Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Malang 2019/2020

pmb.uin-malang.ac.id 2019 -- PMB UIN Malang, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Malang, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Malang, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UIN Malang, Pendaftaran Online UIN Malang, Jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. 2021. 2022.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Malang 2019/2020. Informasi ini ditujukan terutama bagi calon mahasiswa baru UIN Malang. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak pembahasannya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang atau dikenal dengan UIN Malang adalah sebuah Universitas Islam Negeri yang terletak di kota Malang tepatnya di Jl. Gajayana No. 50, Malang 65144, Indonesia.

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang berdiri berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 50 tanggal 21 Juni 2004. Moto dari Universitas Islam Negeri Malang (UIN-MALANG) adalah Bilingual University, Menciptakan Professional Yang Ulama' dan Ulama' yang Professional.

Fakultas dan Program Studi di UIN Malang, yaitu :
  • Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan terdiri dari : S-1 Pendidikan Agama Islam, S-1 Pendidikan IPS, S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), S-1 Pendidikan Bahasa Arab, S-1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, S-1, Manajemen Pendidikan Islam.
  • Fakultas Syariah terdiri dari : S-1 Hukum Keluarga Islam (al-Ahwal al-Syakhshiyyah), S-1 Hukum Bisnis Syariah, S-1 Hukum Tatanegara (Siyasah)
  • Fakultas Humaniora terdiri dari : S-1 Bahasa dan Sastra Arab, S-1 Bahasa dan Sastra Inggris
  • Fakultas Psikologi terdiri dari : S-1 Psikologi
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari : S-1 Manajemen, S-1 Akuntansi, S-1 Perbankan Syariah, D-III Perbankan Syariah.
  • Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari : S-1 Matematika, S-1 Biologi, S-1 Kimia, S-1 Fisika, S-1 Teknik Informatika, S-1 Teknik Arsitektur, S-1 Farmasi
  • Sekolah Pascasarjana terdiri dari : S-2 Manajemen Pendidikan Islam, S-2 Pendidikan Bahasa Arab , S-2 Studi Ilmu Agama Islam , S-2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, S-2 Pendidikan Agama Islam, S-2 Al-Ahwal al-Syakhsiyyah , S-2 Ekonomi Islam, S-3 Manajemen Pendidikan Islam, S-3 Pendidikan Bahasa Arab, S-3 Pendidikan Agama Islam Berbasis Studi Interdispliner

Itulah beberapa fakultas dan program studi yang ada di UIN Malang. Semoga dapat menambah pengetahuan anda terutama yang akan kuliah di UIN Malang.

Selanjutnya anda perlu mengetahui jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh UIN Malang dalam rangka penerimaan mahasiswa baru.

Pada tahun ini UIN Malang kembali membuka banyak sekali jalur penerimaan mahasiswa baru  jalur-jalur tersebut diantaranya adalah jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Bidikmisi, Mandiri Tertulis, Mandiri Prestasi, Mandiri Mahasiswa Luar Negeri, dan Program Beasiswa Santri Berprestasi.

Untuk mengetahui informasi selengkanya, langsung saja kita bahas jalur-jalur tersebut berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN UIN Malang

SNMPTN adalah jalur seleksi nasional yang merupakan jalur seleksi undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, salah satunya Maulana Malik Ibrahim Malang. Jalur SNMPTN diperuntukkan bagi siswa-siswa berprestasi dari masing-masing sekolah yang mendapatkan undangan dari panitia SNMPTN.

Pendaftaran SNMPTN dimulai dengan Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasi untuk para peserta SNMPTN dengan mengisi biodata sekolah dan biodata siswa di PDSS. Kemudian siswa akan diberikan Username da password untuk melakukan verifikasi data pendaftaran yang telah diisikan oleh Kepala Sekolah di PDSS di alamat pdss.snmptn.ac.id. Jika telah benar, selanjutnya melakukan pendaftaran SNMPTN di alamat web.snmptn.ac.id

Informasi lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN/PTKIN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN/PTKIN lain, dan lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Online SNMPTN.

2. Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN Malang

Seperti SNMPTN, SPAN-PTKIN juga merupakan jalur seleksi undangan hanya saja yang membedakan adalah jalur SPAN-PTKIN ini merupakan jalur undangan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia seperti UIN, IAIN, dan STAIN. Nah, salah satunya adlah Maulana Malik Ibrahim Malang ini.

Pendaftaran SPAN-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.span-ptkin.ac.id. Peserta yang akan mendaftar juga harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Informasi lebih lanjut mengenai SPAN-PTKIN dapat anda baca pada alamat di atas, atau pada artikel Pendaftaran Online SPAN-PTKIN

3. Pendaftaran SBMPTN UIN Malang

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi ujian tertulis  masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, salah satunya Maulana Malik Ibrahim Malang. Seleksi SBMPTN dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti leh semua peserta SBMPTN, dan untuk peserta yang memilih program studi keolehragaan atau seni harus mengikuti ujian keterampilan.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id. Silahkan mengakses alamat tersebut untuk melakukan pendaftaran. Pendaftaran SBMPTN ini diakukan sendiri oleh peserta tanpa melalui pihak sekolah.

