Pendaftaran Mahasiswa Baru UNAND 2019/2020

www.unand.ac.id 2019 -- PMB UNAND, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNAND, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNAND, Registrasi Mahasiswa Baru UNAND, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / S1 / S2 / S3 UNAND, Pendaftaran Online Penerimaan Maba UNAND, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi, PPs UNAND, Universitas Negeri Andalas, 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UNAND 2019/2020. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Andalas atau yang disingkat UNAND adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Universitas Andalas (UNAND) ini merupakan Universitas tertua di luar Pulau Jawa.

Universitas Andalas (UNAND) telah didirikan pada tanggal 23 Desember 1955 yang di resmikan oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta. Moto dari Universitas Andalas (UNAND) adalah "Untuk Kedjajaan Bangsa".

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Andalas (UNAND), yaitu :
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum, Pendidikan Profesi Kenotariatan
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Agribisnis, Agroekoteknologi, ilmu tanah
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter Umum, Psikologi, Kebidanan
  • Fakultas MIPA terdiri dari Program Studi Kimia, Matematika, Fisika, Biologi
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, program DIII (Pemasaran, Akuntansi, Kesekretariatan & Manajemen Perkantoran, Keuangan Perbankan, Keuangan Negara & Daerah), Kampus II Payakumbuh (Manajemen, Ekonomi Pembangunan)
  • Fakultas Peternakan terdiri dari Program Studi Ilmu Peternakan, Ilmu Peternakan (Kampus III Dharmasraya)
  • Fakultas Ilmu Budaya terdiri dari Program Studi Ilmu Sejarah, Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Sastra Jepang, Sastra Minangkabau
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Lingkungan, Teknik Sipil
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Program Studi Ilmu Politik, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi
  • Fakultas Farmasi terdiri dari Program Studi Farmasi, Pendidikan Profesi Apoteker
  • Fakultas Teknologi Pertanian terdiri dari Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Teknik Pertanian 
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat terdiri dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Teknologi Informasi terdiri dari Program Studi Sistem Komputer, Sistem Informasi
  • Fakultas Keperawatan terdiri dari Program Studi Ilmu Keperawatan
  • Fakultas Kedokteran Gigi terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter Gigi

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNAND.

Pada tahun ini UNAND membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Kelas Bahasa Ingggri, dan Bidikmisi. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN UNAND

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah seleksi jalur undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang diperuntukkan bagi siswa-siswa yang berprestasi di Sekolah dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut pada setiap semester.

Untuk siswa-siswi lain yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalut SNMPTN ini, maka bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN atau jalur lainnya yang dibuka oleh UNAND.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui alamat website www.snmptn.ac.id. Informasi lain seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaaan, jumlah pilihan PTN dan program studi, daftar PTN se-Indonesia serta keterangan lainnya telah kami rangkum pada yang berjudul Pendaftaran Online SBMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN UNAND

SBMPTN merupakan pola penyeleksian calon mahasiswa baru yang dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta dan ada ujian tambahan berupa ujian keterampilan yang hanya diikuti oleh calon mahasiswa yang memilih program studi Seni atau Keolahragaan. Jadi, peserta yang memilih Program Studi Seni atau Keolahragaan harus mengikuti seleksi sebanyak dua kali.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat website pendaftaran.sbmptn.ac.id. Calon peserta harus mengakses alamat tersebut untuk melakukan proses pendaftaran tahap awal. Kemudian melakukan pembayaran biaya seleksi di Bank Mandiri atau BNI. Setelah membayar akan mendapatkan KAP dan PIN yang dapat digunakan untuk login ke alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id untuk melengkapi data pendaftaran.

Informasi lain seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaaan, jumlah pilihan PTN dan program studi, daftar PTN se-Indonesia serta keterangan lainnya telah kami rangkum pada artikel tersendiri. Silahkan kunjungi kami yang berjudul Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN ac id

3. Pendaftaran Bidikmisi UNAND

Bidikmisi adalah sebuah program pemberian biaya bantuan berupa biaya pendidikan dan biaya hidup untuk calon mahasiswa yang berasal dari kelurga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi serta calon mahasiswa tersebut memiliki kemampuan akademi yang baik. Calon mahasiswa yang demikian mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi program Bidikmisi.

Peserta yang akan mendaftar Bidikmisi harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, selanjutya peserta bisa melakukan proses pendaftaran online Bidikmisi melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Informasi lain seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta keterangan lainnya bisa anda baca pada artikel kami yang berjudul Pendaftaran Online Bidikmisi.

4. Pendaftaran KBI UNAND

KBI atau Kelas Bahasa Inggris adalah suatu kelas khusus yang dirancang sesuai kurikulum program regular namun proses pembelajaran dilakukan menggunakan bahasa Inggris kecuali untuk mata kuliah tertentu seperti Agama, Bahasa Indonesia, dan Kewarganegaraan (Pancasila).

Ada beberapa Program Studi yang membuka KBI, yaitu S1 Akuntansi, S1 Biologi, S1 Farmasi, S1 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, S1 Keperawatan, S1 Kimia, S1 Manajemen, S1 Teknik Industri, dan S1 Teknik Mesin.

Jika anda berminat untuk masuk ke Kelas Bahasa Inggris UNAND, silahkan daftarkan diri anda secara online melalui alamat http://umb.unand.ac.id/kbi dan dengan memenuhi beberapa persyaratan berikut.

Persyaratan Pendaftaran
  • Siswa lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini
  • Bagi siswa lulusan tahun lalu dan tahun sebelumnya harus sudah memiliki ijazah.
  • Bagi siswa lulusan tahun ini telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang- kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap yang sah.

Tata Cara Pendaftaran
  • Membayar Biaya pendaftaran melalui Bank Syariah Mandiri (BSM) dengan Menyebutkan Kelas Berbahasa Inggris (KBI) untuk mendapatkan username dan password
  • Pendaftaran dilakukan secara online di alamat http://umb.unand.ac.id/kbi gunakan Username dan Password yang didapat dari Bank Syariah Mandiri untuk Login.
  • Lakukan pengisian biodata diri secara lengkap dan benar
  • Jika telah selesai mengisi formulir, cetak bukti pendaftaran online
  • Bawa kartu peserta saat ujain berlangsung.

5. Pendaftaran Program Pascasarjana UNAND

Pendaftaran program pascasarjana UNAND kembali membuka penerimaan calon mahasiswa baru untuk program Doktor dan Magister. Seleksi penerimaan dilakuka melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua calon peserta.

Peserta diharuskan membayar biaya pendaftaran melalui Bank Syariah Mandiri, dengan menyebutkan pendafartaran Program Doktor atau Magistr UNAND. Proses pendaftaran online dilakukan melalui alamat http://umb.pasca.unand.ac.id/

Lakukan pengisian formulir pendaftaran melalui alamat tersebut. Data yang ada isi harus lengkap dan benar. Jika telah selesai mengisi formulir pendaftaran online, jangan lupa untuk mencetak kartu peserta ujian. Untuk infomasi lain yang anda butuhkan silahkan kunjungi alamat tersebut sambil membuka web ini.

Itulah jalur-jalur seleksi masuk UNAND. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat dan bakat anda. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNAND. lihat juga : jadwal jalur mandiri PTN


Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UNAND yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat bagi anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk UNAND dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru UNAND. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses.

Ayo turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.