Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSRI 2019/2020

www.unsri.ac.id 2019 -- PMB UNSRI, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSRI, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSRI, Pendaftaran D3/S1/S2/S3 UNSRI, Info Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSRI, Registrasi Mahasiswa Baru UNSRI, Pendaftaran Online UNSRI, Penerimaan Online UNSRI, Jalur SNMPTN, SBMPTN, USM, Bidikmisi, Universitas Sriwijaya, 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSRI 2019/2020. Informasi ini admin tujukan untuk anda yang berkeinginan untuk kuliah di UNSRI. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Sriwijaya atau yang dikenal dengan sebutan UNSRI adalah Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Sumatera Selatan. UNSRI memiliki 2 lokasi kampus, yaitu di Inderalaya, tepatnya di Jl. Raya Palembang - Prabumulih Km 32, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, dan kampus lainnya terletak di Bukit Besar Kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia.

Universitas Sriwijaya (UNSRI) didirikan pada 29 Oktober 1960. Moto dari Universitas Sriwijaya (UNSRI) adalah  "Ilmu Alat Pengabdian".

Fakultas dan Program Studi yang telah ada di Universitas Sriwijaya (UNSRI) baik untuk jenjang Diploma, Sarjana, Magister, ataupun Doktor dijelaskan selengkapnya berikut ini.
  • Fakultas Ekonomi (FE) terdiri dari Program Studi : Ekonomi Pembangunan (S1), Manajemen (S1), Akuntansi (S1), Akuntansi (D3), Kesekretariatan (D3)
  • Fakultas Hukum (FH) terdiri dari Program Studi : Ilmu Hukum (Kekhususan pada bidang Pidana, Perdata, Administrasi, Tata Negara, Internasional) (S1)
  • Fakultas Teknik (FT) terdiri dari Program Studi : Teknik Sipil (S1), Teknik Pertambangan (S1), Teknik Kimia (S1), Teknik Elektro (S1), Teknik Mesin (S1), Arsitektur (S1), dan Teknik Geologi (S1)
  • Fakultas Kedokteran (FK) terdiri dari Program Studi : Pendidikan Dokter (S1), Ilmu Keperawatan (S1), Kedokteran Gigi (S1), Psikologi (S1), Teknik Gigi (D3)
  • Fakultas Pertanian (FP) terdiri dari Program Studi : Agronomi (S1), Ilmu Tanah (S1), Penyuluhan Dan Komunikasi Pertanian (S1), Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis) (S1), Ilmu Hama Dan Penyakit Tumbuhan (S1), Teknik Hasil Pertanian (S1), Teknik Pertanian (S1), Peternakan (S1), Budidaya Perairan (S1), Teknologi Hasil Perikanan (S1), Agroekoteknologi (S1)
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terdiri dari Program Studi : Pendidikan Matematika (S1), Pendidikan Biologi (S1), Pendidikan Kimia (S1), Pendidikan Fisika (S1), Pendidikan Teknik Mesin (S1), Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (S1), Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (S1), Pendidikan Sejarah (S1), Bimbingan & Konseling (S1), Pendidikan Ekonomi (S1), Pendidikan Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia dan Daerah (S1), Pendidikan Bahasa Inggris (S1), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (S1), Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak (D2), Program Kependidikan Guru dalam Jabatan (S1), Pendidikan Luar Sekolah (S1), Pendidikan Geografi (S1)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terdiri dari Program Studi : Ilmu Administrasi Negara (S1), Sosiologi (S1), Ilmu Komunikasi (S1).
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)  terdiri dari Program Studi : Matematika (S1), Fisika (S1), Kimia (S1), Biologi (S1), Ilmu Kelautan (S1), Farmasi (S1), Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM), Teknik Informatika (S1), Teknik Informatika (Bilingual S1), Sistem Komputer (S1), Sistem Komputer (Profesional S1), Sistem Informasi (S1), Sistem Informasi (Bilingual S1), Sistem Informasi (Profesional S1), Teknik Komputer (D3), Manajemen Informatika (D3), Komputerisasi Akuntansi (D3), Teknik Komputer dan Jaringan (D3).
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) terdiri dari Program Studi : Ilmu Kesehatan Masyarakat (S1)
  • Program Magister (S2) terdiri dari Program Studi Magister : Ilmu Tanaman, Teknik informatika, Agribisnis, Ilmu Ekonomi, Ilmu Hukum, Pendidikan Bahasa, Teknik Kimia, Ilmu Biomedik, Teknik Sipil, Pengelolaan Lingkungan, Administrasi Publik, Pendidikan Matematika, Teknologi Pendidikan, Kependudukan, Ilmu Manajemen, Sosiologi, Teknik Mesin, Teknik Pertambangan, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fisika, Manajemen, Kenotariatan.
  • Program Double Degree S2 terdiri dari Program Studi : Double Master Degree Integrated Lowland Development And Management Planning (Dd-Ildm), Double Master Degree On Integrated Food Production And Management Planning (Dd-Ifp), Master of Management And Master of Business Administration
  • Program Doktor (S3) terdiri dari Program Studi Doktor : Ilmu Pertanian, Ilmu Lingkungan, Ilmu Hukum, Ilmu Ekonomi, Ilmu Manajemen, MIPA, Ilmu Teknik.
  • Program Studi Pendidikan Profesi terdiri dari Program Studi : Profesi Dokter (dr.), Profesi Dokter Gigi (drg.), Keperawatan (Ners.), Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)
  • Program Pendidikan Dokter Spesialis terdiri dari Program Studi : Ilmu Kesehatan Anak (SpA), Ilmu Bedah (SpB), Ilmu Penyakit Mata (SpM), Ilmu Penyakit Dalam (SpPD), Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan (SpOG), Ilmu Patologi Anatomi (SpPA), Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin (SpKK), Ilmu Penyakit Syaraf (SpPS), Ilmu Penyakit THT-KL (SpTHT-KL), Ilmu Anestesiologi dan Reanimasi (SpAn), Ilmu Penyakit Dalam Sp2 Konsultan Hematologi (SpPD-KHOM), Ilmu Penyakit Dalam Sp2 Konsultan Alergi (SpPD-KAI), Ilmu Penyakit Dalam Sp2 Konsultan Kardiovaskuler (SpPD-KKV)

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang menjadi minat anda. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNSRI.

Pada tahun ini UNSRI akan membuka penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Jalur nasional yang dibuka yaitu jalur SNMPTN dan jalur SBMPTN. Sedangka jalur mandiri yang dibuka dikenal dengan sebutan USM UNSRI.

Langsung saja kita membahas dari masing-masing jalur penerimaan calon mahasiswa baru UNSRI berikut ini.

A. Pendaftaran SNMPTN UNSRI

SNMPTN disebut juga jalur undangan, karena hanya siswa-siswi terbaik dari sekolah yang mendapatkan undangan yang bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN. Seleksi SNMPTN didasarkan pada nilai rapor siswa yang dilihat dari rapor kelas X semester 1 sampai kelas XII semester 1. Jadi penilaian nilai rapor selama 5 semester.

SNMPTN ini merupakan jalur yang paling favorit di UNSRI dalam melakukan penerimaan mahasiswa baru UNSRI. Jika nanti anda lulus seleksi SNMPTN, maka anda akan kuliah di kampus UNSRI Inderalaya.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui alamat website pendaftaran.snmptn.ac.id. Informasi selengkanya mengenai jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, da hal lainnya  bisa anda dapatkan pada artikel kami yang berjudul Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran SBMPTN UNSRI

SBMPTN adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis dan ditambah ujian keterampilan bagi calon mahasiswa yang memilih program studi seni dan olah raga.

Bagi anda yang sebelumnya tidak mendapatkan kesemapatan mengikuti seleksi SNMPTN, maka anda bisa mengikuti seleksi SBMPTN. Selain itu, bagi anda yang telah mengkuti seleksi SNMPTN tetapi dinyatakan tidak lulus seleksi, maka bisa juga mengikuti seleksi SBMPTN.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id. Informasi selengkapnya seperti tata cara pendaftaran, persyaratan, daftar PTN dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel kami yang berjudul Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN

3. Pendaftaran USM UNSRI

USM UNSRI atau Ujian Saringan Masuk UNSRI adalah jalur seleksi mandiri yang diadakan oleh panitia lokal dari UNSRI untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

USM UNSRI dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana UNSRI.

Alur Registrasi Online Jalur USM UNSRI
  1. Sebelum melakukan pendaftaran online, maka anda harus mengisi data slip pembayaran biaya pendaftaran di alamat usm.unsri.ac.id
  2. Kemudian cetak slip pembayaran tersebut lalu bawa ke BNI untuk melakukan pembayaran
  3. Setelah membayar, anda akan mendapatkan nomor pembayaran yang akan digunakan untuk login ke usm.unsri.ac.id
  4. Sebelum melakukan pengisian data pendaftaran online, anda diharuskan :
    • Menyiapkan Slip atau tanda bukti pembayaran.
    • Menyiapkan Fotokopi Ijazah/Surat Keterangan Lulus
    • Menyiapkan File pas foto berwarna (1 bulan terakhir), berformat JPG atau PNG berukuran maksimum 600 KB dengan resolusi minimum 200 x 300 pixels.
  5. Melakukan pendaftaran tahap selanjutnya di situs resmi USM UNSRI yaitu usm.unsri.ac.id dengan mengklik menu Pendaftaran USM.
  6. Lengkapi data registrasi secara online pada alamat tersebut. Jika sudah selesai, print out tanda bukti pendaftaran.
  7. Lengkapi persyaratan lainnya yang diminta.
  8. Mengikuti ujian seleksi sesuai jadwal
  9. Melihat pengumuman di usm.unsri.ac.id
  10. Jika telah lulus, lakukan registrasi ulang dengan melengkapi berkas-berkas yang ditentukan

Biaya Pendaftaran USM UNSRI
  • Untuk Kelompok Ujian SAINTEK dan SOSHUM (Dari SLTA Ke S1, Dari SLTA Ke Diploma, Dari Diploma ke S1) sebesar Rp. 350.000
  • Untuk Kelompok Ujian CAMPURAN (Dari SLTA Ke S1, Dari SLTA Ke Diploma) sebesar Rp. 450.000
  • Khusus peserta warga negara asing, biaya ujian Rp. 1.500.000.
  • Peserta ujian yang berminat memilih program studi S1 dan juga berminat memilih program studi Diploma (DIII) harus melakukan pembayaran biaya ujian masing-masing
  • Biaya pendaftaran USM Pascasarjana UNSRI :
    1. Kelompok I: Untuk 1 pilihan program studi S2 (Magister), sebesar Rp. 1.000.000 (Satu Juta Rupiah)
    2. Kelompok II: Untuk 2 pilihan program studi S2 (Magister), sebesar Rp. 1.500.000 (Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
    3. Kelompok III: Untuk 1 pilihan program studi S3 (Doktor) sebesar Rp. 1.500.000 (Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)

4. Pendaftaran Bidikmisi UNSRI

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup yang diberikan oleh Dikti kepada calon mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. UNSRI adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang menyelenggarakan Beasiswa Bidikmisi.

Pendaftaran Bidikmisi dapat dilakukan secara online melalui alamat website resmi Bidikmisi, yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Untuk bisa mendaftar, maka harus bisa memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran dan ketentuan lain yang telah ditetapkan oleh panitia.

Informasi tentang persyaratan pendaftaran Bidikmisi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan informasi lainnya bisa anda dapatkan pada artikel kami yang berjudul Pendaftaran Online Bidikmisi.

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNSRI. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi yang telah admin berikan di atas, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNSRI.

Baca juga : 

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSRI yang telah admin bahas bisa memberikan pencerahan untuk anda. 

Admin turut mendoakan semoga anda lulus dari salah satu jalur di atas. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sekian dari admin dan salam sukses. Ayo turut berbagi info ini pada teman lainnya.