Informasi panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya seleksi, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan keterangan lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN ac id

4. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Malang

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan jalur seleksi ujian tertulis untuk menjaring calon yang ingin masuk ke UIN, IAIN, atau STAIN di Indonesia. Salah satunya yaitu Maulana Malik Ibrahim Malang.

Pendaftaran UM-PTKIN juga dilakukan secara online melalui alamat www.um-ptkin.ac.id. Informasi lengkap mengenai UM-PTKIN silahkan akses alamat tersebut atau dapat langsung membaca pada artikel Pendaftaran Online UM-PTKIN.

5. Pendaftaran Bidikmisi UIN Malang

Bidikmisi adalah program pemberian biaya pendidikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu serta memiliki prestasi akademik yang baik. Calon mahasiswa yang demikian mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi program Bidikmisi.

Pendaftaran Bidikmisi dapat dilakukan secara online melalui alamat http://pmb.uin-malang.ac.id/bidikmisi. Silahkan akses alamat tersebut untuk melakukan pendaftaran dan memilij jenis Bidikmisi yang akan anda ikuti.

Untuk informasi Bidikmisi PTN silahkan baca di Pendaftaran Online Bidikmisi.

6. Pendaftaran Jalur Mandiri Ujian Tertulis UIN Malang

Ujian tertulis merupakan jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh Maulana Malik Ibrahim Malang dalam menyeleksi calon mahasiswa baru. Sesuai dengan namanya, bahwa jalur ini seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang bertempat di kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Lulus dari Satuan Pendidikan SMA / MA / SMK / MAK / Diniya Ulya (Mu’adalah) / Pendidikan Kesetaraan Paket C untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
    • Lulusan tahun kemaren dan tahun sebelumnya sudah harus memiliki ijazah dari satuan pendidikan yang bersangkutan.
    • Lulusan tahun ini sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah / Madrasah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah/madrasah.
  2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
  3. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.

Materi Tes
  • Tes Potensi Akademik, Tes Bidang Studi Prediktif, Tes Bidang Studi Dasar, Tes Wawasan Keislaman, Tes Bidang Studi IPA, Tes Bidang Studi IPS, Tes Bidang Studi IPC, Tes Baca Tulis Al-Qur’an.

Prosedur Pendaftaran
  1. Membayar biaya pendaftaran ke Bank yang ditunjuk (Bank Mandiri, BTN, BRI, BNI, Bank Syariah Mandiri)
  2. Mendapatkan bukti bayar yang terdapat UserID dan PIN dari bank.
  3. Mengisi formulir secara online di laman: http://pmb.uin-malang.ac.id/reguler/
  4. Setelah mengisi formulir secara lengkap, lalu cetak Kartu Peserta Ujian.

7. Pendaftaran Jalur Mandiri Prestasi UIN Malang

Jalur Mandiri Prestasi adalah jalur seleksi yang didasarkan pada prestasi akademik dan/atau non-akademik siswa yang berasal dari SMA / MA / SMK / MAK / Diniyah Ulya (Mu’adalah) tanpa ujian tertulis dan diselenggarakan secara mandiri di kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Termasuk dalam seleksi melalui jalur ini adalah siswa yang hafal al-Quran minimal 10 juz.

Persyaratan Umum
  1. Siswa kelas XII SMA / MA / SMK / MAK / Diniyah Ulya (Mu’adalah) untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
  3. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.

Persyaratan Khusus
  1. Prestasi Hafalan Al-Qur’an, disyaratkan memiliki prestasi berupa hafalan al-Qur’an minimal 10 juz.
  2. Prestasi Olahraga dan/atau Kesenian, disyaratkan memiliki prestasi sebagai juara I/II/III dalam kejuaraan olahraga dan/atau seni minimal di tingkat kabupaten.

Materi Tes
  • Tes Potensi Akademik, Tes Baca Tulis Al-Qur’an, dan Psikotes

Prosedur Pendaftaran 
  1. Membayar biaya pendaftaran ke Bank yang ditunjuk (Bank Mandiri, BTN, BRI, BNI, Bank Syariah Mandiri)
  2. Mendapatkan bukti bayar yang terdapat UserID dan PIN dari bank.
  3. Mengisi formulir secara online di laman: http://pmb.uin-malang.ac.id/prestasi
  4. Mencetak Kartu Peserta Ujian.

8. Pendaftaran Jalur Mandiri Mahasiswa Luar Negeri UIN Malang

Jalur mandiri mahasiswa luar negeri adalah jalur seleksi yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berasal dai luar negeri yang ingin masuk ke UIN Maliki Malang.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Lulus dari satuan pendidikan yang memperoleh legalisasi dari kedutaan besar negara bersangkutan dan/atau atase pendidikan.
  2. Memiliki passport yang masih berlaku dari negara bersangkutan.
  3. Mengikuti ujian tertulis, tes baca-tulis al-Qur’an, dan wawancara yang diselenggarakan oleh Panitia.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, seperti terbebas dari penyakit HIV / AIDS dan / atau Narkoba.

Info Pendaftaran
  • Pendaftaran dilakukan secara langsung ke kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
  • Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru melalui telepon 0341-551354 atau laman http://pmb.uin-malang.ac.id

9. Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi UIN Malang

Program Beasiswa Santri Berprestasi UIN Malang adalah program pemberian biaya bantuan kepada santri berprestasi yang telah lulus dari Madrasah Aliyah, SMA, SMK, Diniyah Ulya (Mu’adalah), atau Pendidikan Kesetaraan Paket C yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren untuk mengikuti program Pendidikan Tinggi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Seleksi dilaksanakan di 29 Kantor Wilayah Kementrian Agama RI. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di laman http://pondokpesantren.net

Itulah beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam rangka menyeleksi calon mahasiswa baru. Silahkan anda ikuti jalur seleksi yang anda inginkan.

Admin sarankan agar anda memilih jalur seleksi yang memberikan peluang lebih besar untuk diterima sebagai mahasiswa baru UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri bagi yang mengikuti jalur ujian tes tertulis serta berdoalah agar keinginan anda dapat terkabulkan.

Info !!! Baca disini : untuk informasi mengenai jadwal jalur mandiri

10. Pendaftaan Pascasarjana UIN Malang

Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan kejenjang Pascasarjana UIN Maliki Malang, silahkan daftarkan diri anda sesuai ketentuan yang berlaku.

Penerimaan mahasiswa baru Pascasarjana UIN Maliki Malang ini dilakukan setiap semester. Calon peserta yang ingin mendaftar harus memenuhi persyaratan berikut :

Persyaratan Pendaftaran

Persyaratan pendaftaran ini dibedakan untuk calon mahasiswa yang akan mengikuti jalur seleksi dan untuk calon mahasiswa jalur transfer atau pindahan.

Persyaratan Jalur seleksi Magister dan Doktor
  1. Mengisi formulir pendaftaran secara online
  2. Fotocopy ijazah dan transkrip Strata Satu (S-1) yang dilegalisir bagi calon mahasiswa program magister
  3. Fotocopy ijazah dan transkrip Strata Satu (S-1) dan Strata dua (S-2) yang dilegalisir bagi calon mahasiswa program doktor.
  4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00;
  5. Fotocopy TOEFL dengan skor min. 400 dan atau TOAFL dengan skor min. 400 (dapat menyusul).
  6. Pas foto berlatar belakang warna merah ukuran 3×4 cm sebanyak 4 lembar
  7. Usulan penelitian (proposal penelitian) sesuai dengan program studi yang dipilih
  8. Menyelesaikan administrasi biaya ujian seleksi.
  9. Mengisi surat pernyataan kesanggupan biaya pendidikan.
  10. Mengisi surat keterangan izin studi dari atasan bagi yang sudah bekerja.

Persyaratan Jalur transfer Magister dan Doktor
  1. Mengajukan surat pindah ke Direktur Pascasarjan UIN Maliki Malang, bermaterai Rp 6.000;
  2. Mengisi formulir pendaftaran secara online
  3. Fotocopy ijazah dan transkrip Strata Satu (S-1) yang dilegalisir bagi calon mahasiswa program magister
  4. Fotocopy ijazah dan transkrip Strata Satu (S-1) dan Strata dua (S-2) yang dilegalisir bagi calon mahasiswa program doktor.
  5. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00
  6. Fotocopy TOEFL dengan skor minimal 400 dan atau TOAFL dengan skor minimal 400 (dapat menyusul).
  7. Pas foto berlatar belakang warna merah ukuran 3×4 cm sebanyak 4 lembar
  8. Usulan penelitian (proposal penelitian) sesuai dengan program studi yang dipilih
  9. Mengisi surat pernyataan kesanggupan biaya pendidikan.
  10. Mengisi surat keterangan izin studi dari atasan bagi yang sudah bekerja.
  11. Menyelesaikan administrasi biaya ujian seleksi.
  12. Berasal dari PTN (Perguruan Tinggi Negeri) / PTAIN (Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri).
  13. PTN / PTAIN berakreditasi minimal B.
  14. Fotocopy KHS (Kartu Hasil Studi) minimal dua semester dengan IPK minimal 3,25.
  15. Surat Keterangan Pindah dari pimpinan Program Pascasarjana perguruan tinggi asal
  16. Mengikuti proses seleksi.

Informasi mengenai pendaftaran program pascasarjana UIN Maliki malang yang belum dimuat disini dapat anda baca langsung di alamat http://pasca.uin-malang.ac.id/

Itulah jalur-jalur seleksi masuk UIN Malang. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UIN Malang.

Baca juga :

Demikanlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Malang. Semoga informasi tersebut dapat menambah atau melengkap informasi yang telah anda miliki.

Ayo turut bagikan juga informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan dengan cara klik tombol G+ yang tersedia.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi masuk UIN Malang melalui jalur yang anda ikuti. Terima kasih admin sampaikan kepada pengunjung setia web ini, semoga kita semua selalu mendapatkan kesuksesan semuda mungkin. Amin.