Pendaftaran Taruna Taruni Akademi TNI 2019-2020

rekrutmen-tni.mil.id 2019 -- Pendaftaran Taruna Taruni Akademi TNI AD-AL-AU, Pendaftaran Akmil, Pendaftaran AAU, Pendaftaran AAL, Penerimaan Taruna Taruni Akademi TNI AD-AL-AU, Rekrutmen Calon Taruna Taruni Akademi TNI AD-AL-AU, Persyaratan / Cara / Jadwal Pendaftaran Penerimaan Taruna / Taruni Akademi TNI AD-AL-AU,  Tentara Nasional Indonesia. 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Taruna Taruni Akademi TNI 2019-2020. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Akademi TNI atau Akademi Tentara Nasional Indonesia merupakan integrasi dari tiga angkatan perang di Tentara Nasional Indonesia (TNI), yaitu Akademi Angkatan Darat (AAD) atau Akademi Militer (Akmil) di Magelang, Akademi Angkatan Laut (AAL) di Surabaya, dan Akademi Angkatan Udara (AAU) di Yogyakarta. Pembinaan dan pengelolaan ketiganya dilaksanakan oleh Komandan Jenderal Akademi TNI.

Awal didirikannya Akademi TNI ini dimulai pada 16 Desember 1965, pada saat itu bernama organisasi lembaga pendidikan Akabri. Moto Akademi TNI yaitu "Bhineka Eka Bhakti".

Beberapa Program studi pada Akademi TNI yang telah diselenggarakan disesuaikan dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Akademi Militer / Akmil (Berdasarkan pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor: 245/D/O/2010 tanggal 29 Desember 2010):
  • Manajemen Pertahanan jenjang program Diploma IV (D IV)
  • Teknik Mesin Pertahanan jenjang program Diploma IV (D IV)
  • Teknik Sipil Pertahanan jenjang program Diploma IV (D IV)
  • Teknik Elektronika Pertahanan jenjang program Diploma IV (D IV)
  • Administrasi Pertahanan jenjang program Diploma IV (D IV)

2. Akademi Angkatan Laut / AAL (Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor: 244/D/O/2010 tanggal 29 Desember 2010):
  • Manajemen Pertahanan Matra Laut jenjang program Diploma IV (D IV)
  • Manajemen Pertahanan Matra Laut Aspek Darat jenjang program Diploma IV (D IV)
  • Manajemen Logistik dan Keuangan Matra Laut jenjang program Diploma IV (D IV)
  • Teknik Mesin Kapal Perang jenjang program Diploma IV (D IV)
  • Teknik Elektronika Kapal Perang jenjang program Diploma IV (D IV)

3. Akademi Angkatan Udara / AAU (Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor: 246/D/O/2010 tanggal 29 Desember 2010):
  • Teknik Aeronautika Pertahanan Jenjang program Diploma IV (D IV)
  • Teknik Elektronika Pertahanan Jenjang program Diploma IV (D IV)
  • Teknik Manajemen Industri Pertahanan Jenjang program Diploma IV (D IV)

Dalam rangka penerimaan calon Taruna Taruni Akademi TNI, Komandan Jenderal Akademi TNI membuka kesempatan bagi putra putri Indonesia untuk mengikuti seleksi masuk Taruna Taruni Akademi TNI.

Seleksi dilakukan secara terpisah untuk masing-masing Akademi TNI. Berikut uraian selengkapnya.

1. Pendaftaran Taruna Taruni AKMIL

AKMIL atau Akademik Militer adalah Akademi yang diselenggarakan oleh TNI AD untuk mencetak Perwira TNI Angkatan Darat. Calon Taruna Taruni Akademi Militer (AKMIL) merupakan lulusan SMA atau MA program IPA.

Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda secara online melalui alamat rekrutmen-tni.mil.id. Semua informasi pendaftaran seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran, tempat pendaftaran, dan hal lain yang berkaitan bisa anda baca pada artikel Pendaftaran Online AKMIL.

2. Pendaftaran Taruna Taruni AAL

AAL atau Akademik Militer adalah Akademi yang diselenggarakan oleh TNI AL untuk mencetak Perwira TNI Angkatan Laut. Calon Taruna Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) merupakan lulusan SMA atau MA program IPA.

Pendaftaran calon Taruna / Taruni AAL dilakukan melalui alamat rekrutmen-tni.mil.id. Informasi lengkap seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal pendaftaran, tempat pendaftaran, serta keterangan lain yang berkaitan dengan AAL bisa anda baca pada Pendaftaran Online AAL.

3. Pendaftaran Taruna Taruni AAU

AAU atau Akademik Militer adalah Akademi yang diselenggarakan oleh TNI AU untuk mencetak Perwira TNI Angkatan Udara. Calon Taruna Taruni Akademi Angkatan Laut (AAU) merupakan lulusan SMA atau MA program IPA.

Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda melalui alamat berikut : rekrutmen-tni.mil.id. Ikuti proses pendaftaran yang ada pada alamat tersebut. Jika anda membutuhkan panduan dalam melakukan pendaftaran, maka admin akan memberikannya. Silahkan kunjungi artikel kami yang berjudul Pendaftaran Online AAU. Pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal pendaftaran dan lain sebagainya.

Biaya Seleksi dan Biaya Pendidikan Akademi TNI

Biaya seleksi masuk ke Akademi TNI, baik Akmil, AAL, maupun AAU adalah gratis karena biaya seleksi telah ditanggung oleh pemerintah. Untuk itu panitia seleksi tidak akan memungut biaya dalam bentuk apapun. Jika ada oknum yang meminta sejumlah uang, maka anda bisa melaporkannya kepada panitia.

Peserta yang telah dinyatakan berbagai ujian seleksi yang diberikan oleh panitia, selanjutnya akan mengikuti pendidikan di masing-masing Akademi TNI dalam waktu yang telah ditentukan.

Selain biaya seleksi yang gratis, biaya pendidikan pun gratis karena Pendidikan di Akademi TNI adalah pendidikan ikatan dinas. Dengan kata lain bahwa pendidikan ikatan dinas adalah pendidikan yang dibiayai oleh Negara.

Silahkan Baca Juga : 

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Taruna Taruni Akademi TNI yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat bagi anda.

Silahkan bagikan juga informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan. Caranya tekan tombol G+1 yang tersedia.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi dan nantinya bisa diterima menjadi Taruna Taruni Akademi TNI. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses/