Pendaftaran Mahasiswa Baru UNRI 2019/2020

www.unri.ac.id 2019 -- PMB UNRI, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNRI, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNRI, Registrasi Mahasiswa Baru UNRI, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / S1 / S2 / S3 UNRI, Pendaftaran Online UNRI, Penerimaan Online UNRI, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi, PPs UNRI, Universitas Riau (UNRI). 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UNRI 2019/2020. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Riau yang biasa disingkat UNRI atau UR adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di kota Pekanbaru yang kampusnya beralamatkan di Kampus Bina Widya, Jl. HR Subantas KM 12,5 , Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia.

Universitas Riau (UNRI) didirikan pada 25 September 1962. Pada mulanya Universitas Riau ini merupakan yayasan yang dibangun oleh masyarakat dan pemerintah daerah Riau. Universitas Riau sekarang menjadi salah satu universitas yang terkemuka di Indonesia.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Riau (UNRI), yaitu :

Fakultas dan Prodi jenjang Diploma dan Sarjana
  • Fakultas Kedokteran : S1 Pendidikan Dokter
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik : S1 Administrasi Negara, S1 Administrasi Niaga, S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Ilmu Hubungan Internasional, S1 Sosiologi, S1 Ilmu Komunikasi, D4 Pariwisata
  • Fakultas Teknik : S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Kimia, S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Lingkungan, S1 Teknik Arsitektur, S1 Teknik Informatika, D3 Teknik Sipil, D3 Teknik Kimia, D3 Teknik Mesin, D3 Teknik Elektro
  • Fakultas Hukum : S1 Ilmu Hukum
  • Fakultas Ekonomi : S1 Akuntansi, S1 Manajemen, S1 Ekonomi Pembangunan, D3 Akuntansi, D3 Perpajakan
  • Fakultas Pertanian : S1 Agroteknologi, S1 Agribisnis, S1 Teknologi Hasil Pertanian, S1 Kehutanan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam : S1 Matematika, S1 Fisika, S1 Kimia, S1 Biologi, S1 Sistem Informasi, D3 Manajemen Informatika, D3 Kimia Terapan.
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan : S1 Teknologi Hasil Perikanan, S1 Sosial Ekonomi Perikanan, S1 Manajemen Sumberdaya Perairan, S1 Budidaya Perairan, S1 Pemanfaatan Sumberdaya Perairan, S1 Ilmu Kelautan.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan : S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Fisika, S1 Pendidikan Kimia, S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Bahasa Indonesia, S1 Pendidikan Bahasa Jepang, S1 Pendidikan Ekonomi, S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 Pendidikan Sejarah, S1 Pendidikan Luar Sekolah, S1 Pendidikan Konseling, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S1 Pendidikan Anak Usia Dini, S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
  • Program Studi Ilmu Keperawatan : S1 Ilmu Keperawatan

Program Pascasarjana UNRI
  • S3 Ilmu Lingkungan, S2 Ilmu Lingkungan, Manajemen Strata Dua, Magister Sosiologi, Ilmu Administrasi, Ilmu Politik, Magister Akuntansi, Magister Kimia, Magister Manajemen Pendidikan, Magister Agribisnis, Magister Ilmu Pertanian, Magister Matematika, Magister Teknik Sipil, Magister Teknik Kimia, Magister Ilmu Kelautan, Magister Ilmu Hukum, Magister Fisika, Magister ILmu Ekonomi, Magister Pendidikan Ekonomi

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNRI

Pada tahun ini UNRI membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri, dan Bidikmisi. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

A. Pendaftaran SNMPTN UNRI 

SNMPTN merupakan jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dilakukan tanpa ujian tertulis. Seleksinya didasarkan pada prestasi akademik yang dimiliki siswa serta prestasi lainnya yang relevan. Prestasi akademik siswa dapat dilihat dari nilai rapor mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII semester 1.

Pendaftaran SNMPTN diawali dengan pengisian data di PDSS oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa di alamat pdss.snmptn.ac.id, Kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran SNMPTN secara online oleh siswa melalui alamat website web.snmptn.ac.id

Lakukan pendaftaran melalui alamat tersebut dengan mengisi biodata diri anda sesuai formulir pendaftaran yang tersedia. Saat memilih PTN, anda bisa memilih UNRI sebagai PTN pilihan utama yang anda minati.


Informasi lain yang anda butuhkan seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, biaya seleksi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada Pendaftaran Online SNMPTN.

