Pendaftaran Mahasiswa Baru UTM 2019/2020

pmb.trunojoyo.ac.id 2019 -- PMB UTM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UTM, Pendaftaran Mahasiswa Baru UTM, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UTM, Registrasi Mahasiswa Baru UTM, Pendaftaran Online UTM, Penerimaan Online UTM, SMMUTM, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi, Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Trunojoyo Madura. 2021. 2022.

Informasi yang akan admin berikan kali ini berjudul Pendaftaran Mahasiswa Baru UTM 2019/2020. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi arahan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Trunojoyo atau disingkat Unijoyo atau UTM adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri beralamatkan di l. Raya Telang, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Madura 16912, Jawa Timur, Indonesia. Universitas Trunojoyo Madura telah diresmikan sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada 23 Juli 2001 oleh Presiden Abdurrahman Wahid.

Fakultas dan program studi di Universitas Trunojoyo (Unijoyo), yaitu :
  • Fakultas Hukum : Prodi Ilmu Hukum (S1)
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis : Prodi Manajemen (S2), Prodi Akuntansi Forensik (S2), Prodi Manajemen (S1), Prodi Akuntansi (S1), Prodi Ekonomi Pembangunan (S1),  Prodi Akuntansi Sektor Publik (D3), dan Prodi Enterpreneurship (D3), 
  • Fakultas Pertanian : Prodi Teknologi Industri Pertanian (S1), Prodi Agribisnis (S1), Prodi Agroekoteknologi (S1), dan Prodi Ilmu Kelautan (S1).
  • Fakultas Teknik :  Prodi Teknik Industri (S1), Prodi Teknik Informatika (S1), Prodi Teknik Elektro (S1), Prodi Manajemen Informatika (D3),  Prodi Mekatronika (D3), Prodi Teknik Multimedia dan Jaringan (D3)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) : Prodi Sosiologi (S1), Prodi Sastra Inggris (S1), Prodi Ilmu Komunikasi (S1), dan Prodi Psikologi (S1).
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) : Prodi PGSD (S1), Prodi Pendidikan Informatika (S1), Prodi Pendidikan IPA, Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, serta Prodi Pendidikan bahasa dan sastra indonesia.
  • Fakultas Ilmu-Ilmu Keislaman (FIK) : Prodi Hukum Bisnis Syariah (S1) dan Prodi Ekonomi Syariah (S1)

Itulah beberapa Fakultas dan Program Studi yang anda di Universitas Trunojoyo Madura yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran mahasiswa baru Universitas Trunojoyo Madura.

Setelah mengetahui informasi di atas, selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UTM dengan mengikuti jalur seleksi masuk Universitas Trunojoyo Madura, yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, SMMUTM, Bidikmisi, serta PPs UTM. Langsung saja kita bahas masing-masing jalur tersebut.

1. Pendaftaran SNMPTN UTM

Universitas Trunojoyo Madura adalah salah satu Universitas Negeri yang membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN.

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan tanpa tes tulis, namun didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor dan prestasi lainnya yang relevan.

Hanya siswa-siswa yang selalu menunjukkan prestasinya disetiap semester yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN ini.

Pendaftaran SNMPTN diawali dengan pengisian data di PDSS oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa di alamat pdss.snmptn.ac.id, kemudian pendaftaran SNMPTN secara online oleh siswa melalui alamat website web.snmptn.ac.id

Informasi lainnya yang berkaitan dengan SNMPTN seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, serta keterangan lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Online SNMPTN

2. Pendaftaran SBMPTN UTM

Selain SNMPTN, Universitas Trunojoyo Madura juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional lainnya, yaitu jalur SBMPTN.

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru yag seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta dan ujian keterampilan yang diikuti oleh peserta yang memilih program studi Seni atau Olahraga. Jadi untuk peserta yang memilih program studi Seni atau Olahraga harus mengikuti seleksi sebanyak 2 kali.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online dengan alur seperti berikut ini.
  • Buka alamat pendaftaran SBMPTN : pendaftaran.sbmptn.ac.id
  • Lakukan pendaftaran tahap awal SBMPTN dengan mengisi biodata anda.
  • Kemudian mencetak bukti pendaftaran awal
  • Membayar biaya seleksi di Bank BNI atau Mandiri
  • Kembali mengakses alamat www.sbmptn.ac.id
  • Login menggunakan KAP dan PIN yang didapatkan dari Bank
  • Mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar.
  • Cetak bukti kartu peserta SBMPTN
  • Bawa kartu tanda peserta SBMPTN pada saat ujian berlangsung.

Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, biaya seleksi, daftar PTN se-Indonesia, dan keterangan lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN

3. Pendaftaran Bidikmisi UTM

Bidikmisi disebut juga sebagai biaya bantuan yaitu biaya bantuan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk membiayai perkuliahannya di Perguruan Tinggi. Calon mahasiswa tersebut juga diharuskan memiiki kemampuan akademik yang baik sebagai jaminan bahwa calon mahasiswa tersebut dapat menyelesaikan kuliahnya di Perguruan Tinggi dengan tepat waktu.

Pendaftaran Bidikmisi dapat dilakukan secara online melalui alamat melalui alamat : bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Informasi dan ketentuan lainnya telah dimuat pada alamat tersebut. Silahkan kunjungi alamat tersebut atau dapat juga membaca informasi Bidikmisi pada artikel Pendaftaran Online Bidikmisi atau Pendaftaran SNMPTN

4. Pendaftaran  SMMUTM

Selain melaksanakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional, Universitas Trunojoyo Madura juga melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri yang disebut dengan SMMUTM.

SMMUTM atau Seleksi Mandiri Masuk Universitas Trunojoyo Madura adalah jalur seleksi yang diadakan secara lokal oleh Universitas Trunojoyo Madura untuk menyelesi calon mahasiswa baru.

Calon mahasiswa yang sebelumnya telah mengikuti seleksi melalui jalur nasional tetapi tidak lulus, maka dapat kembali mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur mandiri Universitas Trunojoyo Madura.

Jalur SMMUTM terbagi menjadi 2, yaitu SMMUTM D3 dan SMMUTM Umum. Berikut penjelasannya.

a. SMMUTM D3

SMMUTM D3 merupakan jalur seleksi mandiri penerimaan mahasiswa baru khusus program studi D3 yang berdasar pada hasil seleksi rapor dan/atau wawancara yang diselenggarakan oleh Universitas Trunojoyo Madura.

Ketentuan Pendaftaran
  • Calon peserta telah lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  • Biaya pendaftaran di BRI di seluruh Indonesia (akan mendapat user name dan password untuk membuka portal SMMUTM)

b. SMMUTM Umum

SMMUTM D3 merupakan jalur seleksi mandiri penerimaan mahasiswa baru yang berdasar pada hasil ujian tulis yang diselenggarakan oleh Universitas Trunojoyo Madura.

Ketentuan Pendaftaran
  • Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara yang setara untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  • Membayar biaya pendaftaran di kantor cabang BRI di seluruh Indonesia (akan mendapat user name dan password untuk membuka portal SMMUTM)

Keterangan lengkap lanjut mengenai jalur mandiri Universitas Trunojoyo Madura dapat dilihat di alamat berikut : http://pmb.trunojoyo.ac.id

5. Pendaftaran Pascasarjana UTM

Bagi anda yang berminat melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana Universitas Trunojoyo Madura, silahkan daftarkan diri anda selama masa pendaftaran dibuka. Informasi pendaftaran selengkapnya dapat anda baca di www.trunojoyo.ac.id


Itulah jalur-jalur seleksi masuk UTM. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UTM

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UTM. Silahkan anda bagikan juga informasi ini kepad teman atau kerabat anda yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga anda lulus seleksi masuk ke Universitas Trunojoyo Madura dan nantinya bisa belajar dan mengikuti pendidikan ke sana. Terima kasih atas kesempatan anda untuk membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin ya Robbal 'Alamin.