Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIMED 2019/2020

www.unimed.ac.id 2019 -- PMB UNIMED, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIMED, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIMED, Registrasi Mahasiswa Baru UNIMED, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNIMED, Pendaftaran Online UNIMED, Penerimaan Maba UNIMED, Jalur SNMPTN, SBMPTN, UMB-PT, SPMB Mandiri, Bidikmisi, Universitas Negeri Medan. 2021. 2022.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIMED 2019/2020. Informasi ini diberikan dengan harapan bisa memandu kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Negeri Medan atau yang dikenal dengan nama UNIMED merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia, tepatnya berada di Jl. Pasar V Medan Estate, Kecamatan Medan Tembung. Universitas Negeri Medan (UNIMED) didirikan pada 23 Juni 1963.

Sebelum menjadi Universitas Negeri Medan (UNIMED), sebelumnya adalah sebuah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Medan. Moto dari Universitas Negeri Medan (UNIMED) adalah "The Character Building University".

Pada saat ini, Universitas Negeri Medan (UNIMED) telah memiliki beberapa Fakultas,yaitu sebagai berikut :
  • Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Ekonomi.
Sedangkan untuk Program Studi yang ada di Universitas Negeri Medan (UNIMED) jenjang Sarjana dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu sebagai berikut.

Program Studi Kelompok Saintek
  • Terdiri dari Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Teknik Bangunan, Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Teknik Elektro, Kimia, Biologi, Ilmu Keolahragaan, Matematika, Fisika, Pendidikan Teknik Otomotif

Program Studi Kelompok Soshum
  • Terdiri dari Program Studi Pendidikan Sejarah, Pend. Pancasila & Kewarganegaraan (PPKN), Pendidikan Geografi, Pend. Jasmani, Kesehatan & Rekreasi, Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKA), Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Akuntasi, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Tata Boga, Pendidikan Tata Rias, Pendidikan Antropologi, Pend. Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Bimbingan Dan Konseling, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Administrasi Perkantoran, Pendidikan Tata Niaga, Pendidikan Seni Tari, Pendidikan Seni Musik, Pendidikan Tata Busana.

Program Studi Kelompok Bahasa
  • Terdiri dari Program Studi Pend. Bahasa, Sastra Indonesia & Daerah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Perancis, Pendidikan Bahasa Jerman, Sastra Indonesia, dan Sastra Inggris.

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang menjadi pilihan anda. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNIMED.

Pada tahun ini, UNIMED membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SPMB Mandiri (UMB-PT), dan Bidikmisi. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

A. Pendaftaran SNMPTN UNIMED

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional yang diperuntukkan bagi siswa-siswi terbaik di Sekolah. Seleksi SNMPTN didasarkan pada prestasi siswa yang dilihat dari nilai rapor siswa dan prestasi lain yang relevan.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman www.snmptn.ac.id. Untuk bisa mendaftar, maka harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah terlebih dahulu. Kepala Sekolah memberikan rekomendasi dengan mengisi data siswa dan data sekolah di pdss.snmptn.ac.id

Informasi selengkapnya seperti tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, dan ketentuan lainnya bisa anda baca pada alamat website di atas atau bisa juga anda baca pada artikel kami yang berjudul Pendaftaran Online SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN.

B. Pendaftaran SBMPTN UNIMED

SBMPTN merupakan pola seleksi nasional yang diperuntukkan bagi calon peserta yang yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Calon peserta bukan hanya orang-orang yang pintar, orang-orang yang memiliki kemampuan sedang bahkan kurang pun bisa mengikuti seleksi SBMPTN.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat website resmi SBMPTN, yaitu www.sbmptn.ac.id. Informasi selengkap mengenai SBMPTN bisa anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN

C. Pendaftaran SPMB (UMB-PT) UNIMED

SPMB Mandiri adalah jalur seleksi yang dibuka untuk memberikan kesempatan untuk calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke UNIMED. UNIMED adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam UMB-PT. UMB-PT adalah bagian dari SPMB.

Pendaftaran UMB-PT dilakukan secara online melalui laman www.spmb.or.id. Tata cara pendaftaran lengkap, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat dilihat pada alamat tersebut atau membaca pada artikel kami yang berjudul Pendaftaran Online SPMB atau Pendaftaran SPMB 

D. Pendaftaran Bidikmisi UNIMED

Bidikmisi merupakan bantuan biaya kuliah dan biaya hidup yang diberikan oleh Dikti kepada calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu serta memiliki kemampuan akademik yang baik.

Untuk bisa mendaftar, maka terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Selanjutnya bisa melakukan proses pendaftaran di alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Ikuti proses pendaftaran sampai seleksi.

Informasi berupa tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, serta ketentuan lainnya bisa anda dapatkan pada artikel Pendaftaran Online Bidikmisi atau Pendaftaran Bidikmisi

E. Pendaftaran Program Pascasarjana UNIMED

Penerimaan calon mahasiswa baru UNIMED untuk program Pascasarjana dibuka untuk jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3). Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis. 

Persyaratan Pendaftaran Program Pascasarjana

Untuk Program Magister (S2)
  • Berkualifikasi Sarjana (S1) sesuai bidangnya, dengan IPK minimal 2,75 (skala 4).
  • Sehat Fisik dan mental
  • Lulus ujian Masuk
  • Mendapat ijin dari atasan (bagi yang sudah bekerja)
Untuk Program Doktor (S3)
  • Berkualifikasi magister (S2) sesuai dengan bidang studinya, dengan Indeks Prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,00 (skala 4)
  • Membuat rencana awal proposal disertasi dalam bahasa indonesia (minimal 8 halaman, kertas kuarto, font Times New Roman 12, 1 1/2 spasi) yang memuat latar belakang masalah, rumusan masalah, kajian teori, kerangka berpikir, dan metodologi penelitian.

Tata Cara Pendaftaran
  • Membayar biaya pendaftaran sesuai ketentuan
  • Calon mahasiswa akan mendapat kode KAP (Kode Akses Pendaftaran) dan PAP (Pin Akses Pendaftaran) yang tercetak pada bukti pembayaran yang diterima dari pihak BNI
  • Calon mahasiswa login laman http://pasca.unimed.ac.id , pilih menu pendaftaran, login menggunakan kode KAP dan PAP yang telah didapat sebelumnya
  • Calon mahasiswa melengkapi isian pendaftaran online
  • Mengunggah / upload foto berpakaian rapi (ukuran max 200kb, dan format jpg)
  • Mencatak kartu tanda ujian seleksi penerimaan yang berisi informasi pendaftaran pelamar, jadwal ujian, lokasi ujian, serta ruang ujian
  • Mengikuti ujian seleksi sesuai jadwal yang tertera

Informasi lainnya bisa anda lihat di langsung di web Pascasarjana UNIMED : pasca.unimed.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNIMED. Untuk jadwal jalur mandiri silahkan lihat disini

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIMED yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bisa memberikan panduan untuk anda yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru UNIMED. Terima kasih atas kesempatan yang anda luangkan untuk membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin. Mari turut berbagi info ini pada teman lainnya.