B. Pendaftaran SBMPTN UNRI

SBMPTN disebut juga jalur alternatif, mengapa? Karena peserta yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNMPTN tetapi dinyatakan tidak lulus, maka bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN. 

Selain itu juga, bagi peserta yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur SNMPTN, maka bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN. Dengan demikian, maka SBMPTN bisa disebut sebagai jalur alternative masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Alur Pendaftaran SBMPTN :
  • Peserta melakukan pendaftaran tahap awal SBMPTN di pendaftaran.sbmptn.ac.id
  • Kemudian mencetak bukti pendaftaran awal
  • Membayar biaya seleksi di Bank BNI atau Mandiri dengan membawa bukti pendaftaran
  • Kembali mengakses alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id
  • Login menggunakan KAP dan PIN yang didapatkan dari Bank
  • Mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar.
  • Mencetak kartu peserta SBMPTN


Penjelasan lainnya seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, biaya seleksi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, secara lengkap dapat anda baca pada Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN

C. Pendaftaran Bidikmisi UNRI

Bidikmisi adalah sebuah program pemberian bantuan, yaitu bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu serta memiliki prestasi akademik yang baik. Dengan bantuan tersebut, diharapkan calon mahasiswa dapat mengikuti pandidikan dengan baik dan harus selesai dengan tepat waktu.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Peserta yang akan mendaftar harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan reomendasi, maka peserta akan diberi kode akses pendaftaran yang dapat digunakan untuk login pendaftaran Bidikmisi.

Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta ketentuan lainnya dapat anda baca pada artikel lainnya yang berjudul Pendaftaran Online Bidikmisi.

D. Pendaftaran PBUD / PBM UNRI

Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) / Penelurusan Bakat dan Minat (PBM) Universitas Riau merupakan jalur undangan lokal yaitu jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi seluruh lulusan SLTA (SMA/MA/SMK) yang ingin mendaftar di Universitas Riau dan mendapat undangan dari UNRI.

Alur Pendaftaran PBUD
  1. Kepala Sekolah mendaftarkan profil sekolah dan kepala sekolah di http://pbud.unri.ac.id/
  2. Kepala Sekolah mendaftarkan siswanya dan mengisi data prestasi akademik (nilai raport siswa)
  3. Kepala Sekolah mencetak nomor pendaftaran siswa dan memberikannya pada siswa
  4. Siswa melakukan pembayaran di BNI dengan menunjukkan nomor pendaftaran
  5. Pembayaran bisa dilakukan melalui : Teller, ATM, Internet Banking
  6. Siswa melengkapi biodata. Baca terlebih dahulu petunjuk pengisian data
  7. Siswa mencetak surat pernyataan 2 rankap dan serahka pada Kepala Sekolah
  8. Kepala Sekolah menyerahkan surat pernyataan siswa dengan surat pengantar ke BAAK Rektorat Lt. 1  Universitas Riau Kampus Bina Widya KM 12,5 Panan Pekanbaru

Informasi lainnya mengenai biaya pendaftaran, jadwal atau hal lain yang ingin anda ketahui dapat anda baca pada alamat : http://pbud.unri.ac.id/

E. Pendaftaran UM Mandiri UNRI 

UM Mandiri UNRI atau Ujian Masuk Mandiri Universitas Riau adalah jalur seleksi mandiri yang diadakan secara lokal oleh panitia seleksi dalam rangka menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana di Universitas Riau (UNRI).

Seleksi jalur UM Mandiri UNRI dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta. Persiapkan diri anda sebaik mungkin agar harapan anda untuk lulus seleksi bisa terwujudkan.

Jalur UM UNRI dibuka untuk menerima calon mahasiswa baru lulusan dari SLTA (SMA/MA/SMK) lanjut ke Diploma 3 atau Sarjana (S1), lulusan S1 lanjut ke S2, serta lulusan S2 lanjut ke S3 di Universitas Riau. Selain itu ada pula Program Tranfer dari D3 ke S1. 

Pendaftaran dilakukan melalui 3 tahap yaitu Tahap 1 untuk pengambilan Kode Bayar, Tahap 2 untuk Pembayaran biaya pendaftaran di  Bank dan Tahap 3 yaitu Pendaftaran Online oleh calon mahasiswa. Untuk informasi lainnya yang anda butuhkan dapat dibaca pada alamat : http://um.unri.ac.id/

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNRI Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNRI. Lihat juga info jadwal

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UNRI yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda. 

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk ke UNRI dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa UNRI. Ayo turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat.