Selamat Datang di web www.infoonline.web.id. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci di kolom search yang tersedia atau dapat mencarinya di sidebar bagian kanan. Kunjungi terus web infoonline.web.id untuk mendapatkan informasi-informasi yang anda butuhkan. Ayo turut berbagi informasi yang ada di web ini pada teman-teman lain yang membutuhkan. Sukai juga halaman web kami. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran Online TNI AL 2017-2018

al.rekrutmen-tni.mil.id 2017 - Pendaftaran TNI AL, Rekrutmen TNI AL, Penerimaan TNI AL, Pembukaan TNI AL, Panduan Pendaftaran Online TNI AL, Pendaftaran Perwira / Bintara / Tamtama TNI AL, Pendaftaran AAL, Syarat dan Cara Pendaftaran TNI AL, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini, admin web akan memberikan informasi untuk anda tentang Pendaftaran Online TNI AL 2017-2018. Informasi ini disampaikan sebagai pelengkap dari informasi sebelumnya tentang Pendaftaran Online TNI. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, ayo simak pembahasannya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Telah kita ketahui bersama bahwa TNI terbagi menjadi 3 angkatan, yaitu TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. Pada kesempatan ini akan dibahas tentang TNI AL terutama mengenai pendaftarannya.

TNI AL atau TNI Angkatan Laut memiliki kepanjangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut adalah salah satu angkatan perang dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertanggung jawab untuk menjaga keamanan atau pertahanan negara Republik Indonesia di wilayah laut.

TNI AL telah dibentuk pada tanggal 10 September 1945. Pada saat awal dibentuknya bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR Laut) yang merupakan bagian dari Badan Keamanan Rakyat.

TNI Angkatan Laut dipimpin oleh seorang Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) yang menjadi pemimpin tertinggi di Markas Besar Angkatan Laut (MABESAL).

Kekuatan TNI AL terbagi dalam 2 armada, yaitu Armada Barat yang berpusat di Tanjung Priok, Jakarta dan Armada Timur yang berpusat di Tanjung Perak, Surabaya, serta satu Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil). Selain itu juga membawahi Korps Marinir.

Sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 Tentang TNI Pasal 9, Angkatan Laut bertugas :
  • Melaksanakan tugas TNI matra laut di bidang pertahanan
  • Menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yurisdiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi;
  • Melaksanakan tugas diplomasi Angkatan Laut dalam rangka mendukung kebijakan politik luar negeri yang ditetapkan oleh pemerintah;
  • Melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra laut
  • Melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Dalam rangka memenuhi jumlah personal TNI AL yang dibutuhkan untuk menjaga wilayah perairan laut Indonesia, maka TNI melakukan rekrutmen calon anggota TNI yang terbagi menjadi penerimaan calon anggota Tamtama TNI AL, Bintara TNI AL, dan Perwira TNI AL. Berikut informasi selengkapnya.

1. Pendaftaran Calon Perwira (CAPA) TNI AL

Perwira TNI AL adalah pangkat tertinggi dari TNI AL. TNI AL membuka penerimaan calon perwira prajurit karier TNI untuk dididik menjadi ahli dan setelah lulus akan ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia. Penerimaan ini salah satunya bertujuan untuk menambah jumlah Personel TNI AL.

Perlu diketahui bahwa penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI bukan hanya diperuntukkan untuk TNI AL saja, tetapi juga untuk TNI AD dan TNI AU. Penerimaannya dilakukan secara bersamaan.

Penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI diperuntukkan bagi lulusan Diploma 3 (D3) atau Sarjana (S1). Peserta yang akan diterima harus lulus pemeriksaan / pengujian baik di daerah maupun di pusat yang meliputi pemeriksaan / pengujian administrasi, kesehatan badan, kesamaptaan jasmani, renang dan postur, psikologi, mental ideologi dan pantukhir.

Setelah anda lulus seleksi, selanjutnya akan didik agar menjadi tenaga yang profesional dan setelah lulus bersedia ditempaykan diseluruh wilayah negara Indonesia.

Bagi anda yang berminat menjadi calon anggota TNI sebagai Perwira Prajurit Karier, silahkan daftarkan diri anda sesuai jadwal pelaksanaan. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui al.rekrutmen-tni.mil.id atau dapat juga mendaftar secara langsung dilokasi pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia. Informasi lengkap mengenai persyaratan pendaftaran, jadwal, lokasi pendaftaran, dan informasi penting lainnya bisa anda baca pada Pendaftaran Perwira PK TNI.

2. Pendaftaran Calon Bintara (CABA) TNI AL

Bintara TNI AL adalah pangkat dibawah Perwira dan di atas Tamtama dari TNI AL. Dalam upaya menambah jumlah personel TNI AL, maka TNI AL membuka penerimaan calon Bintara (CABA).

