Selamat Datang di web www.infoonline.web.id. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci di kolom search yang tersedia atau dapat mencarinya di sidebar bagian kanan. Kunjungi terus web infoonline.web.id untuk mendapatkan informasi-informasi yang anda butuhkan. Ayo turut berbagi informasi yang ada di web ini pada teman-teman lain yang membutuhkan. Sukai juga halaman web kami. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran TNI AD AL AU 2017-2018

rekrutmen-tni.mil.id 2017 -- Pendaftaran Perwira / Bintara / Tamtama TNI AD-AL-AU, Penerimaan Calon Prajurit Karier TNI AD-AL-AU, Rekrutmen Calon Anggota TNI AD-AL-AU, Pendaftaran AKMIL / AAL/ AAU, Pembukaan Pendaftaran Penerimaan Calon Anggota TNI AD-AL-AU, Pendaftaran Akademi TNI AD-AL-AU, Pendaftaran Calon Prajurit Karier TNI AD AL AU. 2019.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi untuk anda tentang Pendaftaran TNI AD AL AU 2017-2018. Informasi ini disampaikan dengan tujuan dapat memberikan panduan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

TNI atau Tentara Nasional Indonesia adalah angkatan perang yang dimiliki oleh negara Indonesia untuk menjaga keamanan diseluruh wilayah Indonesia, baik di wilayah darat, laut, dan udara.

Sebagai Angakatan perang Indonesia, TNI memilik visi dan misi yang harus diwujudkan, yaitu :

Visi TNI adalah terwujudnya Pertahanan Negara yang Tangguh.

Misi TNI adalah menjaga Kedaulatan dan Keutuhan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta Keselamatan Bangsa

Sejarah singkat TNI : sebelum bernama TNI, pada awal pembentukan bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada tanggal 5 Oktober 1945. Kemudian berganti nama menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) dan akhirnya berubah lagi namanya menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dimana nama tersebut digunakan hingga saat ini.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) terdiri dari tiga angkatan, yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara. TNI dipimpin oleh seorang Panglima TNI, sedangkan masing-masing angkatan dipimpin oleh seorang Kepala Staf Angkatan.

Sebagai Anggota TNI, maka wajib menjalankan tugas yang telah dibebankan kepada masing-masing anggota, baik anggota TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Berikut Penjelasan mengenai Tugas Pokok TNI.
  1. Tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.
  2. Tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan:
    • Operasi militer untuk perang
    • Operasi militer selain perang, yaitu untuk :
      • Mengatasi gerakan separatis bersenjata
      • Mengatasi pemberontakan bersenjata
      • Mengatasi aksi terorisme
      • Mengamankan wilayah perbatasan
      • Mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis
      • Melaksanakan tugas perdamaian dunia sesuai dengan kebijakan politik luar negeri
      • Mengamankan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya
      • Memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta
      • Membantu tugas pemerintahan di daerah
      • Membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam undang-undang
      • Membantu mengamankan tamu negara setingkat kepala negara dan perwakilan pemerintah asing yang sedang berada di Indonesia
      • Membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan
      • Membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue)
      • Membantu pemerintah dalam pengamanan pelayaran dan penerbangan terhadap pembajakan, perompakan dan penyelundupan.
  3. Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dilaksanakan berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara
Melihat tugas TNI yang begitu besar, maka Panglima TNI harus mampu mengaturnya dengan baik dengan memberikan instruksi kepada masing-masing Kepala Staf Angkatan.

Dalam rangka memenuhi jumlah personel TNI, maka TNI kembali membuka peneriman calon prajurit TNI yang akan ditugaskan menjaga keamanan diseluruh wilayah Indonesia. Penerimaan calon prajurit TNI dibuka untuk anggota TNI AD, TNI AL, dan TNI AU, baik untuk Perwira, Bintara, dan Tamtama TNI.

Penjelasan dari masing-masing Penerimaan calon prajurit TNI AD AL AU dijelaskan berikut ini.

1. Pendaftaran TNI AD

TNI AD atau Tentara Nasional Indonesia Angatan Darat adalah angkatan perang yang dimiliki oleh negara Indonesia yang bertanggung jawab dan beroperasi diwilayah Darat.

Kepangkatan pada TNI AD sama seperti pada TNI lainnya, yaitu terdiri dari Perwira, Bintara dan Tamtama. Perwira sebagai pangkat yang tertinggi dan Tamtama yang paling rendah, sedangkan Bintara di bawah Perwira dan di atas Tamtama.

Dalam rangka memenuhi jumlah pensonel TNI AD, maka TNI AD kembali membuka kesempatan bagi putra putri Indonesia untuk bergabung menjadi anggota TNI melalui seleksi penerimaan anggota baru.

Penerimaan anggota TNI AD terdiri dari penerimaan Perwira Prajurit Karier, Bintara Prajurit Karier , dan Tamtama Prajurit Karier. Berikut penjelasannya.

a. Penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI AD

Penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI AD dibuka untuk lulusan Diploma 3 (D3), lulusan Sarjana (S1) dan Sarjana Profesi (S1). Bagi anda yang memenuhi kualifikasi tersebut, silahkan daftarkan diri anda dengan melengkapi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan.

Penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI bukan hanya untuk TNI AD, tetapi untuk TNI AL dan TNI AU juga. Pelaksanaannya dilakukan secara bersamaan. Informasi lengkap dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Perwira Prajurit Karier TNI.

b. Penerimaan Bintara Prajurit Karier TNI AD

Penerimaan Bintara Prajurit Karier TNI AD dibuka untuk lulusan minimal SMA /MA / Sederajat. Bagi anda yang selama ini memiliki cita-cita menjadi anggota Bintara TNI AD, inilah kesempatan anda. Silahkan daftarkan diri anda sesuai ketentuan yang berlaku.

Informasi lengkap seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, lokasi pendaftaran ulang, jadwal pelaksanaan, dan keterangan lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran Bintara TNI AD.

c. Penerimaan Tamtama Prajurit Karier TNI AD

Penerimaan Tamtama Prajurit Karier TNI AD dibuka untuk lulusan paling rendah SLTP / Sederajat. Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda sesuai jadwal pendaftaran.

Keterangan lebih lanjut mengenai pendaftaran Tamtama Prajurit Karier TNI AD telah dibahas tersendiri pada artikel Pendaftaran Tamtama PK TNI AD. Silahkan kunjungi artikel tersebut sebagai pelengkap informasi anda.

d. Penerimaan Taruna TNI AD (AKMIL)

Selain menerima anggota Prajurit Kariet TNI seperti pada penjelasan di atas, TNI juga melakukan penerimaan untuk Taruna / Taruni TNI AD yang dididik melalui AKMIL. Penerimaan Taruna / Taruni AKMIL diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA jurusan IPA dan IPS.

AKMIL atau Akademi Militer adalah pendidikan yang diselenggarakan oleh TNI AD untuk mencetak Perwira TNI AD. AKMIL merupakan sekolah ikatan dinas yang biaya seleksi dan biaya pendidikannya ditanggung oleh Negara. Informasi lebih lengkap silahkan baca pada Pendaftaran Online AKMIL.

2. Pendaftaran TNI AL

TNI AL atau Tentara Nasional Indonesia Angatan Laut adalah angkatan perang yang dimiliki oleh negara Indonesia yang bertanggung jawab dan beroperasi diwilayah Laut.

Seperti pada kepangkatan TNI lainnya, kepangkatan pada TNI AL juga terdiri dari pangkat tertinggi sampai terndah yaitu Perwira, Bintara dan Tamtama.

TNI AL kembali memanggil putra putri Indonesia untuk bergabung menjadi anggota TNI AL. Untuk bisa bergabung, maka harus mengikuti serangkaian proses penerimaan yang dimulai dari pendaftaran, seleksi, mengikuti pendidikan, dan akhirnya ditugaskan di wilayah Indonesia.

Penerimaan anggota TNI AL dibuka untuk menerima calon Perwira, Bintara, dan Tamtama. Seleksi penerimaan masing-masing calon anggota dijelaskan berikut ini.

a. Penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI AL

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa penerimaan calon Perwira Prajurit Karier TNI bukan hanya untuk TNI AD saja, tetapi untuk TNI AL dan TNI AU juga.

Penerimaan ini dilaksanakan satu kesatuan secara serentak. Calon anggota bisa memilih sebagai calon Perwira Prajurit Karier TNI AD, TNI AL, atau TNI AU.

