalui alamat sps.usu.ac.id dan untuk informasi jenjang Sarjana bisa dibaca pada www.usu.ac.id Untuk jadwal jalur mandiri bisa lihat disini.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi USU
Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru USU yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa memberikan pencerahan anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk USU dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru USU. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses dan mari bantu bagikan informasi ini pada teman lain yang membutuhkan.