Penerimaan calon Bintara TNI AL diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK, baik laki-laki maupun perempuan yang memenuhi persyaratan. Peserta harus lulus berbagai pemeriksaan / ujian seleksi yang diberikan agar nantinya bisa diterima menjadi anggota Bintara TNI AL.

Setelah lulus dari berbagai seleksi, selanjutnya peserta akan mengikuti pendidikan pertama dan setelah lulus bersedia menjalai ikatan dinas pertama selama 7 tahun dan bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia.

Bagi  anda lulusan SMA/MA/SMK, baik laki-laki maupun perempuan yang berminat menjadi calon Bintara (CABA) TNI AL, silahkan daftarkan diri anda sesuai jadwal pelaksanaan. Pendaftaran CABA TNI AL dapat dilakukan secara online melalui alamat berikut : al.rekrutmen-tni.mil.id. Selain itu, pendaftaran dapat juga dilakukan secara langsung di tempat / lokasi pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia penyelengara.

Informasi lainnnya mengenai CABA TNI AL seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanan, tempat pendaftaran, serta informasi penting lainnya bisa anda baca pada Pendaftaran Bintara TNI AL.

3. Pendaftaran Calon Tamtama (CATAM) TNI AL

Tamtama TNI AL adalah pangkat terendah dari TNI AL. Hampir setiap tahun TNI AL membuka penerimaan calon Tamtama (CATAM) TNI AL yang diperuntukkan bagi lulusan SLTP / Sederajat.

Bagi anda lulusan SLTP / Sederajat yang berminat menjadi anggota Tamtama TNI AL, silahkan daftarkan diri anda. Pendaftaran bisa dilakukan secara online maupun secara offline.

Pendaftaran online dilakukan melalui alamat al.rekrutmen-tni.mil.id dengan mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar. Sedangkan untuk pendaftaran offline, dalam hal ini adalah pendaftaran secara langsung, dapat dilakukan di lokasi atau tempat pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia.

Setelah mendaftar, maka calon peserta akan mengikuti serangkaian proses seleks, baik seleksi administrasi, tes kesehatan, tes mental, dan tes lain yang diselenggarakan oleh panitia. Ikuti proses seleksi dengan baik agar anda bisa lulus seleksi.

Bagi anda yang lulus seleksi, nantinya akan mengikuti pendidikan selama waktu yang telah ditentukan. Setelah lulus, maka harus bersedia ditempatkan dimana saja di wilayah negara Republik Indonesia.

Informasi lengkap mengenai tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal seleksi, serta keterangan lainnya telah admin rangkum tersendiri pada artikel yang berjudul Pendaftaran Tamtama TNI AL.


Selain pembahasan mengenai penerimaan calon Perwira, Bintara, dan Tamtama TNI AL di atas. Admin juga akan memberikan informasi mengenai pendaftaran akademi yang diselenggarakan oleh TNI AL, yaitu Pendaftaran Akademik Angkatan Laut (AAL). Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

4. Pendaftaran AAL TNI AL

AAL atau Akademik Angkatan Laut adalah sekolah pendidikan TNI Angkatan Laut yang diselenggarakan untuk mencetak Perwira TNI Angkatan Laut. Lokasi pendidikan di Krembangan, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

AAL merupakan sekolah ikatan dinas yang dibiayai oleh negara. Pendidikan AAL ditempuh selama 4 tahun dan setelah lulus akan dilantik menjadi Perwira Pertama berpangkat Letnan Dua dan mendapatkan gelar sebagai Sarjana Terapan Pertahanan (S.ST.Han).

Peserta yang mendaftar menjadi calon anggota AAL disebut dengan Taruna / Taruni. Taruna / Taruni adalah lulusan SMA / MA / Sederajat. Bagi anda yang berminat silahkan daftarkan diri anda sesuai jadwal pelaksanaan yang telah ditentukan.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui al.rekrutmen-tni.mil.id atau juga secara langsung dengan cara datang sendiri ketempat pendaftaran dengan menunjukkan dokumen asli dan menyerahkan foto copy persyaratan yang telah dilegalisir. Informasi lain yang anda butuhkan bisa dibaca pada artikel kami yang berjudul Pendaftaran Online AAL.

Silahkan Baca Juga :

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Online TNI AL yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda terutama yang ingin menjadi anggota TNI AL.

Silahkan bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan agar merekan juga dapat memperoleh informasi dengan cepat. Cara membagikannya cukup dengan klik tombol G+1 yang tersedia.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi bisa diterima menjadi anggota TNI AL. Terima kasih admin sampaikan kepada pengunjung setia web ini yang setiap hari selalu berkunjung untuk membaca informasi disini. Sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua. Amin.