Penerimaan calon Perwira Prajurit Karier TNI diperuntukkan bagi lulusan minimal lulusan Diploma 3 (D3), lulusan Sarjana (S1) dan Sarjana Profesi (S1) dengan program studi sesuai kebutuhan TNI. Informasi lebih lengkap dapat anda baca pada Pendaftaran Perwira Prajurit Karier TNI.

b. Penerimaan Bintara Prajurit Karier TNI AL

Penerimaan Bintara Prajurit Karier TNI AL diperuntukkan bagi paling rendah lulusan SMA / MA / SMK / sederajat serta memenuhi persyaratan pendaftaran lainnya.

Bagi anda lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang setelah lulus sekolah ingin menjadi anggota Bintara TNI AL, silahkan daftarkan diri anda selama masa pendaftaran dibuka. Informasi lain seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal, serta keterangan lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran Bintara TNI AL.

c. Penerimaan Tamtama Prajurit Karier TNI AL

Bagi anda lulusan paling rendah SLTP / sederajat yang memiliki cita-cita ingin menjadi anggota TNI AL, maka anda bisa mendaftarkan diri menjadi calon Tamtama Prajurit Karier TNI AL.

Panduan cara mendaftar online, persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran, lokasi pendaftaran, dan lain-lain dapat anda baca pada Pendaftaran Tamtama PK TNI AL. Silahkan kunjungi artikel tersebut untuk melengkapi informasi anda.

d. Penerimaan Taruna Akademi TNI AL (AAL)

Selain melakukan penerimaan anggota baru seperti yang dijelaskan di atas, TNI AL juga menerima calon Taruna / Taruni Akademi TNI AL yang akan dididik di Akademi Angkatan Laut (AAL).

Penerimaan Akademi Angkatan Laut (AAL) diperuntukkan bagi lulusan SMA / MA / sederajat lainnya serta memenuhi persyaratan lainnya yang telah ditentukan oleh panitia.

Bagi anda yang memiliki cita-cita menjadi Perwira TNI AL, silahkan mengikuti pendidika di AAL karena setelah lulusan dari pendidikan AAL, maka akan langsung diangkat menjadi Perwira TNI Angkatan Laut. Informasi lain yang berkaitan dengan AAL dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Online AAL.

3. Pendaftaran TNI AU

TNI AU atau Tentara Nasional Indonesia Angatan Udara adalah angkatan perang yang dimiliki oleh negara Indonesia yang bertanggung jawab dan beroperasi diwilayah Darat.

Seperti pada kepangkatan TNI AD dan TNI AL, kepangkatan pada TNI AU juga terdiri dari Perwira, Bintara dan Tamtama. Pangkat tertinggi adalah Perwira, dan pangkat terendah adalah Tamtama, sedangkan Bintara adalah pangkat di bawah Perwira dan di atas Tamtama.

Dalam rangka memenuhi jumlah personel TNI AU, maka dibuka penerimaan calon anggota baru untuk menjadi anggota Perwira Prajurit Karier TNI AU, Bintara Prajurit Karier TNI AU, dan Tamtama Prajurit Karier TNI AU. Berikut penjelasannya.

a. Penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI AU

Seperti telah dijalaskan di atas bahwa Penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI dibuka untuk menerima calon anggota TNI AU, TNI AD, dan TNI AL yang penerimaannya dilakukan serentak.

Penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI diperuntukan bagi lulusan paling rendah Diploma 3 (D3), lulusan Sarjana (S1) dan Sarjana Profesi (S1). Bagi anda yang memenuhi kualifikasi tersebut dan berminat menjadi anggota Penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI, silahkan daftarkan diri anda.

Keterangan lainny yang berkaitan seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, lokasi pendaftaran, jadwal pendaftaran, dan lain sebagainya dapat anda baca pada Pendaftaran Perwira Prajurit Karier TNI.

b. Penerimaan Bintara Prajurit Karier TNI AU

Penerimaan Bintara Prajurit Karier TNI dibuka untuk menerima lulusan dari lulusan SMA/MA jurusan IPA, dan SMK jurusan tertentu.

Bagi anda yang lulusan SMA / MA /SMK yang berminat menjadi anggota Bintara Prajurit Karier TNI AU, silahkan mendaftarkan diri anda dengan melengkapi berkas pendaftaran yang diminta.

Persyaratan pendaftaran, cara pendaftaran, tempat pendaftaran ulang, biaya seleksi, jadwal pendaftaran, dan lain sebagai dapat anda baca pada Pendaftaran Bintara Prajurit Karier TNI AU.

c. Penerimaan Tamtama Prajurit Karier TNI AU

Penerimaan Tamtama Prajurit Karier TNI AU diperuntukkan bagi lulusan paling rendah SMP / sederajat serta memenuhi persyaratan lainnya.

Bagi anda lulusan SMP / Sederajat yang memiliki cita-cita menjadi anggota Tamtama TNI AU, maka anda dapat mengikuti seleksi penerimaan menjadi anggota Tamtama TNI AU.

Keterangan terkait penerimaan Tamtama Prajurit Karier TNI AU seperti persyaratan pendaftaran, cara pendaftaran online, tempat pendaftaran ulang, biaya seleksi, jadwal pendaftaran, dan keterangan lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Tamtama Prajurit Karier TNI AU.

d. Penerimaan Taruna Akademi TNI AU (AAU)

Selain menerima anggota seperi Perwira Prajurit Karier, Bintara Prajurit Karier, dan Tamtama Prajurit Karier, TNI AU juga menerima calon Taruna / Taruni Akademi TNI AU.

Penerimaan AAL atau Akademi Angkatan Laut diperuntukkan bagi lulusan SMA / MA Jurusan IPA. Silahkan daftarkan diri anda jika bisa memenuhi kualifikasi tersebut dan persyaratan pendaftaran lainnnya.

Informasi persyaratan pendaftaran, jadwal, lokasi pendaftaran, biaya seleksi, serta keterangan lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran Online AAU.


Selain melakukan penerimaaan calon Anggota baru yang telah disebutkan di atas, TNI juga melakukan penerimaan calon anggota baru seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Penerimaan Mahasiswa Beasiswa TNI

Penerimaan Mahasiswa Beasiswa TNI diperuntukkan bagi mahasiswa-mahasiswi terbaik dari Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta dengan Jurusan / Program Studi yang dibutuhkan untuk menjadi calon Perwira Prajurit Karier TNI yang cakap, profesional, bermoral, dan cinta tanah air.

Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda. Persyaratan pendaftaran, cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, status beasiswa, serta ketentuan lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran Mahasiswa Beasiswa TNI.

2. Penerimaan Perwira PSDP Penerbangan TNI

Penerimaan Perwira PSDP Penerbangan TNI diperuntukkan bagi lulusan paling rendah lulusan (SMA/MA) jurusan IPA. Jika anda berminat menjadi anggota  Perwira PSDP Penerbangan TNI, silahkan anda mendaftar dan kemudian mengikuti proses seleksi.

Informasi lainya seperti persyaratan pendaftaran, cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, lokasi pendaftaran, serta ketentuan lainnya yang berkaitan dapat anda baca Pendaftaran Perwira PSDP Penerbangan TNI.

3. Penerimaan Tenaga Kesehatan TNI

Penerimaan Tenaga Kesehatan TNI diperuntukkan bagi lulusan Sarjana Profesi, Sarjana, dan Diploma 3 dengan jurusan yang sesuai dengan kebutuhan.

Bagi anda yang memenuhi kualifikasi di atas dan berminat untuk menjadi tenaga kesehatan TNI, silahkan daftarkan diri anda. Informasi lebih lanjut silahkan baca selengkapnya pada artikel Pendaftaran Tenaga Kesehatan TNI

Dari beberapa penerimaan yang dibuka oleh TNI, mungkin anda tertarik pada salah satu penerimaan anggota baru TNI. Untuk itu, silahkan anda melakukan pendaftaran, kemudian mengikuti seleksi, dan mengikuti pendidikan, setelah lulus harus siap tempatkan seluruh wilayah Indonesia.

Untuk bisa lulus seleksi, tentunya anda harus melakukan berbagai persiapan, baik persiapan fisik, mental maupun kemampuan akademik. Dengan persiapan yang maksimal, semoga harapan anda untuk diterima menjadi anggota TNI dapat terwujudkan.

Silahkan Baca Juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tentang Pendaftaran TNI AD, TNI AL, TNI AU yang telah admin bahas dapat memberikan pencerahan dan bermanfaat untuk anda. Silahkan bagikan informasi ini dengan teman atau kerabat anda yang membutuhkan dengan cara klik tombol G+1 yang telah tersedia.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi dan diterima menjadi anggota TNI AD, TNI AL, atau TNI AU. Terima kasih atas waktu yang anda berikan untuk membaca artikel ini, semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin.