Selamat Datang di web www.infoonline.web.id. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci di kolom search yang tersedia atau dapat mencarinya di sidebar bagian kanan. Kunjungi terus web infoonline.web.id untuk mendapatkan informasi-informasi yang anda butuhkan. Ayo turut berbagi informasi yang ada di web ini pada teman-teman lain yang membutuhkan. Sukai juga halaman web kami. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran Online TNI AD 2017-2018

ad.rekrutmen-tni.mil.id 2017 - Pendaftaran TNI AD, Rekrutmen TNI AD, Pembukaan TNI AD, Penerimaan TNI AD, Panduan Pendaftaran Online TNI AD, Pendaftaran Akmil / Bintara / Tamtama Perwira TNI AD, Syarat dan Cara Pendaftaran Online TNI AD, Penerimaan TNI AD, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat, TNI Angkatan Darat. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini, admin web akan memberikan informasi untuk anda tentang Pendaftaran Online TNI AD 2017-2018. Informasi ini disampaikan sebagai pelangkap informasi sebelumnya tentang Pendaftaran Online TNI. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak pembahasannya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

TNI atau Tentara Nasional Indonesia adalah Pasukan keamanan negara yang ditugaskan untuk menjaga seluruh wilayah kesatuan negera republik Indonesia. Tentara Nasional Indonesia (TNI) terdiri dari tiga angkatan bersenjata, yaitu TNI Angkatan Darat (TNI AD), TNI Angkatan Laut (TNI AL), dan TNI Angkatan Udara (TNI AU). Dari 3 angkatan yang telah disebutkan tersebut, yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah TNI Angkatan Darat (TNI AD).

TNI AD atau yang memiliki kepanjangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat adalah Pasukan khusus yang ditugaskan untuk menjaga keamanan wilayah darat dari Negara Republik Indonesia. TNI Angkatan Darat dibentuk pada tanggal 5 Oktober 1945

TNI Angkatan Darat dipimpin oleh seorang Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) yang merupakan pimpinan tertinggi di Markas Besar Angkatan Darat (MABESAD).

Komando utama (kotama) tempur TNI-AD terdiri dari 2 yaitu Kostrad, dan Kopassus. Di wilayah TNI-AD memiliki 13 Komando Daerah Militer, 44 Komando Resort Militer yang masing-masing wilayah memiliki satuan tempur tersendiri.

Selain komando utama tempur, TNI AD juga memiliki komando utama pendidikan yang mendidik para perwira dan calon perwira di Akademi Militer, Secapa, Seskoad dan komando utama pengembangan dan doktrin yaitu Kodiklat.

Untuk Kepangkatan TNI AD, sama seperti pada kepangkatan TNI lainnya, kepangkatan pada TNI AD terdiri dari Perwira, Bintara dan Tamtama.

Pada tahun ini TNI AD membuka penerimaan calon Bintara (CABA), calon Tamtama (CATAM), dan calon Perwira (CAPA). Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak pembahasannya berikut ini.

1. Pendaftaran Calon Perwira (CAPA) TNI AD

Calon Perwira atau disingkat CAPA adalah bagian dari Kepangkatan TNI AD. Perwira TNI AD merupakan pangkat tertinggi di kepangkatan TNI AD.

Perlu diketahui bahwa penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI bukan hanya diperuntukkan untuk TNI AD saja, tetapi juga untuk TNI AL dan TNI AU.

Penerimaan Perwira calon Perwira Prajurit Karier TNI diperuntukkan bagi lulusa Diploma 3 (d3) atau lulusan Sarjana (S1). Untuk bisa menjadi anggota calon Perwira Prajurit Karier TNI, maka anda harus melakukan pendaftaran dengan memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan. Kemudian mengikuti serangkaian proses seleksi yang terdiri dari seleksi Administrasi, Kesehatan badan calon Prajurit TNI, Kesamaptaan jasmani, renang dan postur, Psikologi, Mental Ideologi; dan Pantukhir.

Pendaftaran Perwira Prajurit Karier TNI dapat dilakukan secara online melalui ad.rekrutmen-tni.mil.id atau bisa mendaftar secara langsung ke tempat pendaftaran dengan membawa persyaratan lengkap berupa dokumen asli dan foto copy.

Informasi mengenai pendaftaran Perwira Prajurit Karier TNI selengkapnya seperti persyaratan, tata cara pendaftaran online lokasi pendaftaran langsung, serta jadwal penerimaan bisa anda baca pada artikel kami Pendaftaran Perwira Prajurit Karier TNI.

2. Pendaftaran Calon Bintara (CABA) TNI AD

Calon Bintara atau disingkat CABA adalah bagian dari Kepangkatan TNI AD. Bintara TNI AD merupakan pangkat bawah Perwira dan di atas Tamtama di kepangkatan TNI AD.

Sebuah kabar baik untuk lulusan SMA/MA/SMK bahwa penerimaan Calon Bintara diperuntukan bagi lulusan SMA/MA/SMK. Anda yang berminat untuk menjadi anggota Bintara TNI AD silahkan mendaftarkan diri secara online melalui ad.rekrutmen-tni.mil.id atau juga bisa secara mendaftar secara langsung di lokasi yang telah ditentukan.

Setiap calon Bintara harus mengikuti pemeriksaan / pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi : administrasi, kesehatan, jasmani, mental ideologi, psikologi dan akademik. Bagi yang lulus dari serangkaian seleksi tersebut, maka kemudian mengikuti pendidikan pertama.

Informasi lengkap lainnya mengenai pendaftaran Bintara TNI AD seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran online, lokasi pendaftaran langsung, jadwal penerimaan, serta keterangan lainnya bisa anda baca pada Pendaftaran Calon Bintara TNI AD.

3. Pendaftaran Calon Tamtama (CATAM) TNI AD

Calon Tamtama atau disingkat CATAM adalah bagian dari Kepangkatan TNI AD. Tamtama TNI AD merupakan pangkat paling bawah di kepangkatan TNI AD.

Penerimaan calon Tamtama TNI AD dibuka untuk lulusan SMP/Tsanawiyah/sederajat untuk bisa diterima menjadi Tamtama Prajurit Karier TNI AD. Setiap Calon Tamtama harus mengikuti pemeriksaan / pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi pemeriksaan / pengujian Administrasi, Kesehatan, Jasmani, Wawancara, dan Psikologi. Apabila lulus dari beberapa pemeriksaan / pengujian tersebut, maka nantinya akan mengikuti pendidikan selama waktu yang telah ditentukan.

Bagi Anda yang berminat untuk menjadi anggota Tamtama TNI AD, silahkan mendaftarkan diri secara online melalui alamat ad.rekrutmen-tni.mil.id atau juga bisa secara langsung di tempat atau lokasi pendaftaran yang telah ditentukan.

Informasi lainnya seperti tata cara pendaftaran online, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, lokasi pendaftaran, serta keterangan lainnya bisa anda baca pada alamat di atas, atau pada artikel kami yang berjudul Pendaftaran Tamtama TNI AD.


Selain dari  ketiga informasi di atas, ada pula informasi mengenai AKMIL yang merupakan akademik yang diselenggarakan oleh TNI AD. Berikut informasinya.

4. Pendaftaran Online Akmil

Akmil atau yang memiliki kepanjangan Akademi Militer adalah sekolah pendidikan TNI Angkatan Darat yang merupakan sekolah ikatan dinas yang dibiayai oleh negara yang lokasi kampusnya terletak di Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Akademi Militer (Akmil) mencetak Perwira TNI Angkatan Darat.

Jika ada berminat sekolah di Akademi Militer, silahkan daftarkan diri anda dengan mengisi formulir pendaftaran secara online melalui ad.rekrutmen-tni.mil.id atau juga bisa mendaftar secara langsung di tempat pendaftaran yang telah ditentukan.

Bagi anda lulusan SMA atau MA, maka anda memiliki kesempatan untuk mendaftarkan diri menjadi calon Taruna / Taruni Akmil. Setelah lulus seleksi, selanjutya anda mengikuti pendidikan Akmil yang ditempuh selama 4 tahun dan setelah lulus pendidikan akan menyandang gelar sebagai Sarjana Terapan Pertahanan (S.ST.Han).

Infomasi lain yang anda butuhkan seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta keterangan lainnya bisa anda baca pada Pendataran Online Akmil.

Silahkan Baca Juga :

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Online TNI AD yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa memberikan pencerahan dan bermanfaat bagi anda.

Silahkan bagikan juga informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan agar mereka juga bisa memperoleh informasi dengan cepat. Cara membagikannya cukup mudah, silahkan tekan tombol G+1 yang tersedia.

Admin turut mendoakan semoga anda lulus mengikuti serangkaian ujian yang diberikan dan nantinya bisa diterima menjadi anggota TNI AD. Terima kasih telah membaca artikel ini, sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua. Amin.